Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121396 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bogor: Kementerian Riset dan Teknologi, RI, 2005
623.253 KAJ
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rafdiaufar Hazman Hakim
"Penelitian ini bertujuan untuk menghilangkan air, gliserol, dan asam lemak yang terdapat pada biodiesel menggunakan biodiesel dari minyak kelapa sawit yang diadsorpsi silica gel dengan variasi waktu 1 jam, 2 jam, dan 3 jam, kemudian variasi suhu 30°C, 50°C, dan 70°C,.serta variasi konsentrasi adsorben 5% dan 10% berat sampel. Hasil pengurangan kadar air cukup besar terjadi pada kondisi operasi 30°C, konsentrasi adsorben 5%, pada waktu 3 jam sebesar 473,7 ppm dengan kadar air yang memenuhi standar pada 491,5 ppm dibanding kadar maksimal standar SNI yaitu 500 ppm. Pengurangan asam lemak dalam bilangan asam berhasil dilakukan dan memenuhi standar SNI yaitu berada dibawah 0,5 mg-KOH/g dari 1 jam pertama adsorpsi dengan pengurangan terbesar pada kondisi operasi 30°C dan konsentrasi adsorben 10% pada 0,281 mg-KOH/g. Pengujian gliserol pada karakterisasi awal berada 0,018%-massa dan berada dibawah batas standar SNI yaitu 0,02%-massa. Hasil pengujian densitas dan viskositas mengalami peningkatan dari sebelum adsorpsi namun masih pada batas standar SNI secara berturut-turut yaitu pada rentang 0,85-0,89 g/cm3 dan 2,3-6,0 cSt. Peningkatan nilai tersebut diakibatkan adanya methanol sisa yang teradsorpsi oleh silica gel.

This study was aimed to remove water, glycerol, and fatty acid in biodiesel from palm oil that was treated using adsorption with a varying time 1 hour, 2 hours and 3 hours, then varying temperature of 30°C, 50°C, and 70°C, and varying adsorbent concentration 5% and 10% sample weight. The results showed a considerable reduction in water content under operating conditions of 30°C, 5% adsorbent concentration, at 3 hours by 473.7 ppm with water content meeting SNI standards with maximum of 500 ppm at 491.5 ppm. The reduction of fatty acids in total acid numbers on biodiesel was successfully carried out and fulfilled the SNI standard at below 0,5 mg-KOH/g during the first 1 hour of adsorption with the greatest reduction in total acid number by reducing until 0,281 mg-KOH/g at operating conditions of 30°C and 10% adsorbent concentration. Glycerol test on initial characterization held an amount at 0,018%-mass and therefore below SNI standard at maximum 0,02%-mass. The results of density and viscosity test shows an increased of value in both after adsorption process although still within the SNI standard limits. The increase in value is due to presence of residual methanol in biodiesel adsorbed by silica gel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulkarnain
"Biodiesel merupakan salah satu energi alternatif yang dapat diperbaharui dan ramah terhadap lingkungan. Potensi sumber bahan bakar nabati di Indonesia yang cukup besar, memungkinkan pengembangan dan penggunaan biodiesel yang diolah dari sumber tersebut. Pengolahan biodiesel dilakukan dengan proses transesterifikasi.
Biodiesel yang ditinjau diolah dari minyak goreng curah (sawit) dan minyak jagung. Pengujian prestasi dan emisi gas buang dilakukan pada Diesel Engine Research and Test Bed dengan mesin uji Nissan tipe SD 22 dan tidak dilakukan modifikasi (standar). Campuran bahan bakar antara solar dan biodiesel divariasikan pada kandungan masing-masing biodiesel 10 %, 20 %, dan 30 %.
Perubahan putaran poros dari 1300, 1500, 1700 dan 1900 rpm. Pembebanan dikondisikan pada bukaan throttle 30%, 40%, 50% dan 60%. Hasil pengujian menunjukkan penambahan kandungan biodiesel dalam campuran bahan bakar dapat mengurangi emisi (opasitas) yang dihasilkan. Dan pada biodiesel minyak goreng curah dapat meningkatkan effisiensi thermal, Brake Horse Power dan menurunkan konsumsi bahan bakar spesifiknya pada pengujian dengan variasi putaran mesin. Secara umum diantara kedua jenis biodiesel tersebut yang memiliki hasil paling baik yaitu biodiesel minyak goreng curah dengan kandungan campuran bahan bakar sebesar 10 %.

Biodiesel is the one of the alternative energy which can be renewed and environmental friendly. Indonesia has a big potency to develop and use biodiesel as a diesel fuel because there are many kind of plantation resources in it. The Process of biodiesel can be conducted with process of transesterification.
Biodiesel which was evaluated, was processed from corn oil and cooking oil. The performance test was conducted on Diesel Engine Research and Test Bed with Nissan tipe SD 22 engine without any modification. The fuel mixing between diesel fuel and biodiesel was variated at biodiesel contain 10%, 20% and 30%.
The speed engine changing are 1300, 1500, 1700 and 1900 rpm while the throttle valve open in 30%, 40%, 50% and 60%. The testing result showed that the opacity value decrease when using these biodiesels. The result also showed that biodiesel from cooking oil can increase the thermal efficiency, brake horse power and decrease specific fuel consumption of diesel engine test especially in variaton of speed engine charge. Generally, from two kinds of biodiesel, cooking oil with contain 10% mix with diesel fuel has the best result."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T23305
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Serpong: Kementerian Riset dan Teknologi RI, 2004
629.253 BIO (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nur Akhmad Fajar Khozali
"Dengan meningkatnya populasi di dunia maka kebutuhan energi akan meningkat pula. Energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya akan menyangkut dengan bahan bakar fosil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan berdampak pada keberadaan bahan bakar tersebut. Diperlukan bahan bakar alternatif sebagai solusi dari masalah tersebut. Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 12/2015 untuk mendorong penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif. Kebijakan ini dapat mengatur untuk penggunaan biofuel (bioetanol dan biodiesel) di Indonesia. Pada tahun 2020 telah ditetapkan bahwa penggunaan Biodiesel 30% (B30) menjadi mandat dari konsumsi energi nasional pada semua sektor. Namun, penggunaan Biodiesel tersebut masih memeiliki masalah pada ketahanannya terhadap degredasi oksidatif selama penyimpanan. Ikatan rangkap dalam molekul Biodiesel menghasilkan tingkat reaktivitas yang tinggi dengan oksigen, terutama pada saat ditempatkan dalam kontak dengan udara. Akibat dari penyimpanan tersebut dalam waktu lama dapat menyebabkan degradasi sifat bahan bakar yang mempengaruhi kualitas Biodiesel itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 minggu dengan kondisi penyimpanan dalam tangki berbahan stainless steel seperti pada tangki penyimpanan bahan bakar yang umum digunakan. Variasi untuk kondisi penyimpanan adalah: (1) penyimpanan di dalam ruangan pada temperatur lingkungan (ambient), (2) tangki disimpan di kapal dengan kondisi udara pantai/laut dengan sirkulasi udara langsung ke dalam tangki, (3) tangki disimpan di kapal dengan kondisi udara pantai/laut dengan filter udara pada tangki. Parameter kritikal yang diamati adalah angka asam (TAN), viskositas kinematis, stabilitas oksidasi metode Rancimat, Densitas, FTIR, kadar air, serta kelembaban. Lalu, dilakukan pengujian deposit dengan menggunakan Hot Chamber Deposition Test Rig dengan Variasi suhu plat dan ruang chamber yang digunakan mendekati dengan kondisi aktual pada mesin untuk mengamati karakteristik pembentukan deposit bahan bakar Biodiesel B30 pada setiap komponen di ruang bakar. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam periode 3 bulan terdapat peningkatan jumlah senyawa pendukung pertumbuhan deposit. Pada kondisi RH Rendah dan RH Sedang tren grafik cukup mirip dengan penurunan dari awal bulan sampai bulan ke 3 penyimpanan. Pada kondisi awal bulan terdapat peak di daerah gugus fungsi senyawa asam karboksilat dan asam aldehid dengan delta transmitansi 9,48% di awal bulan lalu menurun hingga ke 9,4% di bulan ketiga untuk RH Rendah, sedangkan untuk RH Tinggi terdapat peak dengan delta transmitansi 10,91% di awal bulan lalu menurun hingga ke 9,48% di bulan ketiga. Namun, pada kondisi RH Tinggi terdapat kenaikan delta transmitansi yang cukup signifikan. Terdapat peak pada gugus fungsi senyawa asam karboksilat dengan delta transmitansi sebesar 17,57% di awal bulan lalu meningkat hingga 31,3% di bulan ketiga. Begitu juga dengan pertumbuhan senyawa asam aldehid dimana pada awal bulan penyimpanan memiliki peak dengan delta transmitansi sebesar 9,37% dan meningkat pada bulan ketiga sebesar 17,48%.

With increasing population in the world, energy needs will also increase. The energy used in everyday life will usually be related to fossil fuels. If this is allowed to continue it will have an impact on the existence of these fuels. Alternative fuels are needed as a solution to the problem. The government has issued Minister of Energy and Mineral Resources Regulation No. 12/2015 to encourage the use of biodiesel as an alternative fuel. This policy can regulate the use of biofuels (bioethanol and biodiesel) in Indonesia. In 2020 it was determined that the use of Biodiesel 30% (B30) became the mandate of national energy consumption in all sectors. However, the use of Biodiesel still has problems in its resistance to oxidative degredation during storage. The double bonds in the Biodiesel molecule produce a high level of reactivity with oxygen, especially when placed in contact with air. As a result of long-term storage can cause degradation of fuel properties that affect the quality of Biodiesel itself. This research was carried out for 12 weeks with storage conditions in stainless steel tanks such as in fuel storage tanks that are commonly used. Variations for storage conditions are: (1) storage indoors at ambient temperature, (2) tanks stored in ships with coastal / marine air conditions with direct air circulation into the tank, (3) tanks stored on ships with conditions beach / sea air with air filters on the tank. Critical parameters observed were acid number (TAN), kinematic viscosity, oxidation stability of the Rancimat method, Density, FTIR, moisture content, and humidity. Then, a deposit test is carried out using a Hot Chamber Deposition Test Rig with variations in plate temperature and chamber chamber that are used close to the actual conditions on the engine to observe the characteristics of the formation of Biodiesel B30 fuel deposits on each component in the combustion chamber. The results obtained indicate that within a period of 3 months there was an increase in the number of deposit growth supporting compounds. In the Low RH and Medium RH conditions the graph trend is quite similar to the decline from the beginning of the month to the 3rd month of storage. At the beginning of the month there was a peak in the functional groups of carboxylic acid compounds and aldehyde acids with a delta transmittance of 9.48% at the beginning of last month, down to 9.4% in the third month for Low RH, whereas for High RH there was a peak with a delta transmittance 10.91% at the beginning of last month decreased to 9.48% in the third month. However, in the High RH condition there is a significant increase in the transmittance delta. There was a peak in the functional group of carboxylic acid compounds with a delta transmittance of 17.57% at the beginning of last month, increasing to 31.3% in the third month. Likewise with the growth of aldehyde acid compounds where at the beginning of the month of storage has a peak with a transmittance delta of 9.37% and an increase in the third month of 17.48%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armand Arief Renaldi
"Penelitian ini mengkaji satu karakteristik biodiesel dan campuran biodiesel-solar yakni stabilitas oksidasi, bahan bakar dengan stabilitas oksidasi rendah dapat dengan mudah teroksidasi dengan udara, bila telah rancid atau tengik dapat mengakibatkan korosi dan kerusakan pada injektor, tangki dan elemen mesin lain. Metode 743 Rancimat (modified) round robin test khusus untuk menguji stabilitas oksidasi biodiesel, campuran biodiesel-solar dan solar melalui determinasi waktu induksi/induction time, hasilnya B100-UFO atau biodiesel minyak jelantah murni (Used Frying Oil/UFO) memiliki stabilitas oksidasi 1,6 jam (pada 110oC), B95-UFO 2,95 jam, B90-UFO 3,56 jam, B80-UFO 17,13 jam dan B30-UFO 98,24 jam. Dengan standar minimal stablilitas oksidasi 6 jam (EN 14112), Stabilitas oksidasi yang aman bagi mesin diesel dimulai B80 dan grafik trendline meperlihatkan B85 masih aman di kisaran 10 jam. Adapun kinerja mesin diperoleh hasil dibandingkan dengan solar, minyak jelantah sebagai campuran mengakibatkan kenaikan konsumsi bahan bakar untuk daya yang sama, mengakibatkan penurunan Brake Horse Power/BHP untuk semua campuran. Terdapat keunikan pada B15-UFO dibandingkan campuran biodiesel jelantah-solar yang lain yakni memiliki efisiensi thermal yang naik (0,26%) sedangkan campuran yang lain turun, pada kondisi putaran poros tetap memiliki kenaikan SFC yang paling rendah (2,34%) dan memiliki penurunan BHP yang paling rendah (9,38%).

This research is studying oxidation stability of biodiesel and biodiesel-petrodiesel blends, fuel with low oxidative stability will be oxidized by atmosphere air easily, rancid fuel is corrosive and will damage the injector, tank and other elements. 743 Rancimat Method (modified) round robin test is only for determining the oxidative stability of biodiesel, biodiesel-petrodiesel and petrodiesel by determining induction time. The result : B100-UFO or the neat Used Frying Oil (UFO) Biodiesel has oxidation stability 1,6 hours (at 110oC), B95-UFO 2,95 hours, B90-UFO 3,56 hours, B80-UFO 17,13 hours and B30-UFO 98,24 hours. the minimum standard of oxidation stability is 6 hours (EN 14112), B80 is safe for diesel engine and graph trendline shows B85 is still safe as around 7 hours. The Diesel engine performance results are : w The Diesel engine performance results are : With petrodiesel as the standard, Used Frying Oil as blender make an increase of fuel consumption for the same power, make a decrease of Brake Horse Power/BHP for all blends. There are some uniqueness of the B15-UFO compared with other UFO biodiesel-petrodiesel such as it has an increase thermal efficiency (0,26%)as the other blends are decrease, at constant rotational speed (rpm) it has the lowest increase of SFC (2,34%) and the lowest decrease of BHP (9,38%). ith petrodiesel as the standard, Used Frying Oil as blender make an increase of fuel consumption for the same power, make a decrease of Brake Horse Power/BHP for all blends. There are some uniqueness of the B15-UFO compared with other UFO biodiesel-petrodiesel such as it has an increase thermal efficiency (0,26%)as the other blends are decrease, at constant rotational speed (rpm) it has the lowest increase of SFC (2,34%) and the lowest decrease of BHP (9,38%).;This research is studying oxidation stability of biodiesel and biodiesel-petrodiesel blends, fuel with low oxidative stability will be oxidized by atmosphere air easily, rancid fuel is corrosive and will damage the injector, tank and other elements. 743 Rancimat Method (modified) round robin test is only for determining the oxidative stability of biodiesel, biodiesel-petrodiesel and petrodiesel by determining induction time. The result : B100-UFO or the neat Used Frying Oil (UFO) Biodiesel has oxidation stability 1,6 hours (at 110oC), B95-UFO 2,95 hours, B90-UFO 3,56 hours, B80-UFO 17,13 hours and B30-UFO 98,24 hours. the minimum standard of oxidation stability is 6 hours (EN 14112), B80 is safe for diesel engine and graph trendline shows B85 is still safe as around 7 hours. The Diesel engine performance results are : w The Diesel engine performance results are : With petrodiesel as the standard, Used Frying Oil as blender make an increase of fuel consumption for the same power, make a decrease of Brake Horse Power/BHP for all blends. There are some uniqueness of the B15-UFO compared with other UFO biodiesel-petrodiesel such as it has an increase thermal efficiency (0,26%)as the other blends are decrease, at constant rotational speed (rpm) it has the lowest increase of SFC (2,34%) and the lowest decrease of BHP (9,38%). ith petrodiesel as the standard, Used Frying Oil as blender make an increase of fuel consumption for the same power, make a decrease of Brake Horse Power/BHP for all blends. There are some uniqueness of the B15-UFO compared with other UFO biodiesel-petrodiesel such as it has an increase thermal efficiency (0,26%)as the other blends are decrease, at constant rotational speed (rpm) it has the lowest increase of SFC (2,34%) and the lowest decrease of BHP (9,38%)."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T26757
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Kurniawan
"Sistem kelistrikan Pulau Sabang merupakan off grid system, dimana listriknya di suplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar. Disamping itu, Pulau Sabang memiliki potensi energi baru terbarukan seperti angin dan sinar matahari. Oleh karena itu, diperlukan konfigurasi optimal dalam memanfaatkan potensi energi baru terbarukan guna pengendalian pemakaian BBM, mengingat selain sulit untuk memperoleh BBM juga harganya mahal. Berdasarkan hasil simulasi menggunakan perangkat lunak HOMER diperoleh konfigurasi optimal energi baru terbarukan di Pulau Sabang yaitu konfigurasi Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) yang mengkombinasikan konfigurasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan nilai NPC sebesar $ 94335192, COE sebesar 0,287 $/kWh serta menghemat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 2.650.577 liter/tahun dari kondisi awal sistem yaitu konfigurasi PLTD. Kemudian, untuk mengurangi gas emisi CO2, NOx, HC, CO, SOx, dan partikulat (PM) yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan yang ditimbulkan dalam pengoperasian PLTD, maka konfigurasi optimal energi baru terbarukan di Pulau Sabang menggunakan Bahan Bakar Nabati (Biofeul) jenis biodiesel. Pada penelitian ini, selain mengitung penurunan gas emisi dan menganalisis dampak penurunan emisi juga menganalisis dari sisi kebijakan pemerintah yang terkait dengan ketenagalistrikan. Adapun penurunan bahan gas emsi yang diperoleh untuk SOx sebanyak 239 Kg/tahun, Partikulat (PM) sebanyak 1.473.340 Kg/tahun, CO2 sebanyak 128.629 Kg/tahun, NOx sebanyak 441 Kg/tahun, HC sebanyak 38 Kg/tahun dan sebanyak 88 Kg/tahun untuk emisi CO.

Sabang Island electrical system is off-grid systems, source of supply electrical from the Diesel Power Plant (PLTD). In addition, Sabang Island has the potential of renewable energy such as wind and solar. Therefore, the optimal configuration is needed in exploiting the potential of renewable energy in order to control fuel usage, since in addition it is difficult to obtain fuel and expensive. Based on the simulation results with software HOMER obtained configuration optimal of renewable energy on the island of Sabang which configuration Hybrid Power Plant (PLTH) which combines configuration Solar Power Plant (PLTS) and Diesel Power Plant (PLTD) with NPC = $ 94,335,192, COE = $ 0.287 / kWh and save the use of fuel as much as 2,650,577 liters/year compared of initial conditions the system is diesel configuration. Then, to reduce emissions of CO2, NOx, HC, CO, SOx, and particulate matter (PM) that has a negative impact on the environment caused by the operation of the diesel, the configuration optimal of renewable energy on the island of Sabang using Biofuel type biodiesel. In this study, in addition to counting the emissions decrease and analyzed the impacts of emissions reduction are also analyzed in terms of government policy related to electricity. The decrease in gas materials for SOx obtained 239 kg/year, Particulate (PM) obtained 1.473.340 Kg/year, as many as 128.629 kg/year of CO2, NOx obtained 441 kg/year, HC obtained 38 kg/year and as many as 88 kg/year for CO emissions.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42157
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giviani Puspita Dewi
"Biodiesel merupakan salah satu energi terbarukan yang memiliki kelemahan mudah teroksidasi. Ketidakstabilan oksidasi pada biodiesel dapat menurunkan kualitas biodiesel. Oksidasi biodiesel dapat dicegah dengan melakukan penambahan aditif antioksidan berupa senyawa fenolik seperti pyrogallol. Kelarutan pyrogallol di dalam biodiesel yang rendah dapat ditingkatkan dengan melakukan subtitusi atom hidrogen pada cincin benzena pyrogallol dengan senyawa hidrokarbon tidak jenuh seperti metil linoleat. Katalis 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH) dibutuhkan untuk mereaksikan pyrogallol dan metil linoleat karena dapat larut dalam keduanya. Pada penelitian sebelumnya digunakan metil linoleat murni yang tidak ekonomis jika diaplikasikan dalam skala industri. Pada penelitian ini, biodiesel minyak kanola dengan kandungan metil linoleat sebesar 11,23% digunakan untuk mensintesis turunan pyrogallol dengan rasio 10 ml biodiesel, 5 ml DPPH, dan 5 ml pyrogallol. Thin Layer Chromatography (TLC), Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), dan Liquid Chromatography-Mass Spectrometry (LCMS/MS) digunakan untuk mengetahui keberadaan senyawa turunan pyrogallol. Reaksi menghasilkan spot baru pada uji TLC yang menunjukkan perbedaan polaritas antara pyrogallol dan senyawa turunan pyrogallol yang terbentuk. Uji FTIR menunjukkan terbentuknya senyawa turunan pyrogallol yang ditunjukkan dengan pergeseran peak sebesar 3,73 cm-1. LCMS/MS menunjukkan berat molekul senyawa turunan pyrogallol yang terbentuk yang terdiri atas pyrogallol dan metil linoleat. Hasil uji UV-Vis menunjukkan bahwa senyawa turunan pyrogallol memiliki kelarutan yang lebih baik dalam biodiesel dibandingkan dengan pyrogallol murni. Kinerja antioksidan dalam biodiesel diukur berdasarkan bilangan iodin dan periode induksi. Penambahan antioksidan senyawa turunan pyrogallol pada biodiesel dapat meningkatkan periode induksi sebesar 0,16 - 0,71 jam untuk konsentrasi 1000 - 2000 ppm serta menghambat penurunan bilangan iodin dengan slope sebesar -1,0 sampai dengan -0,8.

Biodiesel is renewable energy which has the disadvantage of being easily oxidized. Oxidation instability in biodiesel can reduce the quality of biodiesel. Biodiesel oxidation can be prevented by adding antioxidant additives in the form of phenolic compounds such as pyrogallol. The solubility of pyrogallol in biodiesel can be increased by substitution of hydrogen atoms in the benzene ring pyrogallol with unsaturated hydrocarbon compounds such as methyl linoleate. 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH) catalyst is needed to react pyrogallol and methyl linoleate because it can dissolve in both. In previous studies, pure methyl linoleate was used which was not economical if applied on an industrial scale. In this study, biodiesel of canola oil with a methyl linoleic content of 11.23% was used to synthesize pyrogallol derivatives with a ratio of 10 ml of biodiesel, 5 ml of DPPH, and 5 ml of pyrogallol. Thin Layer Chromatography (TLC), Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), and Liquid Chromatography-Mass Spectrometry (LCMS / MS) are used to determine the presence of pyrogallol-derived compounds. The reaction produces a new spot in the TLC test which shows the difference in polarity between pyrogallol and pyrogallol derivative compounds formed. FTIR test shows the formation of pyrogallol derivatives which is indicated by a peak shift of 3.73 cm-1. LCMS / MS shows the molecular weight of pyrogallol derivative compounds formed consisting of pyrogallol and methyl linoleate. UV-Vis test results showed that pyrogallol derivative compounds had better solubility in biodiesel compared to pure pyrogallol. The performance of antioxidants in biodiesel is measured based on the iodine number and induction period. The addition of antioxidant pyrogallol derivatives to biodiesel can increase the induction period by 0.16 - 0.71 hours for a concentration of 1000 - 2000 ppm and inhibit the decline in iodine numbers with slopes of -1.0 to -0.8.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eliana Ayu Karinda
"Produksi biodiesel yang meningkat membutuhkan teknologi yang tepat dan efisien. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengembangkan proses produksi biodiesel dengan sistem kontinyu. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan menganalisis alat separasi biodiesel-gliserol dengan sistem kontinyu. Separator berbentuk tangki pengendap dengan baffle yang memisahkan beberapa kompartemen. Analisis dilakukan untuk mengetahui hubungan antara laju alir dan ketinggian baffle terhadap proses separasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemisahan terjadi dengan sempurna apabila biodiesel dan gliserol membentuk dua lapisan dalam kompartemen dengan masing-masing ketinggian yang dapat diamati. Biodiesel dan gliserol membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memisah sehingga separator membutuhkan 3 baffle dengan ketinggian berbeda.

The increase of biodiesel production requires appropriate and efficient technology. Several studies have been conducted to develop biodiesel production process with continuous systems. This research was conducted to evaluate and analyze biodiesel-glycerol continuous separator. Shaped separator settling tank with baffle that separates several compartments. The analysis was performed to determine the relationship between flowrate and baffle height of the separation process. The results show that separation occurs with perfect when biodiesel and glycerol to form two layers in each compartment with a height that can be observed. Biodiesel and glycerol requires a long time to separate so that the separator will need 3 baffles with different heights."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1116
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>