Ditemukan 112516 dokumen yang sesuai dengan query
Lutfi Mohammad Rido Shohibudin
"Sebuah kapal memiliki suatu sistem agar kapal dapat tenggelam dan mengapung di dalam air. Sistem ini disebut sistem ballast. Sistem ballast ini merupakan suatu sistem untuk memanipulasi berat benda di dalam air. Pada skripsi ini membahas mengenai kelayakan sistem apung tenggelam yang menggunakan air dan udara bertekanan. Sistem ini akan diterapkan pada sistem apung tenggelamya kapal keruk yang bertipe Cutter-Suction Dredger. Kapal keruk ini memilki dua buah ponton di samping kiri-kanannya sebagai alat penyeimbangnya atau menjaga kestabilannya. Sistem ballast ini diterapkan di ponton-ponton ini dengan air dan udara bertekanan. Hal ini bertujuan untuk memberikan stabilitas dan memberikan kemudahan operator saat bekerja. Maka dirancanglah sebuah simulasi tangki ballast dengan volume 0,027 m3. Sistem ballast ini mampu membuat ponton dapat tenggelam dan mengapung dengan cepat dan efisien. Dengan menggunakan sistem udara tekan ini juga diharapkan dapat mempercepat ketika beroperasi.
A ship has a system so that the ship can sink and float in the water. This system is called a ballast system. Ballast system is a system for manipulating heavy objects in the water. This thesis discusses the feasibility of sinking a floating system that uses water and compressed air. This system will be applied to the floating system dredger which-Cutter Suction Dredger type. This dredger pontoon has two pieces on the left-right as a tool to maintain balance or stability. Ballast system is implemented in the pontoons, the pontoons with water and pressurized air. It aims to provide stability and provide ease of operator at work. Then designed a simulated ballast tank with a volume of 0.027 m3. Ballast system is able to be submerged and floating pontoons quickly and efficiently. By using the compressed air system is also expected to accelerate when in operation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42030
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ismail Saleh
"Kapal keruk adalah kapal yang berfungsi untuk mengambil sedimentasi di dasar air. Salah satu jenis kapal keruk yaitu kapal keruk tipe Suction Dredger yaitu kapal yang memakai pompa untuk menghisap sedimen dari dasar air. Pompa yang dipakai umumnya adalah pompa sentrifugal. Kapal keruk yang beroperasi di sungai umumnya tidak memiliki sistim propulsi. Untuk berpindah, kapal tersebut ditarik memakai kapal tunda. Pada saat ditarik menuju tempat tujuan terkadang kapal harus melewati sungai yang sempit dan berarus deras. Terlebih lagi saat melewati belokan sungai yang berarus deras. Sehingga terdapat risiko kecelakaan kapal karena kapal terbawa arus hingga menabrak tepi sungai atau kapal lainnya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pompa sentrifugal yang telah ada pada kapal tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu manuver kapal ketika ditarik kapal tunda melewati belokan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan dan sampai dengan aman. Manuver dilakukan dengan cara mengalirkan air dari pompa menuju nosel yang berada di belakang kapal. Arus air dari nosel untuk memberikan gaya dorong mirip dengan sistim propulsi waterjet. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana sistim perpipaan tambahan dari pompa ke nosel.
Dredger is a ship that serves to take the sediment at the bottom of the water. One type of dredger is Suction Dredger Type which use pumps to suck slurry from the bottom. Of water. The pump which generally used is a centrifugal pump. Dredgers operating in the river generally has no propulsion system. To move, the ship was withdrawn using tugboats. At the point of sometimes drawn toward the ship to cross the river is narrow and fast-flowing. Moreover bends as it passes through the fast-flowing river. So there is a risk of a boating accident because the boat drifted up to hit the riverbank or other vessel. The study was conducted to determine whether the existing centrifugal pump on the vessel could be used to help maneuver the vessel when the tugs pulled through bends so as to reduce the risk of accidents and get there safely. Maneuver is done by pouring water from the pump to the nozzle behind the ship. Water flow from the nozzle to provide thrust propulsion system similar to the waterjet. In addition, to find out how the additional piping system from the pump to the nozzle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42335
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
NMIK 12-13(2
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dian Bachtiar Nurdin
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S40995
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ryan Hartito Kristya Adi
"IMO mengeluarkan Konvensi BWM sebagai bentuk pencegahan masalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh air ballast dengan beberapa metode BWM seperti Ballast water exchange, Ballast water treatment dan reception facilities. Metode tersebut masih mempunyai kendala di antaranya adalah keberadaan kapal terutama existing ship yang belum memenuhi jadwal diberlakukannya Regulasi B-3 Konvensi BWM.
Atas dasar hal itu BWTV bisa dijadikan sebagai solusi alternatif untuk memecahkan permasalahan dari Konvensi BWM dikarenakan bentuknya adalah sebuah kapal yang konsepnya merupakan gabungan dari metode BWT dan Reception Facilities. Pada pengoperasianya akan dibebankan tarif sewa bagi kapal klien sebesar Rp 3906/m3. Dalam jangka waktu 5 tahun investasi dari BWTV ini akan menghasilkan IRR sebesar 21 %.
IMO issued BWM Convention as prevention of pollution problem caused by ballast water with several methods of BWM such as Ballast water exchange, Ballast water treatment and reception facilities. Those methods still have constraints including the presence of ships especially existing ship which has not participated on the compliance schedule of B-3 Regulatory of BWM Convention. Be based of that case, BWTV can be used as an alternative solution to solve BWM Convention problems because of the ship form with two combining methods concept, BWT method and Reception Facilities. In its operation, client vessel will be charged Rp 3906/m3 for the rent cost. Within five years, the investment of BWTV will generate 21% of IRR."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59439
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizaldi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38417
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wilman Agustiawan
"Lampu Flourescent telah digunakan oleh banyak pihak dikarenakan lampu ini lebih efisiensi dibandingkan dengan lampu pijar. Pada awalnya digunakan ballast elektromagnetik untuk mendukung kerja dari lampu fluorescent. Namun ballast elektromagnetik memiliki faktor daya yang kecil dan efisiensi yang kecil yang mendorong timbul ballast elektronik untuk mengatasi masalah pada ballast elektromagnetik.
Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan unjuk kerja dari ballast elektromagnetik dan ballast elektronik. Perbandingan yang dilakukan pada skripsi ini adalah power quality, current crest factor dan segi ekonomis. Pada perbandingan power quality tentang konsumsi daya didapatkan bahwa ballast elektronik 18 W lebih efisien 36.40 % daripada ballast elektromagnetik 18 W.
Fluorescent lamps have been used by many parties because this lamp is more efficient than incandescent bulbs. Initially used to support the work of electromagnetic ballasts of fluorescent lamps. However, electromagnetic ballast has a small power factor and efficiency that arise encourage small electronic ballast to overcome the problem of the electromagnetic ballast. In this study aims to compare the performance of electromagnetic ballasts and electronic ballasts. Comparisons are done on this thesis is the power quality, current crest factor and economically. In the comparison of power quality on power consumption was found that the electronic ballast 18 W 36.40% more efficient than electromagnetic ballast 18 W."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1052
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Sitompul, Dolyn
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37085
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sanlaruska Fathernas
"Kerugian jatuh tekanan (pressure drop) memiliki kaitan dengan koefisien gesek dan merupakan hal penting dari sistem aliran fluida di dalam pipa karena berhubungan dengan penggunaan energi. Air murni merupakan salah satu dari fluida-fluida sederhana yang digunakan pada penelitian kerugian jatuh tekan. Air merupakan fluida ewtonian dimana viskositasnya hanya berpengaruh oleh perubahan temperatur.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kerugian jatuh tekan yang terjadi pada aliran fluida dengan penambahan serat bambu. Dari pengujian ini didapatkan data perbedaan ketinggian manometer (Δh), waktu yang diperlukan untuk mencapai volume tertentu, dan massa dari fluida. Spesifikasi dari alat pengujian yang diperlukan juga didapatkan untuk diolah menggunakan persamaan-persamaan empiris sehingga didapatkan hasil pengolahan. Tampilan grafik hasil pengolahan akan dibandingkan dengan grafik secara teoritis. Grafik yang ditampilkan merupakan hubungan antara Bilangan Reynolds dengan beda tekanan dan bilangan Reynolds dengan koefisien gesek.
Pressure drop has a relevancy with the coefficient of friction and it?s significant case of the system of fluid rate in the pipeline cause it?s related with energy consumption. Pure water is one of plain fluids used on pressure drop research. Water is Newtonian fluid which its viscosity depends on temperature change only. This research done in order to understand the pressure drop use bamboo fibres. From the research obtains difference of water height (Δh), time required to reach particular volume, and mass of fluids. Specification of the equipment required is also getting to processing that uses empirical equations, so it will get the processing result. Processing result graphic will be compared with the theoritical graphic. The graphic being appeared is relation between Reynolds number with difference of pressure and Reynolds number with coefficient of the friction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42154
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library