Ditemukan 7944 dokumen yang sesuai dengan query
Delwasse, Liliane
Paris : nnr Carriere , 2006
305.43 DEL q
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Halimatussadiyah
"Sejak tahun 1950-an, situasi permasalahan mengenai gender di Prancis mengalami transformasi yang sejalan dengan munculnya gerakan sinema Nouvelle Vague. Selain membawa pengaruh radikal terhadap industri sinema, Nouvelle Vaguejuga memproduksi film-film yang sarat akan isu-isu sosial, termasuk situasi perempuan yang dianggap sebagai objek, salah satunya dalam film Les Bonnes Femmes (1960) karya Claude Chabrol. Film ini mengisahkan pengalaman perempuan melalui perspektif empat tokoh perempuan yang intrik dengan perilaku dan persoalan hidup masing-masing dengan tujuan yang sama, yaitu memiliki sosok laki-laki dan mengharapkan cinta sejati. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan konstruksi perempuan dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui konsep kajian sinema oleh Joseph M. Boggs dan Dennis W. Petrie (2018) yang didukung dengan teori identitas oleh Kathryn Woodward (2005) dan gagasan feminisme eksistensial oleh Simone de Beauvoir (1949). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film tersebut mengonstruksi eksistensi perempuan sebagai sosok yang membutuhkan pengakuan melalui cinta dan narsisme.
Since the 1950s, the situation of gender issues in France has been transformed in line with the emergence of the Nouvelle Vague cinema movement. In addition to bringing radical influence to the cinema industry, Nouvelle Vague also produced films that are full of social issues, including the situation of women who are perceived as objects, one of which is in the film Les Bonnes Femmes (1960) by Claude Chabrol. This film tells the story of women's experiences through the perspectives of four female characters who are intrigued by their respective behavior and life problems with the same purpose of having a male figure and expecting true love. Based on this background, this research aims to show the construction of women in the film. This research uses a qualitative method through the concept of cinema studies by Joseph M. Boggs and Dennis W. Petrie (2018) supported by identity theory by Kathryn Woodward (2005) and the idea of existential feminism by Simone de Beauvoir (1949). The results of this study show that the film constructs the existence of women as a figure who needs recognition through love and narcissism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1994
190 CON
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Gide, Andre
Paris : Gallimard, 1958
843.91 GID f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nadya Vanya Audia
"Artikel ini membahas tentang heroisme dalam film Les Femmes de L rsquo;Ombre yang diadaptasi dari kisah nyata tentang tokoh-tokoh perempuan yang ikut berperan dalam Perang Dunia II dengan tergabung dalam organisasi spionase Special Operations Executive SOE. Penelitian kualitatif ini dianalisis melalui aspek naratif dan sinematografis film dengan menggunakan teori Boggs dan Petrie 2011. Sementara itu, artikel ini menggunakan konsep heroisme oleh Taha 2002. Hasil analisis menentukan status hero pada tokoh-tokoh yang meliputi status hero, semi-hero dan anti-hero yang dilihat melalui motivasi, tekad, kemampuan, perjuangan serta keberhasilan tokoh dalam menyelesaikan misi utama.
This article focuses on analyzing the heroism of female characters in a movie titled Les Femmes de L rsquo;Ombre by Jean Paul Salom which is based on true story. This movie depicts how women struggled against German durning World War II by joining espionage organization called Special Operations Executive SOE. This research is a qualitative research and analyzed through narrative and cinematrography aspect from Boggs and Petrie 2011. Meanwhile, the values of heroism in this movie is reviewed by using heroism concept by Taha 2002. The result of this research distinguishes the three conceptions of heroism, namely hero, semi-hero, and anti-hero as seen through each character rsquo;s motivation, will, ability, execution, and outcome."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Deloche, Jean
Paris: Ecole Franqaise D'Extreme-Orient, 1979
954 DEL m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nina Evayanti
"Skripsi ini mengenai kritik Moli_re terhadap perempuan berlagak pintar dalam karyanya yang berjudul Les Femmes Savantes (Perempuan-perempuan berlagak pintar). Penelitian ini menggunakan pendekatan intrinsik dan ekstrinsik melalui analisis terhadap alur, tokoh dan pengujaran. Hasil analisis terhadap alur, tokoh dan pengujaran menunjukkan bahwa kritik Molire yang ditujukan kepada perempuan berlagak pintar merupakan kritik sosial kepada masyarakat terutama perempuan Prancis pada masa itu yang lebih mementingkan pendidikan kognitif daripada pekerjaan rumah tangga mereka. Mereka juga bersikap berlebihan kepada sekitarnya.
The Main focus of this study is Molire's critique to the _learned_ ladies in his work, Les Femmes Savantes (The Learned Ladies). This study uses intrinsic and extrinsic approach through the analysis of plot, characters and dialogues. The result of the analysis proves that Molire's critique to the "learned ladies" is addressed to the French society especially the women during the mid-17th century who have more interests to literature than domestic works. And they behave excessively towards the people around them, including their family."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14531
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Lagarde, Andre
Paris: George G. Harrap, 1964
PER 840.07 LAG g IV (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Duby, Georges
Paris: Plon , 2002
305.409 DUB h I
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Duby, Georges
Paris: Plon , 2002
305.409 DUB h II
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library