Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134847 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dea Adreanni
"Berdasarkan kebijakan pemerintah Indonesia tentang konversi penggunaan minyak tanah menjadi gas LPG untuk kebutuhan rumah tangga, pemerintah telah membagikan kompor dan assesorisnya kepada masyarakat. Pemerintah juga mendukung industri dalam negeri untuk penyediaan bahan baku dan menjual komponen tersebut, sebagai contoh regulator tekanan rendah LPG berdasarkan spesifikasi mutu SNI 7369:2008. Salah satu jenis regulator gas tekanan rendah LPG yang dipakai masyarakat luas memiliki safety ball atau bola gotri pada bagian saluran keluarnya. Meskipun begitu, tidak ada standar regulator yang menyatakan fungsi bola gotri tersebut.
Tugas akhir ini membahas safety ball pada regulator. Penelitian dilakukan terhadap 3 jenis regulator dengan perbedaan tertentu, yaitu diameter lubang keluar regulator 3, 3.25, dan 3.5 mm dengan diameter bola gotri 6.3, 6, dan 5 mm secara berturut-turut. Hasil yang didapat ialah bola gotri pada regulator dengan diameter lubang keluar 3 mm akan menutup aliran dengan laju 7.3 l/s dan menutup lebih cepat pada pengujian aliran balik atau pengujian ball check valve. Pengujian pada kemiringan tabung 900, menunjukan bahwa regulator dengan diameter lubang masuk 4.6 mm dapat menimbulkan lock up pada regulator. Secara umum, fungsi bola gotri berkaitan dengan diameter bola gotri, geometri dan performansi regulator, tekanan, dan laju aliran.

Based on the Indonesian government policy on land use conversion of oil into gas LPG for household needs, the government has distributed the stove and its accessories to the community. The Government also supports the domestic industry for the supply of raw materials and sells components, for example, low pressure LPG regulator is based on ISO 7369:2008 quality specification. One type of low pressure gas regulator LPG used by the general public has a safety ball or the ball shot at the exit channel. Even so, there are no regulatory standards that states the function of the gotri ball.
This final report concerned the safety ball on the regulator. Research conducted on three types of regulators with certain differences, the diameter of the outlet regulator 3, 3.25, and 3.5 mm in diameter spherical pellet 6.3, 6, and 5 mm respectively. The results obtained on the regulator is shot the ball with 3 mm diameter hole will close out with a flow rate of 7.3 l / s and close more quickly on testing or testing of backflow check valve ball. Tests on the slope of the storage 900, showed that the regulator with inlet diameter of 4.6 mm caused lock up in the regulator. In general, the function of gotri ball related to the diameter of the ball, geometry and performance of the regulator, pressure, and flow rate.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42103
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Karyadi Gunawan
"ABSTRAK
Terdapat perbedaan antara jenis regulator yang beredar di pasaran, yaitu
diameter keluaran pada regulator menuju selang. Dari tiga jenis regulator yang
berbeda, didapati bahwa ketiga diameter keluarannya yaitu 3 mm, 3,25 mm, dan
3,5 mm. Dari perbedaan diameter tersebut, pastinya akan terjadi perbedaan
terhadap laju perubahan massa apabila dilakukan pembakaran. Pada saat fluida
mengalir di sepanjang pipa akan terjadi kerugian tekanan/pressure drop. Pada
tahun 1883 Osborne Reynolds menunjukan bahwa penurunan tekanan tergantung
pada parameter: kerapatan (ρ),kecepatan (U), diameter (D) dan viskositas dinamis
(μ) yang selanjutnya disebut dengan bilangan Reynolds. Oleh karena itu,
dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana pengaruh dari laju perubahan
massa yang berbeda, terhadap karakteristik aliran yang ada di sepanjang selang
sebelum menuju proses pembakaran. Karakteristik aliran gas LPG yang ingin
diamati yaitu perubahan tekanan, temperatur, kecepatan, densitas, dan laju
perubahan massa di sepanjang pipa akrilik. Analisa yang digunakan juga akan
dilakukan perbandingan yaitu analisa eksperimental yang akan dilakukan
perhitungan dan analisa pada simulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin
jauh jarak pipa pada aliran fluida, maka tekanan, densitas, dan laju perubahan
massa semakin menurun serta temperatur dan volume spesifik semakin
meningkat.

ABSTRACT
There are differences between types of regulator on the market, the
diameter of the output on the regulator to the hose. Of the three different types of
regulators, it was found that the three different diameters in the output that is also
3 mm, 3,25 mm and 3,5 mm. Of the diameter difference, certainly will happen to
the rate of change of the mass difference when done burning. At the time of the
fluid flowing along the pipeline will be a pressure drop. In 1883 Osborne
Reynolds showed that the pressure drop depends on the parameters: density (ρ),
velocity (U), diameter (D) and dynamic viscosity (μ), hereinafter referred to as the
Reynolds number. Therefore, do some research to see how the influence of
different rates of mass change, against the flow characteristics that exist along the
hose prior to the combustion process. LPG gas flow characteristics to be observed
that the changes in pressure, temperature, velocity, density, mass and rate of
change along the acrylic pipe. Analysis will also be used to compare the
experimental analysis to be performed calculations and analysis on the simulation.
The results show that the greater the distance the pipe in fluid flow, pressure,
density, and decreasing the rate of change of mass and temperature and specific
volume increases."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42183
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Setya Wijayanta
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perubahan laju aliran massa LPG yang terjadi pada sistem catu bahan bakar kompor gas akibat adanya sumbatan uap (vapor lock) dengan variasi sudut kemiringan tabung LPG. Penelitian ini difokuskan pada aliran LPG di sepanjang selang yang disimulasikan menggunakan pipa acrylic. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan simulasi CFD menggunakan solidwork flow simulation 2012. Eksperimen dilakukan untuk mengetahui perubahan laju aliran massa LPG terhadap waktu. Simulasi dilakukan untuk mengetahui perubahan densitas dan kecepatan di sepanjang pipa acrylic. Dari hasil eksperimen menggunakan regulator dengan diameter outlet 3 dan 3.25 mm, pada sudut kemiringan tabung 90 derajat terjadi regulator lock up masing-masing pada menit ke-143 dan 95. Untuk regulator dengan diameter outlet 3.5 mm, pada sudut kemiringan tabung 90 derajat terjadi penurunan laju aliran massa yang sangat tajam pada menit ke-95, namun tidak terjadi lock up.
Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa pada sudut kemiringan tabung 90 derajat terjadi penurunan densitas LPG yang tajam di sepanjang pipa acrylic. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan volume spesifik yang tajam sehingga terjadi ekspansi volume yang menimbulkan sumbatan uap (vapor lock) disepanjang pipa. Sumbatan uap inilah yang mengakibatkan terjadinya penurunan kecepatan aliran LPG di sepanjang pipa. Penurunan densitas dan kecepatan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan laju aliran massa LPG di sepanjang pipa. Fenomena sumbatan uap ini yang mengakibatkan terjadinya lock up pada regulator dengan diameter outlet 3 dan 3.25 mm. Untuk regulator dengan diameter outlet 3.5 mm, sumbatan uap yang terjadi tidak sampai menyebabkan lock up, karena laju aliran massa LPG paling tinggi dibandingkan 2 regulator lainnya sehingga mampu mengatasi sumbatan uap di sepanjang pipa.

This study aims to analyze the mass flow rate changes of LPG that occur in the gas stove fuel supply system due to blockage of vapor (vapor lock) with variation of tubes inclination angle. This study focused on the flow of LPG in hose throughout a simulated using acrylic pipe. This study uses experimental and CFD simulations using flow simulation solidwork 2012. Experiments conducted to determine the mass flow rate changes of LPG with time. Simulations performed to determine changes in density and velocity along the acrylic pipe. In experiments using a regulator with an outlet diameter 3 and 3.25 mm, at the tilt angle of tube at 90 degrees, occurred regulator lock up respectively at minute 143 and 95. For the regulator with an outlet diameter 3.5 mm, the tilt angle of tube at 90 degrees, the mass flow rate decreased very sharply at the 95th minute, but there was no lock up.
The results of simulations show that at the tilt angle of tube at 90 degrees occurs a sharp decrease in the density of LPG along the acrylic pipe. This led to a sharp increase in specific volume resulting in volume expansion leading to blockage of vapor (vapor lock) along the pipe. This vapor blockage resulting in a decrease in LPG flow velocity along the pipe. Decrease in the density and velocity result in changes in LPG mass flow rate along the pipe. This phenomenon of vapor blockage resulting in a lock up on the regulator. For the regulator with the outlet diameter 3.5 mm, the blockage of vapor that occurred did not cause lock up, because the LPG mass flow rate higher than two other regulators so as to overcome the blockage along the vapor pipe.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T30683
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sinurat, Rechman
"Regulator yang kita gunakan untuk tabung gas LPG adalah regulator tekanan rendah yang beroperasi pada tekanan masuk 7 bar dan tekanan keluar maksimal 41 mbar. Diluar tekanan tersebut akan terjadi lock up atau menutupnya katup secara otomatis apabila tekanan sudah melebihi tekanan desain. Regulator tabung LPG merupakan sebuah katup kontrol (safety valve) dengan tipe diafragma. Regulator akan mengatur tekanan yang keluar dari regulator hingga mencapai tekanan atmosfir. aliran LPG yang mengalir dari tabung adalah aliran dua fase yaitu cair dan gas. LPG merupakan campuran dari berbagai unsur Hidrokarbon yang berasal dari penyulingan Minyak Mentah dan masih berbentuk Gas. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair, sehingga dapat disebut sebagai Bahan Bakar Gas Cair.
Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana kestabilan regulator terhadap perubahan kecepatan aliran LPG. Perubahan kecepatan aliran gas sangat mempengaruhi besarnya tekanan yang keluar dan masuk regulator. hal ini diakibatkan adanya hukum kesetimbangan energi.. Tekanan dari energi statik dirubah menjadi energi kinetik berupa kecepatan. Perubahan kecepatan aliran gas ini dalam kehidupan sehari-hari terjadi saat kita memutar knop pada kompor gas untuk memperbesar atau mengecilkan api. Hasil dari penelitian ini akan dibandingkan dengan data dari Standar nasional Indonesia (SNI) sehingga dapat dilihat bagaimana kinerja dari regulator yang kita gunakan.

Regulators that we use for LPG gas cylinders are low pressure regulator that operates at inlet pressure for 7 bar and outlet maximum pressure of 41 mbar. When the pressure reach outside that range, lock up will occur. Lock up is the condition when the valve shut automatically if the pressure exceeds the design pressure. Regulator of LPG cylinders is a safety valve with a diaphragm type. Regulator will regulate the pressure that comes out of the regulator until it reaches atmospheric pressure. LPG stream that flows from the cylinders is a two-phase flow of liquid and gas. LPG gas is a mixture of various elements Hydrocarbon derived from refining crude oil and still shaped oil. By increasing pressure and decreasing temperature, the gas turns into liquid, so it can be referred to as Liquid Fuel Gas.. Two-phase flow has a more complex aspects as compared with singlephase flow. There are two types of fluid moving at different speeds in a single stream.
In this study will be seen how the stability of the regulator to the LPG flow rate changes. Changes in gas flow rate greatly affects the magnitude of the outgoing and incoming pressure of regulator. This caused by the equilibrium law of energy, where energy cannot be created or destroyed and only be converted into other forms. The pressure of the static energy is converted into kinetic energy in the form of speed. The results of this study will be compared with data from the National Standards of Indonesia (SNI) to be seen how the performance of the regulator that we use every day.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S45662
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdy Bastian
"Kebutuhan masyarakat Indonesia akan bahan bakar gas sangat penting sebagai penunjang utama dari kebutuhan rumah tangga. Terutama setelah pemerintah menjalankan program konversi minyak tanah menjadi gas LPG, pada tahun 2007. Program konversi minyak tanah ke gas LPG, dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat akan bahan bakar minyak. Pemakaian gas lpg ini merupakan kebijakan yang tepat karena pemakaian gas lebih ramah lingkungan, lebih praktis, dan ketersediaannya lebih terjamin dibanding bahan bakar minyak BBM. Namun, terlepas dari berbagai keuntungan yang diperoleh dari GAS LPG terdapat juga risiko yang sering terjadi diakibatkan karena kelalaian dalam penggunaannya sehingga berakibat terjadinya ledakan tabung gas dan itu sangat mungkin untuk mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut perlu dicanangkan mengenai penyebab ledakan tabung gas. Berdasarkan studi kasus yang marak terjadi, sebagian penyebab ledakan tersebut adalah kebocoran pada bagian katup tabung dan masalah pada bagian seal. Penelitian ini menggunakan 4 type katup dan 2 jenis seal yang berbeda sebagai objek. Sehingga, secara hipotesa, type katup dan jenis seal memberi pengaruh terhadap tingkat kebocoran pada gas LPG.

The Indonesian society need of fuel gas is so imperative as the main support for requirement of household activity, for instance for cooking and air-conditioning. This case could be more emphasized since the government's policy is about converting kerosene into LPG-tube in 2007. The converting kerosene to LPG tube program is planned to reduce people general requirement of kerosene. Actually, LPG tube consumption right is an appropriately right because gas usage is environmentally more friendly, more practical, and more availability than fuel oil. However, apart from the fact that LPG tube brings such advantages, it brings also hazard since careless usage of LPG tube would bring gas explosion and it is a big chance that resulting death. Therefore, advanced research should take place to know the cause of gas explosion, Based on the cases about gas blast which are lately happened, two of the causes of the explosion were a leak at the valve on the tube and complication in seal. The research will use 4 types of valves and 2 different types of seal as the object. So, hypothesizingly, type of valve and type of seal put on influence to leakage rates to LPG tube.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1165
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Refliwanto Alexander
"Program konversi dari minyak tanah ke LPG sebagai bahan bakar kompor menimbulkan banyak masalah di Indonesia. Salah satu dari masalah tersebut adalah terjadinya ledakan yang terjadi pada tabung gas LPG. Ledakan ini terjadi karena terjadinya kebocoran disalah satu komponen penunjang seperti karet pengaman, selang dan regulator. Pemerintah mencurigai karet pengaman sebagai salah satu sumber kebocoran pada sambungan katup-regulator. Untuk membuktikan pernyataan tersebut, sebuah kajian experimental dengan pendekatan analisis dilakukan.
Kajian eksperimental ini menggunakan berbagai macam tipe dari katup dan karet pengaman untuk mengetahui tingkat kebocoran yang terjadi pada masing-masing katup dan karet pengaman. Parameter dari kajian eksperimental ini adalah massa, tekanan, dan waktu. Sebuah pendekatan analisis dilakukan pada parameter tersebut untuk memprediksi tingkat kebocoran berdasarkan waktu. Tingkat kebocoran tersebut dibandingkan antar kedua seal pengaman dalam setiap jenis katup yang diujicobakan.

Conversion program from kerosin to LPG as stove fuel creating many problems in Indonesia. One of them is the explosion which is happened in the LPG cylinder. The explosion is happened because a leakage occurs in one of support component such as rubber seal, tube, and regulator. The government suspects rubber seal as the source of leakage in the valve-regulator connection. Proving that statement, an experimental study with analytical approach has been done.
This experimental study used various types of valve and rubber seal to know the leakage rate on each valve and rubber seal. The parameter from this experimental study is mass, pressure and time. An analytical approach has been made on those parameter to know the prediction of leakage rate in base of time. The prediction of leakage is compared each other between two types of rubber seal in every tested-valve.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1170
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Riesta Anggarani
"

Dimethyl Ether (DME) adalah energi alternatif yang memiliki sifat dan karakteristik mirip dengan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang telah banyak diteliti sebagai bahan bakar untuk berbagai aplikasi. Dalam kaitannya dengan kondisi di Indonesia dimana saat ini impor LPG telah meningkat sangat pesat terutama untuk memenuhi kebutuhan sektor rumah tangga, penelitian untuk mengetahui karakteristik pembakaran terutama pada pembakaran difusi DME dibandingkan dengan LPG menjadi sangat penting. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk membandingkan karakteristik nyala api difusi terutama Wobbe Index, stabilitas nyala api, Tinggi Api (Flame Height , FH) dan Beban Pembakaran (Burning Load, BL) yang dihasilkan oleh bahan bakar DME serta campuran LPG-DME dibandingkan dengan LPG, serta pengaruh parameter jet velocity aliran bahan bakar. Eksperimen yang dilakukan menggunakan burner yang didesain khusus untuk memperoleh variasi kecepatan jet dan pengaruh bahan bakar yang digunakan. Uji kinerja menggunakan kompor mini juga dilakukan untuk membandingkan FH, temperatur nyala api, dan efisiensi penggunaan bahan bakar DME terhadap LPG. Hasil yang dicapai yaitu perbedaan karakter pembakaran LPG dan DME terutama untuk parameter Wobbe Index dan stabilitas nyala api yaitu Blow Out dan Lift Off dapat didekati dengan pencampuran DME ke dalam LPG hingga maksimum komposisi DME 23% massa dan pada rentang fuel jet velocity 10 m/s – 34 m/s. Nilai optimum ini diperoleh pada kondisi eksperimen dengan burner tipe cylindrical dan pada diameter nosel  2,5 mm. FH  yang setara antara DME dengan LPG dicapai pada rentang uf  = 3,5 m/s – 6,3 m/s saat df  = 4,5 mm untuk DME dan df  = 2,5 mm untuk LPG, serta pada rentang uf  = 5,3 m/s – 10,8 m/s saat df  = 5,0 mm untuk DME dan df  = 3,0 mm untuk LPG. BL yang setara antara DME dengan LPG dicapai pada uf lebih kecil dari 0,5 m/s untuk semua diameter nosel. Uji kinerja pada kompor mini menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar DME yang lebih tinggi, yaitu ketika pengatur air entrainment pada posisi close 1 sebesar 64,5% dan close 2 sebesar  67,9%, dibandingkan dengan LPG pada posisi open sebesar 62,5%. 


Dimethyl Ether is one of the promising alternative energy to substitute Liquefied Petroleum Gas (LPG) considering its similarity on properties and behavior to LPG. Indonesia currently import huge amount of LPG, mainly for energy in household purpose. Considering the potentiality of DME to substitute LPG especially for household purposes which basically works in atmospheric diffusion combustion, it is very important to study the comparison of LPG and DME in the field of diffusion combustion characteristics. This study aim to compare diffusion flame characteristics of DME, LPG, and the blends of DME mixed LPG with DME composition of 10%, 20%, 30%, 40% and 50%. The characteristics being investigated are Wobbe Index, flame stability, Flame Height (FH) and Burning Load (BL) under the effect of fuel jet velocity (uf), which performed by a series of experiments in laboratory. The experiments were done using a specially designed cylindrical burner to get the variation of fuel jet velocity. The results show that the difference of Wobbe Index and flame stability represented by Lift Off (LO) and Blow Off (BO) between DME and LPG can be improved by blending DME into LPG at optimum composition of 23% weight and  is achieved at the range of uf from 10 m/s to 34 m/s. This optimum condition is achieved using cylindrical burner with  nozzle diameter (df) 2.5 mm. The equality of  FH between DME and LPG is achieved at the range of ufrom  3.5 – 6.3 m/s at df = 4.5 mm for DME and df = 2.5 mm for LPG,  and at the range of ufrom 5.3 – 10.8 m/s at df = 5.0 mm for DME and df = 3.0 mm for LPG. The equality of BL between DME and LPG is achieved at uf lower than 0,5 m/s at all nozzle diameter. Performance test on mini stove shows that DME can achieve higher fuel efficiency than LPG at different air entrainment setting, where DME achieved  fuel efficiency of 64.5%, at position of air entrainment close 1 and 67.9% at position of close 2, compare to LPG with fuel efficiency of 62.5% at position of air entrainment open.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Windraya Adikara
"Skripsi ini membahas tentang pemberlakuan SNI wajib terhadap regulator tekanan rendah untuk tabung baja LPG, dalam upaya untuk melindungi konsumen yang diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Masih beredarnya regulator gas tekanan rendah untuk tabung baja LPG yang tidak sesuai dengan spesifikasi SNI menandakan masih belum efektifnya pemberlakuan wajib terhadap regulator gas yang sudah ditetapkan pemerintah. Pemerintah sudah melakukan pengawasan, pengamatan, pengujian, penelitian, dan perubahan peraturan terkait SNI wajib regulator gas. Terbukti dengan dikeluarkannya Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Tinggi No: 19/IUBT/PER/6/2014 terkait pengawasan regulator gas dan undang-undang terbaru UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

This thesis discusses the application of Indonesia National Standard (SNI) for the low pressure regulator for LPG steel tube, in an effort to protect consumers which are regulated in law number 8 of year 1999 on Consumer Protection. The availability of low pressure regulator for LPG steel tube which does not comply with SNI specification, signifies that the enforcement for it still not as effective as regulation that has been set by the government. The government has been conducting surveillance, observation, testing, research, and related regulatory changes like Regulation of the Director General of Commodity Based No: 19/IUBT/PER/6/2004 about Terms and Procedure related supervisory and the latest legislation law 20 year 2014 on Standardization and Conformity Assesment.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2015
S61212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imanuel
"Pengertian Flashback yakni adalah fenomena api yang terjadi ketika nyala api merambat masuk ke dalam burner atau saluran pencampur bahan bakar. Dalam aplikasinya, fenomena ini sering terjadi pada saat aliran bahan bakar dari kompor gas ditutup. Hal itu dapat diketahui dari adanya suara letupan yang terdengar. Suara letupan tersebut berasal dari api yang menyambar balik setelah turun masuk ke dalam burner-nya. Titik permasalahannya yakni resiko bahaya ledakan yang dapat terjadi bila api yang mengalir masuk ini menyambar sumber penyimpanan bahan bakar sehingga fenomena ini perlu diketahui lebih rinci.
Dalam penelitian ini, akan dilihat bagaimana perbedaan besar kecepatan api turun ke bawah pada saat fenomena Flashback terjadi yang diakibatkan dari perubahan variasi dari rasio aliran udara pembakarannya. Parameter yang dicari dalan kajian eksperimen ini adalah kecepatan api masuk ke dalam tabung pencampur (barrel) sedangkan variabel yang diubah yakni aliran debit (flowrate) udara sebagai indikator pengamatan bilamana terjadi perubahan fenomena nyala api Flashback tersebut. Variasi udara yang diambil yakni sebanyak 9 variasi pembacaan skala rotameter. Mulai dari 0 cm, 1 cm, 2 cm, dan seterusnya hingga 8 cm. Pengamatan juga dilakukan pada fenomena api yang terjadi pada kondisi aliran tertutup total / kondisi tanpa udara pembakaran. Semua pengamatan fenomena ini juga direkam di dalam kamera digital untuk mendapatkan foto nyala api jelasnya.
Hasil yang didapat berupa rekaman gambar-gambar nyala api akan diolah dengan bantuan program pengolahan gambar AdobePhotoshop CS3 dan untuk pengukuran gambar yaitu dengan ImageJ. Jarak maksimal Flashback yang terjadi berbeda-beda pada setiap variasi udara tertentu, juga dengan kecepatan yang juga berubah-ubah setiap waktunya.

Flashback is one of the fire phenomena which occur when the flame flows back into the burner tube or fuel mixing channel. Often, fire Flashback occurs when the flow of fuel from the gas stove is closed. The sign can be heard from the popping voice come from inside of the fuel line. This ?pop? sound is the sound occurs when fire from the inside is trying to blow back again into the outside after falling into the burner tube. Pointing the risk of explosion hazard problem that can occur when the fire was continuously flowing into the fuel source, for example, onto the gas tank, we need to investigate the flame characteristics of this phenomenon in more detail.
In this study, we will see how big the difference in the flame speed traveling down into the tube at the time when a Flashback phenomenon occurs as a result of changes in the variation of the combustion air flow rate. The parameter which is looked for in this experimental study is the flame speed traveling into the mixing tube (barrel) while the changed variable is the air flow rate as an indicator for the observation of flame Flashback. This observation uses nine variations of airflow in the flow meter scale reading. Starting from the 0 cm 1 cm, 2 cm, and so on up to 8 cm scale. In addition, the flame phenomenon when the air flow is totally shutoff or in condition without combustion air is also observed. All of these observations are recorded with the aid of digital high-resolution camera to gain better result of flame images.
The flame images recorded from the camera will be processed with the aid of an image processing program Adobe Photoshop CS3 and for the measurement of the image by using ImageJ software. Maximum Flashback distance occurs differently in each particular variation of the air, also at a pace that is also changing all the time.
"
2012
S43572
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>