Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179985 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Widya Savitri
"Internasionalisasi usaha yang sedang berkembang dan isu lingkungan hidup merupakan dua hal yang sedang menjadi konsen utama dalam dunia bisnis pada saat ini. Skripsi ini menganalisa tentang bagaimana strategi lingkungan hidup yang diterapkan secara proaktif dalam membantu UKM dalam usaha internasionalisasi UKM mereka menembus pasar global melalui kegiatan ekspor. Penelitian mengacu pada jurnal penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Inmaculada Martın-Tapia, J. Alberto Aragon-Correa, Antonio Rueda-Manzanares/ Journal of World Bussines 45 (2010) mengenai pengaruh penerapan strategi lingkungan hidup pada usaha kecil dan menengah yang dilakukan pada UKM produk makanan olahan di Granada, Spanyol. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang merupakan pemilik atau pengelola/ manajer dari UKM eksportir produk kerajinan yang menjadi peserta pameran Trade Expo Indonesia 2011. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh strategi lingkungan hidup proaktif terhadap intensitas ekspor. Menurut hasil, terbukti pula bahwa ukuran perusahaan memegang peranan sebagai variabel moderasi dalam pengaruh antara strategi lingkungan hidup proaktif terhadap intensitas ekspor.

Growing corporate internationalization and the emergence of environmental concerns are two of the main trends in the business world. This paper analyzes whether strategies for environmental protection can help small and medium enterprises (SMEs) as they internationalize their activities through exports.Personal interviews were conducted with 100 owner or general managers of exporting SMEs from handicraft industry. This research has adopted previous journal of Inmaculada Martın-Tapia, J. Alberto Aragon-Correa, Antonio Rueda-Manzanares/ Journal of World Bussines 45 (2010) about the Environmental strategy and exports in medium, small and micro-enterprises. The results show a relationship between advanced environmental strategies and export intensity for the sampled firms. However, the size of firm plays a role in this relationship, as the relationship between advanced environmental strategies and exports is stronger with an increase in the size of the SMEs. Authors discuss implications of these results for practitioners and future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Johanta Saputra
"Industri kerajinan telah membuktikan peranannya dalam menopang perekonomian Indonesia dengan mampu berkontribusi sebesar 7, 8 persen dari produk Domestik Bruto (PDB). Untuk mengembangkan industri ini dibutuhkan alat pemasaran yang tepat dan salah satunya adalah mengikuti sebuah pameran dagang. Namun apakah pameran dagang yang sering diikuti selama ini telah menunjukan kinerja yang efektif bagi pemasaran industri tersebut dan juga sejauh mana kinerja pameran dagang yang diikuti pelaku usaha tersebut memberikan dampak yang positif bagi usaha tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor faktor yang membentuk kinerja sebuah pameran dagang yang efektif.
Analisa penelitian ini melibatkan 187 responden para pelaku usaha industri kerajinan kreatif yang sedang mengikuti pameran dagang terbesar di Indonesia "Trade Expo Indonesia 26" yang dilaksanakan di JIExpo tanggal 19-23 Oktober 2011. Penganalisaan menggunakan metode kuantitatif berbasis Structured Equation Model (SEM) yang disadur dari jurnal industri bisnis K. Hansen dengan menggunakan Confirmatory factor analysis dan Pengukuran struktur model dari program LISREL.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pembangunan hubungan atau istilahnya pembangunan koneksi dagang dengan para pembeli (buyer), aktivitas pembangunan citra atau merek perusahaan, serta aktivitas pemotivasian sales person perusahaan menunjukan hubungan positif dalam membentuk kinerja pameran dagang yang efektif, sedangkan aktivitas penjualan dan pengumpulan informasi tidak menunjukan hubungan yang positif terhadap kinerja pameran dagang industri kerajinan kreatif Indonesia. Kemudian didapatkan juga terdapat hubungan yang positif antara kinerja pameran dagang tersebut dengan keinginan para pelaku industri kreatif untuk mengikuti pameran tersebut tahun selanjutnya, namun penelitian tidak menemukan hubungan positif antara kinerja pameran dagang dengan kinerja pameran dagang secara keseluruhan.

Craft industries has proven its role in supporting Indonesia's economy, even the creative industry has been able to support development in Indonesia with a fairly large, reaching 7.8 percent of Gross Domestic Product (GDP). One marketing tool that is often exploited by the exhibitor of this creative industry is a trade exhibition. But if the trade show that is often followed for this has been shown effective performance for the marketing industry and also the extent to which performance of the trade show business actors followed a positive impact for the development of these industries, the study aims to analyze the factors that can build up factor performance of an effective trade shows and trade fairs to do with the overall performance and intention to attend the exhibition.
Analysis of this study involving 187 respondents of the creative craft industry entrepreneurs who are following the largest trade shows in Indonesia "Indonesia Trade Expo 26" that were held in JIExpo dated October 19 to 23 2011. Analysis using quantitative methods based Structured Equation Model (SEM) is adapted from the business industry journals K. Hansen by using Confirmatory factor analysis and measurement of program LISREL structure model.
The results showed that the activity term relationship building or construction trade connections with buyers (buyers), image-building activity or corporate brand, as well as company sales person motivating activity showed a positive relationship in forming an effective trade show performance, whereas the sales activities and the collection of information is not showed a positive relationship to the performance of the creative craft industry trade shows Indonesia. Then there are also obtained a positive relationship between trade performance with the intention of the creative industries to attend the exhibition next year, but studies have found negative relationship between trade performance with the performance of trade shows as a whole.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dyan Syahwati
"Pertumbuhan industri pameran semakin meningkat sehingga persaingan pada industri ini semakin ketat. Kondisi ini mengharuskan penyelenggara event pameran merancang strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan. PT Wahyu Promo Citra selaku penyelenggara pameran Agro & Food Expo dapat mempertahankan pamerannya selama sepuluh tahun. Fenomena ini mendorong dilakukannya penelitian dengan topik Analisis Hubungan Fungsi-Fungsi Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Peserta Pada Event Pameran (Studi Kasus Pameran Agro & Food Expo). Berdasarkan hasil penelitian temyata kedua variabel tersebut tidak saling mempengaruhi secara signifikan. Namun perusahaan perlu mengkaji kembali fungsi-fungsi pemasaran yang telah diterapkan demi tercapainya tujuan pemasaran yang efektif dan efisien.

The development of exhibition industry has grown rapidly so that the competition is getting tighter. This condition has urged the event organizer to create a better marketing communication strategy to win the competition. PT Wahyu Promo Citra as the organizer of Agro & Food Expo which already held the show for 10 consecutive times in 10 years. This phenomenon has urges the writer to do a research with topic” analysis of the functions of marketing communication relations toward the exhibitors loyalty on exhibition (study case is Agro & Food Expo exhibition)”. The research is indicating that correlation between independent and dependent variable has not significant. However a company should reconsider the application of marketing functions to reach out marketing objective effectively and efficiently."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25744
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Aulia Labibah
"Skripsi ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk menganalisa dampak liberalisasi perdagangan dan kebijakan pajak ekspor terhadap performa ekspor UMKM di Indonesia. Sampel data yang digunakan adalah tahun 2000 hingga tahun 2011 dengan individu yang terdiri 15 sektor industri berdasarkan klasifikasi dua digit ISIC rev. 1968 menggunakan model Fixed Effect. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penurunan hambatan tarif yang dilakukan di era liberalisasi perdagangan tidak memberikan pengaruh terhadap performa ekspor UMKM Indonesia selama tahun penelitian sehingga kebijakan hambatan tarif tidak menjadi prioritas. Dampak nyata akan lebih terasa apabila dilakukan peningkatan pajak ekspor.

This thesis is one of the few studies conducted to analyze the impact of trade liberalization on export performance of MSMEs in the Indonesian. The sample data is used from 2000 to 2011 with individuals who comprise 15 industry classifications ISIC rev. 1968 with Fixed Effect model. It was found that reduction in tariff barriers in the era of trade liberalization do not give effect to the export performance of Indonesian MSMEs. The real impact will be felt through the increasing of export taxes.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noven Kusuma Nugraheni
"Globalisasi pasar telah menghadirkan banyak tantangan bagi para pengusaha sehingga persaingan tidak hanya terjadi di pasar domestik tetapi telah merambah lingkup internasional. Fakta tersebut telah mendorong perkembangan ilmu pemasaran dalam mengarahkan strategi perusahaan ke strategi orientasi pasar, baik yang bersifat responsif maupun proaktif. Minimnya studi tentang orientasi pasar pada UMKM yang mana merupakan salah satu sumber penyokong perekonomian negara, mendorong peneliti untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar pada UMKM Kerajinan di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juni 2013. Teknik analisis menggunakan metode SEM dengan menyertakan turbulensi lingkungan sebagai variabel moderasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa UMKM Kerajinan di Yogyakarta masih memiliki pemahaman yang kurang akan orientasi pasar. Sebagai akibatnya, performa inovasi produk UMKM Kerajinan di Yogyakarta masih belum mencapai hasil yang baik.

Market globalization has presented many challenges for entrepreneurs so that competition occurs not only in domestic market but also has penetrated the international sphere. This fact has encouraged the development of marketing in the company's strategy to market orientation strategy, whether responsive or proactive market orientation. Few studies on market orientation in SMEs which is one source of the country's economy advocates, encouraged researcher to determine the impact of market orientation on SMEs of Craft industry in Yogyakarta. This study began on February until June 2013. Data analysis technique used was SEM method and included environmental turbulence as moderating variable. Conclusion of this research is that SMEs of Craft industry in Yogyakarta are still lack of understanding about market orientation. As the consequences, the product innovation performance of SMEs of Craft industry in Yogyakarta is not well-achieved yet."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46201
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinova Fauri
"Kinerja pelabuhan menjadi salah satu unsur yang penting dalam dunia perdagangan internasional mengingat sebagian besar perdagangan melalui jalur laut. Maka dari itu diperlukan efisiensi dalam pelayanan kinerja kepelabuhanan untuk nantinya bisa mengurangi biaya ekonomi yang tinggi dari mulai waktu tunggu kapal, hingga proses kepabeanan barang. Dengan menggunakan analisis regresi 2SLS, penulis mendapatkan bagaimana penurunan rata-rata persentase yard to occupancy ratio sebesar 10% secara signifikan dapat meningkatkan ekspor sebesar 0.34%. Peningkatan efisiensi kegiatan bongkar muat di dermaga sebesar 10% juga secara signifikan dapat meningkatkan ekspor sebesar 1.17%.

Port performance has been a key role for international trade due to high significant share for goods transported in sea. For that reason, efficiency needed necessarily for port performance and services that hopefully later could reduce high economic cost that consist of waiting time until custom process. With 2SLS method of analysis, the writer found that reducing yard to occupancy ratio by 10% on average, could significantly increase the export by 0.34%. Moreover, increasing effective time for loading/unloading at dock could also bring higher export by 1.17%.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59422
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Adela
"Kontribusi Indonesia yang tidak signifikan terhadap konsumsi kayu dunia telah menjadi tantangan bagi Pemerintah Indonesia selama bertahun-tahun. Penebangan kayu liar adalah salah satu tantangan penting dan tidak hanya mengganggu aksesibilitas bahan baku kayu tetapi juga mengancam kredibilitas produk kayu Indonesia di pasar global. Menyikapi situasi tersebut, pemerintah memberlakukan peraturan legalitas kayu untuk memberantas perdagangan kayu ilegal sekaligus mendorong ekspor produk kayu Indonesia. Studi ini mengkaji dampak peraturan lingkungan hidup melalui penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) terhadap ekspor produk kayu Indonesia periode 2004 sampai 2018 dengan menggunakan analisis empiris. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara penerapan SVLK dengan permintaan pasar produk kayu Indonesia. Studi ini membagi estimasi empiris menjadi tiga produk utama yaitu kertas, pulp, dan kayu lapis. Estimasi empiris menggambarkan bahwa koefisien SVLK pada ekspor kertas dan kayu lapis adalah negatif dan signifikan. Namun SVLK tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor pulp, meski tandanya juga negatif. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan SVLK menurunkan volume ekspor kertas dan kayu lapis, masing-masing sekitar 19% dan 26%.

Indonesias insignificant contribution to the worlds wood consumption has been a challenge for Government of Indonesia so many years. Illegal logging as one of important challenges was not only disrupted Indonesias accessibility of raw sources but also threatened its woods credibility in global market. Responding to this situation, the government therefore enforced timber legality regulation to fight wood illegal trade and at the same time to boost wood products export from Indonesia. This study investigates the impact of environmental regulation through the implementation of Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) towards Indonesias wood products export between 2004 and 2018 by using empirical analysis. The result of this study is that there is a negative correlation between the implementation of SVLK and the market demand of Indonesian wood products. This study divides the empirical estimation into three main products namely paper, pulp, and plywood. The empirical estimation illustrates that the coefficient of SVLK on paper and plywood exports are significantly negative. However, SVLK has no significant effect on pulp exports, even though the sign is also negative. It is found that the implementation of SVLK decreases the export volume of paper and plywood, about 19% and 26%, respectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Madina Fiscarine
"Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, namun terjadi penurunan penjualan dan kinerja selama beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri umum dan iklim inisiatif terhadap kinerja layanan proaktif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Survei terhadap 352 pelaku usaha UMKM di Jakarta dilakukan melalui kuesioner daring dan luring, serta data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri umum berpengaruh sebesar 54,8% terhadap kinerja layanan proaktif secara positif dan signifikan. Iklim inisiatif juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja layanan proaktif sebesar 29,9%. Serta, iklim inisiatif memperkuat sebanyak 1% pengaruh efikasi diri umum terhadap kinerja layanan proaktif, namun secara tidak signifikan. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan tambahan tentang kinerja layanan proaktif terutama pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia.

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are a critical component of Indonesia’s economy, yet they have faced challenges in maintaining sales and performance in recent years. This study aims to analyze the effect of general self-efficacy and initiative climate on proactive service performance. The research adopts a quantitative approach. A survey was conducted involving 352 MSME practitioners in Jakarta through online and offline questionnaires, with data analyzed using PLS-SEM. The results demonstrate that general self-efficacy has 54,8% positive and significant effect on proactive service performance. Also, initiative climate has 29,9% positive and significant effect on proactive service performance. Furthermore, initiative climate moderates the influence of general self-efficacy on proactive service performance by 1%, though the moderation effect is not statistically significant. This research aims to enrich the existing literature on proactive service performance, particularly in the context of Indonesia’s MSMEs. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Catur Wibowo
"Studi ini bertujuan untuk menganalisis efek trade agreement melalui tarif preferensi dan Non Tariff Measure (NTM) terhadap kinerja ekspor perusahaan palm oil dan produk turunannya. Objek penelitian terdiri dari empat negara China, India, Malaysia dan Pakistan pada periode 2012-2021. Metode estimasi menggunakan Poisson Pseudo Maximum Likelihood (PPML). Hasil estimasi menunjukkan dampak dari penurunan tarif preferensi sebesar 1 poin persentase dapat meningkatkan nilai ekspor perusahaan sebesar 2.07%, peningkatan jumlah kumulatif SPS (Sanitary and Phytosanitary) di negara importir sebesar 1% dapat meningkatkan nilai ekspor perusahaan sebesar 1.93%, dan peningkatan jumlah kumulatif TBT (Technical Barriers to Trade) di negara importir sebesar 1% dapat meningkatkan nilai ekspor perusahaan sebesar 1.82%.

This study aims to analyze the effects of trade agreements through preferential tariffs and Non Tariff Measure (NTM) on the export performance of palm oil companies and their derivative products. The research object consists of four countries China, India, Malaysia and Pakistan in the period 2012-2021. The estimation method uses Poisson Pseudo Maximum Likelihood (PPML). The estimation results show that the impact of a decrease in preference tariffs by 1 percentage point can increase the company's export value by 2.07%, an increase in the cumulative number of SPS (Sanitary and Phytosanitary) in importing countries by 1% can increase the company's export value by 1.93%, and an increase in the cumulative number of TBT (Technical Barriers to Trade) in importing countries by 1% can increase the company's export value by 1.82%."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Naufal
"Seiring bertumbuhya demografi di Indonesia, tingkat konsumsi masyarakat juga turut meningkat menyebabkan kenaikan produksi sampah tiap tahunnya. Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan regulasi yang mewajibkan produsen makanan dan minuman untuk beralih menggunakan kemasan yang mudah terurai, terbuat dari bahan daur ulang, dan pemanfaatkan kembali sampah. Salah satu perusahaan yang berinovasi di tengah regulasi kemasan ramah lingkungan adalah Plepah Indonesia. Plepah merupakan perusahaan manufaktur kemasan ramah lingkungan yang menggunakan pelepah pinang yang dijadikan wadah makanan pengganti styrofoam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh attitude, environmental concern, personal norms, dan willingness to pay terhadap minat beli kemasan ramah lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 120 responden yang didapatkan melalui kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, environmental concern, personal norms, dan willingness to pay memiliki pengaruh terhadap minat beli kemasan ramah lingkungan.

Along with the growing demographics in Indonesia, the level of public consumption has also increased causing an increase in waste production each year. This prompted the government to issue regulations requiring food and beverage manufacturers to switch to using packaging that is easily decomposed, made from recycled materials, and reuse waste. One company that is innovating in the midst of environmentally friendly packaging regulations is Plepah Indonesia. Plepah is an environmentally friendly packaging manufacturing company that uses areca palm fronds as food containers to replace Styrofoam. This study aims to determine the effect of attitude, environmental concern, personal norms, and willingness to pay on the intention to buy environmentally friendly packaging. The research used a quantitative approach through a purposive sampling technique on 120 respondents who were obtained through an online questionnaire. The results of the study show that attitude, environmental concern, personal norms, and willingness to pay have an influence on the intention to buy environmentally friendly packaging."
2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>