Ditemukan 14469 dokumen yang sesuai dengan query
Thackeray, W.M. (William Makepeace)
London: J.M. Dent, 1957
823.914 THA v
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Russell, Robert, 1924-2011
New York: Vanguard Press, 1962
813.54 RUS c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Sargeson, Frank
London: Martin Brian & O’Keeffe, 1972
823 SAR m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Pancholi, Manubhai
New Delhi: National Book Trust, India, 2004
891.473.7 PAN h
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Natsume, Soeki
Rutland: Vermont : Charles E. Tuttle, 1979
895.634 2 NAT i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Fayza Julia Pramesti Hapsari Prayoga
"Posisi Barbie sebagai “simbol feminisme” telah dipertanyakan karena representasinya atas pemberdayaan perempuan yang mengaitkan kesuksesan dengan pencapaian individu dan penampilan serta gaya hidup tertentu. Terlepas dari pesan feminis mengenai pilihan dan pemberdayaan, film Barbie (2023) yang disutradarai Greta Gerwig meneruskan narasi posfeminisme Barbie dengan mengangkat pendekatan individualistik terhadap pemberdayaan perempuan. Karya tulis ini menganalisis bagaimana posfeminisme dan, selanjutnya, feminisme neoliberal hadir di sepanjang film Barbie dan membahas ambivalensi gerakan feminisme dalam film tersebut. Dengan menganalisis adegan dan dialog dalam film Barbie dan menerapkan posfeminisme serta feminisme neoliberal sebagai kerangka konseptual, Karya tulis ini menemukan bahwa struktur masyarakat Barbie Land melekat dengan karakteristik posfeminisme. Selain itu, struktur kekuasaan di Barbie Land meniru struktur kekuasaan patriarki di Real World (Dunia Nyata) yang berusaha ditantang oleh narasi film Barbie. Solusi untuk patriarki yang ditawarkan berfokus kepada mengambil Kembali kekuasaan mutlak daripada mengatasi permasalahan yang ada di dalam struktur kekuasaan Barbie Land. Hasil studi ini mendorong kajian kritis terhadap budaya media posfeminis yang dapat berkontribusi terhadap tekanan individu yang dialami oleh perempuan dengan kedok “pemberdayaan.”
Barbie’s position as a “feminist icon” has been questioned due to her representation of women’s empowerment, which associates success with individual achievements and a particular look and lifestyle. Despite the feminist message of choice and empowerment, the live-action adaptation Barbie (2023), directed by Greta Gerwig, sustains the postfeminist narrative of Barbie as it promotes an individualistic approach to women’s empowerment. This paper analyses how postfeminism and, by extension, neoliberal feminism is present throughout Barbie and addresses the ambivalence of the feminist movement in the movie. By analysing scenes and dialogues in the film and applying postfeminism and neoliberal feminism as conceptual frameworks, the paper finds that the societal structure of Barbie Land adheres to the characteristics of postfeminism. Furthermore, the power structure in Barbie Land mimics the power structure of the Real World’s patriarchy that it supposedly challenges. The solutions to patriarchy that the movie offers focus more on regaining absolute power rather than addressing the issues within the power structure of Barbie Land. The findings call for a critical examination of postfeminist media culture, which may contribute to the individual pressures that women are experiencing under the guise of women’s empowerment."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Iqbals, Allama Sir Muhammad
Lahore: Muhammad Ashraf, 1948
891.5 IQB c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wolff, Robert Lee
New York ; London: Garland Publishing, 1981
R 016.823 8 WOL n I
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Downham, Jenny
Oxford: David Flicking Books, 2007
801 Dow b
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Brown, Christy
London : Secker & Warburg, 1976
823 BRO w
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library