Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 79551 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sjofwita
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S5759
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Hidayat
"Penelitian tentang kekalahan partai politik berbasis keagamaan pada suatu daerah tertentu masih sedikit jumlahnya. Penelitian ini penting karena sebenamya berbagai kasus yang berkaitan dengan kekalahan suatu parpol berbasis keagamaan itu tidak gampang untuk dikalahkan oleh partai yang platform-nya berlawanan dengan partai keagamaan dimaksud. Dari delapan kali Pemilu pertama yang pernah diselenggarakan di Indonesia Parpol Islam selalu memenangkan perolehan suara, namun pada Pemilu 1999 Parpol Islam itu mengalami kekalahan. Sejauh ini belum ada penelitian mengenai kekalahan Parpol Islam tersebut.
Penelitian ini difokuskan pada faktor-faktor mengapa kekalahan Parpol Islam terjadi di Kota Pekalongan. Permasalahn yang diajukan berkait dengan variabel yang menyebabkan kekalahan serta sebaliknya mengapa PDI Perjuangan dapat memenangkan Pemilu di basis pemilih Islam yang telah lima kali menggungguli perolehan suara dibandingkan dengan kalangan nasionalis sekuler. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori elite, teori konflik, teori korporatisme, teori negara, teori perilaku pemilih, dan teori demokratisasi, yang digunakan untuk menganalisis persoalan tersebut.
Dengan menggunakan teknik wawancara mendalarn dan studi pustaka, dikumpulkan data-data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Dari analisis tersebut penulis menemukan bahwa : kekalahan Parpol Islam di Kota Pekalongan pada Pemilu 1999 disebabkan konstelasi politik nasional yang kala itu sedang terjadi perseteruan di antara elite politik Orde Baru, daya tolak kekuatan Islam politik, dan daya tarik politik Megawati Soekarnoputri.

The Lose of Islamic Political Parties during 1999 Election: A Case Study in Pekalongan CityResearches on the lose of religious political parties in certain districts are not common. This research is important because in most cases, religious political parties rarely defeated by political parties from opposing religious base. From the total of 8 elections ever held in Indonesia, Islamic political parties always win considerable votes but it was in 1999 election that Islamic political parties had to face a defeat. There was no research covering the lose of Islamic political parties up to this point.
This research is focus on the factors of why Islamic political parties lose in the election at Pekalongan. The problem posed in this research related to what variables which caused the lose and why PDI Perjuangan, which had won over other secular-nationalist political parties for five times, can win the election in Islamic hardcore areas. To answer these problems, this research use theories of elite, conflict, corporatism, state, voting behaviour and democratisation as a tool of analysis.
Data collected by in-depth interview and library research, which analysed later by qualitative analysis. The writer concluded from the analysis that the lose of Islamic political parries in Pekalongan during 1999 election was cause by the conflict inside the national political constellation between the New Order elites, the decreasing power of Islamic politics and the increasing power of Megawati Soekamoputn."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T 13892
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azwir Nazar
"ABSTRAK
Tesis ini menelaah penerapan strategi pemasaran politik dan sebab-sebab
kekalahan Partai SIRA. Pemilu 2009 merupakan pemilu pertama pasca damai di
Aceh dengan keikutsertaan 6 (enam) partai lokal sebagai kontestan. Lahirnya
partai lokal tidak terlepas dari hasil perundingan damai antara Pemerintah RI dan
GAM, 15 Agustus 2005 di Helnsiki, Findlandia.
Partai SIRA lahir dari gerakan sosial SIRA (Sentral Informasi
Referendum Aceh) yang mentransformasikan diri menjadi partai politik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Mengingat Partai Lokal di Indonesia hanya ada di Aceh dan menjadi instrumen
politik resmi para pihak untuk menyuarakan aspirasi melalui jalur politik.
Strategi-strategi pemasaran sudah diterapkan SIRA dalam pemenangan
pemilu. Dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat yang telah berubah dan
kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi. Tapi hal itu berlangsung alamiah
dan masih belum cukup.
Sebagai Partai Politik Lokal, SIRA tidak mampu membangun
posisioning, ideologi, dan diferensiasi dengan partai lain untuk menunjukkan
identitasnya. SIRA menerapkan model Market Oriented Party (MOP) ala Less
Marshment (2001) sebagai karakter partai, dimana untuk menang dalam pemilu,
harus merancang produk-produk politik yang sesuai kebutuhan (needs), keinginan
(wants), dan tuntutan (demands) pemilih.
Sukses stori SIRA sebagai gerakan sosial tidak diikuti saat menjadi
partai. Kegagalan Partai SIRA juga dipengaruhi oleh fakta khusus sebagai daerah
post konflik. Perdamaian Aceh dianggap berhasil dan berkontribusi positif
terhadap perkembangan demokrasi, tapi Aceh masih menjadi pasar yang
terdistorsi (defective democracy). Penerapan strategi pemasaran politik pada
masyarakat post conflict yang pilihan kekerasan dan teror masih kebiasaan
tidaklah efektif. Karena domain kekerasan menjadi lebih dominan dan
mempengaruhi psikologi dalam menentukan preferensi pilihan politik.

ABSTRACT
This study aimed to analyze the strategic implementation of political
marketing and the cause of failure of SIRA (the central information for Aceh
referendum) as a local political party in Aceh in the legislative election in 2009.
The 2009 election was the first election in the era of peace in Aceh which was
participated by 6 local parties. The establishment of those parties was supported
by the peace talks between the government of Indonesia and the free Aceh
Movement on 15th August 2005 in Helsinki, Finland.
The party of SIRA was transformed from the social movement. The
study was conducted by using a qualitative method through a study case approach.
The study case would be interesting since the emerging of local parties only
occurred in Aceh province. Later those parties are functioned as a legal instrument
to vote the people aspiration.
The SIRA had implemented several marketing strategies to win the
election by taking into account the society condition and the changes in
information and technology. However, the process run as natural and was not
sufficient to win the election.
As a local political party, SIRA cannot perform its own identity,
ideology, and therefore it cannot differentiate with other parties. The SIRA had
used the Market Oriented Party (MOP) from Less Marshment (2001) as the party
carácter which was believed to win the election. The party should design political
products based on needs, wants and demands of the people.
It can be said that the successfullness of SIRA as social movement
was not followed by the same condition in the era of political party. The defeat of
SIRA was influenced by the facts post conflict. The peace in Aceh is success and
contributes positively to the developmnet of democracy. However, Aceh also
developes as a defective market for democracy. There were violance and pressure
that forced the people to vote a certain party. Thus, the implementation of political
marketing was not effective in such condition."
2012
T30646
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kamarudin
"Liberalisasi politik yang melanda Indonesia di era reformasi ternyata berdampak pula terhadap eksistensi kekuatan politik Islam, yakni dengan hadirnya sejumlah besar partai politik Islam. Dari fenomena ini ada dua pertanyaan elementer yang mengemuka. Pertama, faktor-faktor apa sajakah yang melatarbelakangi kemunculan partai politik Islam di era reformasi ini? Kedua, bagaimana aksi partai politik Islam itu dalam menghadapi pemilu 1999 dan Sidang Umum MPR 1999?
Domestikasi Islam di dua rezim terdahulu melatarbelakangi lahirnya kehendak kolektif untuk memperkuat posisi politik Islam di era reformasi ini. Ketika kehidupan politik terbuka, kaum muslimin berkesempatan berpartisipasi di dalam sistem yang baru itu. Konteks semacam ini tidak bisa hadir jika eksistensi Soeharto sebagai lambang otoritarianisme Orde Baru masih bercokol. Di sisi lain, liberalisasi politik itu juga membuat kekuatan politik Islam melakukan perubahan strategi perjuangan, dari "Islam kultural" menjadi "Islam struktural."
Namun bukan berarti kehadiran partai politik Islam itu sepi polemik, terutama dilihat dari tiga hal berikut: kebangkitan kembali politik aliran, perlu tidaknya kehadiran partai politik Islam, serta jumlah partai politik Islam yang tepat bagi wadah aspirasi politik kalangan Islam. Di tengah-tengah polemik itulah, partai-partai politik Islam menghadapi pemilu 1999 yang secara kualitatif berbeda dengan pemilu-pemilu Orde Baru. Hasilnya, kekuatan politik non Islam berhasil memporakporandakan mitos mayoritas angka.
Kekalahan elektoral kekuatan politik Islam itu tentu menghentak kesadaran kolektif para aktivis partai politik Islam. Hanya saja mereka diuntungkan dengan sistem politik Indonesia yang tidak menempatkan pemilu sebagai penentu segala-galanya. Terlebih lagi jika perolehan suara PDI Perjuangan selaku pemenang pemilu 1999 tidak mencukupi untuk meraih posisi mayoritas mutlak di parlemen (single majority) atau sekalipun dengan simple majority. PDI Perjuangan yang memperoleh 153 kursi di DPR dan Partai Golkar 120 kursi, ternyata lebih kecil dari perolehan total kursi yang diraup partai-partai Islam, yakni 172 kursi.
Dalam menghadapi pertarungan politik di SU MPR, muncul inisiatif untuk mengkonsolidasikan kekuatan politik Islam dalam sebuah barisan politik, yang dikenal dengan nama Poros Tengah. Sebelum ide di atas mengemuka, benih-benih penyatuan kekuatan politik Islam sebenarnya telah muncul. Pertama, pembentukan Forum Silaturahmi Partai-partai Politik Islam pada pra pemilu 1999. Kedua, Stembus Accord delapan partai politik Islam setelah pemilu 1999. Hasilnya, Poros Tengah yang bertumpu pada kekuatan lobi ternyata tampil mengesankan dengan merebut sejumlah posisi strategis. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T3491
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S5768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilyas
"[ABSTRAK
Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor-faktor identitas
dan identifikasi politik masyarakat terhadap rendahnya perolehan suara parpol Islam. Selain
itu juga untuk mengidentifikasi faktor-faktor perilaku apa saja dan interaksi politik parpol
Islam seperti apa yang berpengaruh terhadap menurunnya elektabilitas, serta apakah
perubahan landscape politik nasional dalam sejarah politik Indonesia berpengaruh terhadap
strategi parpol Islam untuk mengantisipasi penurunan elektabilitas tersebut.
Pemilu 2014 menjadi potret terbaru bagaimana partai Islam kembali mengulangi sejarah yang
sama, yakni tidak mampu mendobrak dominasi partai-partai nasionalis dalam perolehan suara
pemilu di Indonesia. Kekalahan ini menghidupkan lagi wacana sekaligus perdebatan
mengenai berakhirnya politik aliran di Indonesia. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa
politik aliran itu tidak betul-betul berakhir. Meskipun pengaruhnya terhadap pemilih tidak
sekuat Pemilu 1955, namun politik aliran tetap bereksistensi. Tentu saja saat ini trikotomi
Geertz, yang membagi umat Islam atas santri, priyayi, dan abangan, tidak terlalu relevan.
Sebab, umat Islam sudah semakin rasional dalam memilih, tak terkecuali kaum santri. Di sisi
lain, partai politik sendiri cenderung bergeser ke tengah. Partai-partai nasionalis saat ini tidak
“anti” Islam. Bahkan partai seperti PDIP, Gerindra, dan Golkar sudah punya sayap organisasi
Islam. Sebaliknya, partai Islam seperti PPP dan PKS sudah sering menyatakan diri sebagai
partai terbuka, sebagai respon dari asumsi bahwa politik aliran sudah mencair dan bahkan
berakhir. Selain persoalan tersebut, dalam tesis ini juga dikemukakan mengenai prospek
partai Islam, yang di antaranya dengan mengacu pada hasil suara partai Islam dalam Pemilu
2014 dan posisinya ketika dikonfrontir dengan berbagai hasil survei yang menyebutkan
bahwa partai Islam pasca Pemilu 2014 akan suram.
Tesis ini menggunakan teori partai politik dan teori ideologi, bagaimana teori tersebut
melihat partai Islam di Indonesia. Konsep-konsep, baik dari Geertz yang membagi umat
Islam di Jawa yang terdiri dari santri, abangan, dan priyayi, maupun dari Herbert Faith juga
menjadi salah satu pembanding, apakah konsep-konsep tersebut masih relevan dalam melihat
politik aliran dalam Pemilu 2014.

ABSTRACT
The purpose of this thesis is to determine the extent of the influence of factors of identity and
political identification of society to the low number of votes of Islamic political parties. In
addition, to identify the factors and interaction behavior any Islamic political parties as to
what effect on decreasing elektabilitas, and whether changes in the national political
landscape in Indonesia's political history affect the strategy of Islamic political parties to
anticipate the decline elektabilitas.
Election of 2014 became the latest portrait how Islamic parties reiterated the same history,
which is not able to break the dominance of nationalist parties in the history of vote elections
in Indonesia. This defeat at the same discourse revive debate about the end of the flow in
Indonesian politics. In this study, it was found that the flow politics not really ended.
Although its influence on voters is not as strong as the 1955 election, but the political stream
remains to exist. Of course, this time the trichotomy of Geertz, which divides the muslim
students, gentry, and abangan, not too relevant. Therefore, the muslim students are
increasingly rational in choosing, not to mention the students. On the other hand, the political
parties themselves are likely to shift to the center. Nationalist parties today are not "anti"
Islam. Even parties like PDIP, Gerindra, and Golkar already have Islamic organization‟s
wings. In contrast, Islamist parties like PPP and PKS have often refers to himself as an open
party, with the assumption that the political stream has ended. In this thesis also expressed
about the prospects for Islamic parties, some of which with reference to the Islamic party‟s
vote in the 2014 election and its position when confronted with various results of many
survey say that the Islamist party after the 2014 election will be bleak.
This thesis uses the theory of political parties and the theory of ideology, how these theories
see Islamic parties in Indonesia. Concepts, both of Geertz that divides Muslims in Java,
which consists of students, abangan, and gentry, and of Herbert She also became one of the
comparison, whether these concepts are still relevant in view of the political streams in the
2014 election, The purpose of this thesis is to determine the extent of the influence of factors of identity and
political identification of society to the low number of votes of Islamic political parties. In
addition, to identify the factors and interaction behavior any Islamic political parties as to
what effect on decreasing elektabilitas, and whether changes in the national political
landscape in Indonesia's political history affect the strategy of Islamic political parties to
anticipate the decline elektabilitas.
Election of 2014 became the latest portrait how Islamic parties reiterated the same history,
which is not able to break the dominance of nationalist parties in the history of vote elections
in Indonesia. This defeat at the same discourse revive debate about the end of the flow in
Indonesian politics. In this study, it was found that the flow politics not really ended.
Although its influence on voters is not as strong as the 1955 election, but the political stream
remains to exist. Of course, this time the trichotomy of Geertz, which divides the muslim
students, gentry, and abangan, not too relevant. Therefore, the muslim students are
increasingly rational in choosing, not to mention the students. On the other hand, the political
parties themselves are likely to shift to the center. Nationalist parties today are not "anti"
Islam. Even parties like PDIP, Gerindra, and Golkar already have Islamic organization‟s
wings. In contrast, Islamist parties like PPP and PKS have often refers to himself as an open
party, with the assumption that the political stream has ended. In this thesis also expressed
about the prospects for Islamic parties, some of which with reference to the Islamic party‟s
vote in the 2014 election and its position when confronted with various results of many
survey say that the Islamist party after the 2014 election will be bleak.
This thesis uses the theory of political parties and the theory of ideology, how these theories
see Islamic parties in Indonesia. Concepts, both of Geertz that divides Muslims in Java,
which consists of students, abangan, and gentry, and of Herbert She also became one of the
comparison, whether these concepts are still relevant in view of the political streams in the
2014 election]"
2015
T44378
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S5779
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Al Chaidar
[Place of publication not identified]: Islam Kaffah, [2000]
324.6 CHA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"As the majority in this country, the Moeslems have an important role in determining who and what party will win the uocoming general election this year and then lead this country for the next five years...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
A. D. Kusumaningtyas
"Alasan untuk menulis judul ini adalah karena masih kurangnya penelitian yang secara spesifik menyorot persoalan perempuan dalam dunia politik Islam, secara lebih spesifik dalam dunia kepartaian Islam di Indonesia, Tulisan ini disusun sebagai hasil analisis penelitian dari 5 partai politik Islam peserta pemilu 2004 di Indonesia dan wawancara yang dilakukan kepada 9 orang subjek penelitian yang terdiri dari politisi perempuan dari kelima partai tersebut. Kelima partai politik Islam yang dimaksud adalah PBB, PPP, PAN, PKB, dan PKS.
Terdapat 6 pertanyaan penelitian yang diharapkan dapat dijawab di akhir penelitian ini. Yaitu : (1) Bagaimanakah pandangan yang berkembang di dalam komunitas muslim mengenai perempuan berpolitik? (2) Alasan apa sajakah yang membuat para politisi perempuan ini memilih partai Islam? (3) Seperti apakah representasi perempuan di berbagai partai politik Islam di Indonesia? (4) Bagaimanakah konsep atau pencitraan perempuan yang ditawarkan oleh partai-partai politik ini berdasarkan rumusan platform dan programnya? (5) Apa dampak pencitraan tersebut terhadap berbagai agenda politik perempuan? (6) Bagaimana politisi muslim perempuan memaknai kehadiran mereka di kancah politik melalui partai-partai Islam yang dipilihnya ?
Sejumlah konsep yang membabas tentang partai politik Islam, representasi, dan politik Islam mengantarkan berbagai kajian yang dipandang dari beberapa kombinasi teori polar feminis. Representasi politik perempuan tergambarkan dalam jumlah keterwakilan perempuan di dalam partai politik di parlemen, isu-isu dan kepentingan perempuan yang terumuskan dalam agenda, platform, dan program partai; seria penghayatan pribadi subjek sebagai politik yang bertindak "atas nama" dan "untuk kepentingan" kaum perempuan dan sebagai muslim.
Dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa terdapat 2 jenis kategorisasi partai Islam dalam merespon berbagai persoalan perempuan. Yaitu adanya partai yang merniliki sikap yang limitatif ierhadap hak-hak perempuan yang diwakili oleh partai-partai yang menyebut diri secara formal sebagai partai Islam seperti PBB, PPP, dan PKS. Selain itu juga terdapat partai-partai yang memiliki sikap liberatif terhadap hak-hak perempuan yang dalam hal ini direpresentasikan oleh partai yang bersifat lebih inklusif dalam menafsirkan pemahaman mereka tentang Islam maupun lebih dikategorikan sebagai partai yang mengandalkan basis massa Islam seperti PAN dan PKB. Dan perempuan, selalu berjuang untuk memperbaiki posisi politik maupun menyuarakan berbagai kepentingan mereka melalui strategi pemberdayaan perempuan melalui sayap-sayap organisasi yang dibentuk di dalam partai maupun mencoba menembus batas di lintas partai, tennasuk pada partai-partai yang tidak memiliki kepentingan primordial yang sama pada identitas Islam mereka.

The reason of choosing this topic is the lack of research which specifically talking about women in Islamic political world, especially in Islamic political parties in Indonesia. This study investigates Islamic political parties which participated in General Election 2004 by interviewing of 9 moslem women politicians from five Islamic parties. who become subjects of the research. Those five parties are: PBB, PPP, PAN , PKS.
There are 6 research questions that I hope will be answered at the end of the research. Those questions are : (I) how are the developing concepts in moslem community about women and politics (2) what are the reason's of Moslem women politician in choosing Islamic political parties (3) how are women represented in Islamic political parties (4) what kind of concept about "women" which are constructed by those parties through their agenda, platform and program (5) what is the impact of that to women political agenda (6) and what the moslem women politicians mean their existence in political world within the political parties they had chooses.
Several concepts which talk about Islamic political party, representation, and Islamic politics have developed several discourses that we can see from the various feminist political theories. Women political representation has been described in the amount of women representation in political parties or as parliament members, in the women issues and interest that will be implemented in the political parties' agendas, platforms, and programs. The reflection of subject as a politician that always "stand for" and "act for" both moslem and women.
From this research, the writer tries to elaborate 2 categories of Islamic political party in responding women issues. First the limitative party in responding women's rights, that are represented by the Islamic political party that call themselves as "Islamic parties" like PBB, PPP, PKS. Second, we can also find the liberalize party in responding women's rights. These kind of parties are represented by the inclusive interpretation of Islam that becomes guidance for party. We can call this type as a moslem organization based party like PAN and PKB. And in those two kinds of party, women try to advocate their interest through raising higher political position, using women's wings of the party as their strategies and engage in inter parties .women network. Including parties without primordial connection to them, in using "Islam? as a political identity.
"
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T15220
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>