Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 207050 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Jaelussyahadat Jalalain
"ABSTRAK
Ilmu hubungan masyarakat beserta cabang ilmu komunikasi yang lain dalam usahanya membuat proses komunikasi menjadi efektif terlalu berpusat pada pembuatan isi pesan dan kurang memperhatikan faktor-faktor lain dalam berkomunikasi. Artikel ini menjelaskan faktor dalam penyampaian pesan yang mempengaruhi personal branding. Kasus yang diangkat adalah Vicky Prasetyo yang terjadi pada akhir tahun 2013 lalu, yang pada saat itu berusaha menyampaikan pesan melalui kegiatan personal branding dengan menggunakan gaya dan bahasa yang unik. Terdapat perbedaan reaksi dari masyarakat sebagai penerima pesan terhadap Vicky sebagai pengirim pesan, walaupun pesan yang disampaikan sama.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kompetensi di dalam personal brand memegang peranan penting terhadap keberhasilan penyampaian pesan melalui personal branding. Vicky Prasetyo dianggap belum memiliki kompetensi oleh sebagian masyarakat yang memberikan reaksi negatif, sementara ia dianggap sudah memiliki kompetensi oleh sebagian masyarakat lain yang memberikan reaksi positif.

ABSTRACT
Public relations science and other branches of communication science in the attempt to make the communication process effective become too focused on making the content of the message and giving less attention to other factors in communication. This article describes factors that affect the delivery of messages in personal branding. Case in point is Vicky Prasetyo that occurred at the end of 2013, which at the time was trying to convey a message through personal branding by using a unique style and language. There are differences in the reaction from the community as a recipient of the message to Vicky as the sender of the message, even though the same message delivered.
This study uses a case study method with content analysis techniques. The results showed that the dimension of competence in personal brand plays an important role for the success of the delivery of messages through personal branding. Vicky Prasetyo deemed not to have competence by some people who give negative reactions, while he considered to own competence by some others that give positive reactions."
[, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fachrunissa
"[ ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang ada dewasa ini turut memicu timbulnya perilaku konsumtif masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan melalui iklan yang dipublikasikan dengan bantuan media. Iklan sebagai salah satu bentuk teks persuasif yang berfungsi untuk menarik minat publik seringkali menggunakan pilihan kata dan gambar tertentu untuk membuatnya menarik dan mudah diingat. Pilihan kata dalam bahasa yang digunakan dalam iklan inilah yang dinamakan dengan unsur retorika. Melalui penelitian kepustakaan dan metode analisis-deskriptif, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui unsur retorika apa saja yang muncul dalam tujuh iklan mobil BMW. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam sepuluh iklan mobil BMW yang diteliti terdapat unsur retorika yang muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.
ABSTRACT The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people?s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms., The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people’s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Katakanya Estu Bilaya
"ABSTRAK
Era Globalisasi yang diikuti dengan meningkatnya konsumsi masyarakat berbanding lurus dengan peran media sebagai penarik minat publik. Iklan sebagai teks persuasif yang berfungsi untuk menarik minat publik seringkali menggunakan pilihan kata dan gambar tertentu untuk membuatnya menarik dan mudah diingat. Pilihan kata dalam bahasa yang digunakan dalam iklan inilah yang dinamakan dengan unsur retorika. Melalui penelitian kepustakaan dan metode analisis-deskriptif, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui unsur retorika apa saja yang muncul dalam tujuh iklan Aspirin dari Bayer Jerman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam tujuh iklan Aspirin yang diteliti selalu terdapat unsur retorika yang muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.

ABSTRACT
Globalization era which followed by the increase of consumptive behavior of the society also affected by media as a public attraction. Advertisement as one of persuasive text, often use selected words and picture to make it more attractiv. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven Aspirin advertisements of Bayer Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Meifaliana Osman
"Penelitian ini membahas proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam kegiatan belajar-mengajar, melihat bagaimana cara yang dilakukan guru ketika memberikan berbagai informasi kepada siswanya. Melalui penjelasan yang terarah, guru dapat memperkecil kesalahpahaman atau ketidakmengertian siswa dalam menerima/menguasai materi pelajaran yang dapat menghambat prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan melalui metode Pengamatan dan Wawancara dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Melalui komunikasi dua arah, Interaksi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dapat mengetahui sejauhmana materi pelajaran dapat diterima dan dimengerti siswa. Analisis data dilakukan terhadap cara penyampaian materi pelajaran oleh guru dan proses penerimaan materi yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, harapan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu dapat memperkecil kesalah pahaman antara pesan yang disampaikan dan interpretasi pesan yang diterima siswa. Proses Belajar Mengajar (PBM) sebagai media dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan dimana guru bertindak sebagai sumber informasi/komunikator dan siswa sebagai penerima informasi/komunikan. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran adalah sama (ceramah/instruksional) tetapi perbedaan sikap guru mempengaruhi proses penerimaan pesan bagi siswa.
Hasil penelitian dari pengamatan dan wawancara dengan guru dan siswa, dapat disimpulkan sebagai berikut:
Dari cara dan sikap guru dalam menyampaikan materi pelajaran, pada dasarnya cara yang dilakukan guru "lama" yaitu ceramah/ instruksional. Bila cara yang dilakukan guru lebih variatif dalam penyampaiannya serta sikap guru lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpikir kreatif ( tidak textbook) maka siswa dapat lebih konsentrasi dalam proses penerimaan pesan/materi pelajaran. Pada tingkat pemahaman materi, penyampaian materi yang abstrak dijelaskan ke dalam hal yang lebih kongkrit. Penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti (memperjelas kata-kata kiasan), membantu siswa untuk lebih memahami materi. Sehingga kesalahpahaman atau ketidak mengertian siswa dalam menjawab pertanyaan guru, bukan karena siswa mempunyai kemampuan menghafal.
Dari hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan untuk diadakan penelitian lanjutan mengenai kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat, ide atau gagasan yang lebih kreatif baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama maupun di Sekolah Menengah Atas/ umum untuk lebih mengembangkan diri dan mempunyai kemampuan berkomunikasi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vashti Trisawati
"ABSTRAK
Di dalam penjualan suatu produk, perlu diperhatikan 4 aspek, yaitu memberikan informasi, mengingatkan, dan menyediakan barang yang baik, menarik dan menyolok. Salah satunya adalah dengan merancang visual narchandising yang mampu menarik pembelanja masuk ke dalam toko pembelian. Agar hal ini terjadi, marchandising perlu komunikatif kepada konsumen. Dalam mempersuasi dan berakhir dengan maka visual hal ini , visual marchandising merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pihak toko/pengecer (retail). Penelitian mengenai toko (retail) lebih dikenal dengan citra tokoC-fftore imaga). Dari berbagai dimensi untuk mengukur citra toko, dimensi fasilitas fisik, promosi dan atmosfir toko merupakan dimensi yang langsung berhubungan dengan visual marchandising. Ketiga dimensi ini dilihat dari faktor eksterior, yang terdiri dari tanda, tipe pintu masuk dan etalase., serta faktor interior yang terdiri dari atmosfir, pola tata letak dan pengelompokkan barang. Kedua faktor ini menjadi variabel yang dipilih peneliti untuk melihat adanya kesamaan antara pesan visual merchandising yang disampaikan dan yang diterima. Sampainya pesan visual merchandising ini kemungkinan dipengaruhi oleh motivasi responden berkunjung ke toko Esprit Blok M Plaza. Dalam melaksanakan studi inif peneliti memakai metoda dan kepustakaan untuk mengumpulkan data pesan yang ingin disampaikan., dan metoda survey riset untuk mengumpulkan data pesan yang diterima dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisa dengan tes statistik Koefisien Kontingensi dan Chi Kuadrat, khususnya untuk wawancara melihat hubungan motivasi responden berkunjung ke toko Esprit dengan sampainya pesan visual merchandising. Hasil penelitian menunjukkan, antara pesan visual merchandising yang disampaikan dan yang diterima cenderung sama, kecuali pada tanda dan pengelompokkan barang. Sedangkan motivasi cenderung tidak mempengaruhi sampainya pesan. Terbukti dengan hasil perhitungan statistik Koefisien Kontingensi, hubungan tersebut cenderung lemah. Sehingga hipotesa penelitian ditolak. Sampainya pesan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh loyalitas responden terhadap merek dan toko Esprit serta citra konsumen terhadap toko Esprit."
1991
S 3848
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zamris Habib
"ABSTRAK
Dalam rangka pemerataan mutu pendidikan, Pemerintah memanfaatkan media radio untuk menatar guru sekolah dasar terutama di daerah terpencil, program tersebut dinamakan Pendidikan dan Pelatihan Guru sekolah Dasar Melalui Siaran Radio Pendidikan (Diktat SRP). Kenyataan di lapangan program tersebut kurang menarik bagi pendengarnya. Oleh karena itu penulis meneliti bagaimana cara pengemasannya dengan mengadakan studi terhadap naskah program tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip yang digunakan dalarn mengemas pesan pendidikan melalui media radio.
Metodologi yang digunakan adalah deskriptif. Data yang telah terkumpul secara kuantitatif berdasarkan hasil evaluasi dianalisis dengan melihat kecenderungan (central tendency), frekuensi terbanyak (modus) dan lain-lain. Tinjauan penelitian ini dari dua aspek, yaitu aspek pembelajaran dan aspek komunikasi massa. Tinjauan aspek pembelajaran karena pesan yang disampaikan adalah pesan pendidikan (pembelajaran), sedangkan tinjauan dari aspek komunikasi massa disebabkan media yang digunakan adalah media komunikasi massa.
Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan prinsip pembelajaran dalam mengemas pesan pendidikan sudah banyak dipertimbangkan. Tetapi prinsip-prinsip komunikasi hanya sebahagian kecil dari naskah siaran yang telah menggunakan prinsip-prinsip tersebut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengemasan pesan pendidikan melalui radio selain mempertimbangan prinsip-prinsip pembelajaran, seyogyanya mempertimbangkan prinsisip-prinsip komunikasi massa, karena media yang digunakan adalah media komunikasi massa. Pengemasan pesan dari aspek komunikasi sangat penting agar program-program yang disiarkan lebih menarik."
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutasoit, Ina Rohana
"Keadaan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat
negara berkembang masih dihadapkan dengan berbagai masalah,
diantaranya masalah kesehatan. Departemen Kesehatan RI
sebagai instansi yang berwenang terhadap masalah ini,
berusaha mengatasinya dengan mengadakan penyuluhan di
berbagai media massa dengan tu juan khusus yaitu peningkatan
kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri dalam
bidang kesehatan. Salah satu media massa yang dipergunakan adalah
televisi (TV), karena TV mempunyai fungsi-fungsi yang rnernbuat media ini lebih efektif sebagai sarana penyebaran
pesan-pesan kesehatan, antara lain rnelalui acara sinetron.
TVRI adalah badan siaran rnilik pemerintah, yang
tidak menayangkan iklan bagi surnber dananya melainkan
hanya mernperoleh dana dari iuran televisi dan subsidi dari
APBN, sehingga menyebabkan adanya keterbatasan dana
untuk produksi dan siarannya . Namun demikian TVRI didukung
oleh keunggulan jangkauannya yang luas sebesar 900. ooo km
persegi untuk seluruh wilayah Indonesia. Dengan · kondisikondisi
tadi , maka oleh Departemen Kesehatan RI, TVRI
dipilih sebaga i media untuk penayangan sinetron dengan
pesan-pesan kesehatan, atmaha pen anaan produksi sinetron
ini diperoleh dari Depatemen Kesehatan RI.
Sinetron seba,gai acara. hiburan yang disisipi pesan
pendidikan kesehatan, memerlukan alur cerita yang terpadu
agar tidak iari dari fungsi utamanya dimana , sinetron
adalah sebagai acara hiburan. Dengan pendekatan e ntereducation
maka disajikan sebuah cerita engenai kehidupan
keluarga dokter muda, yaitu melalui cerita sinetron seri
Sartika.
Penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana
pesan-pesan kesehatan ini dikemas, dengan melakukan metode
penelitian analisis isi pesan. Dari analisis isi yang
dilakukan terhadap pesan-pesan kesehatan dalam sinetron
Sartika periode Agustus 1989 sampai dengan Pebruari"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4078
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>