Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 216171 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Karmaya Jozianna Ismuningsih
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara paparan kekerasan dan distres psikologis pada remaja laki-laki di Lembaga Pemasyarakatan Anak Tangerang. Pengukuran distres psikologis menggunaan alat ukur Hopkins Symptom Checklist (HSCL-10) dan pengukuran paparan terhadap kekerasan menggunakan alat ukur Screen for Adolescent Violence Exposure untuk anak (KID-SAVE) yang sudah diadaptasi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 110 remaja laki-laki yang berada di Lembaga Permasyarakatan Anak Tangerang. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara paparan kekerasan dan distres psikologis pada remaja yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (r=0.310, signifikan pada L.o.S (0.01).

The purpose of this study is to find the correlation between exposure to violence and psychological distress in adolescent males in Tangerang Correctional Institute for Children. In this research, psychological distress is measured using Hopkins Symptom Checklist (HSCL-10) and exposure to violence is measured using Screen for Adolescent Violence Exposure for children (KID-SAVE). The participants in this research were 110 adolescent males from Tangerang Correctional Institute for Children. The results show that there is a significant correlation between exposure to violence and psychological distress in adolescent males in Correctional Institute for Children (r=0.310, significant at L.o.S 0.01)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmadian Darman
"ABSTRAK
Perkelahian pelajar samapai saat ini menjadi topik yang sering dijadikan bahan
pembicaraaa Banyak orang benisaha meneliti lebih lanjut mengenai dinamika teqadinya
perkelahian pelajar tersebut. Mustofe (dalam Johanes 1993) menjelaskan faktor-faktor
yang mungl^ menjadi penyebab teqadinya perkelahian pelajar. Penyebab itu dibagi
menjadi empat bagian yaitu anak/siswa, keluarga, sekolah dan lingkimgan sekitamya.
Keempat &ktor tersebut dapat dikupas lebih lanjut sehingga ditemukan solusi yang mampu
memecahakan masalab perkelahian pelajar tersebut. Dalam penulisan ini, &ktor sekolah
merupakan faktor yang menjadi titik berat penelitian mengingat adanya kemungkinan yang
cukup baik nntiik dilakukannya interfensi. Hal ini didukung dengan adanya sistem yang
baku dalam setiap sekolah dan adanya keseragaman dalam menjalankan sistem tersebut.
Perkelahian pelajar merupal^ salah bentuk agresi yang dengan sengaja dilakukan
oleh siswa yang bersangkutan. Pemahaman dari tindakan agresi yang diberikan Baron
adalah suatu tindakan yang disengaja dan bertujuan untuk melukai orang lain (dalam
Deaux ,1988). Didasari oleh pengertian inilah maka perkelahian pelajar dianggap sebagai
tindakan agresif. Salah satu penyebab mimculnya perilaku agresif adalah adanya fiustrasi
yang dialami oleh subyek. Berkowitz (dalam Deaux, 1993) menyatakan bahwa untuk
mengaitkan fiustrasi dan agresi harus melalui anger sebagai variabel penghantar.
Pengertian dari fiustrasi itu sendiri adalah adanya ketidaksesuaian anatara harapan dengan
kenyataan. Sedangkan ager adalah suatu dorongan yang dirasakan oleh seseorang untuk
bertindak agresif. Dikaitkan dengan faktor penyebab perkelahian yang menjadi titik berat penelitian
yaitu sekolab, maka dapat dikatakan bahwa siswa mengalami frustrasi terhadap
sekolahnya. Dengan demikian mereka memiliki dorongan yang cukup besar untuk
bertindak agresif yang pada akhimya tampil dalam bentuk perilaku terlibat dalam
perkelahian pelajar.
Untuk memahami bagaimana sekolah mempengaruhi siswa, maka Conger (1988)
menyatakan bahwa lingkungan sekolah dibagi menjadi dua bagian yaitu lingkungan
instrumental dan lingkungan sosial. Lingkungan instrumental berupa Fasilitas (instrumen
keras) dan kurikulum (instrumen lunak). Sedangkan lingkungan sosial berupa orangorang
yang terlibat dengan mereka selama di sekolah yaitu guru, kepala sekolah dan
petugas administrasi. Dalam penelitan ini, keadaan frustrasi yang dimaksud adalah frustrasi
terhadap guru dan kepala sekolah (variabel).
Lebih rinci lagi, faktor guru dan kepala sekolah dibagi menjadi dua kategori/aspek
(sub variebel) yaitu kemampuan manajemen kelas dan menjalin hubungan sosial guru,
kemanq)uan manajemen sekolah dan menjalin hubungan sosial kepala sekolah. Dengan
demikian dalam penelitian ini akan menajawab bagaimana peran frustrasi terhadap faktorfektor
tersebut dalam menentukan keterlibatan siswa pada perkelahian pelajar. Peranan
frustrasi itu sendiri tidak secpru Jqngsung berpenganih melainkan melaui anger yang
ditimbulkan frpsf^asi yang dj^I^uninya.
Teknik analisa data y^g al^an digunakan afjalah multiple r^^-ession vfntuk melihat
besar sumbangan masipg-masing variabel ataif sub variabel. Untuk ipejihat hubungan
anger dengan keterlibatan pada perkelahian elajar digun^an t-test dan korelasi point
bisserial. Dari hasil penghitungw akan dipproleh hasU yang ajcan memperlihatkan
dinamika dari masing-masing variabel.
Hasil menunjukkan bahwa kfrutrasi terhadap manajemen kelas guru dinilai paling
berperan dalam menimbulkan anger pada siswa. Selanjutnya adalah kfrustrasi terhadap
kemampuan menjalin hubungan sosial kepala sekolah dan diikuti oleh kemampuan
manajemen sekolah kepala sekolah. Frustrasi terhadap kemampuan menjalin hubungan
sosial guru tidak berperan dan tidak memiliki hubungan yang signifikan dalam
menimbulkan anger. Hubungan antar anger dan keterlibatan pada perkelahian pelajar
dhemukan signifikan sehingga penemuan sumbangan masing-masing variabel otomatis
menjelaskan hubungan tak langsung dengan keterlibatan siswa pada perkelahian pelajar.
Pada akhir penulisan ditemukan hash lain yaitu adanya perbedaan dinamika
sumbangan sub variabel antara kelompok terlibat dan tidak terlibat.Hal yang sama juga
ditemukan dalam tiap kelompok "asal sekolah" sampel yang digunakan. Saran yang
diberikan lebih kepada saran pembuatan alat, penelitian lebih lajut mengenai guru dan
kepala sel(o|ah yang ideal bagi siswa serta masukan untuk memperbaiki kemaippuan
m^jemen kel^ guru a^ar spsuai dengan apa yang diharapk^p pleh siswa."
1995
S2316
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nova Ananda
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara paparan terhadap kekerasan dan sikap terhadap kekerasan pada remaja laki-laki. Partisipan penelitian ini berjumlah 301 orang yang terdiri dari remaja laki-laki di komunitas umum dan remaja laki-laki di lembaga pemasyarakatan. Pengukuran paparan terhadap kekerasan menggunakan alat ukur KID-Screen for Adolescent Violence Exposure (KID-SAVE) (Flowers et al., 2000) dan pengukuran sikap terhadap kekerasan menggunakan alat ukur Attitudes Towards Violence Scale (ATVS) (Funk et al., 1999).
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara paparan terhadap kekerasan dan sikap terhadap kekerasan pada remaja laki-laki (r = 0.442; p = 0.000, signifikan pada L.o.S 0.05). Artinya, semakin tinggi paparan terhadap kekerasan yang dialami seseorang, maka semakin positif sikapnya terhadap kekerasan. Analisis tambahan menemukan perbedaan paparan terhadap kekerasan dan sikap terhadap kekerasan yang siginifikan antara partisipan yang berada di komunitas umum dan di lembaga pemasyarakatan.

This research was conducted to find the correlation between exposure to violence and attitude toward violence among adolescent boys. The participants of this research are 301 adolescent boys who lived in general community and correctional institution. Exposure to violence was measured using an adaptation of KID-Screen for Adolescent Violence Exposure (KID-SAVE) scale (Flowers et al., 2000) and attitudes toward violence was measured using an adaptation of Attitudes Towards Violence Scale (ATVS) (Funk et al., 1999).
The results showed that there is a significant correlation between exposure to violence and attitude toward violence (r = 0.448; p = 0.000, significant at L.o.S 0.01). That is, the higher the exposure to violence experienced, the more positive one’s attitude toward violence. Additional analysis also find significant differences in exposure to violence and attitude toward violence between participants who lived in general community and correctional institution.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46803
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Damayanti
"Perilaku kekerasan dalam pacaran merupakan salah satu bentuk perilaku agresivitas yang sering dimunculkan oleh para remaja saat sedang mengalami konflik dengan pasangan sebagai bentuk penyelesaian masalah mereka. Namun, perilaku tersebut dapat dicegah dengan cara adanya peran dari keterlibatan orangtua seperti keterlibatan ayah. Studi korelasi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan ayah dan perilaku kekerasan dalam pacaran pada remaja madya.
Pengukuran keterlibatan ayah dilakukan dengan menggunakan alat ukur Father Involvement Scale dan pengukuran perilaku kekerasan dalam pacaran dilakukan dengan menggunakan alat ukur The Revised Conflict Tactics Scale. Partisipan penelitian berjumlah 354 orang remaja berusia 14 ndash; 18 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan ayah pada domain perilaku dan perilaku kekerasan dalam pacaran pada remaja madya r = -0.095.

Dating violence is a form of aggressive behavior that are often showed by adolescences while experiencing conflict with their partner as a form of problem solving. However, such behavior can be prevented by parent involvement role, such as father involvement. This correlation study was conducted to find out the relationship of father involvement and dating violence in middle adolescence.
Father involvement was measured using Father Involvement Scale and Dating violence behavior was measured using The Revised Conflict Tactics Scale. The participants of this study consisted of 354 adolescences aged 14 ndash 18 years old. The result showed that there is significant negative relationship between father involvement in behavioral domain and dating violence behavior in mid adolescence r 0.095."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S69793
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Rumasita S
"ABSTRAK
Dalam sejarah kehidupan, manusia selalu mengejar prestasi. Dari banyak
penelitian yang telah dilakukan, tampak adanya hubungan yang signifikan antara
self efficacy dan prestasi. Seseorang dengan kemampuan rata-rata namun memiliki
self efficacy yang tinggi dapat mencapai prestasi yang baik. Selain self efficacy,
dukungan dari orang tua, guru dan kelompok teman sebaya juga dapat
mempengaruhi prestasi belajar karena mereka merupakan lingkungan sosial yang
dekat dengan kehidupan siswa. Dukungan juga dapat mempengaruhi prestasi
secara tidak langsung, yaitu melalui self efficacy, karena siswa masa remaja awal
masih mendengarkan pendapat orang-orang di sekitarnya, dan hal tersebut dapat
mempengaruhi cara siswa mempersepsikan kemampuannya. Hal tersebut dapat
mempengaruhi prestasi belajarnya. Oleh sebab itu, peneliti ingin melihat
hubungan dukungan sosial dan self efficacy dengan prestasi belajar pada siswa
SLTP, karena siswa SLTP berada pada masa perkembangan remaja awal.
Penelitian dilakukan pada 92 orang subyek yang terdiri dari 37 siswa lakilaki
dan 55 siswa perempuan, yang berusia sekitar 13-15 tahun. Pemilihan subyek
dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling. Setiap subyek dalam
penelitian memperoleh kuesioner dukungan sosial dan skala self efficacy, dan
untuk mengetahui prestasi belajarnya digunakan nilai rapor catur wulan pertama.
Data dalam penelitian diolah dengan menggunakan teknik koefisen alpha dari Cronbach, korelasi Pearson Product Moment dan multiple regression yang ada
pada program SPSS for MS Windows Rclease 10.0.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan
antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Hal ini berarti semakin tinggi
dukungan sosial maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Hubungan yang
signifikan juga ditemukan antara self efficacy dengan prestasi belajar.
Meningkatnya skor self efficacy akan diikuti dengan meningkatnya prestasi
belajar. Dukungan sosial dan self efficacy juga berhubungan secara signifikan.
Dan jika diteliti secara bersamaan, terlihat adanya hubungan yang signifikan
antara dukungan sosial dan self efficacy dengan prestasi belajar. Tetapi hanya
10,7% varians dari prestasi belajar dapat dijelaskan oleh dukungan sosial dan self
efficacy.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan jumlah
sampel yang lebih besar dan beragam agar hasil dapat digeneralisasikan. Selain
itu, perlu dilakukan validasi eksternal terhadap instrumen penelitian yang
digunakan. Kontrol juga perlu dilakukan untuk variabel-variabel lain yang turut
mempengaruhi prestasi belajar. Pada penelitian selanjutnya, nilai rapor juga dapat
digantikan dengan tes standar untuk melihat prestasi siswa seperti EBTANAS."
2002
S3092
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifka Rahman Hakim
"Studi ini berangkat dari maraknya kasus kekerasan seksual khususnya yang menimpa anak-anak (kekerasan seksual anak) terjadi di Indonesia. Meluasnya Pornografi disebut-sebut banyak pihak sebagai penyebab fenomena ini terjadi. Menggunakan dua pendekatan sekaligus, yakni kualitatif sebagai pendekatan utama dan kuantitatif sebagai pendukung, penelitian ini berusaha menelusuri pola penggunaan media pornografi pada pelaku kekerasan seksual anak dan bagaimana media pornografi berhubungan dengan perilaku seksual mereka tersebut. Berdasarkan analisis statistik deskriptif data kuantitatif yang diperoleh dengan metode survey pada 30 orang responden diduga bahwa penggunaan media pornografi pada pelaku kekerasan seksual anak penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak tidak banyak berbeda dengan orang biasa pada umumnya.
Berdasarkan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara diketahui bahwa bagaimana penggunaan media pornografi memengaruhi perilaku seksual pelaku kekerasan seksual anak merupakan hasil dari mekanisme pemutarbalikan persepsi, proses belajar sosial, efek desensitisasi, serta adanya keterbangkitan seksual (sexual aurosal) para pelaku kekerasan seksual anak tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan antara penggunaan media pornografi dan kekerasan seksual tidak bersifat langsung. Konsumsi pornografi mendorong terbentuknya skema tertentu tentang perempuan dan kondisi tersebut yang mendorong terjadinya kekerasan seksual.

This study departs from the rampant cases of sexual violence, especially affecting children (child sexual abuse) occurred in Indonesia. Widespread pornography is touted by many as the cause of this phenomenon occurs. Using two approaches at once, qualitative as a main and quantitative as a supporter, this study tried to discover patterns of media use of pornography on the perpetrators of child sexual abuse and how the media of pornography relates to their sexual behavior. Based on the descriptive statistical analysis of quantitative data obtained by the the method of the survey on 30 respondents alleged that the use of media pornography on the perpetrators of child sexual abuse is not much different from people in general.
Based on case studies with data collection through interviews showed that how the use of media pornography affects sexual behavior of perpetrators of child sexual abuse is the result of a twisting mechanism of perception, social learning processes the effects of desensitization, and the presence of sexual arousal perpetrators of sexual abuse of the child. The study concluded that the relationship between media use pornography and sexual violence is not straightforward and not directly. Consumption of pornography encourages the formation of certain schemes on women on perpetrators and the conditions that perpetuate sexual violence.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Rizkiany Sutjijoso
"Obesitas adalah kelebihan berat badan yang jauh dari normal. Pada remaja, bentuk tubuh yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat dapat berpengaruh pada harga diri dan prestasi belajar mereka. Harga diri dan prestasi belajar saling berhubungan, dimana harga diri mempengaruhi prestasi belajar dan prestasi belajar mempengaruhi harga diri (Coopersmith, 1967 dalam Frey & Carlock, 1984; Trautwein et al., 2006). Remaja yang obesitas sering diasosiasikan dengan memiliki harga diri yang rendah (French et al., 1995; Pesa, Syre, & Jones, 2000). Lebih lanjut, obesitas juga berpengaruh pada prestasi belajar. Penelitian terdahulu menemukan bahwa remaja yang obesitas cenderung memiliki prestasi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan remaja dengan berat badan normal (Datar, Sturm, & Magnabosco, 2004; Pyle et al., 2006). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan harga diri dan prestasi belajar tersebut pada remaja obesitas.
Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dan prestasi belajar pada remaja yang obesitas. Subyek berjumlah 31 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 13 perempuan, berusia antara 14 tahun hingga 18 tahun. Seluruh subyek merupakan siswa SMA dari 3 sekolah di Jakarta. Skala harga diri disusun berdasarkan Coopersmith Self-Esteem Inventory (1967) dan prestasi belajar dilihat berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian. Korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dengan prestasi belajar pada remaja yang obesitas.
Hasil ini dapat disebabkan adanya faktor lain yang terkait dengan harga diri dan prestasi belajar serta kemampuan lain yang dimiliki subyek. Penelitian selanjutnya sebaiknya lebih memperhatikan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan prestasi belajar dan harga diri, mengikut sertakan semua mata pelajaran, dan tingkat inteligensi subyek.

Obesity is a condition where there is excess body weight due to an abnormal accumulation of fat. Disturbance in physical appearance during adolescents could influence adolescents' self-esteem and later affected their academic achievement at school. There is a reciprocal correlation between self-esteem and academic achievement (Coopersmith, 1967 dalam Frey & Carlock, 1984; Trautwein et al., 2006). Obese adolescents are associated with low self-esteem (French et al., 1995; Pesa, Syre, & Jones, 2000). Obesity is also affected adolescents' academic achievement, where obese adolescents tend to have lower academic achievement than normal weight adolescents (Datar, Sturm, & Magnabosco, 2004; Pyle et al., 2006). Therefore, the current study was conducted to examine the relationship of self-esteem and academic achievement on obese adolescents.
It was hypothesized that there is a relationship between self-esteem and academic achievement on obese adolescents. Subjects were consisted of 31 adolescents, 18 of them were males and 13 were females between the age of 14 and 18 years old. All subjects were high school students in Jakarta. Subjects were asked to fill out self-esteem scale which designed based on Coopersmith Self-Esteem Inventory (1967). Subject's academic achievements were seen based on their examination results. The Pearson?s product moment correlation did not show any significant relationships between self-esteem and academic achievement on obesity adolescent.
This result could be explained that there were other factors related to self-esteem and academic achievement that did not take account of in this study. Further research should consider other variables that related to self-esteem and academic achievement, include all academic subjects in school.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S5919
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penyalahgunaan NARKOBA merupakan fenomena gunung es, yakni apa yang tampak tidak seperti aslinya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa angka pencandu NARKOBA adalali 10 kali lipat dari jumlah yang tercatat resmi. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi hubungan yang ditimbulkan oleh teman sebaya/peer group dan perkembangan remaja terhadap penyalahgunaan NARKOBA. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Tangerang Banten denagn jumlah responden 70 orang dan berusia 10 sarnpai 24 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Kai kuadrat untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menyiinpulkan ada hubungan yang signifikan antara pengaruh teman sebaya/peer group terhadap penyalahgunaan NARKOBA dengan tidak adanya pengaruh teman sebaya/peer group terhadap penyalahgunaan NARKOBA (p value = 0,000; α = 0,05). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat perkembangan remaja yang sesuai, terhadap penyalaligunaan NARKOBA dengan tingkat perkembangan remaja yang tidak sesuai, terhadap penyalahgunaan NARKOBA (p value = 0,000; α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan pada tenaga kesehatan untuk melakukan upaya promotif dan preventif penyalahgunaan NARKOBA yang mengikutsertakan teman sebaya/peer group."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5471
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>