Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Macdonald, 1951
914.2 THI
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wardatul Hasanah
"ABSTRAK
Artikel ini menjelaskan bagaimana sekolah yang berada pada komunitas miskin dan mayoritas siswanya berasal dari status sosial ekonomi rendah di perdesaan dapat memperoleh capaian akademis yang bagus. Belum banyak studi yang membahas pencapain sekolah miskin dalam bidang akademis. Studi sebelumnya lebih fokus pada faktor fisik sekolah dan latar belakang ekonomi keluarga terhadap pencapaian akademis. Artikel ini fokus pada peran modal sosial dalam pembangunan kualitas siswa melalui sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah dengan modal sosial yang tinggi akan memperoleh prestasi akademis yang bagus pada siswanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada dua sekolah dasar di Kecamatan Panti dengan melakukan perbandingan pada dua sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap pihak sekolah,keluarga dan komunitas. Peneliti juga menggunakan data pendukung dari hasil penelitian sebelumnya dan studi lain yang relevan
ABSTRACT
This research explain how schools in a poor communities which students are likely come from a low socioeconomic status in rural areas can achieve a good academic achievment. Studies that explain about the good echievements of poor students from rurals is still less. The previous studies are more focusing in a physical factors of school and the family socio economic factors. This research focus on the role of social capital on the increasing student quality through school. The result of this research is that a school which has a high social capital will earn a good academic achievements. This research uses qualitative methods, a study case by comparing two elementary schools in Kecamatan Panti. Researcher takes primary data by interviewing school, families, and community. Researcher also uses the supporting data from earlier research and other relevant studies."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Safira
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1996
S2304
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waryanto
"ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis upaya yang dilakukan Utut Adianto dakam memajukan prestasi olahraga catur Indonesia. Dalam upaya tersebut terdapat Faktor pendorong dan penghambat yang menyebabkan prestasi Utut Adianto mengalami pasang surut. Keterbelakangan kondisi prestasi olahraga catur di Indonesia, khususnya prestasi pecatur Indonesia dalam kancah internasional merupakan hal yang menjadi pendorong bagi Utut Adianto untuk menjadi pecatur yang disegani dunia internasional. Sejak kecil Utut Adianto telah memiliki kemampuan yang besar dalam olahraga catur dan telah mencetak prestasi internasional yang membanggakan bagi Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan heuristik, kritik, dan interpretasi terhadap koran sezaman, arsip organisasi Percasi, dan wawancara dengan pelaku sejarah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan fakta bahwa tekad dan juga kerja keras dari Utut Adianto menghantarkannya menjadi seorang pecatur terbaik Indonesia dan disegani dunia Internasional. Perestasi tersebut, diharapkan dapat memajukan pemikiran pecatur Indonesia untuk dapat mengikuti prestasi yang ditorehkan Utut Adianto.

ABSTRACT
This undergraduate Thesis analyzes the efforts made by Utut Adianto in developing the achievements of Indonesian chess. In that effort there are pushing and inhibiting factors that cause Utut Adianto 39 s achievement rise and fall. The conditions of chess achievement in Indonesia which are underdeveloped, especially the achievement of Indonesian chess players in the international arena is a matter of motivation for Utut Adianto to become a respected international chess player. Since his childhood, Utut Adianto has a great ability on chess and has scored a proud international achievement for Indonesia. The research was conducted heuristically and criticically towards contemporary newspapers, Percasi organization archives, and interviews with historical actors. Based on the research that has been done, the writter has found the fact that the determination and hard work of Utut Adianto had been delivered him to become the best chess player of Indonesia as well as he is respected internationally. The achievement made by Utut, is expected to advance the thinking of Indonesian chess players to be able to follow the achievements that are inscribed by Utut Adianto."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miftahul Jannah
"Peningkatan kualitas Sekolah Islam di Indonesia bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah pondok pesantren yang berdiri setiap tahunnya. Pesantren masa kini bukanlah pesantren yang hanya mengajarkan kitab kuning ataupun pengajian belaka, karena selain pelajaran agama diimbangi dengan kurikulum yang mengacu kepada kurikulum pendidikan nasional. Sehingga saat ini kualitas pesantren bisa disejajarkan dengan sekolah umum lainnya. Hasil belajar yang tinggi merupakan dambaan setiap anak; terlebih lagi bagi para orangtua. Ada beberapa faktor internal yang bisa mempengaruhi prestasi belajar, seperti, inteligensi, sikap siswa, bakat, minat dan motivasi. Serta beberapa faktor eksternal seperti, para guru, dan teman-teman sekelas yang dapat mempengaruhi semangat belajar seorang siswa. Hubungan antara murid dan guru, sikap-sikap yang dirasakan oleh murid bisa berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Pesantren menggunakan metode belajar mengajarnya selama duapuluh empat jam dengan sistem asrama, interaksi antara guru dan murid mempunyai frekuensi yang tinggi dengan segala pengaruhnya bagi santri. Terlihat dari jadwal kegiatan harian dan peraturan-peraturan yang diterapkan di pesantren, disiplin yang mengikat santri selama duapuluh empat jam merupakan pengganti pola asuh yang diterapkan pesantren pada para santrinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi masuk pesantren dan poia asuh di pesantren dengan prestasi belajar santri pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alas ukur berupa kuesioner yang diberikan kepada 65 responden, disamping itu dilakukan pula metode kualitatif berupa wawancara dengan metode focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) pada sebagian kecil dari sampel untuk melengkapi basil penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif yang akan dipakai untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah multiple correlation untuk melihat hubungan antar variabel dengan menggunakan SPSS 12.0 for windows. Sedangkan untuk metode kualitatif menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut:
1. Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi masuk pesantren dengan prestasi belajar santri di pesantren.
2. Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh di pesantren dengan prestasi belajar santri di pesantren.
3. Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi masuk pesantren dan pola asuh di pesantren secara bersamaan dengan prestasi belajar santri di pesantren.
Selain hipotesis diatas, dalam penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan pada dimensi pola asuh otoriter dan memberikan pengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar santri. Berdasarkan hasil kesimpulan dan hasil analisis yang ada, peneliti memberikan saran kepada berbagai pihak terkait akan pentingnya motivasi masuk pesantren bagi santri dan pola asuh yang diterapkan di pesantren bagi para santri. Dengan pola asuh yang baikakan Iebih meningkatkan prestasi belajar santri.

The increasing of Islamic School quality in Indonesia can be seen from the growing of the pesantren amount every year. Nowadays, Pesantren is not only teaching ancient book or how to pray. Because. beside religion lessons there is curriculum which relate to national curriculum. So the quality of Pesantren can be with other public school. Hight achievement is every child dreams more over to parents. There are internal factors which influence student achievement, such as: intelligences, student attitude, talent, motivation and enthusiasm. And also some external factors such as: teacher and classmates who able to influence the spirit of student. The relation between teacher and pupil, attitudes felt by pupil can influence to their achievement. Pesantren use method of learning and teaching for twenty four hour by hostel system. which have high frequency with its influence to the student. It can be seen from daily activity schedule and applied regulations in pesantren, obligatory discipline of student during twenty four hour represent substitution of parenting style which is applied by pesantren to their student.
This research aim is to know pesantren entrance motivation and pesantren parenting style with student achievement of pesantren Darunnajah Ulujami, South Jakarta. This Research use quantitative approach by using measuring instrument in the form of passed to Questioner 65 sample, is despite fully done also method qualitative in the form of interview with method of focus discussion group in part a small than sample to equip result of quantitative research. The Quantitative method to wear to process data in this research is multiple correlation to see the relation between each variable by using SPSS 12.0 for windows. While for method qualitative use content analysis.
Result of research shall be as follows:
1.There is no relation which are positive and significant between pesantren entrance motivation with student achievement in pesantren
2.There is no relation which are positive and significant between pesantren parenting style with student achievement in pesantren
3.There no relation which are positive and significant between pesantren entrance motivation and pesantren parenting style concurrently with student achievement in pesantren.
Besides the hypothesis above in this research is found by the existence of relation which is significant at dimension of authoritarian style and give influence to lowering of student achievement. Pursuant to result of existing analysis result and conclusion, researcher give suggestion to various related parties for the importance of pesantren entrance motivation to parenting. style of which is applied in pesantren to all student with good pesantren parenting style will improve student achievement.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T15079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayan Heryana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan mujahadah terhadap kinerja guru SDIT di Kec.Pasar Minggu.
Sampel penelitian kuantitatif ini adalah guru SDIT di Jakarta Selatan khususnya yang mengajar di Kecamatan Pasar Minggu dengan jumlah 78 guru. Alat ukur dimensi-dimensi motivasi berprestasi dikembangkan berdasarkan ciri-ciri motivasi berprestasi yang dikemukakan oleh David McClelland dengan 21 item pernyataan. Alat ukur mujahadah dikembangkan berdasarkan dari teori yang dikemukakan oleh ‘amr kholid dengan 10 item pernyataan. Alat ukur kinerja guru berdasarkan pada teacher performance assasement instrument yang dikembangkan oleh Georgia Departemen of Education yang kemudian dimodifikasi oleh Depdiknas menjadi alat penilaian kinerja guru (APKG) dengan 39 item pernyataan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tehnik Multiple Regression Analysis.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel dimensi-dimensi motivasi berprestasi dan mujahadah terhadap kinerja guru. Dengan kofisien regresinya R : 0,535 sedangkan R Squere dari independent variable penelitian sebesar 02,7% dengan indeks signifikansi 0,004 menunjukan P<0,05, berarti ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan mujahadah terhadap kinerja guru SDIT di Kecamatan Pasar Minggu.

This study aims to determine the relationship between motivation of achievement and mujahadah with the teacher's performance.
The sample in this study is Islamic primary school teachers in south jakarta amounted to 78 teachers. the measuring instruments motivation of achievment based on the theory David McClelland with 21 items statement. the measuring instruments mujahadah based on the theory ‘amr kholid with 10 items statement. the measuring instruments performing teachers based on teacher performance assasement instrument ( DIKNAS) with 39 items statement. data analysis in this study using Multiple Regression Analysis.
The results or conclusions in this study showed a significant relationship between motivation of achievement and mujahadah with the performance of teachers in primary islamic school. Coffisien regression showed only one-dimensional have effect on teacher performance is performance planning. R: 0,535 and R Squere from independent variable studys is 28,7% with an index of significance 0,004 showing P<0,05, there is influence significance motivation of achievement and mujahadah with the performance of teachers in primary islamic school.
"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library