Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27017 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ingot Marito N.
"GPS atau Global Positioning System telah lama digunakan oleh pihak militer sebagai alat bantu navigasi. Dengan GPS, posisi koordinat lintang dan bujur dapat diketahui. Selain GPS, kompas juga digunakan sebagai pemberi informasi arah. Skripsi ini mengimplementasikan aplikasi GPS dan kompas digital sebagai sistem navigasi otomatis pada penerbangan helikopter dengan tujuan agar helikopter dapat terbang ke posisi tujuan dari posisi awalnya dengan otomatis. GPS dan kompas digital yang digunakan berupa modul yang terintegrasi dengan mikrokontroler. Data yang diperoleh dikirimkan secara telemetri ke komputer untuk selanjutnya diolah dan dimonitor. Dari program, penerbangan helikopter akan dipandu agar sampai ke posisi tujuan. Skripsi ini berhasil mensimulasikan suatu sistem navigasi helikopter berdasarkan data posisi yang diperoleh dari GPS yang dikirimkan secara telemetri ke komputer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40489
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Aryo Wicaksono
"Pada saat ini, dunia air modelling menggunakan helikopter mini sudah banyak digemari orang. Agar dapat bernavigasi secara autonomous sebuah helikopter yang cerdas tentunya harus mampu mengenali keadaan lintasan yang akan ditempuhnya. Untuk itu diperlukan sebuah sistem navigasi yang mampu mendeteksi dan menghindari objek ? objek rintangan.
Skripsi ini mengimplementasikan suatu aplikasi dari sensor sonar untuk mendeteksi objek-objek rintangan dan kompas digital sebagai sistem navigasi otomatis pada penerbangan helikopter dengan tujuan agar helikopter dapat menghindari rintangan yang ada di depannya. Untuk itu, helikopter yang dirancang harus memiliki kemampuan mendeteksi objek-objek penghalang yang bersifat statis maupun dinamis. Untuk tujuan tersebut, maka sistem ini dilengkapi dengan sebuah motor servo dc yang digunakan untuk men-scanning lingkungan lintasannya secara real time.
Sensor sonar dan kompas digital yang digunakan berupa modul yang terintegrasi dengan mikrokontroler. Data yang diperoleh dikirimkan secara telemetry ke komputer untuk selanjutnya diolah dan dimonitor. Dari program, penerbangan helikopter akan dipandu agar dapat menghindari rintangan.
Skripsi ini berhasil mensimulasikan sistem navigasi helikopter untuk menghindari rintangan pada cakupan 10 meter di depannya.

The people. To navigate autonomously, a smart helycopter must can identify its path condition. For that reason, the helycopter needs a navigation system that can detects and avoids obstacle objects.
This final project applys an application of sonar sensor to detect obstacle objects and a digital compass as an automatic helicopter navigation system to avoid obstacle on the face. So that, the designed helicopter must have ability to detect static and dynamic obstacle objects. Because of that, the system should be completed with a servo dc motor which is used for scanning its path environment in real time.
The sonar and digital compass used in this project is a modul which is integrated to microcontroller. Data from sonar and digital compass is then sent via telemetry system to computer for later processed and monitored. From navigation program, the helycopter will be guided in order to avoid the obstacle.
Finally, this final project is succeed in simulating helycopter navigation system to avoid obstacle in the range 10 metres on the face."
2008
S40420
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
T.M.A. Noval Asril
"Telah dibuat suatu sistem data akusisi pada sistem telemetri dan monitoring posisi kereta api dan jalur relnya menggunakan sensor GPS (Global Positioning System) dan sensor akselerometer. Dengan kedua sensor tersebut dapat dimonitoring dan disimpan data-data berupa posisi, kecepatan dan arah serta data percepatan pada sumbu X, Y, dan Z. Data tersebut dapat dikirimkan dari RTU (Remote Terminal Unit) ke server menggunakan sarana SMS (Sort Message Service) yang kemudian dimonitor dengan grafik dislplay sebagai antarmuka dengan operator dan juga disimpan dalam logger.

Data acquisition has been made for train position data and its track by telemetry and monitoring system. The system bases on GPS (Global Positioning System) sensor and accelerometer sensor. Some data including position data, velocity and direction and also acceleration data in X, Y and Z axes can be monitored and logged. The data can be sent from RTU (Remote Terminal Unit) to server by SMS (Sort Message Service) and then can be monitored and logged too in server side."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
T21249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyanto Rohadi
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2000
S29160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Rochmah
"ABSTRAK
Loran adalah singkatan dari Long Range Navigation, dan terbagi atas sistem asli yaitu Loran A dan sistem yang secara teknis telah disempurnakan yakni Loran C. Loran memancarkan sinyal radio berbentuk pulsa. Pada Loran c selain memanfaatkan pengukuran perbedaan waktu, juga memanfaatkan pengukuran perbedaan fasa gelombang radio pada saat pulsa-pulsa diterima. Loran C bekerja pada frekuensi 90 hingga 110 kHz.
Dua rantai Loran C yang dipasang pada lalu lintas bahari Saudi Arabia digunakan untuk keamanan dan effisiensi dari lalu lintas bahari (maritim). Sebelumnya Loran C juga telah berkembang di Amerika dan Alaska. Dengan adanya 2 (dua) rantai Loran C ini, yang terdiri atas 7 (tujuh) stasiun pemancar tenaga tinggi dan 3 (tiga) stasiun monitor area, akan membantu lalu lintas maritim dan peiayaran dl Saudi Arabia
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Herry Susanto
"ABSTRAK
Di Indonesia, salah satu penyebab tingginya biaya BBM adalah adanya tindak pencurian
dan penyelewengan BBM yang sering kali terjadi di tengah lautan. Hal ini bisa terjadi
karena pada saat di tengah lautan, segala kegiatan kapal tersebut tidak bisa dipantau oleh
pusat operasional manajemen kapal. Selain upaya hukum, upaya pengawasan kapal
melalui teknologi terbaru juga terus dilakukan, salah satunya adalah teknologi Vessel
Monitoring System (VMS) berbasis Machine to machine (M2M). Perkembangan
teknologi VMS dan telemetri telah memungkinkan pengawasan kondisi mesin dan
pemakaian BBM kapal yang sedang berlayar secara online dan real time. Dengan
menambah perangkat pengukuran pemakaian bahan bakar tersebut, diharapkan
meningkatkan kecepatan koordinasi dan penanganan di lapangan saat terjadi
ketidakwajaran pemakaian BBM. Kecepatan dalam mengetahui adanya ketidakwajaran
ini sangat penting, karena proses pencurian minyak sering kali dilakukan dalam waktu
singkat. Pencurian minyak dengan modus ilegal tapping di darat hanya memerlukan
waktu 15 menit untuk 2000 liter (2 ton) BBM, sementara di laut diperlukan sekitar 5 jam
untuk memindahkan 12 ton BBM, atau sekitar 2.4 ton per jam untuk sebuah kapal saja.
Masalahnya untuk mengetahui ketidakwajaran tersebut masih tergantung pada analisa
tenaga ahli yang memerlukan waktu yang lama untuk melakukan analisa berbagai
parameter telemetri yang ada. Berdasarkan kondisi di atas, penelitian ini melakukan
analisis statistik terhadap data telemetri terutama data pergerakan kapal dan aktivitas
mesin untuk menentukan koefisien pergerakan kapal, lalu merancang sistem
pengklasifikasi kewajaran pemakaian BBM dengan metode Naive Bayes dan Logistic
Regression. Metode ini dipilih karena bisa memberikan hasil yang baik untuk prediksi
data-­data numerik maupun diskrit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data telemetri
dari sistem VMS dapat digunakan untuk mendeteksi adanya ketidakwajaran pemakaian
BBM. Untuk kebutuhan klasifikasi kewajaran pemakaian BBM pada data telemetri kapal,
algoritma pengklasifikasi Naive Bayes memiliki akurasi hingga 92% pada data sampel
dan Logistic Regression mampu mendeteksi dengan akurasi hingga 96% pada data
sampel.

ABSTRACT
In Indonesia, one of the causes of high fuel costs is the occurrence of theft and misuse of
fuel which often occurs in the middle of the ocean. This can happen because when in the
middle of the ocean, all the activities of the ship cannot be monitored by the ship
management operational center. In addition to legal efforts, efforts to monitor ships
through the latest technology are also being carried out, one of which is the Machine to
Machine (M2M) Vessel Monitoring System (VMS) technology. The development of
VMS and telemetry technology has enabled monitoring of engine conditions and fuel
consumption of ships that are sailing online and real time. By adding the fuel consumption
measurement device, it is expected to increase the speed of coordination and handling in
the field when there is an irregularity in the use of fuel. Speed in knowing the existence
of this irregularity is very important, because the process of oil theft is often done in a
short time. Theft of oil by illegal tapping on land only takes 15 minutes for 2000 liters (2
tons) of fuel, while at sea it takes around 5 hours to move 12 tons of fuel, or around 2.4
tons per hour for a ship. The problem is to find out the irregularities that still depend on
the analysis of experts who need a long time to analyze various parameters of existing
telemetry. Based on the above conditions, this study conducted a statistical analysis of
telemetry data, especially ship movement data and machine activity to determine the
coefficient of ship movements, then designed the fuel usage irregularity classification
system with the Naive Bayes and Logistics Regression. This method was chosen because
it can provide good results for predicting numerical and discrete data. The results of this
study indicate that telemetry data from the VMS system can be used to detect any
irregularities in using BBM. For the needs of the fairness classification of BBM usage on
ship telemetry data, the Naive Bayes classification algorithm has an accuracy of up to
92% in sample data and Logistic Regression is able to detect with accuracy up to 96% in
sample data."
2019
T53091
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asma Rosyidah
"ABSTRAK
Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia menunjang pertumbuhan platform e-commerce. Adanya potensi basis pelanggan yang lebih besar dan lebih beragam menjadi peluang sekaligus tantangan akibat peningkatan persaingan yang terjadi antar platform. Oleh karena itu, e-commerce perlu mengembangkan strategi pemasaran digital untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Sistem rekomendasi merupakan salah satu bentuk personalisasi layanan web yang dapat menunjang aktivitas pemasaran dengan memprediksi preferensi pengguna dan membantu menemukan produk yang mungkin diminati. Menilik pentingnya integrasi antara ecommerce sebagai advertiser dengan publisher dalam konsep strategi pemasaran, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis preferensi pelanggan terhadap kategori produk berdasarkan pola navigasi yang terintegrasi pada website publisher dan e-commerce dengan membangun sistem rekomendasi terintegrasi antara e-commerce sebagai advertiser dengan publisher melalui ad platform menggunakan web mining. Berdasarkan hasil penelitian ini, model prediksi preferensi pelanggan terhadap kategori produk yang dibangun berdasarkan pola navigasi pelanggan pada e-commerce menggunakan algoritma decision tree C5.0 memiliki kinerja yang baik untuk memprediksi kategori produk preferensi pengguna dalam permintaannya di masa mendatang. Namun, proses integrasi pola navigasi dan topik penelusuran pada publisher kepada pola navigasi pelanggan pada e-commerce belum dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap performa model prediksi preferensi pada e-commerce.

ABSTRACT
Increasing number of internet users in Indonesia boosts the development of e commerce platform. Whereas potential access to a larger and more diverse customer base is generally viewed as an opportunity, it can also represent increase in competition among e commerce platforms. Hence, e commerce needs to develop sophisticated digital marketing strategies to attract and retain customers. Recommendation system is one of web service personalization which enhances marketing activity by predicting user preferences and helps them find products that they may be interested in. Given the importance of integration between e commerce as advertiser and publisher in marketing strategy concept, this research was done to analyze customer preferences towards product categories based on navigation pattern in both publisher and e commerce by building integrated recommendation system between e commerce as advertiser and publisher through ad platform using web mining. Based on the results of this study, predictive models of customer preferences towards product category builds based on customer navigation pattern on e commerce using decision tree C5.0 algorithm has good performance to predict user preferred product categories in future demand. However, the integration of customer navigational patterns and search topics in publishers to customer navigation patterns in e commerce has not been able to significantly influence the performance of customer preference prediction models in e commerce."
2018
T51192
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The purpose of this study was to evaluate the changes of maxillary and mandibular sagital position relative to cranial base. The subject of this research was patients with bimaxillary protrusion having orthodontic treatment and four first premolars extraction. The maxillary and mandibular position changes were measured by angular and linier parameters. Angular parameter as described by Steiner's analysis were SNA and SNB angles. Linier parameter as described by McNamara's analysis were point A nad Pogonion relatives to nasion perpendicular. The results of both groups was compared statistically and differences quantified using paired t-test. There was no significant changes in position of maxilla relatives to cranial base. On the other hand, significant changes were found in position of mandibula relatives to cranial base."
Journal of Dentistry Indonesia, 2003
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>