Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119343 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riska Riandita
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4682
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andriani Winoto
"Peranan hubungan masyarakat atau public relations (PR) semakin dirasakan penting dalam menunjang keberhasilan program komunikasi perusahaan secara umum, maupun secara khusus dalam lingkup kegiatan pemasaran, baik pemasaran produk maupun jasa. Kegiatan ini umum dikenal sebagai marketing public relations. Sejalan dengan semakin dirasakan pentingnya dukungan PR, maka humas internal ataupun konsultan PR semakin pula diperlukan.
Tesis ini menelaah kekuatan, kelebihan serta kekurangan dan kelemahan humas internal dan konsultan PR, dalam menjalankan peranannya ditinjau dari evaluasi kegiatan media relations dalam konteks marketing public relations. Industri yang menjadi bahan telaah adalah penerbangan, khususnya pembukaan jalur penerbangan baru Jakarta-Melbourne. Pemilihan industri penerbangan adalah karena sifatnya yang rentan terhadap krisis sehingga dukungan PR mutlak diperlukan.
Tujuan penelitian adalah memberi masukan dan penimbangan dalam penetapan pilihan untuk mengelola secara internal divisi humas, atau memanfaatkan jasa konsultan, atau memakai kombinasi ke duanya. Dan bagaimana mengevaluasi kegiatan media relations sehingga dapat dilakukan upaya peningkatan kualitas hubungan yang ada.
Evaluasi dilakukan atas tahap persiapan dan implementasi program media relations, yaitu isi dan format materi informasi ke media massa, analisis isi liputan, dan wawancara dengan lima media massa berjangkauan nasional. Analisis isi liputan mengacu pada sistim skoring Quentin Bell. Metode penelitian adalah deskriptif.
Hasil evaluasi menunjukkan sistim skoring Bell bermanfaat untuk menganalisa isi liputan secara sederhana namun meliput hampir semua aspek yang mewakili karakteristik yang dianggap panting oleh media. Hasil lainnya adalah kriteria keberhasilan media relations bukan kuantitas tapi kualitas liputan. Merpati Nusantara Airlines memperoleh liputan secara luas tapi dari sisi kualitas memiliki nilai skor lebih rendah dibandingkan Ansett Australia Airlines, sehingga kegiatan media relations Ansett Australia dikatakan lebih berhasil.
Penerapan evaluasi dalam jangka panjang akan memungkinkan proyeksi hasil analisis kualitas kegiatan media relations secara lebih tepat. Data yang ada akan bermanfaat untuk memahami kelemahan dan kekuatan program PR dan karakteristik media secara lebih akurat, sehingga upaya perbaikan dan perencanaan dapat dilakukan lebih efektif.
Sesuai tujuan dan karakteristik perusahaan, maka pilihan Merpati Nusantara Airlines untuk rnengelola humas secara internal sudah tepat, demikian pula Ansett Australia Airlines dalam memanfaatkan konsultan PR. Namun dalam melaksanakan peranan dalam media relations, hasil wawancara menunjukkan masih perlunya peningkatan kualitas masing-masing.
Guna meningkatkan kinerja praktisi PR, penulis menyampaikan saran: diterapkannya analisis isi liputan secara intensif, ditingkatkannya upaya mendukung citra perusahaan bagi humas internal, dan pemahaman produk lebih mendalam oleh konsultan PR. Praktisi PR perlu lebih proaktif menjalankan peranannya dalam media relations. Evaluasi kegiatan PR secara berkala dan berkesinambungan perlu dilakukan, baik melalui analisis isi liputan maupun dengan membuka forum komunikasi dengan media massa sebagai mitra utama."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donda Marsaulina
"Penelitian mengenai kegiatan Humas di Perpustakaan Nasional telah dilakukan di Perpustakaan Nasional, jalan Salemba Raya No. 28 Jakarta, pada bulan Juni-Juli 1989. Tujuannnya ialah untuk mengetahui sampai sejauh mana Perpustakaan Nasional sebagai perpustakaan terbesar dan terpenting di Indonesia telah mengadakan kegiatan Humas sebagai upaya menjembatani dirinya dengan masyarakat dan mendayagunakan seluruh koleksinya.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan orang-orang yang berwenang dan para pelaksana di Perpustakaan Nasional, dan melalui observasi langsung di perpustakaan tersebut. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dengan memperbandingkannya dengan berbagai teori Humas perpustakaan rincian The Library Association dan American Library Associaton.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Humas yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional masih sangat minim dan jauh dari memadai. Banyak tugas kehumasan yang belum dilaksanakan dan luput dari perhatian. Tidak adanya bagian Humas atau tim khusus Humas di Perpustakaan Nasional merupakan kendala utama dari masalah ini. Keadaan ini akan dapat diperbaiki apabila Perpustakaan Nasional mulai mengadakan bagian Humas atau tim khusus Humas yang kiranya dapat mengelola seluruh kegiatan Humas di perpustakaan tersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15230
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Fathanya Neema
"Lagu mars merupakan salah satu media komunikasi dengan lirik yang membawa pesan kepada khalayaknya. Tulisan ini akan membahas bagaimana sebuah lagu mars sebagai strategi internal relations mencerminkan identitas organisasi dari Universitas Indonesia. Secara spesifik tulisan ini akan menggunakan metode dari Dr. Balmer dengan menginterpretasi lirik dari communicated Identity di dalam lagu dan melihat keselarasannya dengan actual dentity dari Universitas Indonesia. Tulisan ini mengungkap bahwa sebuah lirik lagu mars juga memiliki peran penting dalam membangun identitas suatu organisasi dan praktisi public relations harus mulai memerhatikannya.
Corporate Anthem is considered one of a communication media containing lyricsto bring a message to its audience. This paper attempts to see how a corporate anthem`s as an internal relations strategy represents the organizational identity of University of Indonesia. Specifically, this paper will use the method of Dr. Balmer`s by interpreting the lyric from communicated identity given in the song and see how consistent it is with the actual identity of University of Indonesia. This paper reveals that a corporate anthem`s lyric also plays a notable part in building an identity of an organization and public relations practioners need to take concerns."
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Medina Ruza
"Branding universitas memiliki keunikan tersendiri karena merupakan organisasi yang berbasis kepada sumber daya manusia. Pendekatan dari dalam ke luar yang melibatkan seluruh karyawan akademik dan non akademik dalam proses membangun brand menjadi cara yang efektif dalam pengembangan strategi branding universitas. Internal branding merupakan salah satu cara agar karyawan dapat memahami pesan brand dan mampu bersikap seperti identitas brand. Strategi internal branding yang baik akan meningkatkan penerimaan brand identity oleh karyawan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana internal branding berperan dalam membangun brand identity dan bagaimana proses interaksi antara stakeholder internal dapat membangun brand identity. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan in-depth interview kepada karyawan yang sering berinteraksi dengan mahasiswa melalui video conference. Penelitian ini dilakukan di Universitas Abdurrab sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang sedang berkembang di Indonesia dan sedang mengembangkan internal branding melalui nilai yang dituangkan ke dalam visi mereka. Berdasarkan hasil yang diperoleh, proses internal branding tidak hanya berasal dari interaksi karyawan. Manajer, founder hingga stakeholder eksternal memiliki peran penting dalam membentuk brand identity. Namun, pada Universitas Abdurrab manajemen internal branding belum berhasil membangun brand identity yang diinginkan. Proses evaluasi yang objektif mengenai penerapan brand identity perlu dilakukan untuk memastikan brand image dapat sesuai dengan brand identity.

Internal branding plays an essential role in implementing brand strategies that strengthen a university’s brand identity. Brand identity is executed and controlled by managers, who also form the foundation for a dynamic and continuous cocreation process through interactions between internal and external stakeholders. Furthermore, internal branding can help private universities with limited resources build effective branding strategies in a competitive environment. This study aims to explore the role of internal branding and the interaction process between its internal stakeholders in building brand identity at private universities. A phenomenological approach is then applied by incorporating in-depth interviews using video conferences with employees who often interact with students. This study conducted at Abdurrab University, one of the private universities in Indonesia. Based on the results obtained, managers play a crucial role in imparting this understanding to employees, hence their message is accurately conveyed to students. Also, an objective evaluation process of the brand needs is carried out to ensure the brand image accurately depicts the brand identity."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Caturingtyas Pangestuti
"ABSTRAK
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah pemberitaan media mengenai konflik internal yang tejadi pada Univeritas Indonesia yang sangat tinggi. Keterkaitan berita dan peran Humas dalam hal ini dikaji sebagai implikasi dari pentingnya Humas di dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Humas UI dalam menanggapi berita-berita konflik internal di media dan dalam menghadapi konflik internal UI. Penelitian ini adalah penelitian kualitiatif dengan desain deskriptif. Dalam penelitian ini dibahas mengenai bagaimana strategi Humas UI dalam menanggapi berita konflik internal UI dan bagaimana Humas UI menghadapi konflik internal pada saat krisis yang terjadi pada tahun 2007-2012 selaras dengan Visi UI menjadi World Class University.
Hasil dari penelitian ini adalah manajemen krisis dalam Humas UI untuk menangani krisis tidak melibatkan Humas secara utuh dan tidak cukup koordinasi di antara organ-organ UI. Komunikasi terpadu sebagai strategi komunikasi yang dianggap tepat dalam era globalisasi untuk membuat komunikasi antara pimpinan dan stakeholder berjalan baik ternyata tidak berjalan dengan semestinya. Citra UI yang dibangun demi menghadapi tantangan globalisasi tidak didukung oleh keutuhan komunikasi internal dalam tubuh UI. Namun dengan kepedulian dan rasa memiliki, organ-organ dalam tubuh UI berupaya sendiri-sendiri menangani krisis dan meningkatkan citra UI menjadi lebih baik.

ABSTRACT
The background of this research is the news media about the internal conflicts that occurred at the University of Indonesia increasing very high. Linkage beetwen the news and the role of Public Relations in this case be reviewed as the implication of the importance of Public Relations in an organization. This study aims to research the role of UI’s Public Relations in response to the news media about the internal conflict and how UI’s Public Relations faced the UI internal conflicts. This research is a qualitative research with descriptive design. This research discusses about how the PR strategy in response to the news media of UI internal conflict and how the UI’s Public Relations facing internal conflicts in the crisis that occurred in 2007-2012 in line with the UI’s vision being World Class University.
The results of this research are in PR crisis management UI to handle crisis PR does not involve a whole and not enough coordination among the organs UI. Integrated communications that was deemed as appropriate communication strategies in the era of globalization to make a good communication between the leaders and stakeholders was not working properly. Images of UI that was built to face the challenges of globalization are not supported by the integrity of the internal communication within the body of UI. On the other hand with awareness and sense of belonging, the organs in the body of UI try to handle the crisis and improve the image of the UI for being better."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Arrahmi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S4734
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Limbong, Asnah Marlina Nellawaty
"Dibukanya "kran" Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh atau disebut juga PTJJ, mau tidak mau membawa konsekuensi tersendiri bagi Universitas Terbuka untuk mulai radar bahwa sekarang ini PTJJ bukan lagi monopoli Universitas Terbuka.
Sebagai Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, selama 18 tahun, UT mengalami perkembangan, walaupun masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi. Upaya-upaya penciptaan dan pemeliharaan hubungan yang baik dan saling pengertian selalu dibenahi namun kenyataannya tetap saja banyak permasalahan yang timbul balk secara internal maupun eksternal. Sebagai suatu institusi pendidikan yang mempunyai ciri khusus, peran Humas sangat diperlukan guna terwujudnya suatu PTJJ yang profesional, yang sesuai dengan misi UT, yaitu Menjadi Pusat Unggulan dalam Penyelenggaraan Penelitian, Pengembangan, dan Penyebaran Informasi Tentang Perguruan Tinggi Jarak Jauh."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T4081
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>