Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82531 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kartika Ahdiyanthi
"ABSTRAK
Beban lalu lintas yang melebihi yang direncanakan menyebabkan kerusakan jalan terjadi lebih awal. Salah satu penyebab kerusakan ini adalah akibat muatan berlebih pada angkutan truk. Kajian ini melakukan analisis perubahan muatan kendaraan truk hingga melebihi beban muatan yang ditetapkan terhadap pengaruhnya pada umur perkerasan jalan beton. Lokasi penelitian yaitu di Tol Jakarta-Cikampek (km.39), Jalur Pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikampek dan Jalan Raya Cibinong di ruas jalan Mayor Oking Bogor. Data lalulintas selanjutnya dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun. Prediksi data lalu lintas ini untuk mengetahui tebal perkerasan jalan beton dengan menggunakan metode Bina Marga. Dari analisis data, diperoleh penurunan umur perkerasan pada tebal plat 21 cm untuk beban berlebih mencapai 30% terjadi penurunan umur perkerasan 35%. Bila dilakukan pengalihan muatan truk 2 as ke truk lebih dari 2as sebesar 1,5 kali maka akan terjadi penurunan umur perkerasan 54%. Struktur jalan beton sangat sensitive terhadap kenaikan muatan batas sumbu yang mendekati MST 10 Ton.

ABSTRACT
Traffic load that exceeds the designed road causing damage to occur earlier. One cause of this damage is due to excessive loads on heavy vehicles. This study analyzes changes in heavy vehicle charges to exceed the specified weight of cargo on its influence on service life of concrete pavement. The research location is in Tol Jakarta-Cikampek (km.39), Line North Coast of Java, in Cikampek Bypass road, and Highway Cibinong in Bogor Oking Major road. Traffic data was calculated for the expected design life of 10 years. Prediction of traffic data is to determine the thickness of concrete pavement using the methods of Bina Marga. From the analysis of data, obtained by decreasing the age of pavement on concrete 21 cm thick to reach the 30% overload decreased 35% pavement service life. When done transfer of cargo trucks 2 axles to the truck more than 2as of 1.5 times there will be a 54% reduction in pavement life. The structure of concrete roads is very sensitive to increases in near-axis boundary load 10 tons of MST."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S949
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Garlina Srirahayu
"ABSTRAK
Kerusakan jalan y ang terjadi lebih cepat dari umur y ang direncanakan sudah sering terjadi. Salah satu peny ebabnya adalah beban muatan berlebih pada kendaraan truk. Kelebihan muatan berdamp ak pada beban muatan sumbu meleb ihi ketentuan beban yang diijin kan oleh Direktorat Jendral Peruhubungan Darat. M elalui kajian ini dianalisis sejauh mana tingkat kerusakan jalan y ang ditimbulkan oleh p rosentase kenaikan jumlah muatan kendaraan truk y ang mengakib atkan muatan melebihi batas ijin. Lokasi penelitian y aitu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (km.39), jalur pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikamp ek dan Jalan Ray a Cibinon g d i ruas jalan M ayor Oking Bogor. Data lalulintas dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun, sehingga dapat diketahui tebal perkerasan jalan lentur dengan menggunakan metode Bina M arga. Dari hasil kajian dapat diketahui bahwa penambahan muatan berlebih hingga 30% akan mengurangi umur rencan a perkerasan hingga 48. Namun bila terjadi p engalihan truk 2as ke truk yang memiliki jumlah sumbuny a lebih bany ak maka akan memperlambat terjadinya kerusakan.

ABSTRACT
Road damage o ccurring faster than the designed life is common. One reason is the burden of excessive loads on trucks. Impact on the overloaded axle load exceeds the load requirements as permitted by the Directorate General of Land Transp ortation. Through this study analy zed the extent of road damage caused by the percentage incr ease in cargo trucks that resulted in the charge which exceeds the limit allowed. The research location is in Jakarta-Cikampek toll road (k m.39), coast lines in C ikamp ek Jomin Byp ass road, and Highway Cibinon g in Bogor Oking M ajor road. Data traffic is calculated for the expected design life of 10 years, so it can be seen a thick flexible p avement using the methods of Bina M arga. From the results of the study can be seen that the addition of excess charges up to 30% will reduce the design life of pavement up to 48%. But if there is transfer of 2as truck to the truck that has a number of axes more it will slow the damage."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S955
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zaenal Arifin
"Skripsi ini membahas pengaruh beban muatan angkutan kendaraan berlebih truk terhadap perkiraan umur layanan perkerasan lentur. Kekuatan perkerasan jalan direncanakan berdasarkan beban rencana dan umur rencana, akan tetapi kenyataan dilapangan banyak terjadi pelanggaran muatan kendaraan truk berupa kelebihan muatan dari batas muatan maksimum yang di tetapkan. Muatan kendaran berlebih ini kemudian menyebabkan beban sumbu meningkat dari beban sumbu yang ditetapkan oleh peraturan. Peningkatan beban sumbu akibat peningkatan beban muatan ini akan berpengaruh terhadap perubahan umur layan jalan. Penilitian ini menggambarkan seberapa besar pengaruh peningkatan beban muatan berlebih kendaraan truk terhadap perubahan umur layanan perkerasan.

The Focus of this study is the effect of overloaded truck towards estimated service life of road pavement. The strength of road pavement is designed based on load design and life time design, but facts show that many trucks on the road are overloaded. These overload trucks are then causes axle load increases from axle load that appointed by regulation. This overload enhanced consequence service life to decrease. This study describe how overloaded truck effect changes the service life of road pavement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50494
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Karno Kinasih
"ABSTRAK
Fenomena muatan berlebih masih menjadi pemandangan sehari-hari di Indonesiadan hal itu dituding sebagai salah satu penyebab gagal dini usia layan perkerasan.Tesis ini meneliti dua kondisi yang berbeda; pertama, apabila truk membawa 5 ,10 , 15 , 20 , 25 dan 30 muatan berlebih dan yang ke dua apabiladilakukan simulasi mengandaikan kebijakan zero overloading ditegakkan dandigunakan truk semi trailer 6 as untuk mengakomodasi muatan yang belumterangkut. Digunakan Rumus Liddle dengan faktor k 1 untuk sumbu tunggal,0.086 untuk sumbu tandem dan 0.031 untuk sumbu tridem. Terjadi perbedaanumur pelayanan yang signifikan di antara dua kondisi tersebut.

ABSTRACT
Overloading phenomenon is a common view in Indonesia, accused of earlydamage on pavement. This thesis is trying to evaluate the differences between twoconditions first condition as if overloading trucks bring 5 , 10 , 15 , 20 ,25 dan 30 more load, and the second condition as if applied zero overloadingand used 6 axle truck to acomodate unloaded logistics. Liddle rsquo s formula will beused with the k factor 1 for tandem axle, 0.086 for tandem, and 0.031 for tridemaxle. Service life significantly differ between the first and the second condition,under the regulation, the percentage of CESA number rsquo s reduction are almostdouble of overloading percentage carried by the vehicles.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T49458
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Putu Dedy Ujiana
"Tesis ini membahas Masalah angkutan barang dengan muatan berlebih atau over- load, dimana rasio beban angkutan dan kekuatan mesin yang tidak ideal menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan dengan wajar walaupun tenaga yang dihasilkan kendaraan telah maksimum. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh beban muatan berlebih, Gradien Jalan, akselerasi dan panjang segmen terhadap kecepatan kendaraan pengangkut. Metode penelitian yang dilakukan dalam mengkaji pengaruh tersebut adalah dengan melakukan eksperimen dan analisis dengan metode multivariate. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel beban muatan paling berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan.

The focus of this study is about over-load, in how ratio weight to horse power machine on vehicle is not ideal, so the vehicle can not on optimim speed. The purpose of this study is to understand how over-load, gradient, acceleration, and segment lenght can impact to the cruise speed. This research is based on experiment method using the multivariate analysis of data. The data were collected by means of observation. The researcher show that over-weight variable make more impact to speed than the others variable."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25930
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Putu Dedy Ujiana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T40769
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Hananto
"Dalam skripsi akan diteliti tentang berapakah kerugian akibat pengurangan umur rencana dan pelapisan ulang karena overload pada perkerasan lentur. Selain itu juga dihitung berapakah keuntungan yang didapat operator kendaraan berat jika kendaraan beratnya mengalami kelebihan beban. Kemudian bagaimana jika kerugian itu dibebankan kepada angkutan barang yang mengalami overload lalu dibandingkan dengan keuntungan yang didapat dari kelebihan beban yang diangkut. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi dengan variasi komposisi kendaraan berat dan beban berlebih yang diangkut. Sedangkan untuk mencari umur jalan yang tersisa digunakan metode analisa komponen. Selain itu juga akan dibahas pengaruh overload pada tiap sumbu kendaraan berapakah pengaruh berat muatan berlebih terhadap persebaran berat total kendaraan pada tiap sumbunya. Dari hasil yang sudah dilakukan pada skripsi ini didapatkan kesimpulan bahwa keuntungan yang didapat oleh operator karena melakukan kelebihan beban lebih besar jika dibandingkan dengan kerugian yang diderita karena harus melakukan pelapisan ulang akibat berkurangnya umur rencana jalan.

This thesis under grade will research about how much lost because the decrease of the lifespan from street and overlay because overload in flexible pavement . Also beside that also calculate how much the profit which will received by the operator of heavy vehicle if the vehicle overload. How if the lost is burden to heavy vehicle that overload , how much they must pay to cover the lost. Research doing with simulation with variation of composition heavy vehicle and excessive load . And to calculate the decrease of lifespan from the road used component analysis method In this thesis under grade will also study about influence of overload for every axle in heavy vehicle. The result of this thesis under grade is the profit that received by operator is higher than the lost because decrease of lifespan and overlay."
2010
S50571
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ribut Heru Santoso
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S6112
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Amalia
"Overloading sudah menjadi masalah umum terutama di negara berkembang yang transportasi kendaraan beratnya terus meningkat, termasuk Indonesia. Pelanggaran kendaraan yang kelebihan muatan memberikan dampak negatif terhadap perkerasan yang dilaluinya, salah satunya adalah kerusakan dini yang berujung pada peningkatan biaya rehabilitasi. Penelitian ini dilakukan untuk menghitung jumlah kendaraan yang kelebihan beban berdasarkan data beban kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari peneliti sebelumnya. Selain itu, untuk menghitung dampak kelebihan beban kendaraan pada perkerasan ditinjau dari daya rusak jalan atau vehicle damage factor (VDF), ESAL, dan biaya rehabilitasi. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan tiga skenario untuk membandingkan kondisi yang berbeda. Skenario 1 adalah kondisi lalu lintas yang sebenarnya, dimana terdapat banyak kendaraan yang kelebihan beban. Skenario 2 adalah kondisi ideal dimana kendaraan yang kelebihan beban diubah menjadi kendaraan dengan jumlah gandar yang berbeda yang dapat mengangkut beban tanpa overloading. Skenario 3 adalah kondisi ideal dimana beban berlebih diangkut dengan menambah jumlah kendaraan. Ditemukan bahwa dengan mengubah jumlah gandar kendaraan, biaya rehabilitasi berkurang sebanyak 70,12%, sementara menambah jumlah kendaraan mengurangi biaya rehabilitasi sebesar 55,14%.

Overloading has become a common problem, especially in developing countries where the transportation of heavy vehicles keeps increasing, including Indonesia. The violation of an overloading vehicle has negative impacts on the pavement in its path, one of which is premature deterioration which leads to increased rehabilitation costs. This research was conducted to quantify the number of overloaded vehicles based on the vehicle load data on Jakarta-Cikampek Toll Road from a previous researcher. Other than that, to calculate the impact of overloaded vehicles on the pavement in terms of vehicle damage factor (VDF), ESAL, and rehabilitation costs. The calculation is done using three scenarios in order to compare different conditions. Scenario 1 is the actual condition of the traffic, where there were many overload vehicles. Scenario 2 is the ideal condition where the overloaded vehicles were changed to vehicles with a different number of axles that can accommodate the load without being overloaded. Scenario 3 is the ideal condition where the excess overload is carried by adding more vehicles. It was found that by changing the vehicles' number of axles, the rehabilitation cost was reduced as much as 70.12% while adding more vehicles reduced the rehabilitation cost by 55.14%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>