Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177419 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Andrea Dorea Masa
"Topik skripsi ini mengenai minat dan kebiasaan membaca mahasiswa SI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Uni_versitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kebiasaan mahasiswa SI JIP-FSUI secara umum-terhadap jenis terbitan tertentu, yaitu buku, majalah, koran dan tabloid--dengan mengacu pada beberapa segi pokok: jenis bahan bacaan yang dibaca, dan diantara jenis-jenis bacaan tersebut mama yang paling banyak dibaca, waktu yang digunakan untuk membaca setiap harinya, nama bahan bacaan yang dibaca, subjek atau topik bahan bacaan yang diminati, alasan utama membaca bahan bacaan, cara utama untuk memperoleh bahan baca_an, serta kegiatan apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minat dan kebiasaan membaca mahasiswa S1 JIP-FSUI secara umum sudah cu_kup baik. Hal itu terlihat dari waktu yang mereka pergunakan untuk - membaca tiap harinya yang umumnya berkisar antara 1 sampai dengan lebih dari 2 jam, bervariasinya jenis bacaan yang mereka baca, alasan-alasan yang mereka kemukakan sehing_ga mereka membaca-umumnya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari diri sendlri, cara-cara yang mereka tempuh untuk menda_patkan bahan bacaan, serta dari pengisian waktu luang mereka, yang oleh sebagian besar dari responden diisi dengan membaca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniherti
"Penelitian mengenai Pemanfaatan Perpustakaan oleh Mahasiswa di lakukan di Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Depok, pada bulan Maret sampai April 1994 , tujuannya adalah untuk mengetahui frekuensi, waktu dan alasan.mahasiswa mengunjungi perpustakaan dan mengetahui pemanfaatan koleksi oleh mahasiswa di perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada esponden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FSUI yang mengunjungi perpustakaan pada saat penelitian. Adapun sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa FSUI yang mengunjungi perpustakaan pada saat penelitian berlangsung dan bersedia mengisi kuesioner yang disebarkan.
Melalui metode penarikan sampel secara kebetulan (accidental sampling) diperoleh 201 sampel. Hasilnya menunjukkan bahwa 34,3 % mahasiswa mengunjungi perpustakaan 2 sampai 3 kali dalam seminggu, 35,3% mahasiswa mengunjungi perpustakaan 1 sampai 2 jam dalam setiap kunjungan dan 44,7 % mahasiswa mengunjungi perpustakaan antara pukul' 8.30 sampai 12.00 WIB. Alasan utama dari kebanyakan mahasiswa adalah menbaca koleksi yang berhubungan dengan mata kuliah. Pemanfaatan terhadap koleksi menunjukan 37,5 % mahasiswa meminjam buku-buku yang berhubungan dengan mata kuliah 2 sampai 3 buku per minggu, 82 % mahasiswa pernah memanfaatkan buku yang bersifat untuk memperluas pengetahuan, 49,1 % mahasiswa memanfaatkan majalah yang bersifat umum.
Untuk bahan rujukan kebanyakan mahasiswa memanfaatkan ensiklopedi umum dan untuk surat kabar 58 % mahasiswa memanfaatkan surat kabar yang dilanggan oleh perpustakaan. Dengan demikian Perpustakaan FSUI sudah cukup dimanfaatkan oleh mahasiswanya, terbukti dari frekuensi kunjungan dan alasan mahasiswa, yaitu sebagian dari waktu belajar mandirinya dilakukan di perpustakaan. Selain itu juga pemanfaatan terhadap koleksi terutama buku menunjukkan bahwa kantong peminjaman yang dimiliki sudah dimanfaatkannya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15619
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Laxman Sanjaya Pendit
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Herry Prasetyo
"Penelitian tentang Sikap Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Sastra terhadap layanan Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) telah dilaksanakan. Jenis layanan Perpustakaan FSU1 yang menjadi obyek dalam penelitian ini meliputi sirkulasi, referensi 1 rujukan. surat kabar, majalah 1 jurnal ilmiah, skripsi 1 laporan penelitian, penelusuran informasi 1 literatur, fotokopi dan internet. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperolch inlormasi mengenai sikap mahasiswa Program Sarjana PSUI terhadap layanan Perpustakaan FSUI scbagai unsur penunjang lerlaksananya tri dharma perguruan tinggi. Selain itu dapat mengetahui sikap mahasiswa sebagai pemakai perpustakaan terhadap pctugas perpustakaan dalam membantu pemakai mcmperoleh informasi dan bahan pustaka yang dibutuhkan, dengan dcmikian dapat diketahui apakah pctugas Perpustakaan FSU1 telah dianggap baik oleh pemakai dalam melaksanakan tugasnya. khususnya menyangkut layanan yang diberikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan adalah dengan melakukan penelitian dcskriptif, dengan pendekatan penelitian pemakai atau user survey. Populasi pada penelitian ini mahasiswa Program Sarjana FSUI, besaran contoh ditetapkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa Program Sarjana FSU1 sebagai responden. Conioh pada penelitian ini diambil secara kebetulan (accidental sampling). Pcnarikan contoh secara kebetulan dilakukan karena adanya keterbatasan, populasi yang tidak diketahui dengan pasti. Cara ini mudah dilaksanakan, karateritik populasi tidak dipertimbangkan. Dengan demikian hasil/kesimpulan yang ditarik hanya berlaku untuk populasi yang diambil bukan sebagai kesimpulan umum. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada skala Liken.
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa pada dasarnya jenis layanan yang ada di Perpustakaan FSUI, dan menjadi obyek pada penelitian ini telah dianggap baik oleh mahasiswa dan membantu menyelesaikan tugas perkuliahan, demikian juga halnya dengan petugas dalam memberikan layanan telah melakukan tugasnya dcngan baik. Namun demikian ada beberapa jenis layanan di Perpustakaan FSU1 yang masih harus diperbaiki keberadaanya dalam rangka meningkatkan layanan untuk masa mendatang. Jenis layanan yang dimaksud misalnya menurut mahasiswa, prosedur permintaan fotokopi dianggap lambat serla hasilnya yang kurang baik dan kurang memuaskan, demikian juga dengan waktu akses/keterhubungan pada layanan internet menurut mahasiswa dianggap lambat.
Dari hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak Perpustakaan FSUI dalam mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi jenis layanan yang telah dianggap baik oleh mahasiswa. Untuk jenis layanan yang dianggap kurang baik masih kurang oleh mahasiswa, dapat dicarikan alternatif pemecahannya guna memperbaiki/meningkatan layanan tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kelanjutan dari penelitian ini, dengan topik yang sama atau berkaitan dalam dunia perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15122
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Ferry Juddin
"Perpustakaan FKM UI memiliki tugas untuk mengumpulkan. melestarikan, mengolah, memanfaatkan dan menyebarluaskan informasi ilmiah khusus bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menunjang program pendidikan, pengajaran. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Aar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, perpustakaan harus giat memperkenalkan/mempromosikan jasa dan layanan yang ada kepada pnmakai untuk dapat mewujudkan pemakaian fasilitas perpustakaan yang lebih optimal. Skripsi ini mengangkat masalah program promosi yang diadakan di Perpustakaan FKM UI terutama melalui sudut pandang mahasiswa FKM UI, yang dalam kasus ini merupakan sama-sama untuk memasarkan jasa dan layanan yang disediakan perpustakaan.
Dari hasil penalitian dapat diketahui bahwa pemakai perpustakaan FKM UI sangat mengharapkan program promosi yang alami dan dilaksanakan agar dapat terus ditingkatkan. Masukan-masukan dari pemakai merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Berupa program yang telah dilaksanakan sebenarnya tidak cukup baik, hanya perlu sedikit pembenahan, misalnya untuk Papan Display dan Book Lists. Untuk kedua program pemakaian tidak diperlukan tenaga atau dana khusus, yang dibutuhkan adalah pemilihan lokasi yang lebih strategis sehingga dapat lebih mudah dikenali dan digunakan oleh pemakai. Secara keseluruhan pemakai mengharapkan program promosi yang dilaksanakan dapat ditingkatkan, sehingga perpustakaan dapat memikirkan lebih berperan aktif dalam mendukung proses belajar-mengajar lingkungan FKM UI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dwi Yan Arisma
"Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI, khususnya pangkalan data dalam jaringan jurnal elektronik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kesadaran pengguna, pemanfaatan koleksi, kemampuan penggunaan komputer, kualitas informasi, kemudahan akses, kemudahan penggunaan, dan kesadaran penggunaan. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software SPSS for Windows release 16 untuk menghitung persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan oleh 110 responden sudah cukup baik, namun masih disayangkan adanya responden yang tidak mengetahui keberadaan koleksi tersebut. Hasil penelitian juga menyebutkan kurangnya sosialisasi baik keberadaan koleksi tersebut maupun cara penggunaannya.

This thesis describes about the usage of online database Universitas Indonesia Library by the undergraduate program student, especially about online database electronic journal. The research uses quantitative approach with case study method which questionnaire as the research instrument. The questionnaire indicators are user awareness, collection usage, computer self-efficacy, quality information, ease of access, ease of usage, usage awareness. Data analysis that is used in this research is helped by SPSS for Windows release 16 software to tabulate the percentage.
The result of this research showed that 110 respondents rate the usage of online database is good enough. But, unfortunately there are respondents that did not know the existence of online database. This research also show the lack of socialization of the online database’s existence and the searching strategy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Laxman Sanjaya Pendit
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Lisda Rahayu
"Jasa penelusuran literatur rnerupak:an salah situ jasa yang disediakan perpustakaan untuk membantu atau memudahkan pemakai dalam melakukan penelusuran literature.Di perpustakaan, jasa, ini dapat digolongkan sebagai salah satu jasa lavanan rujukan. Penelitian yang dilakukan di FKM-UI ini bertujuan Untuk merrgetaahui usaha-usaha pustakawan dalarm membantu mahasiswa melakukan penelusuran literatur. Selain itu tujuan yang ingin dicapai adalah dapat diketahui seberapa banyak program magister yang memanfaatkan jasa penelusuran literatur serta kaitansaya dengan kemarnpuan mahasiswa dalam menggunakan sarana bibliografi yang disediakan perpustakaan s,ebagai alat yang digunakan dalam proses penelusuran. Dari hasil penelitian dapat diketahui usaha-usaha yang dilakukan pustakawan guna membantu mahasiswa melakukan proses penelusuran. Selain menyediakan sarana hibliografi tercetak, pustakawan rujukan juga menyediakan jasa penelusu_ran literatur melatilui CD-ROM serta arkses penelusuran ke bahan aslinya. Tentunya untuk jasa ini, pemakai dikenakan biaya khusus Hasil penelitian menunjukkan jumlah mahasiswa yang menggunakan jasa ini yaitu lebih dari setengah jumlah res_ponder. Mahasiswa yang tidak menggunakan jasa ini sebagian besar mengemukakan alasan mereka bahwa sebetulnya mereka, tidak mengetahui adanya jasa penelusuran literatur. Sebagian kecil lainnya mengemukakan alasan bahwa mereka lebih senang melakukan penelusuran literatur sendiri. Mahasiswa yang menggunakan jasa penelusuran literature Sebenarnya juga lebih senang melakukaln penelusuran literatur sendiri apabiIa mereka tidak menemui hambatan dalam penelusuran atau li teratur yang di temukan telah memersuhi kebutu_hars. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian Yang menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sbetulra mampu dan paham dalam menggunakan Sarana bibliografi tercetak. Jadi penelusuran literatur dengan bantuan pustakawan rujukan hanya sebagian alternatif lain bila merek:a tidak menemukan literature di sarana bibliografi tercetak atau dal am koleksi perpustakaan. Pendapat mahasiswa mengenai jasa penelusuran literatur di Perpustakaan FKM-Ul telah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dar.i hasil penelitian rnengenai kepuasan pemakai atas jasa penelusuran serta tingkat keberhasilan penelusuran bila dibantu oleh pustakawan rujukan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15495
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>