Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150254 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manik, Febryani Dwilista
"Fungsi afektif keluarga berupa dukungan dan kasih sayang dapat mendukung gaya belajar mahasiswa. Gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini meliputi visual (belajar melalui apa yang dilihat), auditorial (belajar melalui apa yang didengar) dan kinesterik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Peneiitian ini merupakan penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola/gaya belajar dengan fungsi afektif keluarga dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 96 mahasiswa regular angkatan 2008 FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah random sederhana. Diperoleh bahwa fungsi afektif keluarga untuk mendukung gaya belajar mahasiswa adekuat pada 55 orang mahasiswa dan 41 orang mahasiswa tidak adekuat.
Dari penelitian disimpulkan tidak ada hubungan pola belajar dengan fungsi afektif keluarga pada mahasiswa reguler angkatan 2008 (p = 0,145). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan keluarga terkait gaya belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas area penelitian.

The form of family affection function are support and affection. It can support the learning style of student Learning style which is discussed in this research are visual leaming, auditorial learning and kinestetik Ieaming. This research was a correlative researched and used cross sectional design which has a purpose to know relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. The sample in this research was 96 student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. Sampling technique which is used in this research was simple nandom. The result is that family affection function to support the student?s learning style student is adekuat of 55 student and 41 student do not adekuat.
The conclusion from this research, there was not a relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008 (p=0,145). The result from this research can be used for give knowledge to student in college and family from learning style. Recommend for next researcher research area become wider.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5872
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Amalia
"Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi adalah fungsi afektif keIuarga. Pada mahasiswa asal daerah, kemungkinan besar mereka mengalami hambatan-hambatan dalam pemenuhan fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa reguler FIK Ul asaI daerah. Penelitian ini melibatkan 70 responden dengan teknik stratified random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan 30 responden (47,6%) memiliki fungsi afektif keluarga yang adekuat dengan IPK sangat memuaskan. Sementara 33 responden (52,4%) dengan fungsi afektif keluarga yang tidak adekuat juga memperoleh IPK yang sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan koIerasi antara fungsi afektif keIuarga dengan prestasi belajar (p value = 0,467 ; α = 0,05).

Learning achievement is influenced by two factors, namely factors internal and external factors. One of the external factors that influence is a function family Affective. In the student from country side, most likely they experienced barriers in the fulfillment function family affective. This study aims to determine the relationship between family function affective with student achievement in the regular study FIX UI comes from country side. This study involved 70 respondents with a stratified random sampling technique. Descriptive correlative design usedin this research.
Research shows 30 respondents (47.6%) have a family affective function correlative with IPK adequate and have a very satisfactory IPK. While for 33 respondents (52.4%) with the families affective function who do not adequate also obtain a very satisfactory GPA, so that there can be no the relationship between family function affective with learning achievement (p value = 0.467, α = 0.05).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5770
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelatif. Responden sebanyak 158 orang merupakan mahasiswa reguler dari angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang diukur kualitas tidumya menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi kumulatif dihitung menggunakan uji korelasi pearson dengan nilai r = 0,059. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

This study was aimed at identifying the relationship between the quality of sleep and a grade point average a student in the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia. This research used a quantitative research design with correlative approach. Respondents were 158 people regular students of the class of 2006, 2007 and 2008. The quality of sleep were measured by using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). The relationship between quality of sleep with a grade point average is calculated by using the Pearson correlation test with r = 0.059. The results stated that there was no relationship between quality of sleep with the grade point average of regular students of the faculty of Nursing, Universitas Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5846
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Sukmawati
"Riskesdas (2013) menyatakan bahwa 6% masyarakat mengalami gangguan emosional. Walaupun data yang didapat sudah menurun, namun angka tersebut tidak dapat diabaikan. Penelitian sebelumnya yang menggambarkan tentang tingkat stres mahasiswa FIK UI menjelaskan bahwa mahasiswa berada dalam rentang stres sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi mahasiswa terhadap tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa FIK UI dan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi berjumlah 694 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa regular angkatan 2010-2014 dan ekstensi angkatan 2012-2014. Sampel yang diambil adalah 101 mahasiswa, dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale untuk mengukur tingkat stres, dan kuesioner The Assesing Emotional Scale untuk mengukur kecerdasan emosi mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan tingkat stres pada mahasiswa FIK UI (p = 0,001).

Riskesdas (2013) said there are 6% of people who experience emotional disturbance. Although the data obtained has decreased, but the numbers cannot be ignored. The past research describe that the stress level of nursing students in University of Indonesia are in the range of moderate stress. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and stress in nursing student in University of Indonesia. This research is a quantitative research with cross sectional design. The population in this research are 694 nursing students that consist of regular 2010-2014 and extention 2012-2014. There are 98 nursing students as the samples by random sampling technique. This study used the Perceived Stress Scale questionnaire to measure the level of stress, and questionnaires The assesing Emotional Scale to measure the emotional intelligence of students. Results showed that there is a relationship between emotional intelligence and stress levels nursing students in Faculty of Nursing University of Indonesia (p=0,001).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S61268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Dewi
"Penelitian ini membahas tentang hubungan antara penggunaan lampu ketika tidur dengan kualitas tidur pada mahasiswa Program Studi Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesi. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang dipilih adalah 218 mahasiswa program studi sarjana regular FIK UI. Peneliti menggunakan teknik random sampling dalam memilih responden. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini merupakan kuesioner yang terdiri dari bagian pertanyaan demografi, pemilihan penggunaan lampu ketika tidur, dan pertanyaan dari instrument Pittsburgh Scale Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur.
Hasil penelitian ini diuji dengan Uji T independen. Berdasarkan uji statistik didapatkan rerata total skor PSQI sebesar 8,26 dengan nilai p=0,926 dimana p>0,05, maka secara statistik tidak ada perbedaan (hubungan) yang signifikan antara kualitas tidur mahasiswa yang lampunya dimatikan dengan yang lampunya dinyalakan ketika tidur. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan mahasiswa memahami faktorfaktor yang mempengaruhi kualitas tidur sehingga tercapainya kualitas tidur yang baik.

This study discusses the relationship between the use of lights when you sleep with sleep quality in Regular Undergraduate students of the Faculty of Nursing at Indonesi. The design of this study using correlative descriptive cross sectional approach. Selected sample was 218 undergraduate students of regular FIK UI. Researchers used random sampling techniques in selecting respondents. Measuring devices used in this study is a questionnaire consisting of demographic questions section, the selection of the use of lights when sleep, and the instrument Pittsburgh Scale Quality Index (PSQI) to measure the sleep quality.
The results of this study were tested by independent T test. Based on the statistical test obtained a mean of PSQI total score 8,26 and p value = 0.926 where p> 0.05, statistically there was no difference (relationship) significant between sleep quality students with the lights turned off its lights turned on when sleeping. With the results of this study, students are expected to understand the factors that affect the quality of sleep so as to achieve good quality sleep."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56309
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nova Indrawati B.
"Tidur yang berkualitas adalah kebutuhan dasar manusia namun pada mahasiswa kebutuhan tidur akan terganggu karena adanya kegiatan salah satunya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur antara mahasiswa yang mengikuti UKM dan mahasiswa yang tidak mengikuti UKM pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, keikutsertaan dalam UKM, status tinggal, dan lingkungan saat tidur sedangkan variabel dependen penelitian adalah kualitas tidur. Kualitas tidur diukur menggunakan PSQI. Penelitian dilaksanakan di FIK UI bulan Maret-April 2012. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif komparatif. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 232 orang. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai p value >0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kualitas tidur antara mahasiswa yang mengikuti UKM dan tidak mengikuti UKM. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa mayoritas mahasiswa FIK UI memiliki kualitas tidur buruk sehingga mahasiswa perlu memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi tidur dan pihak fakultas memberikan upaya untuk promosi kesehatan.

A quality sleep is a basic human need, but usually student?s need for sleep disturbed by activity such as University Student Extracuricular (USE). The aim of this research was to determine the differences of sleep quality between university student who participate in USE and who doesn't at Faculty of Nursing Universitas Indonesia. Respondent characteristics on this research were gender, age, year of college, participation on USE, living state, and the environment when sleep, while sleep quality as dependent variable research. Sleep quality measured by PSQI. This research was quantitative descriptive with comparative descriptive design. The samples of this research were 232 people. Based on hypothesis test, the p value was >0,05.
The conclusion of this research that there were no differences of sleep quality between university student who participated in USE and who didn't. This research also give an overview that most of the university student had poor sleep quality so that the university student have to improve the factors that influence sleep quality and also the faculty should give an effort to promote the sleep quality among the students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42629
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mikha Christina
"Penelitian ini membahas pengaruh konsep diri mahasiswa reguler angkatan 2008 Universitas Indonesia terhadap kecemasan yang dirasakan ketika berbicara di depan umum selama mereka belajar di UI. UI sedang menerapkan program pengembangan proses pembeIajaran berorientasi learner centered yang dikenal dengan nama Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT). Program ini menginisiasi mahasiswa belajar secara aktif dan mandiri, salah satunya dengan sering menyampaikan pendapat atau presentasi di depart kelas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskripfif koreIasi pada 96 responden mahasiswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan urnum pada mahasiswa reguler angkatan 2008 Universitas Indonesia (p value = 0,045 dan α = 0,05). Peneliti secara khusus menyarankan mahasiswa agar lebih mernperhatikan kualitas konsep dirinya dalarn upaya mengurangi kecemasan demi tercapainya tujuan utama berbicara di depan umum.

The focus of this research is self concept of regular college students in University of Indonesia that affect public speaking anxiety during they study in university. University of Indonesia is applying development program of study process orientate to learner centered or 'Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT)'. This program initiates students to team actively and autonomous, one of the strategies is by explaining an opinion or taking presentation in front of class.
This research shows the positive correlation between self concept and public speaking anxiety at regular college student 2008 in University of Indonesia (p value = 0,045 and α = 0,05). The researcher suggests especially for the college students that they should pay attention to the quality of their self concept in order to decrease the anxiety and to achieve the main goal of their public speaking.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5762
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ruby Larasaty
"ABSTRAK
Tingkat stres pada mahasiswa dapat mempengaruhi kualitas tidur dan mempengaruhi munculnya
gangguan tidur seperti sleep paralysis. Penelitian ini membahas mengenai hubungan tingkat stres
dengan kejadian sleep paralysis pada mahasiswa FIK UI Angkatan 2008. Penelitian menggunakan
desain deskriptif korelatif. Sampel berjumlah 107 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia angkatan 2008. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Responden
mengisi kuesioner berupa data demografi, 18 pernyataan yang merujuk kepada Depression Anxiety Stress
Scales (DASS), dan 8 pernyataan mengenai sleep paralysis yang disusun peneliti berdasarkan penelitian
Cheyne et al (1999). Melalui hasil analisis chi square menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat stres
dengan kejadian sleep paralysis. Faktor yang mempengaruhi timbulnya kejadian sleep paralysis adalah
tingkat stres pada individu (p value 0,015; α 0,05). Hasil menunjukan mahasiswa dengan tingkat stres
sedang dan mengalami sleep paralysis (95,2%); mahasiswa dengan tingkat stres tinggi dan mengalami
sleep paralysis (95,2%); dan mahasiswa dengan tingkat stres ringan dan mengalami sleep paralysis
(78,66%). Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperluas topik penelitian seperti meneliti
perbedaan jenis halusinasi tiap budaya di Indonesia serta menggunakan teknik pengambilan data total
sampling sehingga terlihat gambaran kejadian secara keseluruhan dalam suatu populasi.

ABSTRACT
This study used descriptive correlative design which aimed to identify the relationship between
stress levels and the incidence of sleep paralysis. This research was using sample amounted 107
students come from Faculty of Nursing University of Indonesia. Researcher also used accidental
sampling. Respondents were given questionnaires which was consists of 3 statements about
demographic data, 18 statements about the level of stress which was refers to the Depression
Anxiety Stress Scales (DASS), and 8 statement of sleep paralysis which was composed by
researchers based on research from Cheyne et al (1999). The result showed there was bound
relationship between stress levels and the incidence of sleep paralysis (p value 0.015; α 0,05).
Results showed students with moderate levels of stress experienced sleep paralysis (95.2%);
students with high stress levels and experienced sleep paralysis (95.2%); and students with mild
stress levels and experienced sleep paralysis (78,66%). Researcher suggests for next research to
extend topic area (such as identifying different types of hallucinations in each region in all over
Indonesia). Researcher also suggests for using total sampling because it will probably describe
whole population."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43113
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Haniul Karomah
"Stigma TB yang diberikan kepada penderita TB masih menjadi masalah utama dalam penanganan penyakit TB. Peneliti melakukan penelitian terhadap 90 mahasiswa profesi ners FIK UI menggunakan teknik quota sampling dengan desain cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang TB terhadap stigma kepada pasien TB.
Hasil penelitian ini menunjukkan 26 responden (28,9%) memiliki pengetahuan baik dan stigma tinggi, sedangkan 33 responden (36,7%) memiliki pengetahuan baik dan stigma rendah dengan p value 0,268 dan α=0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan stigma terhadap TB. Perlu dilakukan orientasi maupun pelatihan sebelum memasuki tahap profesi untuk meningkatkan pengetahuan dan memiliki stigma rendah terhadap TB.

The stigma of are given to TB patients is one of major problem in the TBtreatment. This study involved 90 clinical nursing student and used a quota sampling and cross-sectional design. This study used a questionnaire to determine the relationship of the level of student knowledge about TB and stigma to TB patients.
The results showed 26 respondents (28.9%) had a good knowledge and high stigma, while 33 respondents (36.7%) had a good knowledge and stigma lower with the p value 0.268 and α = 0.05.
The conclusion of this study Orientation and training needs to be done before entering the stage of the profession to improve their knowledge and have lower stigma against TB.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S63058
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Azzahra
"Pengetahuan dan penerapan prinsip-prinsip mekanika tubuh selama asuhan keperawatan sangat penting untuk menghindari cedera ergonomi selama bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap mahasiswa keperawatan dalam menerapkan prinsip mekanika tubuh selama asuhan keperawatan. Penelitian ini melibatkan 101 orang mahasiswa profesi ners menggunakan desain cross sectional dengan teknik stratified random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan masih banyak mahasiswa profesi ners yang memiliki pengetahuan kurang tentang prinsip mekanika tubuh (86,1%). Walaupun demikian sikap terhadap penerapan mekanika tubuh mayoritas positif (50,1%). Penelitian ini juga menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dalam menerapkan prinsip mekanika tubuh pada mahasiswa profesi ners FIK UI angkatan 2015 (p value = 0,001). Penelitian lebih jauh tentang penerapan prinsip mekanika tubuh perawat dibutuhkan untuk penelitian berikutnya.

Knowledge and application the principles of body mechanics for nurses is essential to avoid ergonomic injured. The aim of this research is to determine the relationship between knowledge and attitude of nursing students in applying the principles of body mechanics during nursing care. This research involved 101 clinical nursing student of Universitas Indonesia class of 2015 using cross sectional design with stratified random sampling technique.
These results indicate there are many clinical nurse students who have poor knowledge about the principles of body mechanics (86,1%). The attitude towards the application of body mechanics is positive (50,5%). This result also indicates that there is a significant relationship between knowledge and attitude in applying the principles of body mechanics in clinical nursing student (p value = 0,001). Any further research on the application of body mechanics principles in nursing is needed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S64662
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>