Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 110486 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aminuddin Day
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jondra
"Perkembangan industri otomotlf, khususnya mobil sebagai sarana transportasi yang baik dan murah merupakan hal yang mutlak saat ini. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan penduduk serta ekonomi masyarakat menuntut sarana tnmsportasi yang nyaman bagi penggunanya, untuk ini mesin harus mempunyai kualitas yang baik dengan perencanaan yang cermat. Mesin penggerak otomotif, merupakan suatu alat penggerak yang tersusun dari berbagai jenis komponen atau elemen mesin, salah satu elemen mesin utamanya adalah poros engkol, batang hubung dan piston yang merupakan satu kesatuan yang saling mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa gaya-gaya pada motor bakar torak 4langkah sebagai objek penelitian menggunakan mesin Timor S515i DOHC dengan kapasitas 59,7 kW, dengan type mesin inline (segaris) 4 silinder dan rasio kompresi 9,4:1. Analisa pada mobil timor ini dimulai dari perhitungan thennodinamis yang menghasilkan tekanan pembakaran gas didalam silinder kemudian dipindahkan menjadi gaya kebagian komponen mesin mulai dari piston, poros hubung, poros engkol yang menimbulkan gerakan berputar engkol dan menghasilkan gerak translasi piston atau sebaliknya. Gerakan yang dihasilkan menyebabkan adanya kecepatan percepatan, gaya statis serta gaya dinamis yang akan dibahas lebih luas. Hasil penelitian dan perhitungkan merupakan salah satu acuan pernbanding dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan fabrikan serta menjadi infonnasi teknis tambahan bagi konsumen, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa spesiflkasi teknis tersebut benar sesuai secara teoritis."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37067
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Reinhardt
"
ABSTRAK
Dunia otomotif Indonesia akhir - akhir ini kembali marak dengan adanya Inpres no.2 / 1996 yaitu tentang Tinjauan & Analisis Aspek Ekonomi Dan Politis Kebijaksanaan Otomotif Nasional. Salah satunya adalah Tingkat Kandungan Lokal ( Local Content ) yang dalam ketentuannya keharusan penggunaan komponen lokal.
Peningkatan tingkat kandungan lokai adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian industri otomotif di indonesia.

Tetapi didalam pelaksanaannya, terdapat kerancuan dalam penetapan'
lokal ?dan 'non-Iokal' bagi suatu jenis produk. Senngkah kerancuan ini merupakan celah bagi prodsen untuk mengejar tujuan jangka pendek seperti yang banyak dijumpai didalam praktek.
Menghitung kandungan Iokal berdasarkan persentase jumlah komponen yang diproduksi lokal tanpa memperhatikan bobot dan tiap-liap komponen juga bukan merupakan target yang baik sebab akan mendorong produsen cenderung lari dari orientasi transfer teknoiogi. manghindarkan diri dari aktivitas R&D, yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan industri yang bersangkutan semakin tertinggal dari industri otomotif dunia.
Dengan penerapan sistem nilai tambah dan klasifikasi komponen berdasarkan sistem ABC ini, diharapkan perusahaan akan terpacu untuk menggeluti industri manufaktur yang sesungguhnya yang sarat dengan aktivitas rekayasa. Bukan hanya sekedar menjadi tukang jahit saja, sehingga ketika era perdagangan bebas dimulai industri manufaktur Indonesia mampu bersaing secara global.
"
Lengkap +
1997
S36634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wawan W. Setiawan
"ABSTRAK
Sebuah kendaraan terdiri dari beberapa bagian yang sastu sama lain saling menunjang. Salah satu bagian dalam kendaraan adalah power train, yaitu bagian kendaraan yang meneruskan daya dari mesin ke roda penggerak. Power train tersusun atas komponen-komponen, dimulai dengan kopling dan diakhiri dengan axle.
Rear axle pada sebuah kendaraan merupakan bagian yang penting, sebab 50-80 % beban kendaraan ditopang oleh rear axle. Bersaman dengan itu karena rear axle juga merupakan bagian dari power train, ia harus memutar roda belakang yang akan menggerakkan kendaraan.
Karena beban yang ditanggungnya besar maka konstruksi dari rear axle harus kokoh. Dengan demikian dalam mendesain sebuah kendaraan, perecanaan rear axle harus dilakukan dengan cermat. Dalam perencanaan kendaraan mini roda empat ini walaupun hanya bersifat pemilihan rear axle dari produk yang sudah ada, perhitungan harus dilakukan untuk memastikan kekuatan kontruksi rear axle tersebut.
Tahap awal dalam proses pemilihan rear axle ini adalah penentuan konstruksi (bentuk dan dimensi) yang diinginkan untuk kendaraan yang direncanakan. Rear axle Mitsubishi Minicab dengan modifikasi dipilih untuk dilakukan perhitungan. Perhitungan dilakukan dengan beban yang diperkirakan akan bekerja pada rear axle dilakukan perhitungan kekualan. Safety faktor dari konstruksi rear axle harus lebih dari agar konstruksi tersebut dapal dinyatakan aman sehingga dapat dipergunakan.
Dari hasil perhitungan diperoleh safety factor untuk rear axle housing dan rear axle shaft lebih dari 3, Dengan demikian rear axle Mitsubishi Minicab secara teoritis dinyatakan aman sehingga dapat dipergunakan pada kendaraan yang direncanakan.

"
Lengkap +
1996
S36560
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meidi Wibowo
"ABSTRAK
Perencanaan kendaraan mini roda empat ?Matrix? meliputi rancang bangun semua komponen-komponen yang minimal dapat membuat kendaraan tersebut berjalan. Kendaraan ini dirancang unluk digunakan di pedesaan maupun daerah pinggiran kota lainnya. Oleh sebab itu kendaraan ini harus memenuhi skala ekonomis dalam harga jualnya.
Salah satu komponen yang harus dipilih untuk spesitikasi kendaraan ini adalah komponen suspensi dan pengereman. Suspensi penting untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan, sedangkan sistem pengereman panting untuk keamanan.
Proses pemilihan yang dilakukan adalah dengan menghubungi vendor mmgenai spesiikasi komponen yang mereka buat. Dari da1a tersebut Kita buat inputan untuk proses penghitungan kebutuhan komponen yang sesuai untuk kendaraan yang direncanakan. Untuk suspensi data diambil melalui PT. Showa Indonesia Manufacturing, sedangkan unluk sistem pengerman melalui PT.Bakrie Tosanjaya.
Hasil penghitungan suspensi dan pengereman di cross check dengan produk yang ada kemudian dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk dilakukan instalasi pada kendaraan rancangan.

"
Lengkap +
1996
S36562
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Hidayat
"Dunia retail dan promosi berkembang dengan pesat saat ini. Oleh karena itu penulis berusaha untuk mendesain box multiguna yang dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dan retail. Tujuan dari rancang bangun box ini adalah untuk membuat box yang dapat dikaitkan pada motor MTV dan dapat digunakan sebagai sarana promosi dan retail nantinya. Namun dalam rancangan ini penulis memiliki batasan yaitu box multiguna ini hanya dapat melewati jalan 1 mobil yang Iebarnya sekitar 1,5 meter. Secara garis besar proses yang dilakukan dalam rancang bangun box multiguna yaitu membuat gambar desain dari box beserta komponen- komponen pendukungnya, kemudian menentukan material yang akan digunakan dengan memperhitungkan kekuatan bahan pada poros, pegas daun dan bearing. Setelah itu melakukan pengumpulan bahan dan komponen-komponen pendukung yang nantinya akan dirakit dan terakhir proses pembuatan. Dengan tahapan proses ini box dapat dibuat dengan proses fabrikasi yang sederhana. Setelah semuanya selesai dilakukan pengujian terhadap kestabilan kendaraan dibelakang lab Teknik Mesin UI."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37557
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Permadi Witjaksono
"Salah satu sektor yang cukup vital dalam kehidupan manusia adalah sektor
perhubungan. Salah satu metode perhubungan untuk barang adalah mengangkutnya
dengan menggunakan peti kemas. Di darat, peti kemas tersebut diangkut dengan
sistem semi trailer (kerota tempel) yang ditarik oleh sebuah tractor head (mobil
penarik). Kereta tempel dan mobil penarik dihubungkan melalui suatu alat penghubung
brnama fifth wheei coupling (piring tumpu).
Piring tumpu diletakkan pada oasis mobil penarik yang menyebabkan
terjadinya gaya dan momen pada sasis mobil penarik tersebut. Gaya dan momen
mongakibatkan melendutnya sasis mobil penarik. Gaya dan momen juga
mengakibatkan terjadinya tegangan dan regangan pada oasis mobil penarik
Tugas akbir ini akan mencoba mengkaji hubungan antara posisi perletakan
piring tumpu dengan lendutan sasis. Akan dicari posisi piring tumpu yang terbajk, yaitu
posisi piring tumpu yang menyebabkan lendutan terocil pada oasis mobil penarik. Dari
hasil perhitungan teraobut posisi yang optimal akan dibandingkan dengan posisi piring
tumpu yang dipakai saat
Perhitungan lendutan menggunakan metode elemen hingga yang dibantu
dengan perangkat lunak SAP90. Perhitungan kekuatan bahan menggunakan rumus-
rumus mekanika teknik yang dikerjakan dengan simultan menggunakan spreadsheet.
Dari hasil perhitungan tersebut dilakukan analisis terhadap kedua posisi yang
dijadikau perbandingan.
Dari hasil perhitungan dan perbandingan tersobut didapatkanlah kesimpulan
bahwa posisi yang baru memang lebih baik daripada posisi yang sudah dipakai pada
saat. Dan karenanya dapat diajukan saran-satan kepada pihak-pihak terkait dan
berwenang dalam masalah tata angkutan peti kemas."
Lengkap +
1996
S36536
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Siswanto
"Dunia retail dan promosi berkembang dengan pesat saat ini. Untuk dunia retail pada saat ini terdapat banyak sistem dari yang retail menetap sampai yang berpindah-pindah. Pada dunia promosi juga terdapat banyak cara untuk mempromosikan suatu produk dan salah satunya dengan promosi dalam kendaraan yang di belakangnya terdapat papan promosi.
Oleh karena itu penulis berusaha untuk mendesain box multiguna yang dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dan juga retail. Tujuan dari rancang bangun box ini adalah untuk membuat box yang dapat dikaitkan atau disambungkan pada motor MTV dan dapat digunakan sebagai sarana promosi dan retail nantinya. Namun dalam rancangan ini penulis memiliki batasan yang ditentulcan oleh klien kami dalam hal ini adalah dosen pembimbing. Batasannya adalah box multiguna ini dapat melewati jalan 1 mobil yang lebarnya sekitar 1,5 meter.
Secara garis besar proses yang dilakukam untuk rancang bangun box multiguna ini adalah dengan terlebih dahulu membuat gambar desain dari box beserta komponen-komponen pendukungnya, kemudian menentukan material-material yang akan digunakan dengan melakukan perhitungan kekuatan bahan tersebut untuk komponen-komponen box tersebut poros, pegas daun dan bearing. Setelah itu dilakukan fabrikasi sesuai dengan rancangan dan desain. Setelah semuanya selesai dilalcukan pengujian terhadap kestabilan kendaraan dibelakang lab Teknik Mesin UI.

The development of retail business and promotion is very fast today. ln the retail business there are 2 type of retail system from the steady retail until unsteady retail. ln the world of promotion there are many ways to promote their product, and one of them is use vehicle that contain of promotion board behind of vehicle.
Because of that, the writers try to design multipurpose box that can be used not only for promotion but also for retail business. The purpose of design and built this multipurpose box are to make a box that can be connected to MTV vehicle and can be used for retail and promotion. To make this box we have specification or limitarion, the limitation is making by our client (our Lecture). The limitation is this box only can pass away for one way road for car with maximum width 1,5 meter.
The procedures to make and to build this multipurpose box are the first time we make a drawing not only for this box but also for all component of box. Then we decide the material that can be used with the calculation of the strengthens of material especially for the critical opponent such as shft, leave spring, bearing and pin. After that we fabricate this multipurpose bor based of the design. Finally we analyze the stability of this box in the road behind mechanical lab. of University of Indonesia.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37556
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fachreza Imam P.
"Universitas Indonesia akan mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Student Formula Japan yaitu rdquo;Monozukuri Design Competition rdquo; pada September 2018 di Shizuoka, Jepang. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendesain rangka kendaraan Formula Student seringan, dan sekuat mungkin. Desain yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan dan rules pada setiap acara perlombaan. Desain pada skripsi ini akan diimplementasikan pada kendaraan yang akan dibangun dan dilombakan oleh tim yang akan mengikuti kompetisi ini. Pembuatan dan simulasi desain dilakukan dengan menggunakan autodesk inventor 2017. Penelitian ini memanfaatkan fitur stress analysis dan frame analysis dari inventor. Hasil penelitian yang didapat massa rangka total beserta beberapa bagian mounting adalah 48,367 kg dengan kekakuan torsional pada kendaraan sebesar 5.219,07 Nm/derajat serta pergeseran maksimal dari semua simulasi berada dibawah 25 mm. Hasil ini menunjukan bahwa desain rangka sesuai dengan peraturan perlombaan.

Universitas Indonesia will participate in a competition held by the Japanese Student Formula Monozukuri Design Competition in September 2018 in Shizuoka, Japan. The purpose of this thesis is to design the chassis of Student Formula vehicle as light, and as rigid as possible. The design will fit the needs and rules of each race event. The design of this thesis will be implemented on the vehicle that will be built and contested by the Team in the competition. Autodesk Inventor 2017 is used to design and simulate the design. This research uses stress analysis and frame analysis from inventor. The results showed that the total chassis masses with some parts of installation are 48.367 kg with torsional. stiffness in the vehicle of 5,219.07 Nm degree and maximum deflection of all simulations are below 25 mm. These results indicate that the design complies with the rules of the race.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>