Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 98552 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isnaniah
"ABSTRAK
Keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk inen^iadapi
era globalisasi yang melanda di segala bidang. Oleh karena itu banyak
oraiig yang mengikuti kursus-kursus. Mmsusnya di LB-LIA, untuk
meningkatkan kemampuan merelsa dalam berbahasa Inggris.
Ketrampilan berbaliasa Inggris tidak lianya ditekankan pada kemampuan
lisan. tetapi iuga kemampuan menulis. Menurut Wright (1993)
kemampuan menulis adalali kemampuan yang paling sulit dipelajari oleh
siswa. Di LB-LIA, prestasi yang dituniukJcan siswa dalam pelajaran
menuUs belum menunjukkan kemampuan siswa yang sebenamya. Hal
ini diduga terjadi karena siswa memiliki derajat self-efficacy rendah pada
pelajaran menulis. Self-efficacy adalah keyakinan seseorang akan
kemampuannya dalam melakukan suatu tugas. Menurut Stipek (1993)
siswa yang memiliki self-efficacy rendali pada suatu tugas cenderung
untuk mengatribusikan kegagalan atau keberhasilannya dalam
melakukan tugas tersebut pada faktor-faktor di luai- diiinya (faktor
ekstemal).
Salah satu faktor ekstemal itu adalali umpan balik yang dibenkan gum
mengenai unjuk kerja siswa pada tugas tersebut. Dalam pelajaran
menulis ada dua jenis umpan balik vang biasa digunakan oleh guru untuk memberikaii unipan balik pada vuijuk keria siswa (Sliennaii. 1994).
Umpan balik itu adalah: (1) Error marked and corrected but without
explanation, yang bersifat iiifonnatif ; dan (2) Error marked and
corrected with explanation, yang sifatnya korektif. Menurut Shennan
(1994) pula. nmpan balik yang baik adalah unipan balik yang bergmia
dan dapat digimakan oleh siswa. Bagi siswa yang memiliki derajat selfefficacy
rendalu unipan balik korektif yang diberikan gum ini sangat
membanhi karena umpan balik korektif ini difokuskan pada unjuk kerja
siswa dan bukan pada kemampuan dirinya. Sehingga dengan pemberian
umpan balik korektif ini siswa tidak merasa terancam konsep dirinya.
Dari mnpan balik korektif ini siswa secara obyektif dapat mengetahui
kesalahan yang dilakukannya dan cara-cara untuk memperbaiki
kesalalian yang sama di masa datang. Seperti mnpan balik jenis lainnya,
umpan balik korektif dapat diinterprestasikan secara berbeda oleh
penerina dan pemberi mnpan balik. Banyaknya coretan yang berisi
penielasan yang dituliskan gum pada kertas menulis siswa mungkin akan
diinteiprestasikan oleh siswa sebagai penegesan atau hukuman atas
ketidak mamapuaimya dalam melakukan tugas menulis. Bila hal ini
ter^jadi. maka siswa tersebut semakin tidak man menunjukkan usalia yang
sungguh-sungguh dalam m-alakukan tugas yang sama di masa yang akan
datang. Sebagai akaibatnya prestasinya pada tugas tersebut di masa
datang juga akan semakin menurun. Oleh karena itu, maka penelitian ini
bertujuan meneliti efektivitas dari pemberian umpan bahk korektif
terhadap prestasi menulis siswa yang memiliki taraf self-efficacy rendah.
PeneUtian ini adalali penelitian eksperimen dua kelompok yang
menggunakan desain dua kelompok randomised pre-post control group.
Penempatan subyek ke dalam dua kelompok. yaitu kelompok kontiol dan
kelompok eksperimen dilakukan secara random. Pada kedua kelompok dilalcukaii pre dmi post test. Data hasil peiielitiaii iiii diolali dengaii
menggimakan t-test.
Penelitiaii iiii membuktikaii baliwa Ho yang menyatakan baliwa tidak
ada perbedaan yang signifikan antaia gain skor menulis kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol ditolak (t = 6.14 ; a =0.05). Sehingga
Ha yang menyatakan baliwa gain skor menulis kelompok eksperimen
lebih besar secara signifikan dibandingkan gain skor menulis kelompok
kontrol diterima. Jadi dalam penelitian ini terbukti baliwa umpan balik
korektif efektif untuk meningkatkan prestai menulis dalam bahasa
Inggris siswa dengan derajat self-efficacy rendali"
1998
S2943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ain Rahmiati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atribusi berperan sebagai mediator dalam hubungan persepsi siswa terhadap penilaian guru dengan self-efficacy siswa dalam pelajaran matematika. Terdapat empat penyebab dalam atribusi yang akan dilihat dalam penelitian ini, yaitu kemampuan, usaha, keberuntungan, dan derajat kesulitan tugas. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari persepsi siswa terhadap penilaian guru, atribusi, dan self-efficacy dalam pelajaran matematika. Kuesioner diisi oleh 330 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7 tiga SMP Negeri di Pontianak dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribusi siswa pada kemampuan dan usaha pada saat sukses, serta kemampuan saat gagal berperan sebagai partial mediator dalam hubungan persepsi siswa terhadap penilaian guru dengan self-efficacy siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini menunjukkan pentingnya pembentukan atribusi yang adaptif untuk meningkatkan self-efficacy siswa.

The aim of this study is to explore the role of attribution as mediator in the relationship between student's perception of teacher ability evaluation and self-efficacy in mathematics. The causes stem from four attribution categories, namely ability, effort, luck, and task difficulty. The data was collected through self-report questionnaire about student's perception of teacher ability evaluation, self-efficacy in mathematics, and causal ascription for success and failure. The questionnaire is filled by 330 of 7th-grade Junior High School students from three Public Junior High Schools in Pontianak.
Results show that the effect of student's perception of teacher ability evaluation on self-efficacy in mathematics was mediated partially by the ability attribution of success, effort attribution of success and ability attribution of failure. The results indicate the the important role of adaptive attribution to increase self-efficacy.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45540
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Ersi
"ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah konsumen dipengaruhi oleh
banyak hal dalam membeli barang seperti self-esteem, yaitu suatu
penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri yang menggambarkan sikap
suka atau tidak suka akan keberadaan dirinya, dan The Love of Money
yaitu sikap seseorang terhadap uang yang menilai uang sebagai simbol
rich, success, motivator, dan important.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan seberapa kuat
pengaruh self-esteem dan The Love of Money terhadap perilaku membeli
barang berdasarkan merek.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian
sebanyak 57 orang yang terbagi dalam kelompok konsumen yang
membeli berdasarkan merek (23 orang) dan kelompok konsumen yang
membeli tidak berdasarkan merek (34 orang). Penelitian ini menggunakan
alat ukur Money Ethics Scale (Tang, 2001), Rosenberg Self-Esteem Scale
(Rosenberg, 1965), dan alat ukur membeli barang yang dibuat peneliti
untuk penelitian ini. Multiple regression digunakan untuk melihat besar
pengaruh self-esteem dan the love of money terhadap perilaku membeli
barang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-esteem dan the Love of
Money tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku
membeli barang baik berdasarkan merek maupun tidak berdasarkan
merek.
Peneliti menyarankan untuk memperbanyak jumlah sample,
mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi perilaku membeli
barang, dan meneliti kelompok konsumen lain seperti konsumen remaja,
artis dan lain-lain. Juga disarankan untuk melakukan penelitian pada
variabel se/f yang lain seperti self-monitoring dan lain-lain."
2004
S3334
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gumilang Reza Andika
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan perspektif diri (actoragent) terhadap prososialitas yang dimoderasi oleh aktivasi konsep Tuhan lewat pemberian prime. Actor bersikap prososial, sedangkan agent egois. Diprediksi bahwa adanya pemberian prime Tuhan mengaburkan perbedaan prososialitas antara actor dan agent dengan meningkatkan prososialitas keduanya.
Hasil penelitian eksperimen berbasis web ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prososialitas antarkelompok Perbedaan tersebut hanya dipengaruhi oleh jenis prime yang diberikan secara langsung, bukannya interaksi antara variasi perlakuan yang diberikan. Temuan pada penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh yang divergen dari prime Tuhan terhadap prososialitas dan merupakan terobosan dalam mengintegrasikan konsep diri yang berlapis dengan prime Tuhan.

The objective of this research is to examine the effect of type-of-self (actor-agent) on prosociality, which moderated by the activation of God concept through priming. Actor acts prosocially, while agent is selfish. It's predicted that the priming of God concept can diminish prosociality difference between them by increasing both's prosociality.
The results of this web-based experiment indicate that there are differences between group's prosociality. Those differences only affected mainly by the type of prime given, but not because of the interaction between the type-of-self and the given prime. The findings indicate the existence of divergent effect of God prime on prosociality and is a breakthrough in integrating multilayered-self concept and God prime."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S59106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Jason Aronson, 1991
616.89 USI (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kristjánsson, Kristján
"If there is one value that seems beyond reproach in modernity, it is that of the self and the terms that cluster around it, such as self-esteem, self-confidence and self-respect. It is not clear, however, that all those who invoke the self really know what they are talking about, or that they are all talking about the same thing. What is this thing called 'self', then, and what is its psychological, philosophical and educational salience? More specifically, what role do emotions play in the creation and constitution of the self? This book proposes a realist, emotion-grounded conception of selfhood. In arguing for a closer link between selfhood and emotion than has been previously suggested, the author critically explores and integrates self research from diverse academic fields. This is a provocative book that should excite anyone interested in cutting-edge research on self-issues and emotions that lies at the intersection of psychology, philosophy of mind, moral philosophy and moral education."
New York: Cambridge University Press, 2010
e20528777
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Farina Salim
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3451
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saras Anindya Nurhafid
"Indonesia tengah mengalami pergeseran pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Hal ini terjadi karena adanya perubahan perilaku masyarakat yang tidak sehat, salah satunya aktivitas fisik yang kurang. Aktivitas fisik yang kurang tidak hanya ditemukan pada dewasa namun juga remaja. Aktivitas fisik yang kurang pada remaja mengakibatkan berbagai masalah kesehatan kedepannya, baik fisik maupun psikis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh manajemen diri terhadap efikasi diri dan perilaku aktivitas fisik siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen jenis pretest and posttest with control group, dengan 64 responden pada kelompok intervensi dan 68 responden pada kelompok non-intervensi yang diseleksi dengan cluster random sampling dan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Paired t-test dan Pooled t-test. Intervensi ini diberikan sebanyak 7 sesi dalam 6 minggu selama 60-75 menit.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh manajemen diri terhadap efikasi diri dan perilaku aktivitas fisik (p = 0,000). Penelitian ini merekomendasikan pemberian manajemen diri kepada siswa diintegrasikan dengan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam pendampingan Puskesmas.

Indonesia is on shift of disease pattern from infection disease to non-infectious disease. This happened due to change of non-healthy behaviour of its people, which among others is lack of physical activities. Such lack of physical activities is not only found on the adults, but also on the adolescent. The lack of physical activities on the adolescent will cause health problems in the future, both physically and mentally as well.
This research is aimed to identify the impact of self management towards self efficafy and physical activity behaviour of students from a National Junior High School in North Jakarta. The study was designed using quasi experiment of pretest and posttest with control group, involving 64 respondents of intervention group and 68 respondents of non-intervention group which were selected through Cluster random sampling and simple random sampling. The data was analyzed using Paired t-test and Pooled t-test. The intervention was given in 7 sessions during 6 weeks for 60-75 minutes. The data analysis using paired t-test and pooled t-test. This intervention is implemented for 7 sessions in a week for 60-75 minutes.
The result of research shows that there is an impact of self management towards self efficacy and physical activity behaviour (p= 0,000). This research recommends implementation self management for students to be integrated to Youth Care health Service and School Health is need to be conducted under Puskesmas Supervision.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53318
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Latar belakang penelitian ini adlah terdapat perilaku tidak jujur yaitu mencontek yang terjadi di Fakultas Psikologi Universitas X. Data menunjukkan mahasiswa tahun angkatan 2009 merupakan mahasiswa dengan persentase terbesar menyontek dibandingkan dengan angkatan lain. Berdasarkan wawancara dan observasi banyak mahasiswa yang tidak yakin akan kemampuannya dan menganggap dirinya tidak akan mendapat nilai bagus tanpa menyontek meskipun sudah belajar sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan perilaku mencontek mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X angakatan 2009. Populasi penelitian mahasiswa psikologi angkatan 2009 berjumlah 173 orang dengan sampel 44 orang. Pengukuran yang digunakan adalah self efficacy dari Bandura dan alat ukur perilaku mencontek disusun berdasarkan teori Cizek. Analisis pengujian dilakukan dengan rank Spearman dan menunjukkan korelasi negatif yang signifikan sebasar -0,78. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self efficacy mahasiswa maka semakin rendah perilaku menconteknya."
MIMBAR 28:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>