Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162726 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yunirwansyah Yassin
"ABSTRAK
Tesis ini membahas persaingan di bidang jasa konstruksi minyak dan gas bumi
(Migas) yang akan semakin berkembang. Terlebih 2009 nanti dimana pelakupelaku
jasa konstruksi dalam negeri harus semakin mampu berhadapan dengan
para pelaku konstruksi dari luar negeri khususnya dengan negara tetangga dan
negara dari asia pasifik. Diperkirakan akhir 2010 negara-negara maju anggota
APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) sudah akan membuka pasarnya di
dalam negeri. Berkaitan dengan itu, pemerintah Indonesia bersama asosiasi atau
konsorsium kontruksi harus segera mulai melakukan pembinaan dan pengawasan
terhadap kegiatan jasa konstruksi nasional. Pelaku jasa konstruksi dalam negeri
dapat dikatakan mampu bersaing dengan pelaku asing bila mampu menjawab
berbagai tuntutan globalisasi seperti kompetensi, profesionalisme, mutu dan
manfaat pekeija konstruksi, karena tantangan ke depan yang cukup berat dan
terkadang membuat pelaku jasa konstruksi beranggapan globalisasi merupakan
ancaman serius bagi kelangsungan usahanya. Padahal, tuntutan dan ancaman itu
justru sudah ada di dalam negeri sendiri terutama terkait dengan industri
konstruksi Migas.

ABSTRACT
The focus of this study is the competition in oil and gas construction service
which will be growing rapidly. In 2009, domestic construction company should
take part to facing companies in the same line of business from neighbor countries
and the Asia Pacific region. It is predicted in 2010, the APEC (Asia Pacific
Economic Cooperation) of developed countries will opens its domestic market for
foreign business relation. In addition to that, it is time for government and
construction association or consortium to starting education and control on
national construction service activities. Domestic construction service may be
determined well prepared to deal with its foreign counterpart as long as ready to
face global challenges of competency, professionalism, quality and construction
workers benefit, because of such future challenges may becoming difficult and in
some case makes domestic construction service assuming the globalization is the
serious treat to its business continuation. In Fact, the challenge and treat are
already right there domestically in relation to oil and gas construction industry."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T25174
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yunirwansyah Yassin
"ABSTRAK
Tesis ini membahas persaingan di bidang jasa konstruksi minyak dan gas bumi
(Migas) yang akan semakin berkembang. Terlebih 2009 nanti dimana pelakupelaku
jasa konstruksi dalam negeri harus semakin mampu berhadapan dengan
para pelaku konstruksi dari luar negeri khususnya dengan negara tetangga dan
negara dari asia pasifik. Diperkirakan akhir 2010 negara-negara maju anggota
APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) sudah akan membuka pasarnya di
dalam negeri. Berkaitan dengan itu, pemerintah Indonesia bersama asosiasi atau
konsorsium kontruksi harus segera mulai melakukan pembinaan dan pengawasan
terhadap kegiatan jasa konstruksi nasional. Pelaku jasa konstruksi dalam negeri
dapat dikatakan mampu bersaing dengan pelaku asing bila mampu menjawab
berbagai tuntutan globalisasi seperti kompetensi, profesionalisme, mutu dan
manfaat pekeija konstruksi, karena tantangan ke depan yang cukup berat dan
terkadang membuat pelaku jasa konstruksi beranggapan globalisasi merupakan
ancaman serius bagi kelangsungan usahanya. Padahal, tuntutan dan ancaman itu
justru sudah ada di dalam negeri sendiri terutama terkait dengan industri
konstruksi Migas.

ABSTRACT
The focus of this study is the competition in oil and gas construction service
which will be growing rapidly. In 2009, domestic construction company should
take part to facing companies in the same line of business from neighbor countries
and the Asia Pacific region. It is predicted in 2010, the APEC (Asia Pacific
Economic Cooperation) of developed countries will opens its domestic market for
foreign business relation. In addition to that, it is time for government and
construction association or consortium to starting education and control on
national construction service activities. Domestic construction service may be
determined well prepared to deal with its foreign counterpart as long as ready to
face global challenges of competency, professionalism, quality and construction
workers benefit, because of such future challenges may becoming difficult and in
some case makes domestic construction service assuming the globalization is the
serious treat to its business continuation. In Fact, the challenge and treat are
already right there domestically in relation to oil and gas construction industry."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T37360
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Latief
Jakarta: UI-Press, 2011
PGB 0337
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Bajongga CFHS
"Era pasar bebas akan dihadapi oleh bangsa Indonesia. Industri konstruksi termasuk perusahaan jasa konstruksi, harus segera berbenah diri jika tidak ingin tenggelam dalam ekonomi global. Faktor internal, eksternal dan market forces adalah faktor-faktor kritis yang mempengaruhi profitability, growth, sustainability dan competitiveness sebagai indikator kinerja perusahaan jasa konstruksi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa pengaruh permasalahan yang terjadi pada eksternal perusahaan terhadap kemampuan daya saing perusahaan jasa konstruksi di Indonesia. Survei dengan kuesioner dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama diperoleh 30 variabel definitif faktor eksternal berdasarkan analisa prioritasisasi. Analisis statistik pada survei tahap kedua diperoleh faktor-faktor eksternal yang paling mempengaruhi kinerja daya saing atau competitiveness yaitu tingkat investasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang rendah, kenaikan harga material dan peralatan, perubahan kebijakan pemerintah (kepastian hukum), pengaturan segmen pemerintah belum mantap sedangkan segmen swasta belum diatur, sikap terhadap kualitas hidup bekerja (etos kerja) yang rendah, perkembangan inovasi bidang konstruksi (produk fisik, metode, teknologi material dan peralatan) yang rendah, kondisi cuaca dan iklim, kekuatan tawar menawar suplier, serta kekuatan tawar menawar pembeli. Simulasi monte carlo dilakukan untuk melihat kemungkinan ataupun probabilitas terjadinya variabel penentu dalam model persamaan, dimana diperoleh nilai rata-rata yang cukup tinggi dengan perolehan probabilitas berkisar pada 50%.

Global economy and free trade is unavoidable. Construction industry like wise the construction company, must sensitive and aware with the threat of international competition in order to be able to compete in global economy. Internal factors, external factors and market forces are the critical success factors that influence the profitability, growth, sustainability and competitiveness as performance indicators for Construction Company.
The aim of this thesis is to identify and analyze the effect of the problems in external environment to competitiveness of the construction company in Indonesia. Questionnaire survey is taken in two parts. In the first part, 30 definitive variables are successful identified from prioritization analysis. Statistic analyses from the second part of survey are identifying external factors, which have strong influence to the performance indicators of Construction Company. They are low level of local and foreign investment, raise of material and equipment cost, government deregulation (certainty of law), the arrangement of government and private segment that not established, low attitudes of work life quality (work ethos), lack of innovation development in construction area (physical product, method, material technology and equipment), climate and weather condition, bargaining power of suppliers and also bargaining power of buyers/owners. Monte Carlo simulation is perform to forecast the probability of the defining variables in the equation, where as the reasonably high mean is gain for each competitive indicator in 50% probability of success.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16083
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Handini Susiwi
"Kesuksesan suatu perusahaan dilihat dari kinerja perusahaan tersebut dalam meningkatkan keuntungan (profitable), dapat bertumbuh (Growing), dapat mempertahankan kelangsungan hidup (Sustainable), dan mampu bersaing (Competitiveness). Hal tersebut merupakan pedoman arah strategis hampir semua organisasi bisnis, khususnya usaha jasa konstruksi (kontraktor). Di Indonesia, kemampuan bersaing perusahaan-perusahaan jasa konstruksi masih dirasakan sangat lemah. Padahal di dalam era perdagangan bebas, kemampuan daya saing merupakan salah satu ukuran kinerja suksesnya perusahaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan untuk meningkatkan kemampuan daya saing dalam era globalisasi, faktor market forces (Kekuatan Pasar) pada industri konstruksi perlu dikelola dengan baik. Permasalahan market forces yang banyak terjadi di dalam suatu perusahaan biasanya berhubungan dengan lemahnya kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia dan organisasi perusahaan, khususnya organisasi di bidang pemasaran. Kemampuan menganalisa permasalahan pada faktor market forces adalah salah satu hal yang menentukan dalam meningkatkan daya saing perusahaan jasa konstruksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan pengaruh faktor Market Forces sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan jasa konstruksi serta untuk menganalisis seberapa besar pengaruh market forces tersebut terhadap kinerja daya saing perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) di Indonesia. Dengan analisis SPSS diketahui bahwa faktor perusahaan yang gagal dalam melakukan proses pengembangan inovasi serta adanya budaya perusahaan yang cenderung negatif terbukti seeara significant mempengaruhi kinerja daya saing (Competitiveness) perusahaan jasa konstruksi. Pada akhimya dengan mengetahui hal tersebut di atas, tentunya akan lebih mudah bagi perusahaan jasa konstruksi untuk mengelola faktor market forces dalam meningkatkan daya saing perusahaan.

The success of a company is reflected by its performance in profitability, growth, sustainability, and competitiveness. Those are the strategic aims of all business organizations. The competitive capability among construction companies in Indonesia is very low. Whilst in free trade era, competitive capability is the core of company success. To anticipate this problem and to advance competitive capability, well-managed marketing in Construction Company is the key. Marketing which happens to be the major problem is usually related to low capability of company in carrying out the market. Marketing strategy capability in a company turns out to be a crucial problem that needs better dealing. The improvement can be reached by knowing marketing objectives, strategies, and tactics to be used by a company in accomplishing the entire company goals. Hence, marketing is one of the biggest factors that mostly occur in a company failure.
This research is done to identify market forces factors in a Construction Company that can decrease, the company's competitive performance, and to analyze the effect of market forces factors towards the company's competitive performance. By using SPSS analysis, it is proven that failing in applying innovation development process and a negative trend in corporate culture is factors that significantly influence the company's competitive performance. Thus, in determining those factors above, construction companies can easily manage market forces factors in order to improve the companies' competitiveness."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T16092
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Lembaga Pengembangan jasa konstruksi Nasional, 2011
338.47 LEM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hamid Shahab
Jakarta: Djambatan, 1996
690.026 HAM a (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Along with the tendencies of Indonesian construction companies in getting the Quality Management
System (QMS) certification as an impact of the prerequisite needed in project tender mechanism and the
awareness of internal companies QMS blueprint improvement in continual improvement concept, also
emerge construction companies stakeholder critical question, that is if the companies which had already
adopted and executed QMS like ISO 9001 will had a better competitiveness. This research proves
theoretically and statistically about significant correlation between better competitiveness and Critical
Success Factor (CSF) in QMS.
"
Jurnal Teknologi, Vol. 22 (3) September 2008 : 179-186, 2008
JUTE-22-3-Sep2008-179
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Fanshurullah Asa
"Seiring kecenderungan perusahaan jasa konstruksi Indonesia berlomba dalam penerapan dan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) akibat adanya prasyarat dalam mekanisme tender proyek serta keinginan sadar akan cetak biru perbaikan SMM internal perusahaan menuju konsep penyempurnaan berkelanjutan, muncul juga kekritisan pemangku kepentingan jasa konstruksi dengan pesan yang disampaikan secara sangat jelas, yaitu apakah perusahaan yang telah mengadopsi dan melaksanakan SMM seperti ISO 9001 memiliki daya saing yang semakin baik. Penelitian ini membuktikan secara teori dan statistik adanya korelasi signifikan antara peningkatan daya saing dengan faktor-faktor kritis pencapaian sukses atau Critical Success Factor (CSF) dalam Sistem Manajemen Mutu.

Along with the tendencies of Indonesian construction companies in getting the Quality Management System(QMS) certification as an impact of the prerequisite needed in project tender mechanism and the awareness of internal companies QMS blueprint improvement in continual improvement concept, also emerge construction companies stakeholder critical question, that is if the companies which had already adopted and executed QMS like ISO 9001 will had a better competitiveness. This research proves theoretically and statistically about significant correlation between better competitiveness and Critical Success Factor (CSF) in QMS."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Ermon Denny Hasiholan
"Pada era globalisasi, tantangan besar yang dihadapi setiap perusahaan adalah dampak globalisasi, kompetisi dan strategi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor dominan yang mempengaruhi daya saing untuk meningkatkan profit perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) dan menyusun strategi bersaing. Penelitian ini berupa studi kasus terhadap perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) rekanan PT. X di Papua. Metode penelitian adalah analisis deskriptif eksploratif melalui survei kuisioner dan wawancara pakar. Data diolah dengan analisis statistik dan SWOT. Hasil penelitian diperoleh enam faktor dominan yang mempengaruhi daya saing untuk meningkatkan profit perusahaan jasa konstruksi dan lima strategi bersaing.

In the era of globalization, the major challenges faced by each corporate are impact of globalization, competition and strategy. This research was conducted to identify the dominant factors that influence competitiveness to increase profit of the contractor and develop competitive strategies. This research was a case study of the construction companies which partners of PT. X in Papua. The research method was descriptive exploratory analysis through questionnaire surveys and expert interviews. The data was analyzed with statistical and SWOT analysis. The findings of the study were six dominant factors that affecting competitiveness of the contractor and five competitive strategies."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T29330
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>