Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 58037 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Daverius Ma`arang
"ADS-B merupakan salah satu peralatan yang menjadi pelengkap peralatan radar yang bekerja pada frekuensi 1090 MHz agar dapat menjangkau daerah yang sulit karena letak geografis. Salah satu modul penyusun sistem peralatan ADS-B yaitu low noise amplifier (LNA). Untuk aplikasi radar ADS-B diperlukan LNA yang memiliki gain dan kestabilan yang tinggi dengan NF dan return loss yang rendah. Untuk memperoleh hal tersebut maka pada penelitian ini dirancang LNA menggunakan transistor FET-NE3210S01 dengan bias DC, VDS = 2 V dan ID = 10 mA agar memperoleh gain yang tinggi dengan noise figure rendah.
Sementara itu, digunakan dual-stub pada rangkaian matching impedansinya untuk menurunkan nilai return loss dan VSWR. Hasil perancangan rangkaian LNA dengan single-stub matching memiliki keluaran gain (S21) = 17,081 dB, input koefisien pantul (S11) = 21.144 dB, noise figure = 1.954 dB, VSWR = 1,192 dan stability factor (K) = 1,7. Sementara itu, hasil perancangan rangkaian LNA dengan multi-stub matching memiliki keluaran lebih baik, yaitu gain (S21) = 20,59 dB, input koefisien pantul (S11) = 62,120 dB, noise figure = 0.787 dB, VSWR = 1,002 dan stability factor (K) = 1,17.
Hasil perancangan dan simulasi rangkaian LNA dengan single-stub matching memiliki keluaran gain (S21) = 3,3 dB, input koefisien pantul (S11) = 6.3 dB, VSWR = 2.6.Sementara itu, hasil pengukuran rangkaian LNA dengan dual-stub matching memiliki keluaran lebih baik, yaitu gain (S21) = 5,97 dB, input koefisien pantul (S11) = 15.2 dB, VSWR = 1.5. Terlihat bahwa LNA dengan dual-stub matching memiliki hasil keluaran yang lebih baik, peningkatan gain dikarenakan penggunaan dual-stub matching sehingga terjadi penurunan koefisien pantul dan VSWR.

ADS-B is one of the tools to complement radar equipment that works at a frequency of 1090 MHz in order to reach difficult areas due to geographical location. One of the modules making up the ADS-B equipment system that is low noise amplifier (LNA). For radar applications ADS-B is required LNA has a gain and a high stability with NF and low return loss. To obtain the matter, in this study was designed LNA-NE3210S01 using FET transistors with a DC bias, VDS = 2 V and ID = 10 mA in order to obtain high gain with low noise figure.
Meanwhile, use the dual-stub impedance matching circuit to reduce the value of return loss and VSWR and used inter-stage matching in order to distribute power more optimal than the second transistor. The results of the LNA circuit design with single-stub matching has the output gain (S21) = 17.081 dB, input reflection coefficient (S11) = 21 144 dB, noise figure = 1954 dB, VSWR = 1.192 and stability factor (K) = 1.7. Meanwhile, the results of the LNA circuit design with multi-stub matching has a better output, the gain (S21) = 20.59 dB, input reflection coefficient (S11) = 62.120 dB, noise figure = 0787 dB, VSWR = 1.002 and stability factor (K) = 1.17.
The results of the LNA circuit design and simulation with a single-stub matching the output gain (S21) = 3.3 dB, input reflection coefficient (S11) = 3.6 dB, VSWR = 2.6.Sementara, the measurement results of LNA circuit with dual-stub matching has better output, namely the gain (S21) = 5.97 dB, input reflection coefficient (S11) = 2.15 dB, VSWR = 1.5. Seen that the LNA with dual-stub matching has a better outcome, increasing the gain due to the use of dual-stub matching, so there is a decrease the reflection coefficient and VSWR.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29586
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raka Perbawa
"Di dalam dunia penerbangan, penggunaan Automatic Dependant Surveillance Broadcast ADS-B sudah mulai menjadi standar. ADS-B memungkinkan penyebaran informasi lalu-lintas penerbangan dengan lebih efektif, biaya lebih rendah serta fleksibel dalam implementasinya. Di sisi lain kemajuan teknologi di bidang komunikasi yang menunjang penyebaran informasi ADS-B juga berkembang pesat. Named Data Networking NDN muncul sebagai alternatif baru untuk menggantikan komunikasi TCP/IP yang sudah jamak dipakai di seluruh dunia. NDN menawarkan fleksibilitas dan komunikasi secara content centric, artinya NDN tidak lagi menyandarkan urusan forwarding data ke lapisan TCP/IP namun ditangani oleh mekanisme pencarian rute menuju konten yang dituju menggunakan penamaan hierarkis yang serupa dengan konsep Uniform Resource Locator URL . Mekanisme ini mengeliminir proses pembacaan sampai lapisan-lapisan bawah saat proses forwarding, dan diharapkan meningkatkan performa transaksi data.
Pada penelitian ini dilakukan transmisi data yang dihasilkan oleh sebuah source ADS-B melalui sebuah mock-up jaringan yang sudah diimplementasikan NDN di dalamnya. Kinerja sistem lalu dievaluasi melalui parameter round-trip-time dan packet loss untuk melihat apakah sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh otoritas penerbangan agar layak diimplementasi dalam kegiatan operasional dibandingkan dengan sistem yang menggunakan IP. Hasil evaluasi menunjukan bahwa ada penurunan performansi round-trip-time sebesar 34 dan packet-loss mencapai 7 dalam kondisi lalu-lintas jaringan idle.

In the aviation world, the use of Automatic Dependent Surveillance Broadcast ADS B has started to become a standard. ADS B allows the dissemination of flight traffic information more effectively, in lower costs and flexible implementation. On the other hand advances in technology in the field of communication that support the dissemination of information ADS B is also growing rapidly. Named Data Networking NDN emerged as a new alternative to replace the commonly used TCP IP communications around the world. NDN offers flexibility and content centric communication, meaning that NDN no longer relies on forwarding data to TCP IP layers but is handled by a route search mechanism toward the intended content using hierarchical naming similar to the Uniform Resource Locator URL concept. This mechanism eliminates the reading process to the lower layers during the forwarding process, and is expected to improve the performance of data transactions.
In this research, data transmission is generated by an ADS B source through a mock up network that already implemented NDN in it. System performance is then evaluated through round trip time and packet loss parameters to see if it meets the standards set by the aviation authority to be feasible to implement in operational activities compared to systems using IP. Evaluation results show that there is a 34 decrease of round trip time performance and packet loss reaches 7 in idle network traffic conditions.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50644
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hilmy Iskandar
"ABSTRAK
Global Flight Tracking (GFT) merupakan suatu sistem yang berdasarkan target konsep dari Global Aeronautical Distress and Safety System (GADSS) dimana sistem ini dapat melacak posisi pesawat komersil yang sedang beroperasi diseluruh dunia. Automatic dependent surveillance broadcast (ADS-B) adalah teknologi broadcast pesawat yang sedang beroperasi untuk menyiarkan informasi seperti latitude, longitude, altitude, velocity, dan juga identitas pesawat. Pada saat ini penerimaan pesan ADS-B hanya dapat dicakup pada wilayah terrestiral saja. ADS-B penerimaan via satelit dimaksudkan untuk memperluas cakupan dari ADS-B terrestrial. Skripsi ini mensimulasikan satelit Iridium dan Globalstar dengan ketinggian 800 km dan 1400 km yang digunakan untuk komparasi unjuk kerja dengan melihat pengaruh durasi pulsa ADS-B terhadap probabilitas non-collided penerimaan pesan. Ketinggian dari satelit mempengaruhi radius yang akan digunakan untuk menghitung kepadatan dari pesawat yang dapat dicakup oleh satelit. Hasil simulasi menunjukan radius footpirint dari satelit Iridium dan Globalstar adalah 836.6144 NM (Nautical Miles) dan 1083 NM dengan hasil cakupan pesawat untuk masing-masing satelit adalah 9525 pesawat dan 15291 pesawat. Hal ini berarti dengan ketinggian yang lebih tinggi maka cakupan pesawat juga akan meningkat. Namun, durasi pulsa optimum untuk satelit Globalstar 50 μs dan Iridium 120 μs berdasarkan rata-rata probabilitas non-collided penerimaan pesan. Dengan durasi pulsa ADS-B yang lebih pendek maka pesan yang dapat ditransmisikan menjadi lebih sedikit.

ABSTRACT
Global Flight Tracking (GFT) is a system that is based on target concept of Global Aeronautical Distress and Safety System (GADSS) which is the capability to locate civil aviation that operates around the world. Automatic dependent surveillance broadcast (ADS-B) is a broadcast based technology which an aircraft broadcasts messages that contains information including latitude, longitude, altitude, velocity and aircraft identity. Up until now ADS-B message reception can only be achieved via terrestrial station. Hence, ADS-B reception via satellite is intended to expand the coverage of ADS-B terrestrial. This undergraduate thesis simulate the affect of pulse duration of ADS-B to the probability of non-collided message reception using, Iridium and Globalstar satelittes with the altitudes of 800 km and 1400 km respectively is utilized for performance comparisons. Altitude of the satellite affect the radius that is used to calculate the density of the aircraft that the satellite can coverage. The simulation results show that the footprint radius of Iridium satellite and Globalstar is 836.6144 NM (Nautical Miles) which able to cover 9525 aircrafts and 1083 NM which able to cover 15291 aircrafts respectively which means the higher the altitude, the coverage also increase. On the other hand the optimum pulse duration of the ADS-B signal is 50 μs for Globalstar satellite and 120 μs for Iridium satellite based on average probability of non-collided message reception. Consequently shorter pulse duration of ADS-B signal results in less message that can be transmitted.
;"
2016
S64685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fidia Triani
"ABSTRAK
Spektrum 1087.7-1092.3 MHz telah dialokasikan untuk global flight tracking pada
World Radiocommunication Conference (WRC-15). ADS-B adalah suatu sistem
broadcast pada pesawat terbang yang memberikan informasi mengenai posisi
pesawat (latitude dan longitude), altitude, velocity, aircraft ID, dan informasi
lainnya yang didapat dari sistem on-board. Metode implementasi ADS-B pada
pesawat adalah dengan mengirimkan pesan data yang diformat pada Mode S
transponder melalui frekuensi 1090 MHz. Terdapat kemungkinan untuk
memanfaatkan frekuensi 1090 MHz sebagai pembawa transmisi Voice Cockpit
Recording (VCR) dari pesawat ke satelit. Tesis ini membuat simulasi tentang
speech compresion untuk voice cockpit recording menggunakan Discrete Wavelet
Transform. Hasil kompresi di transmisikan ke satelit menggunakan frekuensi ADSB.
Kualitas suara yang diterimakan pada receiver diuji menggunakan Mean
Operation Score. Simulasi menghasilkan bahwa Daubechies12, Coiflet5, Symlet10
dan Biorthogonal2.6 mempunyai nilai Ratio Compression and PSNR yang terbaik.
Hasil MOS rata-rata menunjukkan bahwa file hasil transmisi memiliki derau dan
sedikit menggangu. Dari hasil simulasi BER dan pengujian MOS maka kompresi
dengan mother-wavelet Daubechies12 mempunyai hasil yang terbaik. Disimpulkan
bahwa kompresi dengan teknik Discrete Wavelet Transform dapat digunakan untuk
mengirim voice cockpit recording dengan frekuensi ADS-B ke satelit

ABSTRACT
Spectrum 1087.7-1092.3 MHz had been allocated to global flight tracking civil
aviation. Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B) is an aircraft
technology to broadcast information such as latitude, longitude, altitude, velocity,
and also the aircraft identity to the satellite using mode S transponder with 1090
MHz center frequency. There?s an opportunity to utilize 1090 MHz as the
transmission carrier of Voice Cockpit Recording (VCR) from aircraft to satellite.
This paper investigates voice cockpit recording simulation using Discrete Wavelet
Transform based compression technique. The compressed voice was transmitted to
the satellite using ADS-B frequency. The received sound was also tested by Mean
Operation Score. The simulation found that Daubechies12, Coiflet5, Symlet10 and
Biorthogonal2.6 has the best result of Ratio Compression and PSNR. From the
BER simulation result and average MOS results have indicated that Daubechies12
has the best results. It concluded that speech compression with Discrete Wavelet
Transform can be used for sending the voice cockpit recording over ADS-B via
satellite reception."
2016
T46205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Muji Raharjo
"LNA merupakan bagian depan rangkaian radio frequency (RF) pada perangkat CPE, low noise amplifier (LNA) memainkan peranan penting terhadap noise dari system secara keseluruhan dari system RF. Rancangan Dual Band LNA merupakan solusi atas kebutuhan pasar akan adanya sebuah perangkat yang memiliki kemampuan multistandard (multi mode/multi band) yang digunakan untuk bisa memberikan penguatan yang cukup tinggi untuk mendorong pada stage selanjutnya dengan derau serendah-rendahnya. Tesis ini membahas rancang bangun rangkaian dual band LNA untuk CPE Mobile Broadband Wireless Access dengan menggunakan HJFET 3210S01. Untuk mendapatkan fungsi dual band digunakan LC Tank Resonator yang dirancang beresonansi pada frekuensi 2,3GHz dan 2,6 GHz. Rancangan dual band LNA diharapkan menghasilkan Noise figure yang rendah, gain yang tinggi, stabil tanpa adanya osilasi, secara simultan.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa dual band LNA ini dapat bekerja pada frekuensi 2,3GHz dan 2,6 GHz dengan gain >12dB, sensitivitas > -73 dBm dan IIP3 >5 dBm. LNA ini juga menghasilkan noise figure < 1dB. LNA ini membutuhkan tegangan catu sebesar 3.5 V. Sedangkan hasil pabrikasi yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi penggeseran frekuensi kerja yaitu dari 2,3 GHz dan 2,6 GHz ke frekuensi 1,06 GHz GHz dan 1,61 GHz. Hasil pengukuran didapatkan nilai gain (S21) masing-masing 9,275 dB dan 0 dB, input return loss (S11) masing-masing - 4 dB dB dan -12 dB, output return loss (S22) masing-masing -8,59 dB dB dan -4 dB dan VSWR masing-masing pada frekuensi 1,63 GHz sebesar 1,0728 dan pada frekuensi 1,06 GHz sebesar 5.

LNA is the front-end of radio frequency (RF) on the CPE mobile BWA devices, low noise amplifier (LNA) plays an important role to noise from the system as a whole from the RF system. Dual Band LNA Design is a solution to the needs of the market that there is a device that has the ability multistandard (multi mode / multi band) used to be able to give a high enough reinforcement to encourage the next stage with noise as low. This thesis discusses the design of a series of dualband LNA for Wireless Mobile Broadband CPE access using HJFET 3210S01. To obtain the dual function of the band used the LC Tank Resonator is designed to resonate at a frequency of 2.3 GHz and 2.6 GHz. The design of dual-band LNA is expected to generate low noise figures, high gain, stable in the absence of oscillations, simultaneously.
The simulation results show that the dual-band LNA can work at a frequency of 2.3 GHz and 2.6 GHz with a gain of > 12dB, sensitivity> -73 dBm and IIP3> 5 dBm. This LNA also generate noise figure < 1dB. LNA requires supply voltages of 3.5 V. While manufacturing results obtained show that there is shift working frequency of 2.3 GHz and 2.6 GHz to 1.06 GHz frequency GHz and 1.61 GHz. The measurement results obtained value of the gain (S21) 9.275 dB and 0 dB, input return loss (S11) - 4 dB dB and -12 dB, output return loss (S22) dB -8.59 dB and -4 dB, VSWR 5 and 1.0728 respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30138
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Achamd Budi Fathoni
"Pada penelitian ini dirancang mikrostrip bandpass filter multiband Untuk mendukung transceiver multiband pada frekuensi 900 MHz untuk GSM, 1,8 GHz untuk WCDMA, 2,6 GHz untuk LTE, 3,5 GHz untuk fixed-WiMAX, 4,3 GHz untuk WLAN dan 5,2 GHz untuk WLAN. Perancangan dimulai menggunakan single-COS, kemudian ditambahakan sebuah resonator (DCOS) sehingga menghasilkan frekuensi 6 band. Pembuatan mikrostrip filter multiband dengan mempergunakan teknik folded Dual Cross open stub yang merupakan optimasi bentuk COS untuk menghasilkan filter ukuran lebih sederhana dan compact namun dapat memiliki frekuensi kerja yang multiband. Hasil pengkuran menujukan Pada frekuensi GSM, nilai S11 900 MHz sebesar -34.4 dB. Pada frekuensi WCDMA, nilai S11 pada 1,8 GHz sebesar -30 dB. Pada frekuensi LTE, nilai S11 pada 2,6 GHz sebesar -25,4 dB. Pada frekuensi fixed-WiMAX, nilai S11 pada 3,450 GHz sebesar -24,2 dB. Pada frekuensi WLAN, nilai S11 pada 4,25 GHz sebesar -27.3 dB. Pada frekuensi WLAN, nilai S11 pada 5,2 GHz sebesar - 29,4 dB. Pada frekuensi GSM, nilai S21 900 MHz sebesar -0.22 dB. Pada frekuensi WCDMA, nilai S21 pada 1,8 GHz sebesar -0.45 dB. Pada frekuensi LTE, nilai S21 pada 2,6 GHz sebesar -0.74 dB. Pada frekuensi fixed-WiMAX, nilai S21 pada 3,450 GHz sebesar -1.3 dB. Pada frekuensi WLAN, nilai S21 pada 4,25 GHz sebesar -1.4 dB. Pada frekuensi WLAN, nilai S21 pada 5,2 GHz sebesar -1.9 dB. Penambahan cross open stub menjadi dual cross openstub menghasilkan frekuensi kerja sebanyak 6 buah. Sementara itu, hasil pengukuran menujukan multiband filter terjadi pergeseran frekuensi tengah sebesar 5-10 MHz. Dari hasil simulasi maupun pengukuran menunjukan bahwa BPF ini telah mencapai kinerja yang diharapkan sesuai frekuensi teknis yang ditetapkan.

In this research is designed microstrip bandpass filter to support multiband multiband transceiver at 900 MHz for GSM, WCDMA 1.8 GHz, 2.6 GHz for LTE, 3.5 GHz for fixed-WiMAX, 4.3 GHz for WLAN and 5,2 GHz for WLAN. The design starts using single-COS, then ditambahakan a resonator (DCOS) resulting in six frequency bands. Making multiband microstrip filter using the technique folded open stub Dual Cross which is the optimization of COS to filter sizes produce more simple and compact yet can have a multiband frequency work. Results pengkuran addressing the GSM frequency, 900 MHz S11 value of - 34.4 dB. In WCDMA frequency, the value of S11 at 1.8 GHz at -30 dB. In LTE frequency, the value of S11 at 2.6 GHz at -25.4 dB. In the fixed-WiMAX frequencies, the value of S11 at 3.450 GHz -24.2 dB. In the WLAN frequency, the value of S11 at 4.25 GHz at -27.3 dB. In the WLAN frequency, the value of S11 at 5.2 GHz -29.4 dB. At frequencies GSM 900 MHz S21 value of -0.22 dB. In WCDMA frequency, the value of S21 at 1.8 GHz of -0.45 dB. In LTE frequency, the value of S21 at 2.6 GHz of -0.74 dB. In the fixed-WiMAX frequencies, the value of S21 at 3.450 GHz of -1.3 dB. In the WLAN frequency, the value of S21 at 4.25 GHz of -1.4 dB. In the WLAN frequency, the value of S21 at 5.2 GHz of -1.9 dB. The addition of open stubs into a dual cross cross openstub generate frequencies up to 6 pieces of work. Meanwhile, the measurement results addressing multiband filter center frequency shift of 5-10 MHz. From the simulation results and measurements show that the BPF has achieved the expected performance according to established technical frequencies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T29997
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adji Kusuma
"ABSTRAK
Teknologi ADS-B (automatic dependent Surveillence broadcast) memilikki keunggulan disisi kecepata dan keakuratan penyajian data dibandingkan dengan PMR (Primary Surveillance Radar) maupun SSR (Scondary Surveillance Radar). Data dapt diterima melalui transponder yang dimilikki oleh pesawat. Sistem pemantauan pesawat dengan teknologi ADS-B dapat bekerja hanya dengan antena omni dan mini komputer Raspberry beserta perangkat receiver RTL-SDR. Penyebaran data dari tiap radar pesawat sederhana dapat dilakukan melalui transmitter dengan frekuensi rendah dan spesifikasi long range. Data dari radar dapat menggunakan nilai binari sehingga tidak membutuhkan bandwith dan bit rate yang besar."
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan RI, 2019
355 JIPHAN 5:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yudiansyah
"Pada penelitian ini dirancang mikrostrip bandpass filter (BPF) singleband dan dualband yang terdiri dari 3 buah singleband BPF (900 MHz, 1800 MHz dan 2400 MHz) dan 2 buah dualband BPF (900 MHz/1800 MHz dan 900 Hz/2400 MHz). Rancangan menggunakan kombinasi stub yang mampu menghasilkan nilai transmission zero (TZ). Dengan nilai TZ yang dihasilkan, maka filter ini memiliki kemampuan menggeser nilai frekuensi tengah & lebar pita yang dinginkan tanpa merubah skematik rangkaian yang baru. Perancangan menggunakan perangkat lunak Advanced Design System (ADS) dan dilakukan fabrikasi menggunakan material substrat Duroid dengan nilai permitivitas dielektrik 2.2, ketebalan substrat 1.575 mm, dan loss tangent 0.0009. Hasil simulasi singleband untuk masing-masing frekuensi 900 MHz, 1800 MHz dan 2400 MHz diperoleh kinerja S21 = 0.179 dB dan S11 = -34 dB, S21 = 0.25 dB dan S11 = -29.9 dB, dan S21 = 0.26 dB dan S11 = -26.3 dB. Dualband BPF pada frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz masing – masing diperoleh nilai S21 = 0.4 dB, S11 = -33.3 dB dan S21 = 0.44 dB, S11 = -23 dB. Dan dualband BPF frekuensi 900 MHz dan 2400 MHz masing – masing diperoleh nilai S21 = 0.6 dB, dB S11 = -24dB dan S21 = 0.24 dB, S11 = -21.9 dB. Hasil simulasi maupun pengukuran menunjukkan bahwa BPF ini telah bekerja dengan sesuai yang diharapkan.

In this study, a microstrip bandpass filter (BPF) single-band and dual-band were designed consisting of 3 BPF single-band (900 MHz, 1800 MHz, and 2400 MHz) and 2 dual-band BPF (900 MHz / 1800 MHz and 900 Hz / 2400 MHz). The design uses a combination of stubs that are capable of producing transmission zero (TZ) values. With the TZ value generated, this filter has the ability to tune the value of center frequencies & the desired passband bandwidth without changing the schematic circuit. Design using Advanced Design System (ADS) software and fabrication using Duroid substrate material with 2.2 dielectric permittivity, 1,575 mm thickness, and 0,0009 loss tangent. Single-band results for 900 MHz, 1800 MHz and 2400 MHz frequencies obtained S21 = 0.179 dB and S11 = -34 dB, S21 = 0.25 dB and S11 = -29.9 dB, and S21 = 0.26 dB and S11 = -26.3 dB, respectively. Dual-band BPF at 900 MHz and 1800 MHz obtained S21 = 0.4 dB, S11 = -33.3 dB and S21 = 0.44 dB, S11 = -23 dBm, respectively. And dual-band BPF at 900 MHz and 2400 MHz obtained S21 = 0.6 dB, dB S11 = -24dB and S21 = 0.24 dB, S11 = -21.9 dB, respectively. Simulation and measurement results show that this BPF has worked as expected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doby Prayadinata
"Pada penelitian ini dirancang concurrent quad band LNA mengunakan LC resonator yang bekerja pada frekuensi 0,95 GHz, 1,85 GHz, 2,35 GHz, dan 2,65 GHz. Perancangan dilakukan menggunakan Advance Design System (ADS) kemudian dipabrikasi menggunakan substrat FR4. Kinerja hasil perancangan menunjukan kinerja LNA pada frekuensi 0,95 GHz untuk GSM diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -25,4 dB, gain S21 = 38,42 dB, stability K = 18,6, NF =1,3 dB, VSWR = 1,1 , dan FoM sebesar 1,91. Sementara itu, kinerja LNA pada frekuensi 1,85 GHz untuk WCDMA diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -26,7 dB, gain S21 = 33,24 dB, stability K = 11,3, NF = 1,31 dB, VSWR = 1,09, dan FoM sebesar 1,59. Sementara itu, kinerja LNA pada frekuensi 2,35 GHz untuk WiMAX diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -24,6 dB, gain S21 = 31,24 dB, stability K = 8,5, NF = 1,3 dB, VSWR = 1,24, dan FoM sebesar 1,55. Kinerja LNA pada frekuensi 2,65 GHz untuk LTE diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -16,1 dB, gain S21 = 30,13 dB, stability K = 7,3, NF = 1,33 dB, VSWR = 1,13, dan FoM sebesar 1,36.
Hasil pengukuran pada frekuensi 1,205 GHz memiliki nilai return loss S11 = - 16,4 dB, gain S21 = 12,1 dB, stability K = 18,6, NF =1,3 dB, VSWR = 1,1 , dan group delay sebesar 4 ns. Sementara itu, kinerja LNA pada frekuensi 2,05 GHz untuk WCDMA diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -14,5 dB, gain S21 = 11,2 dB, dan group delay sebesar 1 ns. Sementara itu, kinerja LNA pada frekuensi 2,45 GHz untuk WiMAX diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -13,2 dB, gain S21 = 18,7 dB, dan group delay sebesar 2 ns. Kinerja LNA pada frekuensi 2,75 GHz untuk LTE diantaranya memiliki nilai return loss S11 = -14,3 dB, gain S21 = 15,3 dB, dan group delay sebesar 2 ns.

In the present study was designed quad-band concurrent LNA using LC resonator works at a frequency of 0.95 GHz, 1.85 GHz, 2.35 GHz and 2.65 GHz. The design is done using Advance Design System (ADS) is then fabricated using FR4 substrate. Performance results show the performance of LNA design at a frequency of 0.95 GHz to GSM which have the return loss S11 = -25.4 dB, S21 = 38.42 dB gain, stability K = 18.6, NF = 1.3 dB, VSWR = 1.1, and the FOM of 1.91. Meanwhile, the performance of the LNA at a frequency of 1.85 GHz for WCDMA which have the value of return loss S11 = -26.7 dB, S21 = 33.24 dB gain, stability K = 11.3, NF = 1.31 dB, VSWR = 1.09, and the FOM of 1.59. Meanwhile, the performance of the LNA at a frequency of 2.35 GHz for WiMAX which have the value of return loss S11 = -24.6 dB, S21 = 31.24 dB gain, stability K = 8.5, NF = 1.3 dB, VSWR = 1.24, and the FOM of 1.55. LNA performance at a frequency of 2.65 GHz for the LTE value of which has a return loss S11 = -16.1 dB, S21 = 30.13 dB gain, stability K = 7.3, NF = 1.33 dB, VSWR = 1.13 , and the FOM of 1.36.
The results of measurements at a frequency of 1,205 GHz has a value of return loss S11 = -16.4 dB, S21 = 12.1 dB gain, stability K = 18.6, NF = 1.3 dB, VSWR = 1.1, and group delay of 4 ns. Meanwhile, the performance of the LNA at a frequency of 2.05 GHz for WCDMA which have the value of return loss S11 = -14.5 dB, S21 = 11.2 dB gain and group delay of 1 ns. Meanwhile, the performance of the LNA at a frequency of 2.45 GHz for WiMAX which have the value of return loss S11 = -13.2 dB, S21 = 18.7 dB gain and group delay of 2 ns. LNA performance at a frequency of 2.75 GHz for the LTE value of which has a return loss S11 = -14.3 dB, S21 = 15.3 dB gain and group delay of 2 ns.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31163
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Tito Andarto
"APT dan HRPT merupakan layanan yang paling popular dari satelit cuaca NOAA POES, untuk mendapatkan data pada saat yang bersamaan diperlukan penerima satelit yang beroperasi pada kedua band tersebut. Salah satu bagian dari penerima satelit cuaca adalah dual band low noise amplifier (LNA) dengan performansi yang baik pada kedua frekuensi kerjanya. Dalam penelitian ini, dual band LNA penerima APT dan HRPT satelit cuaca NOAA 15,18, dan 19 dirancang, disimulasikan dan difabrikasi. APT memiliki frekuensi kerja 137,1-137,9 MHz dan HRPT dengan frekuensi kerja 1698-1707. MMIC MGA-62563 dipilih sebagai komponen aktif LNA karena memiliki sifatnya yang low power dan linieritas yang tinggi.
Pada penelitian ini juga dilakukan ekstraksi parameter S (teknik deembedding) untuk mendapatkan nilai-nilai komponen small-signal MMIC menggunakan model small-signal Dambrine. Dual band BPF dan dual band penyesuai impedansi didesain dengan menggunakan transformasi BPF dan penyesuai impedansi band tunggal dengan frekuensi tengah band tunggal merupakan frekuensi tengah antara band APT dan HRPT. Untuk mengurangi jumlah komponen dan disipasi daya komponen pasif, dilakukan co-design antara dual band BPF dengan penyesuai impedansi dual band. Simulasi cascade LNA menunjukkan pada band frekuensi APT noise figure sebesar 0,737 dB, gain sebesar 44,37 dB, input return loss sebesar -27,78 dB. Pada band frekuensi HRPT didapatkan noise figure sebesar 1,148 dB, gain sebesar 34,41 dB, input return loss sebesar -19,73 dB.
Hasil simulasi menunjukkan rancangan sesuai dengan kriteria desain dengan spesifikasi yaitu input return loss <-10dB, gain minimal 15 dB untuk APT dan 32 dB untuk HRPT, noise figure 0,8 dB untuk APT dan 1 dB untuk HRPT. Sedangkan hasil fabrikasi menunjukkan pergeseran frekuensi kerja untuk band HRPT dari 1,7 GHz menjadi 1,6 GHz. Dari hasil fabrikasi juga menunjukkan input return loss untuk band APT sebesar -17,6 dB dan gain sebersar 12,74 dB sedangkan untuk band HRPT yang bergeser menjadi 1,6 GHz memiliki input return loss sebesar -9,39 dB dan gain sebesar 11,94 dB yang belum sesuai dengan spesifikasi desain.

APT and HRPT is the most popular service of NOAA weather satellites POES, to get the data simultaneously need a satellite receiver that operates on both the band. One part of a weather satellite receiver is a dual-band low noise amplifier (LNA) with good performance on both frequencies. In this study, a dual band LNA for APT and HRPT receiver from NOAA weather satellites 15,18, and 19 are designed, simulated and fabricated. APT has 137.1 to 137.9 MHz working frequency and HRPT has 1698-1707 MHz working frequency. MGA-62563 MMIC selected as the active component of its LNA because it has low power and high linearity.
This study was also conducted on the S parameter extraction (deembedding techniques) to get the values of small-signal MMIC components using small-signal model of Dambrine. Dual-band BPF and dual band impedance matching is designed by using transformation of a single band BPF and matching impedance with center frequency is the center frequency between APT and HRPT band. To reduce component count and power dissipation of passive components, conducted co-design between the dual-band BPF with dual-band impedance matching. From the results of tuning the input and output as well as the use of cascade LNA simulation show that on APT frequency band noise figure of 0.737 dB, a gain of 44.37 dB, input return loss of -27.78 dB. While the HRPT frequency band has noise figure at 1.148 dB, a gain of 34.41 dB, input return loss of -19.73 dB.
The simulation results show that design is comply with the specification with input return loss <-dB, minimal gain 15 dB for APT and 32 ddB for HRPT, minimum noise figer 0.8 dB for APT and 1 dB for HRPT. While the fabrication results show a shift working frequency for HRPT band from 1.7 GHz to 1.6 GHz. From fabrication results also show that input return loss of -17.6 dB for the APT band and gain of 12.74 dB whereas for HRPT band is shifted to 1.6 GHz has an input return loss of -9.39 dB and a gain of 11.94 dB which is not comply yet with design spesification.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42103
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>