Ditemukan 5596 dokumen yang sesuai dengan query
Owczarek, Jerzy A.
Scranton : International Textbook, 1964
533.2 OWC f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Benedict, Robert P.
New York : John Wiley & Sons, 1983
533.2 BEN f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Babu, V.
Boca Raton: CRC Taylor & Francis, 2008
533.2 BAB f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
John, James, auhtor
"Intended for junior/senior/first-year graduate courses in Gas Dynamics or Compressible Flow, in departments of mechanical engineering or aerospace engineering. This edition aims to foster a deeper understanding of compressible flow and gas dynamics fundamentals."
New Jersey: Pearson - Prentice Hall, 2006
533.2 JOH g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Zucrow, Maurice J.
New York : John Wiley & Sons, 1976
533.2 ZUC g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bond, John W.
Massachusetts: Addison-Wesley, 1965
533 BON a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lano Marlano
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37241
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Komarudin
"Simulasi mixer dengan memvisualisasikan pola percampuran bahan bakar gas dan udara yang bervariasi kehomogenitasannya, pola semprolan yang terjadi, distribusi tekanan dan kecepatan dar! aiiran serra komposisi dari campuran sehingga diharapkan dapat menekan biaya penelitian dan diperoleh hasil geometri yang optimum. Analisa simulasi ini dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer yang menggunakan software Fluent/UNS ver 4.1.9 yang analisa numerisnya dilakukan melalui bentuk-bentuk persamaan yang ditransformasikan kedalam benruk grid dimana bentuk yang digunakan adalah Hexahedral, Domain aliran adalah 3-D, kondisi aliran Steady, model turbulensinya yaitu T urbulen Standard k-Epsilon, benfuk aliran Compressible serta fraksi massa adalah CH, dan O2.
Dengan mengacu pada dimensi eksperimental dihasilkan analisa simulasi yang bentuk rekanan dan keceparan mendekati kesamaan benfuk dengan hasil eksperiment pada kondisi kecepatan aliran sebesar 3.89 m/det zuntuk kecepatan aliran bahan bakar dan 3.07 model unfuk kecepalan aliran udara dan pada kondisi tersebul dihasilkan pula pola percampuran dengan semprotan pada vemuri mixer membentuk pergerakan dan pergolakan yang menyerupai cyclone yang merupakan jlenoma venluri dari penggabungan dua arah aliran (aksial dan radial sehingga berpengaruh terhadap keceparan aksial dengan demikian berpengaruh pula terhadap campuran yang terjadi.
A Mixer Simulation is used to visualize the pattern of fuel gas and variety of air homogenous mixture, recent spray pattern, the pressure and flow velocity distribution, and the composition of mixture, which all is expected to reduce the experiment costs and optimum geometrical result. The simulation analysis, was done under the use of computer programming software Fluent/MVS ver 4.1.9, while the numerical analysis was done by exponential forms that were transformed into a grid shape, where the shape used in this experiment was Hexahedral, where also the flow domain was 3-D, on a steady state condition, while the turbulence model was Standard k-Epsilon, with compressible flow and the involving mass fraction were CH, and O2.The result from the experimental dimension concluded that a simulation analysis of the pressure and velocity shape form, was in close similarity with that of the experiments result of about 3.89 m/det for the fuel flow rate and 3.07 m/det for air flow rate, and with this condition resulted in mix pattern from sprays on a venlury mixer forming flows of movements and conflicts in a shape of a cyclone. The cyclone itself is an existing venlury phenomenon from the combination and mixture of two direct flow (cq: axial and radial flows), which will influence both, the axial flow itself and resulted mixture of fuel and air."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T3756
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Williams, James H.
New York: John Wiley & Sons, 1996
620.104 WIL f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Anak Agung Putu Bagus Putra Tinggal
"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui parameter mana yang paling berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional di sisi hilir bisnis CNG dengan menggunakan pendekatan dinamika sistem. Metode yang digunakan untuk mengetahui detail proses bisnis dan informasi yang dibutuhkan adalah melalui wawancara dengan bagian operasional, penjualan sampai dengan level manager termasuk kunjungan ke lapangan. Dari hasil simulasi terhadap model dinamika sistem yang sudah dibuat diperoleh kesimpulan bahwa parameter yang paling berpengaruh dalam menentukan besarnya biaya operasional adalah pengadaan peralatan PRS yang merupakan peralatan untuk menurunkan tekanan gas serta sewa jasa transportasi kepada pihak ketiga. Berdasarkan hasil simulasi, peningkatan profit yang bisa diperoleh adalah sebesar 20.5% dengan menurunkan masing-masing biaya PRS dan sewa transportasi sebesar 10%. Sehingga perusahaan harus melakukan efisiensi pengadaan PRS dan penurunan harga sewa jasa transportasi melalui negosiasi harga atau melakukan investasi kendaraan angkut CNG untuk meningkatkan efiensi biaya operasional, dan dengan jumlah volume gas yang diangkut saat ini, hal tersebut sangat memungkinkan
ABSTRACTThe focus of this research is to find the most influencing parameters relating to operational cost efficiency in downstream CNG business by using system dynamics approach. Method used to dig down business process and its neccessary detailed information are by in-depth interview with people responsible in sales and daily operations, from staff to managerial level, including site visit to the field to understand the process better. Simulation of system dynamics yields that the most dominating factor that greatly affect the operational cost are PRS procurement and high transportation fee burdened by third party. Based on simulation result, profit enhancement reached can be 20.5% through cost reduction of PRS and transportation cost of up to 10%. Therefore the company shall create more efficient PRS procurement, redesign the PRS without sacrificing safety factor and renegosiate transportation fee with third party or do the investment of CNG trailer to help increasing operational cost effiency, which is possible due to amount of gas volume transported by the company in daily basis."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library