Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150148 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Widi Susanti Onwardani
"Penelitian ini membahas mengenai peran perpustakaan SD dan SMP Al-Izhar Jakarta dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Permasalahan penelitian ini adalah peran perpustakaan sekolah dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran perpustakaan SD dan SMP Al-Izhar Jakarta dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa peran perpustakaan sekolah Al-Izhar Jakarta dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya berupa program semester kebutuhan materi sekolah Al-Izhar. Perpustakaan sekolah Al-Izhar merupakan wadah yang digunakan penggunanya untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan yang mereka cari.

The Study discusess the role of the Al Izhar and elementary school libraries in Jakarta in serving the needs of information of its users. The isssue of this study is on the role of the school library in fulfilling the need of its users. The study aims to illustrate the role of Al Izhar‟s Elementary and Junior High school libraries in fulfilling the need for information by the library users. The method of this study uses the qualitative method with case studies. The researcher can summarize that the role of the school Library of Al Izhar Jakarta is is to fulfill and meet the semesterial program of the school called kebutuhan materi sekolah. The Al Izhar Library is the place for users to obtain the needs for information and knowledge that they are searching for."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42028
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Kumara Santi Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan perpustakaan elektronik keliling (pusteling) dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK. Perpustakaan elektronik keliling merupakan sebuah program baru yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan penetrasi teknologi informasi/internet di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh pusteling kepada salah satu pemustakanya yaitu siswa SMK. Lokasi penelitian diadakan di SMK 11 Kelompok Bisnis dan Manajemen Pinangsia, Jakarta Barat. Berdasarkan observasi dan pengolahan data kuesioner secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pusteling kepada siswa SMK sudah tergolong baik. Dari 5 faktor penentu kualitas sebuah layanan, dua di antaranya yaitu kelengkapan fasilitas dan penataan ruangan mendapat poin sangat baik. Sedangkan kebutuhan informasi siswa SMK yang berhasil diidentifikasi terbagi menjadi tiga konteks yaitu kebutuhan informasi berdasarkan peran sosial, personal dan lingkungan. Terkait dengan peran sosial sebagai pelajar, penyelesaian tugas sekolah menempati prioritas pertama dan kedua. Untuk kebutuhan informasi dilihat dari sisi personal, informasi mengenai hiburan mendapat prioritas teratas. Sedangkan untuk kebutuhan informasi menyangkut konteks lingkungan, informasi mengenai peristiwa terkini mendapat peringkat pertama.

ABSTRACT
This study is about the service quality of mobile electronic library in meeting the information needs of vocational students. Mobile electronic library is a new program launched by the National Library to enhance the penetration of information technology/internet in the community. The purpose of this study wanted to know the quality of services provided by electronic mobile library to the vocational students as one of their user. The research location was held at SMK 11 Pinangsia Business and Management Group, West Jakarta. Based on observations and data processing quantitative methods, the results showed the quality of services provided by pusteling to vocational students are good. Of the five determinants of service quality, two of which are complete facilities and arrangement of the room got very good points. While the information needs of vocational students who were identified divided into three contexts is based on the information needs of social roles, personal and environmental. Associated with social roles as students, completion of school work got the first and second priority. For information needs in terms of personal, information about the entertainment gets top priority. As for the need of information regarding the environmental context, information on current events got first rank. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S487
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Rahayu K
"Masalah Pendidikan pemakai : studi kasus di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar, dianalisis dengan mengingat bahwa pendidikan pemakai merupakan dasar dalam membangun kemampuan siswa melakukan penelurusan informasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan pemakai harus dirancang secara tepat dengan memperhatikan metode, media dan materi yang akan diberikan.Tujuan penulisan skripsi ini adalah menggambarkan pentingnya pendidikan pemakai bagi siswa untuk menunjang kemampuan mereka dalam penelusuran informasi yang efektif dan efisien serta mengkaji pelaksanaan pendidikan pemakai yang dilaksanakan Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar.Ruang lingkup penelitian ditetapkan mulai bulan Januari hingga Februari 2002 dengan mempertimbangkan pelaksanaan pendidikan pemakai selalui dilakukan pada awal tahun ajaran baru.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus . Metode ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya faktor-faktor tertentu yang memberikan ciri khas pada tingkah laku sosial yang kompleks dari unit, memahami relasi dari unit tersebut dan pengaruh dari faktor-faktor sosial. Sebagai pelengkap dalam pengumpulan data dilakukan studi kepustakaan, observasi dan wawancara dari narasumber yang ada di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-Izhar.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah berupa kesimpulan perlunya kesadaran dari pihak Perguruan tentang pentingnya pendidikan pemakai bagi para siswa dan dukungan dari unit-unit sekolah dalam menunjang peningkatan kualitas dari pendidikan pemakai. Perpustakaan juga harus meningkatkan metode, media, dan materi yang diberikan dalam pendidikan pemakai agar dalam pelaksanaan di kemudian hari menjadi lebih berkualitas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Figo Alief Alfanzha
"Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam menyediakan informasi dan mendukung proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Penelitian dimulai dari bulan Oktober 2021 sampai dengan Mei 2022, menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan metode purposive sampling dan pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan observasi secara daring. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan, perpustakaan sekolah memiliki peran yang membantu proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Perpustakaan sekolah membantu siswa dan guru belajar, memberikan informasi, dan mengerjakan tugas. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah perlu mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan layanan informasinya dalam proses pembelajaran.

School libraries have an important role in providing information and supporting the learning process in schools. This study aimed to determine the role of the school library in the learning process in the school environment. The research starts from October 2021 until May 2022, using a qualitative approach. Determination of informants is conducted by purposive sampling method by conducting online interviews and observations. The results of the research show that the school library has a role that helps the learning process in the school environment. The school library helps students and teachers learn, provide information, and do assignments. Therefore, school libraries need special attention to improve their information services in the learning process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Andriyan
"Skripsi ini membahas partisipasi pustakawan cilik dalam pengelolaan bahan pustaka, layanan dan sosialisasi pemanfaatan perpustakaan di SDN Kramat Beji, Depok.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun partisipasi pustakawan cilik ini dilihat dari beberapa bentuk partisipasi berdasarkan teori Keith Davis. Bentuk-bentuk partisipasi tersebut diteliti untuk mengidentifikasi pelaksanaan partisipasi pustakawan cilik dan kendala yang dihadapi pustakawan cilik pada kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan perpustakaan SDN Kramat Beji. Hasil penelitian ini menunjukkan pustakawan cilik berpartisipasi dengan tenaga dan pikiran/pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan mereka.

Abstract
This thesis discusses participation of junior librarian on collection management, service and socialization of school library at Perpustakaan SDN Kramat Beji, Depok.This is a qualitative research that using case study method. The participation of junior librarian that are analyzed based on The Keith Davis's theory of participation. Those process are analyzed to identification how the participation of junior librarian are formed and some obstacles that are faced on carried out school library development activities. The research concludes that the junior librarian participate with physical and psychological in their activities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S246
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 1999
027.8 PED
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan sekolah yang hadir di berbagai semua tingkatan sekolah merupakan salah satu fasilitas untuk proses belajar mengajar yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasi khususnya informasi pustaka, selain juga informasi yang berasal dari pengajarnya. Artikel ini ditulis dari permasalahan bahwa perpustakaan sekolah khususnya sekolah dasar di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman masih banyak kekurangan dari segi sarana, koleksi, pengadaan hingga pengelolaannya. Kondisi ini secara tidak langsung akan memepengaruhi pemanfaatan perpustakaan oleh guru di sekolah dasar dalam menunjang proses belajar mengajar kepada siswa.
Pendekatan analisis kajian ini berpedoman pada teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan T. Luckman dimana kita dapat mengkonsepsi sebuah makna selalu berpijak pada kenyataan obyektif yang ada, kenyataan simbolik dan juga kenyataan subjektif. Kondisi ini dapat melahirkan pemahaman terkait apa yang telah dan akan dilakukan para guru di sekolah dasar dalam kenyataan simbolik pada perpustakaan yang ada di sekolahnya. Dalam kajian ini ditemukan guru dengan dua tipologi yakni professionally staff member dan deserter."
BIPI 10:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria M. Putri
"Skripsi ini membahas proses menumbuhkan minat baca siswa melalui empat (4) upaya: menarik minat anak melalui koleksi; menumbuhkan rasa senang di perpustakaan; memberikan rangsangan kepada kegiatan membaca; dan mengadakan kegiatan menarik di Perpustakaan TK Al-Izhar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyimpulkan pada dasarnya komunikasi proses ini sudah berjalan dua arah namun belum efektif; kegiatan yang dilakukan dalam proses ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari siswa dan masih terdapat kendala internal: kurangnya kerjasama; koleksi; kurangnya waktu; lokasi dan keadaan ruang AV.

This undergraduate thesis is studying about the process of developing student reading interest through four (4) attempts: appeal to children through the collection; foster a sense of pleasure in library; giving stimulus to the reading activities; and held an interesting activities at Al-Izhar Kindergarten Library. This research is qualitative case studies.
The conclusions are the communication in this process is already running in two-way direction but not yet effective; the activities in this process are running well and get positive response; there are some internal obstacles: lack of cooperations; collections; lack of time; AV roon condition and circumstances.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42937
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Rizki Padila
"Penelitian ini menganalisis tentang peran perpustakaan SMPN 85 Jakarta dalam mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Masalah yang ingin dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam mendukung gerakan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peran perpustakaan sekolah dalam  mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen selama bulan Agustus-November 2022. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria pihak yang terlibat. Hasil dalam penelitian ini adalah peran perpustakaan sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran perpustakaan sekolah dalam gerakan literasi sekolah ada dua yaitu inovator dan founder. Peran sebagai inovator  karena inovasi Perpustakaan sekolah dalam gerakan literasi sekolah. Inovasi yang dihasilkan yakni jadwal kunjungan perpustakaan (tahap pembiasaan), lomba pojok baca (tahap pengembangan) serta pojok baca (tahap pembelajaran). Peran sebagai founder karena Perpustakaan sekolah yang mengatur jalannya baik dari pra acara-pasca acara gerakan literasi sekolah yang diinovasikan oleh Perpustakaan sekolah.

This study analyzes the role of the SMPN 85 Jakarta library in supporting the School Literacy Movement. The problem to be discussed in this study is the role of the school library in supporting the school literacy movement. The purpose of this research is to identify the role of the school library in supporting the School Literacy Movement. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collected using observation, interviews, and document analysis from August to November 2022. The informants were selected using a purposive sampling technique with criteria of the parties involved. The result of this study is the role of the school library in the School Literacy Movement. This research concludes that there are two roles of school libraries in the school literacy movement, namely innovators and founders. The role of an innovator is because of the innovation of the school library in the school literacy movement. The resulting innovations are library visit schedules (habitation stage), reading corner competitions (development stage), and reading corners (learning stage). The role of a founder is because the school library manages the running from the pre-event-post-event of the school literacy movement that was innovated by school library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fawzia Alfiana Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa yang tercantum di dalam Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan analisis dokumen, Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa yang sudah tercantum di dalam kurikulum 2013. Peneliti menyimpulkan bahwa peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca penggunanya adalah berupa mengadakan program-program hiburan di dalam perpustakaan dan mengadakan kegiatan belajar di dalam perpustakaan.

ABSTRACT
This study discusses the role of school libraries in increasing students' interest in the curriculum listed in 2013. Methods used in this study is a case study. This study aims to describe the role of school libraries in improving students' interest already included in the curriculum of 2013. Researchers concluded that the role of school libraries in improving its reading is in the form of entertainment programs held at the library and conduct learning activities in the library."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>