Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80066 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmi Amalia
"Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi adalah fungsi afektif keIuarga. Pada mahasiswa asal daerah, kemungkinan besar mereka mengalami hambatan-hambatan dalam pemenuhan fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa reguler FIK Ul asaI daerah. Penelitian ini melibatkan 70 responden dengan teknik stratified random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan 30 responden (47,6%) memiliki fungsi afektif keluarga yang adekuat dengan IPK sangat memuaskan. Sementara 33 responden (52,4%) dengan fungsi afektif keluarga yang tidak adekuat juga memperoleh IPK yang sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan koIerasi antara fungsi afektif keIuarga dengan prestasi belajar (p value = 0,467 ; α = 0,05).

Learning achievement is influenced by two factors, namely factors internal and external factors. One of the external factors that influence is a function family Affective. In the student from country side, most likely they experienced barriers in the fulfillment function family affective. This study aims to determine the relationship between family function affective with student achievement in the regular study FIX UI comes from country side. This study involved 70 respondents with a stratified random sampling technique. Descriptive correlative design usedin this research.
Research shows 30 respondents (47.6%) have a family affective function correlative with IPK adequate and have a very satisfactory IPK. While for 33 respondents (52.4%) with the families affective function who do not adequate also obtain a very satisfactory GPA, so that there can be no the relationship between family function affective with learning achievement (p value = 0.467, α = 0.05).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5770
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manik, Febryani Dwilista
"Fungsi afektif keluarga berupa dukungan dan kasih sayang dapat mendukung gaya belajar mahasiswa. Gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini meliputi visual (belajar melalui apa yang dilihat), auditorial (belajar melalui apa yang didengar) dan kinesterik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Peneiitian ini merupakan penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola/gaya belajar dengan fungsi afektif keluarga dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 96 mahasiswa regular angkatan 2008 FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah random sederhana. Diperoleh bahwa fungsi afektif keluarga untuk mendukung gaya belajar mahasiswa adekuat pada 55 orang mahasiswa dan 41 orang mahasiswa tidak adekuat.
Dari penelitian disimpulkan tidak ada hubungan pola belajar dengan fungsi afektif keluarga pada mahasiswa reguler angkatan 2008 (p = 0,145). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan keluarga terkait gaya belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas area penelitian.

The form of family affection function are support and affection. It can support the learning style of student Learning style which is discussed in this research are visual leaming, auditorial learning and kinestetik Ieaming. This research was a correlative researched and used cross sectional design which has a purpose to know relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. The sample in this research was 96 student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. Sampling technique which is used in this research was simple nandom. The result is that family affection function to support the student?s learning style student is adekuat of 55 student and 41 student do not adekuat.
The conclusion from this research, there was not a relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008 (p=0,145). The result from this research can be used for give knowledge to student in college and family from learning style. Recommend for next researcher research area become wider.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5872
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelatif. Responden sebanyak 158 orang merupakan mahasiswa reguler dari angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang diukur kualitas tidumya menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif dihitung menggunakan uji korelasi pearson dengan nilai r = 0,059. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

This study was aimed at identifying the relationship between the quality of sleep and a grade point average a student in the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia. This research used a quantitative research design with correlative approach. Respondents were 158 people regular students of the class of 2006, 2007 and 2008. The quality of sleep were measured by using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). The relationship between quality of sleep with a grade point average is calculated by using the Pearson correlation test with r = 0.059. The results stated that there was no relationship between quality of sleep with the grade point average of regular students of the faculty of Nursing, Universitas Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5846
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Ainun
"Mahasiswa FIK UI berasal dari daerah yang berbeda-beda di Indonesia. Hal ini dapat menyebabkan pandangan sehat dan sakit yang berbeda. Perbedaan budaya dapat menghalangi dalam memberikan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan asal daerah tempat tinggal mahasiswa dalam penerapan keperawatan transkultural. Sebanyak 98 mahasiswa pada tahap profesi dari program ekstensi maupun reguler dilibatkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner culture skill oleh Novieastari 2013. Desain pada penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan teknik sampling quota sampling.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara asal daerah tempat tinggal dengan penerapan keperawatan transkultural p value = 0,388 . Mahasiswa yang berasal dari daerah yang berbeda-beda tetap memiliki kemampuan penerapan keperawatan transkultural yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa adanya keberhasilan proses pembudayaan selama mahasiswa menjalani Pendidikan di FIK UI. Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan penelitian mengenai penerapan keperawatan transkultural pada tingkat akademik lainnya.

Nursing Students of Universitas Indonesia have different home town. It makes the view about health and illness can be different too. Culture can distract when nursing care is delivered. The aim of this research was to discover the relationship between nursing student's home town with ability to apply transcultural nursing. There were 98 nursing professional students. This research used culture skill questionnaire from Novieastari 2013. This research uses cross sectional design with quota sampling technique.
The result shows that there is no relationship between nursing student's home town with ability to application transcultural nursing p value 0,388 . Students that are from different home town have same ability to apply transcultural nursing. It means that students have cultural process successfully among they have studied at Faculty of Nursing at Universitas Indonesia. This research is recommended to do research about another cultural research at nursing students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Seperti diketahui bahwa keberadaan keluarga merupakan dukungan yang sangat berarti
bagi setiap individu, termasuk dalam hal pencapaian prestasi belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengotahui adanya hubungan antara keberadaan keluarga dengan
prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Responden pada penelitian ini berjurnlah
133 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa Program Ekstensi Pagi dan 68 mahasiswa
Program Ekstensi sore. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi
dengan alat ukur kuisioner dan daftar nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama
semester I dan II dari mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 FIK UI. Analisis data
yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Chi-square unruk menganalisis
hubungan antara variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang
bormakna antara keberadaan keluarga dan prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi
angkatan 2004 FIK-UI (0,01

agar setiap individu sebagai anggota keluarga dan keluarga pada umumnya Iebih
mengoptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai wujud dukungan positif
bagi perkembangan setiap anggota keluarganya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5507
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Listia Sarini
"Tingginya tingkat stres saat praktik klinik menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku makan kurang baik dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat stres dengan perilaku makan mahasiswa FIK UI saat menjalani praktik klinik di Rumah Sakit. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan 171 sampel diambil secara stratified random sampling pada dua tingkatan mahasiswa praktik klinik. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kuesioner Perceived Stress Scale modifikasi dari Sheu,et.al 1997 dan Sakata rsquo;s Eating Behaviour. Analisis penelitian ini menggunakan uji t-test independen dan chi-square. Didapatkan hasil yang menunjukan adanya hubungan bermakna antara tingkat stres praktik klinik dengan perilaku makan. Didapatkan pula perbedaan yang bermakna antara stres pada mahasiswa program profesi Ners dengan S1 Reguler. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa dapat mengatur manajemen stres agar tidak berdampak buruk pada perilaku makan.

Stress during clinical practice is one factor cause bad eating behaviour. It will bring bad effect for health and influence quality of life. This research aim to identify relation between level stress and eating behaviour of nursing student during clinical practice. The design of this research is cross sectional wich conducted toward 171 sample and using stratified random sampling methods for two level of nursing student. The data collection research using instrument in the form of questionnaire that is Perceived Stress Scale modified by Sheu, et.al 1997 and Sakata's Eating Behaviour. The analyzed of this research use chi square and anova. The result showed that there was differentiation stress between student in academic's level and profesional Ners's level p 0,001 dan 0,05 , also there was relationship between level of stress and eating behaviour during clinical practice p 0,001 dan 0,05. So, student necessary to manage their stress and avoid from bad impact in eating behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diyanti Septiana Putri
"Pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial dapat terjadi jika petugas kesehatan, termasuk mahasiswa keperawatan yang sedang praktik di rumah sakit, memiliki pengetahuan yang baik mengenai pencegahan infeksi nosokomial. Penelitian ini merupakan studi deskriptif ? korelasional untuk melihat apakah ada perbedaan pengetahun antara mahasiswa yang sudah dengan yang belum pernah memiliki pengalaman praktik di rumah sakit. Perolehan sampel dilakukan dengan metode stratified dan accidental sampling pada 154 mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2009 dan 2011. Responden yang memiliki pengetahuan yang baik mengenai infeksi nosokomial adalah sebanyak 64,9% (n=154).
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara angkatan dan pengalaman praktik dengan pengetahuan responden mengenai pencegahan infeksi nosokomial (p=0,144, α=0,05). Hasil yang mucul ini juga harus mempertimbangkan pengalaman praktik mahasiswa yang tidak spesifik mempelajari infeksi nosokomial dan efektivitas pembelajaran praktik yang dialami mahasiswa. Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya juga melihat tidak hanya dari sudut pandang pengetahuan, tetapi juga dari sikap mahasiswa dalam pencegahan infeksi nosokomial

Preventing and controlling nosocomial infection could be happened if health workers and also nursing students have a good knowledge about prevention of nosocomial infection. This research is a descriptive-correlative study to combine the difference of nosocomial infection?s prevention knowledge between nursing student who had experience in clinical practice, and student who had not experience in clinical practice yet. This research sample gained with using stratified and accidental sampling method on 154 regular students of FIK UI, class of 2009 and 2011. There are 64,9% respondents who have a good knowledge about the prevention of nosocomial infection (n=154).
The result shows that there is no correlation between clinical practice and student?s knowledge about the prevention of nosocomial infection (p=0,144, α=0,05). This result should considered student?s clinical practice experience which is not specifically leaning about nosocomial infection and also student?s clinical practice effectiveness. Researcher recommends that future research should observe not only based on student?s knowledge, but also student?s performance in preventing nosocomial infection.
"
2012
S43830
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"lndeks prestasi mahsiswa FIK-UI Program Ekstensi Pagi 2004 pada semester Il 79%
mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan cara dan
kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Ekstensi FIK-UI, 2005. Penelitian
ini dilakukan di kampus FIK-UI dengan jumlah responden 61 orang. Desain penelitian
yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu
kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, distribusi proporsi,
dan uji chi-kuadrat untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini
menyimpulkan tidak ada hubungan bermakna antara cara belajar dengan prestasi belajar
(p value 0,062; a = 0,05). Tidak ada hubungan yang bermakna antara kesiapan belajar
dengan prestasi belajar (p value 2,07; a = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan pada
mahasiswa untuk lebih mengenali karakteristik cara belajar yang dimiliki secara benar
dan meningkatkan belajar agar diperoleh prestasi belajar yang maksimal."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
TA5459
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi mahasiswa reguler tingkat akhir FIK UI untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang profesi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif sederhana. Penelitian dilakukan pada seratus sembilan responden yang dilakukan penilaian terhadap aspek minat, kepercayaan diri, cita-cita, nilai, kebijakan, serta biaya melalui pengisian kuesioner. Biaya merupakan aspek yang paling berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 57,8% mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi, sedangkan 42,2% lainnya memiliki motivasi yang rendah.

This research was conducted to determine the motivation level ofthe end of the regular students FIK UI to continue their education at professional level. Research conducted a quantitative research design with simple descriptive. The study was conducted on one hundred nine respondents who conducted an assessment of the aspects of interest, confidence, ideals, values, policies, and costs by filling up questionnaires. Cost is the most influential aspect of student motivation. The results showed as much as 57,8% of students have high motivation, while another 42,2% have low motivation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5944
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa
"Pendidikan jenjang profesi dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang benar untuk menjadi perawat yang profesional. Namun ditemukan banyak faktor yang dapat memicu stres selama proses pembelajaran praktik klinik, karena mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan asuhan keperawatan secara langsung dan akuntabel. Spiritualitas sebagai salah satu sumber koping yang memiliki aspek makna dan tujuan hidup serta keyakinan spiritual yang dikemukakan mampu mengurangi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat spiritualitas dengan tingkat stres mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI tahun akademik 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dan pendekatan secara cross-sectional, Penelitian ini memiliki 99 responden mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI dengan menggunakan metode total sampling. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini berupa Spirituality Attitude and Involvement List (SAIL) dan Perceived Stress Scale (PSS). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat spiritualitas dan tingkat stres dengan arah korelasi negatif dan memiliki kekuatan sedang (p = 0,031; α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan agar mahasiswa keperawatan dapat meningkatkan spiritualitasnya dengan menjalin hubungan baik dengan orang lain, lingkungan sekitar, dan dengan Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi.

Professional level education is needed to improve the knowledge, skills and attitudes to become professional nurses. However, there are many factors that can overcome stress during the clinical practice learning process, because students are required to be able to provide nursing care directly and accountably. Spirituality as a source of coping that has aspects of the meaning and purpose of life and the beliefs expressed can help deal with stress. This study aims to determine the relationship between the level of spirituality and the stress level of regular student profession programs FIK UI academic year 2018/2019. The design of this study used a descriptive correlative and cross-sectional design. This study had 99 respondents of regular student profession programs FIK UI using the total sampling method. The questionnaires used in this study included a List of Attitudes and Engagement Spirituality (SAIL) and Perception Stress Scale (PSS). The results of this study indicate the relationship between spirituality level and stress level with negative direction and have moderate strength (p = 0.031; α = 0.05). This research increases so that nursing students can improve their spirituality by establishing good relations with other people, the environment, and with God or a higher power."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>