Ditemukan 8921 dokumen yang sesuai dengan query
Sitoresmi Syukri Fadholi
Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1993
297.43 SIT s (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Murad, Musthafa
Bandung: Mizania, 2006
297.082 MUS k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: Departemen Agama RI, Proyek Peningkatan Peranan Wanita , 2002
305.409 5 IND m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Uwaidah, Syaikh Kamil Muhammad
Jakarta: Al-Kautsar, 2005
297.63 UWA at
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Uwaidah, Syaikh Kamil Muhammad
Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1998
297.2 UWA jt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hadiyah Salim
Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994
291.082 HAD w
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Al-Qarni, Aidh Abdullah
Jakarta: Maghfirah, 2004
297.43 ALQ t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Charis waddy
Jakarta: Pustaka Jaya, 1987
297.93 CHA wt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Cheryl Annisa Paramesti
"For the past years, Muslim representation in the teen drama series has been gradually increasing. However, evidence proves misinformation muddles the image of Muslim women with a frequent stereotypical trope of oppression and victimization which affect people’s perspective. Involving sincere Muslim women representation in the narratives gives a sense of inclusion and empowerment, especially those who are represented. Transmedia storytelling is powerful to convey message because it gives room for exploratory experiences. Skam is a slice-of-life transmedia storytelling teen drama series that dedicate one season to portray Muslim. Previous studies have examined how Skam includes inclusivity. However, there is a minimal amount of further study that focuses on Muslim representation in Skam. This essay will analyze how Skam utilize transmedia storytelling in representing Muslim women representation’s authentic and relatable story. The discussion will also adopt narrative complexity and stereotypes with explanatory approach and critical discourse analysis way of thinking for data collection. The analysis reveals that Skam’s Muslim women representation eliminates stereotype by implementing Jenkin’s seven transmedia storytelling principle and Jason Mittell’s narrative complexity. This essay will help understand the importance of Muslim women representation and the media roles in communication essential topics to the audiences.
Representasi Muslim dalam serial drama remaja secara bertahap mengalami peningkatan, namun data membuktikan bahwa masih banyak misinformasi terutama terhadap Wanita Muslim. Hal tersebut berbahaya karena dapat mempengaruhi perspektif masyarakat. Misrepresentasi di media mengangkat tema stereotip penindasan dan viktimisasi. Melibatkan representasi wanita muslim dalam narasi memberikan rasa inklusi dan pemberdayaan bagi audiens, terutama bagi mereka yang terwakili. Transmedia storytelling memiliki peran besar dalam mengkomunikasikan pesan secara menarik dan memberikan ruang untuk pengalaman eksploratif. Skam adalah serial drama remaja dengan konsep transmedia storytelling dengan tema slice-of-life yang mendedikasi satu season tentang kehidupan Muslim. Penggambaran Muslim dalam serial Skam dikenal lebih akurat. Studi sebelumnya telah meneliti tema inklusivitas Skam. Namun, sedikit penelitian lebih lanjut yang berfokus pada representasi Muslim di Skam. Esai ini akan menganalisis bagaimana serial Skam memanfaatkan transmedia storytelling dalam mengkomunikasikan representasi wanita Muslim. Diskusi ini mengadopsi teori narrative complexity dan stereotip dengan pendekatan eksplanatori dengan lensa critical discourse analysis untuk mengumpulkan data. Analisis membuktikan bahwa oleh Skam menghilangkan narasi stereotip pada representasi Muslim dengan menerapkan tujuh prinsip transmedia storytelling yang diutarakan oleh Jenkins dan narrative complexity sesuai dengan opini Jason Mittell. Esai ini membantu memahami pentingnya representasi wanita Muslim dan peran media dalam mengkomunikasikan topik-topik penting kepada audien"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Lulu Qolbi
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi sikap wanita muslim terhadap intensi membeli produk kosmetik halal di Indonesia dengan studi kasus pada merek wardah yang menggunakan celebrity endorser yang berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah). Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner menggunakan metode single cross-sectional dengan sampel sebesar 324 responden yang merupakan wanita beragama Islam. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square Structural Equation Method (PLS-SEM). Adapun hasil dari penelitian ini baik pada endorser berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah) ditemukan signifikansi pada seluruh variabel penelitian yang terdiri dari kredibilitas, pengetahuan, religiusitas, serta sikap, yang memengaruhi intensi atau keinginan membeli dari konsumen terhadap produk kosmetik halal Wardah. Lebih lanjut, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan faktor yang memengaruhi intensi konsumen wanita muslim untuk membeli produk kosmetik halal antara kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser berhijab Dewi Sandra dengan kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser tidak berhijab Raline Shah.
This research tends to analyze some factors that affect the attitude of muslim women towards the intention to buy halal cosmetic products in Indonesia by the case of the Wardah brand that uses celebrity endorser who wears the hijab (Dewi Sandra) and celebrity endorsers who were not wearing hijab (Raline Shah). The approach used in this study is a quantitative approach with a questionnaire method using a single cross-sectional method with a sample of 324 respondents who are Muslim women. This research uses the Partial Least Square Structural Equation Method (PLS- SEM) for the analysis. The result of this research is the finding of significance in both cases (celebrity endorser who wears the hijab, Dewi Sandra, and celebrity endorser who does not wear the hijab, Raline Shah) in all research variables which broadly consist of credibility, knowledge, religiosity, and attitude, all of which affect the intention or desire to buy from consumers towards Wardah halal cosmetic products. Furthermore, the findings of this research also show that there are some different factors that affect the purchase intention of Muslim women to buy halal cosmetic products between the group with the preference of wearing hijab celebrity endorser (Dewi Sandra) and the group with the preference of non-wearing hijab celebrity endorser (Raline Shah)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library