Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181875 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
S7578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Pirous
"In this article, the author assumes that the clear-cut distinction between modern and traditional arts is merely a form of scientific construction which needs to be re-examined. The political, social and cultural problems underlying the development of modern art, in particular in developing countries are quite different from those in Euro-American countries. Therefore, the artistic expressions are also different and cannot be analyzed in terms of aesthetical standard as developed in the West. The author provides evidences that the modern art in Indonesia has its own discourse. An intensive dialogue' between the traditional and the modern elements is going on. Three cases drawn from three artists are discussed in this article as the example of the ongoing dialogue."
2000
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Basuki Resobowo
Yogyakarta: Ombak, 2005
808.3 BAS b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tashadi
"Buku ini membahas mengenai keterlibatan seniman pada masa perang kemerdekaan dan dijelaskan pula dampak karya-karya seniman pada masa perang kemerdekaan"
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999
959.803 5 TAS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tugas Tri Wahyono
Yogyakarta: BPNB D.I. Yogyakarta, 2018
927 TUG k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S4942
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dharsono Sony Kartika
Bandung: Rekayasa Sains, 2017
709.598 DHA s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
RR. Mega Trianasari
"

 

Peristiwa Desember Hitam adalah  penandatanganan pernyataan protes oleh 14 seniman dan pemberian karangan bunga dukacita pada Dewan Kesenian Jakarta sebagai penyeenggara Pameran Besar Seni Lukis 1974, di Taman Ismail Marzuki pada 31 Desember 1974. Keempetbelas seniman tersebut adalah Muryotohartoyo, Juzwar, Bonyong Muni Ardi, M. Sulebar, Ris Purwana, Daryono, D.A Peransi, Baharudin Marasutan, Adri Darmadji, Harsono, Hardi, Ikranegara, Siti Adiati, dan Abdul Hadi WM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebab dan dampak peristiwa Desember Hitam. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat langkah yaitu (1) Heuristik; (2) verifikasi; (3) interpretasi; dan (4) historiografi  dengan menggunakan pendekatan relasi kuasa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peristiwa ini disebabkan oleh hasil penjurian Lukisan yang Baik  dalam Pameran Besar Seni LukisIndonesia 1974  yang memilih hasil karya yang beraliran abstrak-dekoratif. Saat itu seni rupa yang beraliran abstrak dekoratif dianggap sebagai seni rupa yang cocok dengan kepribadian nasional. Menurut 14 seniman yang menandatangani Pernyataan Desember Hitam, pemilihan karya-karya yang becorak abstrak dekoratif merupakan suatu tindakan yang melawan kodrat seniman yang memiliki keragaman dalam aliran dan bentuk-bentuk karya. Peristiwa ini berdampak pada lima mahasiswa STSRI “ASRI” yang ikut menandatangani pernyataan Desember Hitam, mereka adalah Hardi, Bonyong Muni Ardhi, Harsono, Siti Adiyati dan Ris Purwana. Kelima mahasiswa tersebut menerima skorsing dan pemecatan dari pimpinan STR “ASRI”I. Lima mahasiswa STSRI “ASRI” tersebut dinilai mencemarkan nama baik institusi STSRI “ASRI” dengan ikut menandatangani pernyataan Desember Hitam yang dinilai memiliki muatan politis dan tidak sejalan dengan kebudayaan nasional. Kemudian, lima mahasiswa STSRI “ASRI” tersebut menggabungkan diri dengan seniman-seniman muda dari Bandung dan Jakarta untuk membentuk Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia yang bertujuan untuk mendobrak batasan-batasan dalam seni rupa di Indonesia yang terdiri dari seni lukis, patung dan grafis.

 

 

 

 

 


 

Black December is protest statement signed by 14 artists and giving condolences flower bouquet to Jakarta Art Council as the organizer of Indonesia Great Painting Exhibition 1974, at Taman Ismail Marzuki in 31st December 1974. Those 14 artists are Muryotohartoyo, Juzwar, Bonyong Muni Ardi, M. Sulebar, Ris Purwana, Daryono, D.A Peransi, Baharudin Marasutan, Adri Darmadji, Harsono, Hardi, Ikranegara, Siti Adiati, dan Abdul Hadi WM. This research purpose is to analyze the cause and effect of Black December 1974 event. The methods which used in this research is history methods. Consist of four steps. They are: (1) Heuristic; (2) verification; (3) interpretation; dan (4) historiography with power relation approach.  The research result show that this event caused by the Good Painting judging result in Indonesia Great Painting Exhibition 1974, which choose abstract decorative art works. In that time, abstract decorative artwork is considered fit with national character. According to 14 artists who sign December Hitam statement, choosing only abstract decorative artworks was an act which contradict to artist nature who has variety in style and art form, this event is also have an effect to   STSRI “ASRI” student who sign the Black December Statement, they are Hardi, Bonyong Muni Ardhi, Harsono, Siti Adiyati dan Ris Purwana. Those five students accept suspension decision from STSRI ASRI’s Chief. They perceived to give bad name for STSRI “ASR” by signing the Black December Petition, because it has political value and it doesn’t conform to national culture. Afterward, those five expelled students joined themselves with young artist from Bandung and Jakarta, making Indonesian New Art Movement which has purpose to breaking the barrier of Indonesian fine arts, which consist of painting, sculpture and graphic.

 

"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T51820
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Carolina
"ABSTRAK
Seni publik merupakan karya seni yang diletakkan di ruang publik, bukan hanya untuk dilihat saja, melainkan untuk berinteraksi dengan masyarakat dan lingkung sekitar. Oleh sebab itu, seni publik mampu menciptakan ruang yang berbeda melalui intervensi dari karya yang dibuat. Karya seni publik dapat bersifat dinamis akibat pengaruh zaman dan perkembangan teknologi di era modern. Proses kreatif seniman dalam mengintervensi ruang publik melalui teknik dan media yang beragam, menyebabkan karya seni publik bersifat interaktif, menarik perhatian dan kontroversial. Karya seni publik memberikan pengaruh terhadap respon masyarakat yang berperan sebagai lsquo;observer rsquo;, dalam bentuk pola reaksi dan tingkah laku dalam mengalami ruang kota. Pola tingkah laku dipengaruhi oleh persepsi terkait penilaian terhadap karya seni publik. Beragam jenis karya seni publik yang memiliki nilai makna dan estetika dimanfaatkan sebagai elemen yang digunakan dalam perancangan kota dengan istilah lsquo;reinvention rsquo;. Hal tersebut untuk meningkatkan kualitas ruang kota agar menarik perhatian masyarakat dalam mengalami ruang kota dimana karya diletakkan. Seni publik yang dipadukan dengan perancangan kota, menjadikan ruang publik kota menjadi livable yang mengundang untuk berinteraksi, bertinggal maupun berkunjung. Seperti studi kasus yang telah dilakukan di kota Bandung dan studi preseden di kota Melbourne, kedua kota memadukan seni dalam konsep perancangan kota untuk menciptakan lingkung ruang publik yang livable.

ABSTRACT
Public art is a work of art that is placed in public space, not just to be seen, but to interact with the community and the surrounding environment. Therefore, the public art can create different spaces through the intervention of the created work. Public artwork can be dynamic due to the influence of the times and technological developments in the modern era. The creative process of artists in the intervention of public space through various techniques and media, causing public artwork to be interactive, interesting and controversial. Public artworks have an influence on the response of community who acts as an observer, in the form of reaction patterns and behavior in experiencing urban space. Behavioral patterns are influenced by perceptions regarding the assessment of public works of art. Various types of public art that have meaning and aesthetic value are used as an element used in the urban design with the term 39 reinvention 39 . This is to improve the quality of urban space to attract the attention of people in experiencing the city space where the work is laid. Public art combined with urban design, making the city public space to be livable that invite to interact, stay or visit. As case studies have been done in the city of Bandung and a study of precedents in the city of Melbourne, the two cities combine art with the concept of urban design to create a livable public sphere. "
Lengkap +
2017
S67808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>