Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94935 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Krisna Juanita
"Skripsi ini membahas mengenai implementasi Policy Control Rules Function (PCRF) pada jaringan OpenIMSCore. PCRF berfungsi sebagai penentu kebijakan pada OpenIMSCore dalam pengaturan Quality of Service (QoS). QoS dapat menjamin layanan OpenIMScore agar dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Implementasi PCRF dilakukan untuk memodelkan suatu jaringan OpenIMSCore dalam pengaturan bandwidth yang diberikan kepada layanan yang ada. Instalasi PCRF membutuhkan komponen penting yaitu protocol DIAMETER yang memiliki peranan dalam Authentication, Authorization, and Accounting (AAA). PCRF terhubung langsung dengan P-CSCF sehingga pada P-CSCF juga harus dilakukan pengaturan protocol DIAMETER agar dapat tersambung dengan PCRF.

This paper discusses the implementation of the Policy Control Rules Function (PCRF) on the OpenIMSCore network. PCRF functions as a determinant in setting policy on OpenIMSCore Quality of Service (QoS). QoS can guarantee OpenIMScore services in order to operate as expected. Implementation PCRF performed to model a OpenIMSCore network in bandwidth settings given to existing services. Installation requires a critical component of PCRF DIAMETER protocol that has a role in the Authentication, Authorization, and Accounting (AAA). PCRF is connected directly to the P-CSCF to the P-CSCF should also be performed DIAMETER protocol settings in order to connect to the PCRF."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1849
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Toufik Gozali
"ABSTRAK
PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) merupakan perusahaan yang memiliki usaha utama dibidang penyelenggaraan jaringan, jasa telekomunikasi dan informatika. Berbagai jenis produk Telkom dihasilkan dengan berbasiskan teknologi jaringan internet protocol (IP) yang didukung oleh luasnya infrastruktur telekomunikasi Telkom. Pada kondisi terjadi gangguan infrastruktur yang berakibat saturasi bandwidth diharapkan layanan dapat beroperasi dengan kualitas yang baik sesuai dengan service level agreement (SLA) produk dan jenis pelanggan. Fakta yang terjadi pada saat keadaan saturasi bandwidth yaitu performansi layanan koneksi data dan internet menjadi lambat, tidak dapat melakukan panggilan telpon serta terjadi penurunan kualitas layanan televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan QoS yang ideal terhadap jenis produk berbasis IP pada infrastruktur backbone Telkom agar memberikan prioritas traffic pada saat terjadi saturasi bandwidth. Rancangan QoS bersumber pada studi komposisi biaya setiap jenis produk, SLA, segmen pelanggan, dan utilisasi penggunaan bandwidth pada infrastruktur Telkom. Dalam keadaan infrastruktur normal, penerapan QoS ini tidak memiliki pengaruh terhadap penerapan proses antrean paket pada network element infrastruktur jaringan. Sebaliknya, implementasi QoS sangat berguna jika terjadi traffic congestion yang berakibat pada saturasi bandwidth. Dengan diterapkannya QoS pada setiap network element infrastruktur jaringan akan memberikan jaminan bandwidth dan preferensi prioritas bagi masing-masing jenis produk berbasis IP.

ABSTRACT
PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) is a company whose core business is in network operations, telecommunications services and informatics. Various types of Telkom products are produced based on internet protocol (IP) network technology which is supported by the broad telecommunications infrastructure. In conditions of infrastructure disruption, it is expected that services can operate with good quality in accordance with the product service level agreement (SLA) and type of customer. The fact that the performance of data connection services and the internet becomes slow, unable to make telephone calls and low quality of television services. This study aims to determine the ideal QoS design for IP-based products on Telkom's backbone infrastructure when bandwidth saturation occurs. The QoS design is based on the study of cost composition in each products, SLA, customer segment, and bandwidth usage utilization. In normal operation, the application of QoS has no effect on the implementation of the packet queue process on network infrastructure element networks. Conversely, QoS implementation is very useful if there is traffic congestion which results in bandwidth saturation. With the implementation of QoS on each network element, network infrastructure will provide bandwidth guarantees and priority preferences for each type of IP-based product.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muchammad Ghofur Al Amin
"Seiring dengan perkembangan dalam teknologi seluler, telah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan dari jaringan, perangkat hand phone dan jumlah aplikasi yang tersedia, terjadi ledakan permintaan akan layanan data. Pengembangan jaringan secara masif untuk jaringan seluler generasi 2G, 3G dan 4G turut memacu pertumbuhan layanan data. Berdasarkan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Kualitas Jasa Teleponi Dasar Pada Jaringan Bergerak Seluler, standar tolok ukur QoS hanya dilakukan untuk jenis layanan suara.
Dalam penelitian ini akan dilakukan proses analisis terhadap performansi QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler di DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Depok, Indonesia dengan sistem uji petik secara drive test dan static test. Pada proses drive test dilakukan uji coba untuk aplikasi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk static test dilakukan uji coba aplikasi PING. Untuk melengkapi hasil analisis dilakukan dengan benchmarking terhadap regulasi layanan data pada ETSI, MCMC, IDA, dan Ofcom.
Diharapkan hasil penelitan ini dapat menjadi gambaran secara utuh terhadap performansi QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler yang dapat indikator penting dalam menentukan parameter QoE dan QoS layanan data guna perbaikan regulasi pada penentuan standar tolok ukur QoS dan QoE layanan data pada jaringan seluler di Indonesia.

Along with the development in the mobile technology, there has been a significant increase in the ability of the network, the device is a mobile phone and the number of applications available, causing explosion in demand for data services. Massive's network development for 2G, 3G and 4G mobile netowork helped increasing the growth of data services. Based on the regulation of the Minister of Communication and Information number 16 of 2013 on Basic Telephone Service Quality Standard On Mobile Cellular Network, the measurement of QoS is only done for voice services.
In this study we will perform an analysis of the performance of QoS and QoE data services on mobile networks in Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor and Depok, Indonesia with pick-test system as drive test and static test. In the drive test conducted trials for application HTTP (Hypertext Transfer Protocol) and for the static test trials conducted PING application. The results of the analysis is completed with regulation benchmarking on data services at the ETSI, MCMC, IDA, and Ofcom.
Expected results of this research can be a full picture of the performance of QoS and QoE data services on mobile networks that can be an important indicator in determining the parameters of QoE and QoS data services for the improvement of the regulation on the standard QoS and QoE data services on mobile networks in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagala, Jakson Harianto Johannes
"Teknologi End to End QoS Quality of Services adalah teknologi pemrioritasan trafik pada jaringan IP Internet Protocol dan solusi bagi permasalahan delay yang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya, dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP Traffic Handling Priority/Allocation Retention Priority dan dikontrol oleh perangkat PCRF Policy and Charging Rule Function untuk mekanisme pentarifan.PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utama dalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunan pertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanan konvensional SMS dan suara menjadi layanan OTT Over The Top . Hal ini terlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End to End QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiata saat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis layanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untuk pendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18 .Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemen strategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini di internal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats dan QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan strategi utama dan pendukung.Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. Menurut Pearce and Robinson 1998 , perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisi strategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT. XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk terus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatan teknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yang dikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkala berdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringan mendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan dan perawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja.
Technology of End to End QoS Quality of Services is a traffic prioritization technology in IP Internet Protocol based network and the solution for delay problem caused by IP network characteristics. In its development, THP ARP Traffic Handling Priority Retention Priority Allocation feature is used for data services prioritization and controlled by the PCRF Policy and Charging Rule Functin for the pricing mechanism.PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor in maintaining the network quality and the main solution for revenue growth decreasing trend as result of displacement use of conventional services SMS and voice into OTT over The Top services. This is evident from the lack of planing for maintenance mechanism for End to End technology and THP ARP feature have not been exploited on the PT. XL Axiata 39 s product. Though the THP ARP feature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while the contribution of data services is only about 18 for revenue of PT. XL Axiata.Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy management theory, by identifying associated internal and external factors with the technology, then map it to SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats and QSPM Quatitative Strategic Planning Matrix analysis to determine primary and supporting strategies.Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I and according to Pearce and Robinson 1998 , companies that are in the quadrant has a good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaning PT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue to expand, growing, and achive the maximum progress.In order to make the progressive strategy implementation running well, it requires good maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combined with QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on the combination of a specific time period or network growth gain greater value than no maintenance option, and maintenance options based on the time period only or network growth only."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Rizkiyanto
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas jaringan Virtual Private Network (VPN) yang
merupakan metode komunikasi pada jaringan publik yang aman, dengan
melakukan tunneling dan enkripsi. Teknologi terbaru dari VPN adalah Dynamic
Multipoint VPN (DMVPN) yang dapat melakukan komunikasi ke banyak jaringan
lokal secara mudah, dibandingkan dengan VPN, karena bekerja secara multipoint.
Perbedaan antara DMVPN dengan VPN, seperti cara membuat tunnel dan
konfigurasi, tidak jauh berbeda. Pada penulisan ini akan dibahas perbedaan kedua
metode VPN dan DMVPN dalam Quality of Service (QoS) tertentu, seperti delay,
jitter, dan throughput. Metode yang digunakan untuk mengukur QoS tersebut
adalah dengan melakukan berbagai komunikasi, seperti video streaming, audio
streaming, dan pengiriman file antar jaringan lokal dengan menggunakan jaringan
VPN dan DMVPN. Hasil yang didapat dari penelitian ini, secara keseluruhan
pada aplikasi video call dan audio call, VPN memiliki QoS lebih baik
dibandingkan dengan DMVPN dengan perbedaan keseluruhan dibawah 10 %,
sedangkan untuk aplikasi file transfer, secara keseluruhan DMVPN lebih banyak
unggul dengan perbedaan yang sedikit lebih baik, hanya sekitar 5 %. Perbedaan
yang tidak terlalu jauh ini membuat DMVPN baik digunakan untuk komunikasi
data yang aman.

ABSTRACT
This thesis discusses about Virtual Private Network (VPN) network,
which is a secure communication method in public network using tunneling and
encryption. The latest VPN technology is Dynamic Multipoint VPN (DMVPN)
that can communicate to multiple local networks easily compare to VPN, because
it works in multipoint way. The differences between DMVPN and VPN, for
instance methods to make tunnels and configuration are not too contrast, In this
paper, the differences between the two methods, DMVPN and VPN, in a certain
Quality of Service, such as delay, jitter, and throughput. Methods which will be
used to measure QoS is by using various communications, such as video
streaming, audio streaming, and file transfer between local network that use VPN
and DMVPN network. By obtaining the data QoS from various type of
communications, it will be analyzed to get the best QoS method. The results
obtained from this research, overall the video call and audio call application, a
VPN has a better QoS than the DMVPN with differences below 10%, while for the file transfer application, DMVPN overall more superior with the difference
that a little better , only about 5%. The difference is not too much of this makes
good DMVPN used for secure data communication."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kamila
"Implementasi layanan 3G di Indonesia memerlukan sebuah jaminan kualitas layanan bagi para pelanggannya yang di dalam istilah telekomunikasi biasa dikenal dengan sebutan QoS (Quality of Service). Salah satu cara pengukuran Nilai QoS adalah drive test, yaitu sebuah metode pengukuran trafik yang dilakukan dari satu wilayah ke wilayah lain dengan cara berpindah tempat atau mobile baik menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Drive test ini dianggap dapat mewakili data QoS dari sisi pelanggan. Wilayah pengukuran drive test yang dipilih adalah wilayah DKI Jakarta sebagai daerah utama implementasi layanan jaringan 3G dan dikhususkan pada daerah segitiga emas untuk jaringan 3G Telkomsel. Hasil pengukuran drive test tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan metode DOE (Design of Experiments) untuk desain Two-Factor fixed Effect Model. DOE ini mempunyai kemampuan untuk mengolah sedikit data untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang sah dan objektif. Keluaran dari penghitungan DOE adalah uji nilai QoS. Dengan mengacu kepada parameter QoS yang telah ditetapkan oleh 3GPP, maka proses selanjutnya adalah membandingkan antara hasil analisa DOE untuk pengukuran QoS wilayah DKI Jakarta dengan QoS Standar operator. Hasil perbandingan tersebut menggambarkan tingkat baik atau buruknya QoS 3G Telkomsel wilayah DKI Jakarta. Dan dengan menggunakan DOE, hasil yang diperoleh lebih akurat walaupun menggunakan jumlah sampel yang lebih sedikit.

3G services in Indonesia need a quality guarantee for its customers. The guarantee of quality in telecommunication network is known by QoS (Quality of Service). One of methods to measure QoS value on user side is a drive test. Drive test is a traffic measurement method where data is collected by mobile activities, i.e. driving or walking from one area to other area. Before collecting the data, first of all we have to determine specific area and network to be measured. In this writing DKI Jakarta has been chosen as measurement area since it is a major area for 3G implementation. For the measured network, Telkomsel 3G network has been chosen. The next step is to analize drive test data using DOE (Design of Experiments) method for Two-Fixed Effect Model. DOE is capable to analyze a few experiments to produce a valid and an objective result. DOE output is a QoS verification where the final process is taken by comparing QoS measurement in DKI Jakarta with operator standard. The result of this experiment is a QoS 3G level in DKI Jakarta. Even using a few data, the DOE output is more acurate than output of reguler process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T40805
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
William Alfredo
"Situasi pandemi Covid-19 membuat peran jasa pesan antar makanan secara online banyak digunakan oleh masyarakat. Perusahaan yang bergerak pada bidang ini harus memiliki E-Service Quality yang baik untuk mendapatkan E-Satisfaction dari penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction dari pengguna Shopee Food di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan Teknik pengambilan data purposive sampling melalui kuesioner online. Teknik Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis multivariat dengan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari E-Service Quality terhadap E-Satisfaction. Selanjutnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa dimensi kemudahan penggunaan, privasi dan keamanan, daya tanggap, dan detailed information (informasi rinci) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction dari pengguna Shopee Food di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 sedangkan dimensi keandalan dan efisiensi memberikan dampak positif namun tidak signifikan terhadap E-Satisfaction dari pengguna Shopee Food di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Shopee Food diharapkan dapat memfokuskan bisnisnya untuk meningkatkan E-Service Quality nya dengan tujuan untuk meningkatkan E-Satisfaction dari penggunanya, hal ini dikarenakan E-Service Quality memberikan pengaruh yang besar terhadap E-Satisfaction.

The Covid-19 pandemic situation has made the role of online food delivery services widely used by the public. Companies engaged in this field must have good E-Service Quality to get E-Satisfaction from their users. The purpose of this study was to analyze the effect of E-Service Quality on E-Satisfaction from Shopee Food users in DKI Jakarta during the Covid-19 pandemic. The research method uses a quantitative approach with survey methods and purposive sampling data collection techniques through online questionnaires. Techniques of data analysis in this study using multivariate analysis with multiple regression. The results of this study indicate that there is a positive effect of E-Service Quality on E-Satisfaction. Furthermore, this study also shows that the dimensions of ease of use, privacy and security, responsiveness, and detailed information have a positive and significant impact on E-Satisfaction of Shopee Food users in DKI Jakarta during the Covid-19 pandemic. reliability and efficiency have a positive but not significant impact on E-Satisfaction from Shopee Food users in DKI Jakarta during the Covid-19 pandemic. Shopee Food is expected to be able to focus its business on improving its E-Service Quality with the aim of increasing E-Satisfaction from its users, this is because E-Service Quality has a big influence on E-Satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Bagus Setyawan
"Tesis ini membahas mengenai Kinerja dari pelayanan publik pada Pelayanan ldquo;One Day Service rdquo; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta dan pengaruhnya terhadap investasi di Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode SERVQUAL dengan melakukan observasi dan survei melalui kuesioner dan membandingkan investasi dari sebelum dan sesudah adanya pelayanan ldquo;One Day Service rdquo;. Hasil dari penelitian ini bahwa Pelayanan ldquo;One Day Service rdquo; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta belum sepenuhnya memenuhi harapan dari pemohon perizinan dan non perizinan dan perlu perbaikan untuk mewujudkan pelayanan yang memenuhi dari harapan pemohon untuk menciptakan kepuasan pelayanan kepada pemohon Pelayanan ldquo;One Day Service rdquo; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap kinerja pelayanan yang diberikan kepada pemohon dapat mengurangi kesenjangan antara harapan dan pelaksanaannya.

This thesis discusses the performance of the public service on One Day Service of the Investment Department and One Stop Service of DKI Jakarta Provincial Government and its impact on investment in DKI Jakarta Province. This research is a qualitative descriptive research using SERVQUAL method by doing observation and survey through questionnaire and compare investment from before and after existence of One Day Service . The result of this research is that One Day Service of Capital City Integrated Service and One Stop Service of DKI Jakarta Province has not fully fulfilled the expectation from the applicant of licensing and non licensing and need improvement to fulfill the service fulfilling from the expectation of the applicant to create the satisfaction of service to the applicant One Day Service One Stop Service of DKI Jakarta Provincial Investment and Service Office, it is necessary to improve the performance of services provided to the applicant to reduce the gap between expectation and implementation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T48865
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valdo Marcelino
"Mobile IPv6 adalah teknologi jaringan komputer yang mendukung mobilitas user untuk berpindah dari satu jaringan ke jaringan lain tanpa harus memutuskan koneksi. Proses perpindahan dalam teknologi Mobile IPv6 disebut handover. Pada skripsi ini telah dibuat sebuah jaringan Mobile IPv6 untuk mengukur parameter QoS dengan skenario vertical handover dan horizontal handover. Skripsi ini menggunakan aplikasi game online yang akan diukur QoSnya. Pengukuran dilakukan dengan cara memainkan aplikasi antara server dan client. Dari hasil pengukuran QoS, dapat dilihat bahwa proses horizontal handover memiliki performa yang lebih baik dibandingkan proses vertical handover. Selisih performa skenario vertical handover dengan horizontal handover untuk parameter delay, packet loss, dan transfer rate adalah 17,5%, 3,504%, dan 2,06%.

Mobile IPv6 is computer networking technology which supports user mobility to move between networks without disconnecting current connection. Movement process in Mobile IPv6 is called handover. In this thesis, a Mobile IPv6 network has been made to measure QoS parameters with vertical handover and horizontal handover scenario. This thesis will measure QoS of online game. Measurement will be done by playing the application between server and client. The result shows that horizontal handover has better performance than vertical handover. The difference between vertical handover and horizontal handover scenario performance for delay, packet loss, and transfer rate are 17,5%, 3,504%, and 2,06%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1353
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Agus Triawan
"Para operator GSM di Indonesia telah 8 tahun lamanya menggelar layanan GSM kepada masyarakat, akan tetapi keluhan-keluhan masalah jaringan seperti coverage layanan dan kualitas panggilan masih banyak terjadi. Jaringan BSS merupakan bagian dari sistem GSM yang cukup penting peranannya dalam menentukan coverage dan kualitas panggilan yang dirasakan pengguna. Masalah yang timbul pada jaringan GSM tersebut sangat merugikan pengguna dan apabila tidak diketahui secara dini dan diantisipasi secara cepat dapat merugikan perusahaan pada akhimya.
Kualitas layanan dalam era globalisasi ini sangat menentukan keberhasilan mendapatkan pangsa pasar telekomunikasi selular GSM: Saat ini jumlah operator penyelenggara telekomunikasi bergerak selular GSM di Indonesia cukup banyak. Hal yang membedakan antara operator tersebut pada akhirnya hanya kualitas layanan yang diberikan oleh jaringan. Berbagai cara ditempuh Para operator GSM untuk mengetahui tingkat kualitas layanan yang telah diberikan oleh jaringan miliknya.
Tulisan tesis ini berisi penelitian terhadap performansi kualitas jaringan BSS pada salah satu operator GSM di Indonesia yaitu PT Telkomsel Indonesia di kota Jakarta (studi kasus di PT. Telkomsel Indonesia). Penelitian ini dilakukan dengan menentukan parameter-parameter yang dapat menjadi indikator performansi kualitas berdasarkan rekomendasi ITU, melakukan pengukuran parameter tersebut dari bulan Januari 2002 sampai dengan Juni 2003, dan melakukan analisis terhadap hasil pengukuran yang diperoleh untuk meningkatkan performansi kualitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa sejumlah degradasi kualitas pada jaringan BSS Telkomsel dapat segera diketahui dan diantisipasi, sehingga performansi kualitas jaringan BSS Telkomsel kota Jakarta dari bulan Januari 2002 sampai dengan Juni 2003 mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan trafik pengguna yang terus meningkat.

GSM Operators in Indonesia have lunch their services almost 8 years but there are still have some complaints about the network such as coverage and call quality. BSS Network are part of GSM system that very important in determining the coverage and call quality that user perceive. Problems that occur in GSM network causing customer suffer, and if not anticipated immediately can causing company loose their money at the end.
Quality of service this in globalization age were very important to determining the GSM cellular market. Now in Indonesia there are so many GSM operator, thing that make it difference is quality of service that network provided. GSM operator tries many things to know the Quality of service that their network provided.
This Thesis is a research of BSS network quality performance is one of the biggest GSM operator in Indonesia, PT Telkomsel Indonesia in the centre of Jakarta city (case study in PT Telkomsel Indonesia). This research was done by determining the parameters that can indicate quality performance base on ITU recommendation, measure the parameters from Januari 2002 until June 2003, analyze the result to improve the quality performance. The result from this research were known that there are some the quality degradation problem happens in GSM Network, anticipation were done and quality performance from Januari 2002 until June 2003 were increase same with traffic increment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>