Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132155 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irma Setiawaty Wulandari
"Terbongkarnya kasus Letter of Credit (LC) pada Bank Negara Indonesia (BNI) menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat pada BNI. Dengan latar belakang tersebut pihak manajemen BNI bertekad untuk merubah image dan mengembalikan kembali tingkat kepercayaan masyarakat. Tekad manajemen ini kemudian diimplementasikan dalam program re-branding dan penyempurnaan identitas perusahaan. Identitas perusahaan memberikan kontribusi pada terciptanya citra perusahaan. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk mensosialisasikan identitasnya demi tercapainya komunikasi dan hubungan yang baik antara perusahaan dengan seluruh stakeholdernya. Langkah awal untuk membina dan meningkatkan hubungan baik perusahaan dengan pihak eksternalnya adalah dengan memelihara hubungan internal yang baik karena hubungan ini akan memberikan kredibilitas (nilai kepercayaan) pada perusahaan. Selain itu keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung dari bantuan dan loyalitas para karyawannya. Berangkat dari hal tersebut diatas, penelitian ini mencoba melihat upaya humas BNI dalam mensosialisasikan corporate identity barunya kepada seluruh karyawan BNI. Dengan menggunakan konsep yang dikemukakan Harold Lasswell, digunakan unsur-unsur dalam suatu proses komunikasi yaitu media, pesan dan komunikator. Untuk menentukan indikator masing-masing unsur tersebut, peneliti menggunakan konsep Brent Rubent, Wilbur Schram dan Sasa Sendjaja. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam pada sejumlah nara sumber di BNI untuk mendapatkan gambaran mengenai upaya-upaya yang selama ini dilakukan Humas dalam mensosilisasikan corporate identity dan dengan teknik penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan BNI yang berada di kantor besar sedangkan untuk teknik penarikan sampel digunakan metode cluster. Responden diambil dengan sistem random sebanyak 72 orang pada divisi Korporasi. Hasil analisis data univariat masing-masing unsur-unsur penunjang sosialisasi menunjukkan bahwa sebagian besar penilaian responden masuk dalam kategori baik. Sementara untuk analisis bivariat didapat hasil bahwa unsur media terhadap pengetahuan tentang Corporate Identity mempunyai hubungan yang kuat, sedangkan untuk unsur pesan dan komunikator terhadap pengetahuan tentang Corporate Identity masing-masing mempunyai hubungan cukup kuat. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa diantara tiga unsur penunjang sosialisasi (seperti media, pesan dan komunikator) maka unsur media merupakan unsur yang paling berpengaruh dan prediktor terbesar terhadap pengetahuan karyawan BNI tentang Corporate Identity barunya.

The uncovering of the Letter of Credit case in BNI has decreased people's trust to BNI. Due to this fact, BNI management try to change BNI image and regain people's trust by implementing the rebranding and corporate identity image perfection program. Corporate identity contributes in the process of building corporate image. That's why it's important for the company to socialize its corporate identity to achieve good communication and good relationship between the company and its stakeholders. The first thing that the company must do to achieve and develop good relationship with its stakeholders is by maintaining good relationship with its internal public as this relationship will give credibility to the company. Furthermore, the employee's loyalty and cooperation will determine the company's success. With this background, this research is aimed to find out the efforts done by Public Relations Department in BNI to socialize its recent corporate identity. This research is applying the components of communication process such as media, message and communicator stated by Harold Laswell. To define the indicator of mentioned previously components, the researcher is using the concept stated by Brent Rubent, Wilbur Schram and Sasa Sendjaja. This reseach is using quantitative approach with explanative type. The researcher is doing a survey and a depth interview with key officials in BNI to get some information about the efforts done by Public Relations Department at BNI in socializing BNI corporate identity. The population in this research is using non probability sampling technique using cluster sampling with 72 persons randomly in Corporate Division. The result of univariate analysis has shown that for each component (media, message and communicator), most of respondent's are classified into good category. Meanwhile for bivariate analysis result has shown that the respondents' knowledge about media component for corporate identity has strong relationship and respondents' knowledge, for message and communicator component about corporate identity both have rather strong relationship. The data analysis results has also shown that among the three socialization elements such as media, message and communicator, the media element is the most influencing and the biggest predictor for BNI employees knowledge about its recent corporate identity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4250
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Layla Nurzahroh
"Persaingan antara bank yang semakin ketat dewasa ini menuntut setiap bank untuk beroperasi secara efisien dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Citra positif bank harus dijaga karena bila citranya tidak baik maka akan sulit bagi sebuah bank untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat. Untuk itu perlu adanya hubungan yang selalu baik antara masyarakat dengan pihak bank. Usaha ini sebagian besar bertumpu pada peran Hubungan Masyarakat. Sehubungan dengan itu aktifitas Hubungan Masyarakat yang disorot di sini adalah kegiatan komunikasi dengan masyarakat. Dalam melakukan komunikasi Humas harus pandai menggunakan berbagai sarana yang ada. Salah satu sarana yang adalah menggunakan logo perusahaan. berfungsi sebagai identitas perusahaan, diharapkan dapat juga menyampaikan citra dirinya kepada masyarakat. digunakan Logo selain Komunikasi melalui logo ini tidak akan efektif bila masyarakat tidak mengerti apa sebenarnya pesan perusahaan yang ingin disampaikan melalui logo tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis mengadakan penelitian persepsi khalayak terhadap logo sebagai sarana Humas, dalam hal ini adalah logo Bank BNI. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat deskriptif dengan 80 responden yaitu nasabah Bank BNI yang berusia 17-55 tahun dan berpendidikan SLTA. Penelitian ini diharapkan dapat menggambarkan persepsi khalayak terhadap logo Bank E-iNI mulai tahap attention , interpretasi dan pada akhirnya informasi yang didapat melalui logo tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa attention khalayak terhadap logo sudah baik. Namun demikian interpretasi khalayak terhadap logo berbeda dengan apa yang ingin disampaikan oleh pihak bank, dengan demikian informasi yang didapat melalui logo tersebut juga berbeda dengan informasi yang sebenarnya ingin disampaikan. Oleh sebab itu komunikasi antara pihak bank dengan masyarakatnya perlu ditingkatkan. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S3957
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Loebis, Tasfira Sakti
"ABSTRAK
Tanggung jawab sosial (CSR) merupakan fungsi penting untuk membantu
mempercepat proses pembangunan bangsa secara merata dan menyeluruh.
Indonesia, merupakan negara terpadat ke-4 di dunia, sekaligus merupakan rumah
dengan komposisi penduduk mayoritas yang masih membutuhkan fasilitasfasilitas
pokok, dimana diperlukan upaya-upaya yang lebih intensif untuk
menjangkau panjang dan luasnya negara, salah satunya dengan upaya dan
program CSR
Sebagai institusi BUMN, BNI merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk
turut berperan secara nyata ditengah-tengah masyarakat, selain itu diharapkan
dapat turut memberikan contoh bagi dunia bisnis pada umumnya. Dalam
pelaksanaannya bersama dengan organisasi sosial kemanusiaan Mer-C, BNI
membangun dan mengoperasikan program bina lingkungan dalam bentuk klinik
kesehatan, berawal sejak 2005 sebanyak 60 (enampuluh) lokasi, yang saat ini total
beroperasi sebanyak 33 (tigapuluh tiga) lokasi yang memerlukan bantuan di
bidang kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dari hasil penelitian yang
dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara program Bina
Lingkungan “Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat BNI Berbagi” terhadap
citra BNI. Dimana di saat yg sama program bina lingkungan di bidang kesehatan
yang telah dilakukan selain membantu masyarakat setempat juga telah
membentuk dengan baik citra BNI secara luas dan menjalin hubungan yang kuat
khususnya terhadap masyarakat setempat.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi praktis bagi
perusahaan untuk mendapatkan feedback dari program sosialnya, yang antara lain
telah membangkitkan kesadaran penulis atas timbal-balik perusahaan terhadap
masyarakat setempat yang tidak semata hanya melakukan bisnis, tetapi juga
memberikan manfaat dari keuntungan yang diperoleh dalam bentuk pelayanan
kesehatan terhadap masyarakat setempat yang membutuhkan. Selanjutnya dari sisi
akademis diharapkan dapat memberikan sumbangan perspektif dan gambaran
salah satu bentuk bina lingkungan dalam bidang kesehatan dilakukan untuk
masyarakat yang membutuhkan.

ABSTRACT
Social responsibility (CSR) is an important function to help speed up the
process of building the country evenly and thoroughly. Indonesia is the 4th most
populous country in the world, and is home to the majority of the population
composition who is still need the basic amenities, which required the efforts of
more intensive to reach the length and breadth of the country, one of them with
the efforts and CSR
As a state institution, BNI also has a social responsibility to be able to
contribute significantly in the society, but it is expected to also provide a model
for the world of business in general. In its implementation together with the social
organization of humanity Mer-C, BNI build and operate a community
development program in the form of a health clinic, started in 2005 by 60 (sixty)
locations, which currently operates a total of as many as 33 (thirty three) locations
that require health assistance across Indonesia. From the research conducted, it is
concluded that there is a relationship between the Community Development
program "Public Health Care Center of BNI " on the image of BNI. Where at the
same time environmental development programs in the areas of health that have
been conducted in addition to helping the local community has also established a
good image with BNI widely and in particular a strong relationship to the local
community.
Results of this study are expected to provide recommendations for the
company to get feedback from the social program, which has raised awareness
author for mutual relationship to local communities which are not solely doing
business, but also giving back the benefit of profits earned in the form of health
care on local communities in need. Furthermore, from the academic side is
expected to contribute perspective and overview of one form of community
development in the field of health assistance for people in need."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T36786
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novie Ayu Mariana
"Skripsi ini membahas peran dan strategi Public Relations melalui Corporate Social Responsibility pada Bank BNI Syariah yang baru saja melakukan spin off dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan peduli dalam mencerdaskan anak bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut, BNI Syariah menggunakan Public Relations (PR) yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan CSR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dan strategi PR dalam pelaksanaan CSR. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk mendapatkan data-data berdasarkan dari hasil wawancara dan studi literatur sehingga menghasilkan penggambaran yang mendalam mengenai peran dan strategi PR dalam CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR berperan penting dalam pelaksanaan CSR BNI Syariah, tidak hanya pada pembentukan strategi, namun juga implementasi serta komunikasi CSR, untuk membentuk coporate image.

The focus of this study is the role and strategy of Public Relations in corporate social responsibility activities in BNI Syariah Bank recently did spin off from PT Bank Negara Indonesia (Persero) and educating of Indonesian children. In order to build its reputation, BNI Syariah use Public Relations in CSR activities. This study aim to identify the role of Public Relations in CSR. This study is using a qualitative method to obtain a descriptive data based on depth interview and literature study resulting in-depth description of the role and strategy of Public Relations in CSR. The result of this study shows that PR has an important role, not only in strategy development but also in execution and communication of programs, to create corporate image."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Marlisa
"Istilah good corporate governance mulai dikenal di Indonesia ketika berbagai kalangan berupaya untuk mengatasi krisis ekonomi yang menimpa Indonesia sejak pertengahan tahun 1997. Dengan good corporate governance diharapkan dapat mendorong dan memotivasi para pelaku usaha untuk menciptakan lingkungan usaha yang sehat; sehingga meningkatkan kinerja perusahaan. Good corporate governance juga diterapkan pada Badan Usaha Milik Negara guna melepaskan diri dari pengaruh birokrasi dan politik dalam manajemen BUMN. Di dalam tesis ini dibahas tentang tanggnng jawab hukum direksi dan komisaris Perseroan Terbatas (Persero) Tbk. dalam menerapkan prinsip- prinsip good corporate governance, masalah-masalah yang timbul dalam penerapannnya serta manfaat: implementasinya pada. usaha perbankan yaitu Bank BNI Serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Tipe penelitian yang digunakan dalam pembuatan tesis ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan penelitian normatif empiris terhadap Undang-Undang Perseroan Terbatas, Pasar Modal, Perbankan dan penerapannya pada Bank BNI."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T16670
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ainun Chabibah
"Dalam tesis ini membahas pengaruh antara Lima dimensi factor dengan variabel Corporate Image serta pengaruh antara Corporate Image dengan Trust. Corporate Image dapat diukur melalui beberapa dirnensi yaitu Corporate Identity Reputation, Tangible Cues, Level of service dan Contact Personel.
Corporate Identity, Reputatiora Tangible Cues, Level of Service dan Contact Personal menipakan anteseden dari Trust. Corporate Image merupakan mediator antara variable corporate Identity, Reputation Tangible Cues, Level of Service, Contact Personal dan Trust (kepercayaan).
Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank BNI yang berada di wilayah Jakarta. Data yang terkumpul sebanyak 208 responden berasal dari nasabah Bank BNI. Pengolahan data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan lisrel 8.51 dengan metode estimasi Maximum Likehood. Hasil Pengolahan data memmjukkan bahwa varibel Corporate Identity, Reputation, Tangible Cues dan Contact Personal mempimyai pengaruh positif terhadap corporate Image. Serta Lebih laqiut Corporate Image mempengaruhi Trust.
Namun ada variabel dari faktor tidak mempengaruhi Corporate Image dan trust yaitu level of service. Implikasi mauajerial dari tesis ini adalah meningkatkan reputasi manajemen, mcihperbanyak intensitas pengenalan kepada public, serta secara konsisten dan berkesinambungan memberikan pelatihnn kepada karyawan Bank BN1.

Corporate Identity, Reputation, Tangible Cues, Level of service and Contact Personal are anteseden #om Trust. When Corporate Image mediator between urrvariable corporate identity, Reputation, Tangible Cues, Level of Service, Contact Personal and Trust.
Corporate Image measured with some dimension are Corporate Identity, Reputation, Tangible Cues, Level of Service and Contact Personal. In this research _bcus with relational to five dimension factor signyicant corporate image and relation between Corporate Image with Trust.
This Research focus on customer BNI in Jakarta, with collect data ji-om responden to 208 responder: The responden come _#om customer bank BNI The simulated done with Method SEM (Structural Equation Modelling) with use LISREL 8.51 estimated Maximum Likehood.
This result show on customer Bank BNI that varuible Corporate Identity, Reputation, Tangible Cues and Contact Personal have posittf impact or significant to corporate Image. Further Coqrorate Image signyicant with trust. One Variable that level of service disignyicant with corporate Image.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T33790
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Sagita Pranata
"Internet banking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh BNI untuk kemudahan dalam melakukan aktivitas perbankan. Terdapat tiga fitur utama dari layanan internet banking, yaitu : fitur administrasi, fitur finansial, dan fitur non finansial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan menganalisis pengaruh tiap variabel kualitas layanan internet banking BNI terhadap kepuasan nasabah. Faktor lain yang juga dianalisis untuk mengetahui kepuasan nasabah atas layanan internet banking adalah reputasi perusahaan (corporate reputation) dan nilai manfaat (perceived value). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah terhadap terciptanya positif word of mouth dan keinginan nasabah untuk terus menggunakan layanan internet banking.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert terhadap 262 sampel, dan diolah dengan teknik analisa multivariat dengan metode Structural Equtation Model (SEM) menggunakan Software LISREL 8.7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang diujikan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sementara dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah reliability.

Internet banking is one of the services provided by BNI in order to make easiness of banking activities. There are three main features of internet banking services: administrative features, features financial and non-financial features.
This study aims to determine the performance and analyze the effect of each variable BNI Internet banking service quality towards customer satisfaction. Corporate reputation and perceived value are also considered as factors of customer satisfaction of internet banking service. In addition, this study also aimed to determine the effect of customer satisfaction for making positive word of mouth and customer's intention of continuance.
Research instrument use questionnaires with Likert scales to 262 samples, and processed with multivariate analysis techniques with methods Structural Equtation Model (SEM) using LISREL 8.7.
The results showed that all tested variables affected and influenced on customer satisfaction. While the dimensions of service quality which has most relation on satisfaction is reliability.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Afan
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
S24308
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellen Rismah Rivani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh quality of work life terhadap employee engagemet pada BNI Margonda Depok. Skala pengukuran yang digunakan untuk quality of work life diadopsi dari Walton (1975) yang terdiri dari 28 item pernyataan. Sedangkan employee engagement menggunakan skala pengukuran yang diadopsi dari Schaufeli, Salanova, Gonzalez-Roma & Bakker (2002) dengan menggunakan UWES yang terdiri dari 17 item pernyataan, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 karyawan tetap level non-managerial BNI Margonda Depok yang telah bekerja minimal satu tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada quality of work life terhadap employee engagement pada BNI Margonda Depok.

The purpose of this research is to analyze the influence between quality of work life on employee engagement in BNI Margonda Depok. The measurement scale of quality of work life is adopted from Walton (1975) consisting of 28 statements and employee engagement scale adopted from Schaufeli, Salanova, Gonzalesz-Roma & Bakker (2002) consisting of 17 statements. This research uses quantitative methods with data collection technique is conducted through questionnaires. The sample of this research are permanent employees (level non managerial) in BNI Margonda Depok who have worked at least one year. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of quality of work life on employee engagement in BNI Margonda Depok.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwidjo Anggono
"ABSTRAK
Bank BNI merupakan salah satu BUMN yang tidak termasuk dalam
kategori Bank dilikuidasi, sehingga masih memiliki peluang untuk dapat
berkembang dalam industri jasa perbankan di Indonesia.
Masalah utama yang dihadapi oleh Bank BNI, yaitu adanya
perubahan lingkungan strategi perusahaan. Kondisi politik dan ekonomi
yang relatif stabil sebelum pertengahan tahun 1997, kini telah berubah
total. Oleh karena itu dalam kondisi Iingkungan strategis perusahaan
sedang berubah dan dengan sumber daya yang terbatas, agar dapat
melaksanakan misinya diperlukan suatu strategi yang tepat.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi (kaji ulang)
strategi yang sedang dijalankan oleh Bank BNI dan menjelaskan strategi
alternatif yang dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan daya
saing pada masa mendatang.
Penelitian ini diawali dengan menganalisis kondisi Iingkungan
internal dan eksternal perusahaan. Dalam menganalisis tersebut digunakan
metode Proses Hirarki Analitik (PHA) untuk membobot derajat kepentingan
setiap faktor. Sedang untuk menentukan posisi bersaing Bank BNI
digunakan General Electric Matrix.
Dari uji PHA dan GE Matrix diperoleh posisi bersaing Bank BNI
pada kuadran Il GE Matrix yang artinya Bank BNI berada di area usaha
growth and build (tumbuh dan bangun). Berdasarkan posisi bersaing
tersebut dengan melihat , kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
serta tujuan perusahaan maka alternatif strategi yang cocok adalah
strategi penetrasi pasar.
Setelah strategi ditetapkan, untuk menyusun program atau
penjabaran strategi yang lebih detil diberikan usulan strategi fungsionalnya.
yaitu strategi untuk memperkuat setiap fungsi dalam perusahan.

"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>