Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 111444 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hutagalung, Mangasa Sotarduga
Jakarta: Gunung Agung, 1967
899.208 HUT t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Mangasa Sotarduga
"Kesusasteraan Indonesia masih dalam pertumbuhannja jang baru. Sedjarah pertumbuhannja jang agak lengkap belum pernah ditulikan. Salah sata sebabnja menurut pendapat saja, ialah karena sulitnja penerbitan sehingga belum semua karja pengarang-pengarang Indonesia terekam dengan teratur, sehingga agak sulit membuat tindjauan-tindjauan jang teliti. Tidak djarang pengarang jang dianggap baik oleh abli-ahli sastra dan kritikus sastra belum mempunjai karangan jung diterbitkan sebagai buku. Di Indonesia penerbitan karja seseorang banjak djuga tergantung pada nasib hingga belumlah tentu se_orang jang telah mempunjai buka lebih berniiai karangannja dari pengarang jang belum mempunjai buku. Asrul Sani kita anggap sebagai tokoh kedua setelah Chairil Anwar diantara pelopor-pelopor Angkatan 45. Bila Chairil Anwar te_lah dibitjarakan dari palbagai sudut, agak mengherankan djuga penjair, penu1is tjerpen: eseis, dramawan Asrul Sani - yang menurut mutu dan djumlah karangannja termasuk tokoh penting dalam kesusas_teraan Indonesia -- tidak banjak dibitjarakan. Apakah djasanja ha_nja sebagai pelopor sadja? Dimana kekuatannja, dan dimana kelema-hannja? Da1am buku H.B. Jassin Kesusasteraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei, sakalipun sudah diperluas mendjadi dua djilid dan dalamnja sering disebut-sebut nama Asrul Sani belumlah kita tamui pembitjaraan tersendiri mengenai pengarang ini. Hanja dalam buku Prof.Dr. A.Teeuw Pokok tokoh dalam kesusasteraan Indonesia Baru, ada pembahasan jang agak pandjang. Mungkin hal ini disebab_kan karena ketjuali kumpulan sajak Asrul Sani bersama-sama dengan Chairil Anwar dan Rivai Apin Tigak menguak Takdir belum ada jang diterbitkan, ditambah pula sebagaimana pendapat Prof.Dr. A.Teeuw ka_rangan pengarang ini, terutama sadjak-sadjaknja, sulit ditapsirkan. Hal-hal diataslah jang merangsang saja_untuk meneliti karangan Asrul Sani. Sajang sekali berhubung waktu jang terbatas, saja hanja akan meneliti sebagian ketjil dari karja Asrul Sani, jakni sadjak dan tjerita pendeknja."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1964
S10867
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pustaka Jaya, 1997
928 ASR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hapis Sulaiman
"Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sekaligus menganalisis citra tokoh utama perempuan dalam skenario tersebut. Deskripsi citra tokoh perempuan dalam analisis ini didasarkan pada perkembangan penokohan yang meliputi karekter, sikap, dan pola pikir tokoh perempuan. Pemilihan skenario KDKK karya Asrul Sani sebagai objek penelitian didasarkan pada keinginan melihat keistimewaan skenario ini, terutama dalam kaitan dengan tema perempuan. Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa KDKK merupakan film yang mendapat penghargaan piala Citra sebagai film terbaik pada FFI tahun 1987. Selain itu, beberapa skenario karya Asrul Sani seperti Nagabonar dan Apa yang Kaucar, Palupi? Juga memperlihatkan tema perempuan. Skenario Kejarlah Daku Kau Kutangkap mengungkapkan problematika peran dan karekter perempuan. Di dalamnya diungkapkan perubahan status dan peran perempuan yang berpengaruh pada perubahan karakter, sikap dan pola pikir mereka. Perubahan karakter, sikap, dan pola pikir tersebut pada akhirnya mengakibatkan perubahan citra mereka. Di sisi lain, perubahan karakter, sikap dan pola pikir ini memperlihatkan kedinamisan citra perempuan yang ditandai dalam dua kategori, citra stereotip dan tidak stereotip. Hal ini juga menunjukkan upaya perempuan dalam mempertahankan eksistensi mereka. Tokoh Mona yang dicirkan perempuan dengan citra stereotip digambarkan sebagai perempuan yang bergantung dan tidak mampu membuat keputusan. Sebaliknya, tokoh Marni yang dicirikan sebagai perempuan dengan citra tidak stereotip digambarkan sebgai perempuan mandiri, tegas, mampu mengambil keputusan, dan enggan menikah karena penilaian buruknya tentang laki-laki. Perubahan karakter, sikap, dan pola pikir tokoh perempuan dalam skenario tersebut, menunjukkan adanya pergeseran terhadap citra perempuan. Pergeseran citra terjadi sesuai kondisi dan situasi yang dihadapi tokoh. Hal ini sesuai dengan pemahaman yang menyebutkan penggenderan bersifat fleksibel. Segala sifat, peran yang menempel pada laki-laki atau perempuan yang diberikan oleh masyarakat dapat saling bertukar tempat dan berubah sesuai dengan kondisi dan perkembangan masyarakat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S10871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajip Rosidi, 1938-
Jakarta: Budaja Djaja, 1987
899.22 AJI u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wisni Bartanti
Djakarta : Lembaga Kebudajaan Rakjat , 1959
808.81 AGA s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
A. Rossidhy
Djakarta : Pembangunan, 1956
808.81 ROS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pane, Armijn
Djakarta: Bagian Bahasa Djawatan Kebudajaan Departemen P dan K., 1960
899.22 ARM g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Emzita
Djakarta: t.p, 1970
809 EMZ s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ajip Rosidi, 1938-
Djakarta : Pembangunan, 1960
808.81 AJI s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>