Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 72565 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Pusat Pengembangan Ketahanan Sosial Masyarakat, Badan Pelatihan dan Pengembangan Sosial, Departemen Sosial RI, 2004
354.598 BIM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Selo Soemardjan
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1981
303.4 SEL p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Selo Soemardjan
Depok: Komunitas Bambu, 2009
303.4 SEL p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jalaluddin Rakhmat
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
303.4 JAL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Husken, Frans
Jakarta : Grasindo , 1998
303.4 HUS m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Suwarsono
Jakarta: LP3ES, 1994
303.4 SUW p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tillar, H.A.R.
Jakarta : Grasindo, 2002
378.111 HAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Michelia Puspaseruni Ramadiati
"ABSTRAK
Film tidak hanya menjadi sarana hiburan tetapi juga medium penyampaian pesan,
representasi dan kritik sosial. Film Lewat Djam Malam (1954) karya Usmar
Ismail yang telah melewati proses restorasi merupakan salah satu film Indonesia
yang sarat kritik sosial. Menarik untuk melihat bagaimana generasi muda
memaknai sebuah film dari era yang berbeda kemudian mencoba melihat gagasan
yang terdapat dalam film tersebut dengan konteks saat ini dan dengan pemahaman
yang telah dimiliki sebelumnya. Dengan menggunakan encoding-decoding
(analisis resepsi) Stuart Hall, dapat diketahui bagaimana generasi muda sebagai
audiens mengonstruksi realitas Indonesia pascarevolusi. Posisi audiens dapat
berupa opposition, dominant dan negotiated. Dalam teori resepsi, faktor
kontekstual mempengaruhi audiens membaca teks media, seperti elemen identitas
khalayak, persepsi, latar belakang sosial, sejarah dan isu politik. Pada penelitian
ini, subjek penelitian tergabung dalam komunitas interpretatif, di mana masingmasing
memaknai teks media secara aktif dan memiliki minat yang sama terhadap
satu konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens sepakat bahwa film
Lewat Djam Malam (LDM) masih relevan dengan kondisi saat ini. Seseorang
yang memiliki pengetahuan sejarah Indonesia yang terbatas, cenderung
mengambil posisi dominan. Ia sepenuhnya menyetujui apa yang disampaikan oleh
encoder. Seseorang yang memiliki pengetahuan sejarah dan politik Indonesia
yang cukup dan secara aktif menggali gagasan dalam sebuah film, memaknai film
LDM secara negotiated. Ada nilai-nilai dalam film LDM yang tidak sejalan
dengan dirinya namun masih dapat menerima gagasan tersebut. Konstruksi
realitas Indonesia pascarevolusi yang digambarkan dalam film LDM adalah
karakter manusia pascarevolusi yang beragam diwakili oleh berbagai karakter
dalam film ini, situasi ekonomi dikonstruksikan dalam kondisi stabil, tidak cocok
dengan situasi Indonesia pascarevolusi sebenarnya. Situasi sosial dan politik
digambarkan melalui pemberlakuan jam malam untuk menjaga keamanan,
perbedaan gaya hidup kelas menengah dan kelas bawah, korupsi, prostitusi, upaya
nasionalisasi perusahaan asing serta beragam kondisi mantan pejuang yang
beradaptasi dengan keadaan Indonesia yang telah merdeka.

ABSTRACT
Movie is not only a medium of entertainment, but it is also a way of delivering
messages, representation, and social criticism. Lewat Djam Malam (1954), written
by Usmar Ismail, is one of Indonesian films which has social criticism. It is
interesting to see how young generations make sense of a movie from different
eras and understand the ideas of the movie with the current context and its
previous knowledge. Applying Stuart Hall?s theory, the encoding-decoding
(reception analysis), we can see how young people construct post-revolution
Indonesia. There are three positions of audiences in this theory: opposition,
dominant, and negotiated. In reception theory, contextual factors influence
audiences read texts on media, such as identity, perception, social background,
history, and political issues. In this research, the subjects were members of
interpretive community, in which each of them actively interpret the texts and
have similar interests to the content. The results showed that audiences agreed
Lewat Djam Malam (LDM) is still relevant to current conditions. Someone who
has limited knowledge of Indonesian history tends to take a dominant position. He
completely agrees to what is conveyed by the encoder. Moreover, a person who
has knowledge of Indonesian history and politics fairly and actively explores the
idea in a movie, interprets this movie as negotiated. There are values in LDM that
is not in line with them, but they still can accept. Reality constructions of postrevolution
Indonesia depicted in this movie are the various characters on LDM,
the economic situation constructed in a stable condition, do not fit the situation of
post-revolution Indonesia. Social and political situations are illustrated by the
curfew to maintain security, differences of lifestyle between middle and lower
classes, corruption, prostitution, nationalization of foreign companies and various
conditions of ex-soldiers adapting in new situation, the independence of
Indonesia."
2013
T35282
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Riskianingrum
"Disertasi ini membahas Budaya Risiko di Pulau Sebesi dalam perspektif Perubahan Sosial antara tahun 1883-2018. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sosial dengan analisisnya menggunakan pendekatan struktural dari Ferdinand Braudel dan konsep tiga Budaya Risiko milik Steicher, et. al.(2018), Cornia, et. al.(2014), dan Beccera, et. al.(2020), yang ketiga konsep tersebut berakar dari Cultural Theory of Risk dari Mary Douglas dan Aaron Wildavsky di tahun 1982. Tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 telah membangkitkan kembali ingatan bersama tentang letusan Krakatau 1883. Bencana yang pada awalnya terlupakan oleh masyarakat di Pulau Sebesi, kembali diingat dan semakin menguat saat mereka mengalami tsunami 2018. Namun demikian, bencana tsunami tidak meninggalkan trauma bagi sebagian besar masyarakat Sebesi, bahkan mereka enggan untuk berpindah dari pulau tersebut, terlepas dari kenyataan bahwa ada ancaman bencana di sekitar lingkungan mereka. Tsunami 2018 pun secara nyata merubah persepsi mereka tentang gunung Anak Krakatau, yang awalnya sebagai pembawa berkah karena mendatangkan turis ke pulau mereka, menjadi ancaman yang bisa menimbulkan risiko bencana. Oleh karena itu, disertasi ini mengkaji pengalaman sosial masyarakat Sebesi yang terkena dampak tsunami 2018 dengan menganalisis faktor-faktor pemicu ancaman bahaya di Sebesi, menelaah alasan terbentuknya budaya risiko, serta materialisme budaya risiko pada masyarakat Sebesi. Hasil studi ini juga menjelaskan kehadiran pemerintah dalam penanggulangan bencana di pulau Sebesi. Namun demikian, hal yang menjadi sorotan dalam studi ini bahwa pemerintah cenderung datang saat telah terjadi peristiwa bencana, namun tidak tampak dalam keadaan normal. Keadaan yang terjadi di pulau Sebesi seolah mengembalikan status pendekatan penanganan bencana di Indonesia kepada disaster response based atau tindakan reaktif saat terjadi bencana. Padahal, paradigma pengelolaan bencana di Indonesia saat ini berbasis Pengurangan Risiko Bencana. Seringnya Anak Krakatau ber-erupsi menyebabkan masyarakat seakan terbiasa terhadap perilaku gunung ini. Risiko yang ada dalam keseharian masyarakat Pulau Sebesi telah menjelma menjadi bagian dari budaya kehidupan mereka. Rutinisasi membersamai Anak Krakatau telah mendorong munculnya budaya risiko di pulau Sebesi.

The dissertation discusses Risk Culture on Sebesi Island during the period of 1883-2018 from the perspective of Social Change. This is social history research applying Ferdinand Braudel's structural approach analysed with the risk culture concept from Steicher, et. al. (2018); Cornia, et. al. (2014); and Beccera, et. al. (2020). The three concepts are rooted in the Cultural Theory of Risk from Mary Douglas and Aaron Wildavsky in 1982. The Sunda Strait tsunami on December 22 2018 has revived the memories of the 1883 Krakatau eruption. A disaster that was initially forgotten by the community on Sebesi Island, was remembered again and became even stronger when they experienced the 2018 tsunami. However, the tsunami disaster did not leave a trauma for most of the Sebesi people, in fact they were reluctant to move from the island, despite the fact that there was a threat of disaster around their environment. The 2018 tsunami also significantly changed their perception of Mount Anak Krakatau, which was initially a blessing because it brought tourists to their island, to become a threat that could pose a risk of disaster. Therefore, this dissertation examines the social experiences of the Sebesi community who were affected by the 2018 tsunami by analyzing the factors that trigger the danger in Sebesi, examining the reasons for the formation of a risk culture, as well as the materialism of the risk culture in the Sebesi community. The results of this study also explain the government's presence in disaster management on Sebesi Island. However, what is highlighted in this study is that the government tends to come when a disaster has occurred, but does not appear under normal circumstances. The situation that occurred on Sebesi Island seemed to return the status of the disaster management approach in Indonesia to disaster response based or reactive action when a disaster occurs. In fact, the current disaster management paradigm in Indonesia is based on Disaster Risk Reduction. The frequent eruptions of Anak Krakatau cause people to become accustomed to the behavior of this mountain. The risks that exist in the daily lives of the people of Sebesi Island have become part of their cultural life. The routinization of accompanying Anak Krakatau has encouraged the emergence of a risk culture on Sebesi Island."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soetomo, 1946-
Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1995
303.4 SOE m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>