Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
Kitto, H.D.F.
Harmondsworth: Penguin Books, 1951
938 KIT g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wycherley, Richard Ernest
New York: Norton, 1976
711.409 WYC h
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Morrison, Wayne
London: Cavendish Publishing Limited, 2000
340.1 MOR j
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Tarn, W.W.
Cambridge, UK: University Press, 1951
935 TAR g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lloyd, Seton
Harmonsworth Penguin Books 1956
913.392 L 240
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jordan, R. Furneaux
New York: Viking Press, 1961
720.94 JOR w
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
McIlwain, Charles Howard
New York: Macmillan, 1957
320.09 MCI g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Cottrell, Leonard
Amerika: The New American Library, 1960
901 COT a
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Cornelia Petrabella Raditya
"Film-film Hollywood telah seringkali menggambarkan etnis non-Putih dengan stereotip rasial yang cenderung menyesatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan di balik penggambaran bangsa Yunani dan Persia dalam film aksi Hollywood 300: Rise of an Empire. Walaupun film garapan sutradara Noam Murro ini sukses masuk ke daftar film berpendapatan terbesar sepanjang 2014, belum ada yang mengkaji film tersebut dari sudut pandang Orientalisme pada saat karya tulis ilmiah ini disusun. Penulis menggunakan metode analisis karakter dan semiotik audiovisual pada enam adegan yang menampilkan interaksi antara karakter-karakter Yunani dan Persia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh Persia direpresentasikan dengan karakteristik negatif baik dari segi fisik maupun non-fisik. Semua karakter Persia dalam film ini digambarkan berpenampilan seperti penduduk Timur Tengah, bersifat lemah, bodoh, kejam, dan tamak. Ini sangatlah bertentangan dengan pencitraan bangsa Yunani yang semua ditampilkan berkulit putih, berpostur ideal, bersifat berani, loyal,cerdas dan menjunjung nilai-nilai kebebasan. Konten film 300: Rise of an Empire cenderung melebih-lebihkan dan melencengkan perbedaan antara bangsa Yunani (Barat) dan Persia (Timur). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa film ini mencerminkan paham Orientalisme.
Hollywood movies have often portrayed non-White ethnicities with misleading racial stereotypes.The goal of this study is to find the underlying message behind the portrayal of Greeks and Persians in the Hollywood action movie 300: Rise of an Empire. Directed by a top Hollywood director Noam Murro, the movie has gained huge profit worldwide and been listed as one of the most successful movies throughout 2014. There has been no Orientalist study on this movie yet when this paper was written.This study examines six selected scenes, where interactions between the Greeks and the Persians take place, using character and audiovisual semiotic analyses. The result shows that the Persians in the movie are represented as weak, backwards, cruel, and greedy Arabs.The White Greeks, on the other side of the spectrum, are attractive, brave, loyal, intelligent and freedom-loving. 300: Rise of an Empire exaggerates and distorts the differences between the Greeks (West) and the Persians (East), placing the two nations at the furthest ends of the opposite spectrum. Therefore, it can be concluded that the movie reflects Orientalist notions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library