Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10395 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiel, Julia Maria van
Jakarta: Prenada Media Group, 2011
155.4 TIE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Suyadi
"Buku ini menguraikan secara lengkap sisi kejiwaan (yang menjadi perhatian dari ilmu psikologi) anak usia dini. Selama ini, psikologi pendidikan hanya menggarap wilayah pendidikan tinggi dan menengah atau atas saja. PAUD, yang memeang baru berkembang, belum tersentuholeh ilmu jiwa atau psikolog ini. Buku ini hadir untuk melengkapi bagian-bagiab yang masih jarang disentuh tentang PAUD yang mulai tumbuh subur di negeri ini, dengan harapan psikologi mampu menjangkau perkembangan mental anak didik dengan lebih baik, buku ini juga mengupas pengertian psikologi pendidikan, tipe-tipe kepribadian anak, teori-teori kecerdasan, tipe-tipe belajar dan bermain anak, hingga teori-teori belajar era quantum, seperti active learning."
Yogyakarta: Pedagogia, 2010
155.4 SUY p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Rachmawati
Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011
155.423 YEN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riana Rashar
Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011
155.412 4 RIA e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hurlock, Elizabeth Bergner, 1898-
Erlangga: Jakarta, 1993
155.41 HUR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Woolfson, Richard C.
Jakarta: Erlangga, 2005
649.1 WOO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Woolfson, Richard C.
Jakarta: Erlangga, 2005
649.1 WOO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurita Adha Dianti
"Mahasiswa kedokteran mengalami beberapa tahap transisi, salah satunya transisi dari tahap pendidikan preklinik ke klinik. Transisi ini memberikan tantangan, lingkungan, dan tekanan baru yang membutuh adaptasi mahasiswa. Apabila stressor tidak dapat diatasi dengan baik, maka akan terjadi distress yang menyebabkan depresi, burnout, kecemasan, dan lain sebagainya. Motivasi merupakan faktor yang penting bagi mahasiswa agar dapat mengelola emosi dan sumber daya dengan baik dan memiliki kemampuan belajar deep learning. Penelitian mengenai hubungan tipe motivasi terhadap burnout pada mahasiswa kedokteran belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan tipe motivasi dengan burnout pada mahasiswa di tahap transisi preklinik ke klinik. Penelitian ini dilakukan di FKUI dan menggunakan desain cross-sectional dengan melibatkan mahasiswa pada tahun pertama transisi dari preklinik ke klinik. Mahasiswa diklasifikasikan ke dalam empat tipe motivasi melalui analisis motivasi intrinsik dan ekstrinsik menggunakan kuesioner Skala Motivasi Akademik. Tipe motivasi mahasiswa merupakan variable independen yang dinilai hubungannya dengan komponen burnout selama proses pendidikan. Burnout dinilai menggunakan kuesioner Maslach Burnout Inventory HSS. Sejumlah 164 mahasiswa terlibat sebagai responden penelitian. Hasilnya didapatkan tipe motivasi paling banyak pada tahap ini ialah tipe termotivasi minat dan status 79,2% (N = 130), diikuti termotivasi minat 13,41% (N = 22), termotivasi rendah merupakan 6,09% ( N = 10), dan termotivasi status 1,2% dari populasi (N = 2). Siswa dengan tipe termotivasi minat memiliki komponen persepsi terhadap prestasi yang lebih tinggi (p=0,03) dan depersonalisasi yang lebih rendah (p <0,026) dibanding tipe termotivasi minat dan status.

Medical students should undergo several stages in their education, one of them is transition from preclinical to clinical year. This transition introduces new challenges, environments, and pressures that can cause stress. If stress cannot be overcome properly, it may cause depression, burnout, and anxiety. Motivation is important for student to study and cope from stress and burnout. This study hence aimed to assess the relationship between type of motivation and burnout in medical student during the transition period from preclinical to clinical phases. This study was cross-sectional and conducted in FMUI, among medical students in the first year of transition from preclinical to clinical year. Students were categorized into four subgroups through analysis of intrinsic and controlled motivation using Academic Motivation Scale. Group membership is used as an independent variable to assess burnout components. Burnout was measured using Maslach Burnout Inventory HSS. A total of 164 students participated in the study. Four groups were identified: students who are interest-status motivated constituted 79.2% of the population (N=130), interest-motivated students constituted 13.41% of the population (N=22), low motivated students constituted 6.09% of the population (N=10), statusmotivated student 1.2% of the population (N=2). Interest-motivated students had higher personal accomplishment (p = 0.03) and lower depersonalization (p = 0.026) than intereststatus motivated students.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, Patricia H.
New York: W. H. Freeman and Company, 1983
155 MIL t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>