Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 178358 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Laila Azra
"Public Relation yang merupakan presentasi positif suatu organisasi kepada keseluruhan publiknya, harus direncanakan dan dilaksanakan sebaik mungkin agar dapat menimbulkan itikad baik dan memelihara saling pengertian antara organisasi dengan publiknya, apalagi bila mengingat persaingan didunia usaha yang saat ini semakin ketat. Untuk itu public relation mempunyai berbagai sarana untuk mencapai tujuan tersebut, diantaranya dengan Special Event. Seperti yang telah dilakukan PT. BASF Indonesia 10 tahun terakhir ini dengan menyelenggarakan BASF Award. Karena itu BASF Award dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini. BASF Award adalah special event yang berbentuk pemberian penghargaan yang diramu dengan pertunjukkan seni musik. Tujuannya ideal ajang khusus ini agar insan musik Indonesia memperoleh wadah berkreasi, sehingga diharapkan motivasi dari para insan musik rekaman Indonesia semakin terpacu, baik kualitas dan kuantitasnya. Sementara itu penyelenggara BASF Award ini juga mempunyai tujuan intern, yaitu meningkatkatkan Citra perusahaan PT. BASF Indonesia. Dengan demikian apakah BASF Award berhasil mencapai tujuannya sebagai suatu special event, yaitu mempertinggi citra perusahaan di mata publiknya ? Untuk itu perlu dilakukan suatu evaluasi. Karena dengan melakukan evaluasi berhasil-tidaknya suatu kegiatan dapat diketahui, selain itu setiap kelebihan dapat ditonjolkan dan setiap kekurangan dapat dihilangkan. Hal ini amat berguna diketahui bagi PT.BASF Indonesia sebagai penyelenggara, dan tentunya organisasi-organisasi lainnya yang juga menyelenggarakan Special Event untuk tujuan meningkatkan citra perusahaan, karena sedikit banyak keberhasilan penyelenggaraan suatu ajang mencerminkan profesionalitas organisasi yang bersangkutan. Karena BASF Award diperuntukkan untuk kalangan industri musik rekaman Indonesia, maka sebagai responden dalam penelitian ini dipilih mereka-mereka yang berprofesi sebagai artis penyanyi maupun musisi, produser, pencipta lagu dan penata musik, karena trophy BASF Award diserahkan untuk mereka. Penelitian berjenis kuantitatif ini, menggunakan metode deskriptif. Tujuannya memperoleh gambaran luas mengenai image dari publik terhadap BASF Award, berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Setelah fakta-fakta diperoleh, BASF Award ternyata memperoleh penilaian yang cenderung positif. Penyebabnya adalah tujuan ideal dari BASF Award, yaitu merangsang motivasi insan musik Indonesia untuk berkarya secara kualitas dan kuantitas. Selain itu penerapan format Grammy Award, tercapainya kesan mewah dan kolosal, kemampuan tinggi para antis penampil, undangan yang terdiri dari orang-orang ternama, serta tempat pagelaran yang mewah, juga turut memberikan kontribusi yang tidak sedikit. Sayangnya BASF Award belum dianggap transparan dalam penjurian dan masih berlangsungnya budaya jam karet. Namun BASF Award tetap dapat dianggap menunjang citra perusahaan PT. BASF Indonesia, khususnya brand image produk tertentu perusahaan tersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4173
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Denny
"Makalah ini membahas mengenai ajang khusus Hilo Green Ambassador yang dilakukan oleh PT Nutrifood dengan menganalisis bagaimana jalannya penyelenggaraan event. Selain itu makalah ini juga menganalisis kegiatan ajang khusus sebagai sarana membangun citra perusahaan di mata publik dengan berlandaskan nilai dan budaya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Citra inilah yang selanjutnya disampaikan kepada publik sebagai strategi komunikasi penyampaian pesan Makalah ini juga menganalisa tentang hambatan apa saja yang dialami oleh PT Nutrifood dalam menyampaikan pesan perusahaan. Tujuan penulisan makalah menyimpulkan bahwa kegiatan ajang khusus idealnya memiliki ldquo jiwa yang mampu mewakili profil dan budaya dari perusahaan bersangkutan serta mampu menyuarakan visi dan misi perusahaan.

This study talks about special event of HiLo Green Ambassador which held by PT Nutrifood with analyze special event activity as a tool to create an image. This image is built based on corporate value and corporate culture This image has a function as a message to deliver corporate's communication. This study also talks about the barriers that faced by PT Nutrifood to communicate their corporate's message through the special event. The study gives advice to the special event of a corporate that is supposed to be has a soul rdquo of the corporate. This soul rdquo is very important as a representative of corporate profile and corporate culture and to communicate the messages of the corporate to the publics."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Puspita Novadiarti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5327
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Laras Permata
"Tugas Karya Akhir ini membahas tentang perencanaan program ajang khusus perusahaan jasa event organizer PT Tiga Warna Citra berupa costumer gathering yang akan dilakukan dalam bentuk gala dinner. Di tengah persaingan dunia event organizer, PT Tiga Warna Citra harus memberikan perhatian kepada loyalitas klien-kliennya sehingga tidak berpindah ke jasa event organizer yang lain. Tujuan komunikasi adalah untuk memperkuat brand loyalty. Total anggaran penyelenggaraan acara sebesar Rp117.525.000,-. Evaluasi program dilakukan dengan menggunakan metode input, output, dan outcome."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Melda
"RINGKASAN EKSEKUTIF
Analisis Situasi
Banyaknya jumlah produk nutrisi ibu hamil yang ada di pasaran memperlihatkan ketatnya persaingan. Lactamil masih harus memperkuat citranya agar penetrasi di SES A dan B meningkat.
Pernyataan Masalah
Lactamil membutuhkan sebuah solusi untuk meningkatkan citra positif Lactamil khususnya pada SES A dan B.
Solusi
Membuat special event berjudul 'From Lactamil to Moms' yang akan diselenggarakan di RSIA Hermina Jatinegara RSIA Bunda dan RSIA Kemang Medical Care pada tanggal 19 20 21 Desember dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional. Melakukan kontak dengan media agar mendapatkan publisitas.
Tujuan Program
Meningkatkan citra positif Lactamil di mata masyarakat sebagai produk nutrisi yang tepat untuk ibu hamil.
Khalayak Sasaran
Secara geografis Ibu hamil yang tinggal di Jabodetabek. Secara demografis Ibu hamil berusia 25 - 35 tahun. Ibu hamil dengan kehamilan pertama. Ibu hamil di masa awal kehamilan. Ibu hamil yang bekerja wanita karir SES A dan B.
Pesan Kunci
"Celebrating Super Moms with Lactamil on Mother's Day"
Jadwal Program
19 20 21 Desember 2014.
Tempat Pelaksanaan
RSIA Hermina Jatinegara RSIA Bunda RSIA Kemang Medical Care.
Kerangka Evaluasi
Evaluasi input untuk mengecek tahap persiapan pelaksanaan kegiatan dengan instrumen berupa laporan kerja daftar hadir rapat dan observasi.
Evaluasi output untuk menilai efektivitas program saat kegiatan berlangsung dengan instrumen berupa pendaftaran peserta list media yang hadir dan rundown acara.
Evaluasi outcome unuk melihat dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan kegiatan dengan instrumen berupa pemberitaan positif sebanyak 55 di media selama 1 tahun melalui media monitoring dan peningkatan followers di akun social media Lactamil sebanyak 10
Total Anggaran
Rp 367 685 000

EXECUTIVE SUMMARY
Situation Analysis
There are many competitors for Lactamil it shows the business competition in the industry is really tight. Lactamil needs to strengthen its image to increase its penetration in A and B SSE.
Problem Statement
Lactamil needs a solution to increase its image especially in A and B SSE.
Solution
Create a special event called "From Lactamil to Moms" which will be held at RSIA Hermina Jatinegara RSIA Bunda and RSIA Kemang Medical Care on December 19th 20th 21st 2014 in order to celebrate Mother's Day. Contact some media journalism that related to the event to get publicity.
Aim Program
To increase good image of Lactamil as proper nutrition product to pregnant mother in public.
Target Audience
Geographic Jabodetabek area. Demographic Pregnant mother who is 24 - 35 years old. Pregnant mother with her first pregnancy. Pregnant working mom A and B SSE.
Key Message
"Celebrating Super Moms with Lactamil on Mother's Day"
Program Schedule
December 19th 20th 21st 2014.
Venue
RSIA Hermina Jatinegara RSIA Bunda RSIA Kemang Medical Care.
Evaluation
Input evaluation instruments progress report attendance list and direct observation.
Output evaluation instruments registration of participants list of media and rundown.
Outcome evaluation instruments 55 of positive feedback yearlong thru media monitoring and 10 of followers enhancement in social media thru media monitoring.
Total Budget
Rp 367 685 000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S53430
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wika Sitakusuma Ghassani
" ABSTRAK
Gebrakan special event untuk dukungan kepada calon presiden RI Joko Widodo dan Jusuf Kalla mampu mendobrak popularitas pasangan ini hingga melejit mengalahkan lawannya Prabowo Hatta Hal ini menunjukkan bahwa peran special event sebagai salah satu tools kampanye dalam pertarungan politik di Indonesia masih sangat penting Pertimbangan terhadap elemen elemen special event ini dilakukan dengan sangat cermat dan teliti hingga mampu memersuasi khalayak untuk hadir dan larut dalam special event dengan tema ldquo Konser Dua Jari rdquo tersebut Khalayak dibuat terkesan dengan tampilan tampilan yang disajikan dan akhirnya berujung pada dukungan terhadap calon yang diangkat dalam event tersebut tidak hanya khalayak media massapun antusias meliput special event tersebut sehingga beritanya tersebar ke seluruh pelosok Nusantara

ABSTRACTThe special event blow to support the upcoming president of Indonesia Joko Widodo and Jusuf Kalla able to break in the popularity of this duo until moving rapidly to defeat their opponent Prabowo Hatta This case shows that the role of special event as one of the campaign tools in political fight in Indonesia is still important The consideration of the elements in special events are done very carefully and thoroughly to be able to persuade the people to present in the special event with the theme rdquo Konser Dua Jari rdquo The public was impressed with the performance and eventually led to support for the candidates who was appointed in the event Not only the audience the media covered the special event enthusiasticly so that the news spread throughout the archipelago "
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Irawati
"Kecenderungan yang dilakukan oleh banyak perusahaan setelah krisis ekonomi menerpa negeri kita adalah menerapkan konsep humas pemasaran dalam mendongkrak penjualan produknya. Konsep ini adalah hasil sinergi antara strategi pemasaran dengan praktek humas. Salah satu aplikasi humas pemasaran adalah sponsor. Pemberian sponsor dapat didasari alasan-alasan dan memiliki tujuan-tujuan di bidang humas, pemasaran maupun iklan. Penelitian ini berusaha mengukur pengaruh pensponsoran yang dilakukan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk pada program televisi “Pustaka Anak Nusantara” dan citra perusahaan yang terbentuk sebagai hasil pensponsoran. Di samping itu juga dilakukan pengontrolan pada variabel ketiga yang dianggap mempengaruhi kekuatan hubungan yang terbentuk antara variabel independen dengan variabel dependen. Dalam penelitian ini, variabel ketiga yang dikontrol adalah tingkat pendidikan responden, motivasi menonton, frekuensi menonton dan durasi menonton “Pustaka Anak Nusantara”. Di mana hubungan bivariat yang paling kuat akan terbentuk pada kondisi tingkat pendidikan, motivasi menonton, frekuensi menonton dan durasi menonton yang tinggi. Penelitian ini dilakukan kepada 100 orang responden yang diambil secara purposive, dengan karakteristik: orang tua (suami/istri) dengan tingkat pendidikan akhir minimal SLTA,memiliki anak usia 6-15 tahun, pernah menonton program televisi “Pustaka Anak Nusantara”, menggunakan produk PT. Indofood dan tinggal di wilayah Jabotabek. “Pustaka Anak Nusantara” sebagai variabel independen diukur dengan menggunakan elemen-elemen yang harus dipenuhi oleh suatu film dokumenter. Elemenelemen tersebut selanjutnya dianggap sebagai dimensinya. Dimensi pertama, tujuan dari film. Kedua, kandungan fakta, materi, dan bentuk tuturan dan yang terakhir adalah segmen dari film tersebut. Setelah diuji reliabilitasnya, masing-masing dimensi memiliki nilai alpha secara berturut-turut sebagai berikut : .8369; .9115; dan .7642. Dari uji validitas, didapat nilai MSA = .849 ( .000) berarti factor analysis baik digunakan dengan ukuran data yang ada. Berdasarkan tabel Total Variance Explained diketahui bahwa keseluruhan pertanyaan dapat diwakili oleh 3 komponen yang secara kumulatif mampu menjelaskan 56,887% varian 25 komponen. Setelah dilakukan rotasi, diketahui ada 8 pertanyaan yang tidak valid sehingga harus dihapus. Variabel citra PT. Indofood Sukses Makmur Tbk diukur dengan menggunakan 5 indikator sebagai berikut : logo, slogan, reputasi, apresiasi masyarakat terhadap pensponsoran, pengetahuan dan pengalaman menggunakan produk, dengan nilai reliabilitasnya sebagai berikut : .8064; .8627; .9187; .7980; dan .8894 Setelah diuji validitasnya, didapat nilai MSA = .839 ( .000). Diketahui ada 5 komponen yang secara kumulatif mampu menjelaskan 63,688% varian 35 komponen. Hasil rotasi menunjukkan bahwa terdapat 10 pertanyaan yang tidak valid. Uji korelasi bivariat menunjukkan bahwa antara pensponsoran “Pustaka Anak Nusantara” dengan citra PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terbentuk hubungan sebesar .660 (.000) berarti hubungan yang terbentuk adalah cukup kuat/moderat. Uji korelasi bivariat dengan teknik select cases menunjukkan bahwa korelasi paling kuat terjadi pada kondisi yang tidak mendukung hipotesis peneliti, yaitu pada kondisi : responden dengan tingkat pendidikan SLTA, motivasi sedang, frekuensi menonton amat rendah (1-3 kali) dan responden yang menonton dalam durasi yang rendah (6-10 menit). Dengan demikian hipotesis bivariat peneliti terbukti bahwa ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Namun hipotesis multivariat tidak terbukti, karena hubungan yang paling kuat tidak terjadi pada kondisi yang dihipotesiskan. Berdasarkan pengelompokkan jawaban responden yang masuk, diketahui bahwa sikap responden terhadap program televisi “Pustaka Anak Nusantara” dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk adalah positif. Maka, citra perusahaan yang terbentuk sebagai hasil pensponsoran adalah positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden tanpa harus memiliki tingkat pendidikan, motivasi menonton, frekuensi menonton dan durasi menonton yang tinggi ternyata dapat memiliki sikap positif pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Dengan demikian, sponsor yang dilakukan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk adalah cara yang efektif untuk memupuk citra perusahaan. Dari fakta di lapangan, ada poin penting yang perlu diperhatikan bahwa pensponsoran dapat dilakukan oleh perusahaan yang nama dan produknya sudah dikenal baik dalam masyarakat. Seperti pensponsoran yang dilakukan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk bahwa ternyata meskipun mayoritas responden menonton “Pustaka Anak Nusantara” dalam intensitas yang amat rendah, namun mereka memiliki sikap yang positif pada perusahaan, karena mereka telah mengenal perusahaan dan produk-produknya sebelumnya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S4016
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Univeristas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poilitk, 1992
S6753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Kresna Noer
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5247
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ellis Gamalia
"Kajian terhadap peran unit Corporate Communications PT. Garuda Indonesia dalam membangun kembali image, berangkat dari pemikiran bahwa di tengah kondisi kompetisi dunia usaha baik di tingkat nasional, regional, dan internasional yang semakin ketat dewasa ini, maka image perusahaan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan tersebut dalam memenangkan persaingan. Apalagi bagi bidang usaha yang terkait dengan masalah 'pelayanan' jasa penerbangan seperti halnya Garuda Indonesia.
Pada masa lalu, Garuda memiliki citra yang cenderung buruk dan memiliki atribut-atribut yang negatif bagi pengguna jasa maupun masyarakat pada umumnya. Ditengah upayanya melakukan berbagai perbaikan yang dikenal sebagai restrukturisasi perusahaan, dimana secara makro tujuan yang ingin dicapai adalah membangun kembali image Garuda menjadi perusahaan yang kini lebih baik dan diterima oleh masyarakat pengguna jasa.
Mengingat arti penting dari peran dan fungsi strategis dari unit Corporate Communications dalam membantu perusahaan membangun image, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana unit berhasil dalam melakukan langkah-langkah untuk membangun image selama masa restrukturisasi perusahaan.
Salah satu teori yang mendasari adalah Persuasi yang menurut Cutlip & Center adalah suatu upaya menyampaikan informasi dengan cara tertentu untuk merubah pemikiran lama atau membentuk pemikiran baru pada masyarakat, sehingga berubah perilakunya. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah merubah atau menetralisir opini yang berlawanan, membentuk opini yang belum maupun yang sudah tampak, atau mempertahankan opini yang favourable dengan cara memperkuatnya.
Untuk memperoleh data-data yang akurat maka dilakukan studi lapangan. Selain itu, untuk mengukur kinerja yang telah dihasilkan penulis melakukan wawancara mendalam dengan berbagai nara sumber atau key informan baik dari kalangan internal maupun eksternal. Sementara, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik analisis data deskriptif dan studi yang dilakukan adalah bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa image yang diberikan terhadap Garuda dan penilaian kinerja unit Corporate Communications secara umum cukup positif walaupun masih perlu adanya beberapa program yang harus lebih diberdayakan oleh unit Corporate Communications."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T1967
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>