Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69894 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Michelle Chin
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1983
T41367
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Royce, Anya Peterson
Bloomington: Indiana University Press , 1977
793.301 ROY a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Yunita
"Skripsi ini membahas tentang motivasi yang dimiliki oleh anggota dance cover. Dance cover adalah usaha untuk menampilkan tarian yang semirip mungkin dengan tarian yang dilakukan artis yang ditiru. Dance cover seringkali dianggap buruk bagi orang yang tidak mengetahuinya. Seringkali para anggota dance cover mendapatkan hal yang tidak menyenangkan seperti cibiran. Tindakan kurang menyenangkan dan penolakan yang dialami anggota dance cover juga berasal dari orang terdekat mereka. Penolakan dapat memunculkan motivasi seseorang untuk tetap menjadi anggota dance cover. Anggota dance cover memilih bertahan dalam komunitasnya karena mereka merasa lebih diterima di komunitas tersebut dan bisa mengekspresikan diri mereka tanpa harus mendapatkan penolakan. Faktor lain yang membuat mereka bertahan manjadi seorang dance cover adalah motivasi yang mereka miliki untuk membuktikan kepada orang-orang yang mencibir mereka, rasa sense of community yang dimiliki terhadap komunitas mereka, dan masih ada keinginan mereka yang belum tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga orang anggota dance cover yang telah berkarir lebih dari lima tahun. Informan dari penelitian ini adalah anggota dance cover dari sebuah grup bernama BTAce.

This thesis discusses the motivation possessed by dance cover members. Dance cover is an attempt to perform a dance that is as similar as possible to the dances performed by artists who are copied. Dance cover is often considered bad for people who don't know it. Often the cover dance members get things that are not fun like scorn. Unpleasant actions and rejection experienced by dance cover members also come from the people closest to them. Rejection can bring up one's motivation to remain a dance cover member. Dance cover members choose to stay in their community because they feel more welcome in the community and can express themselves without having to get rejected. Another factor that makes them survive being a dance cover is the motivation they have to prove to the people who pout them, the sense of community they have towards their community, and their desires are still not achieved. This study uses a qualitative approach through observation and in-depth interviews of three dance cover members who have worked for more than five years. The informants of this study were dance cover members of a group called BTAce."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilbert, Jeremy
London: Routledge, 1999
784.188 GIL d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
De Zoete, Beryl
London: Faber and Faber Limited, 1973
793.31 ZOE d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bandem, I Made
Oxford Oxford University Press 1981
793.3 B 34 k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Allysa Miranda
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas tentang desakralisasi atau perubahan fungsi tari-tarian di Bali serta dampaknya terhadap aspek sosial dan budaya masyarakat setempat. Munculnya sejumlah garapan tarian baru di tengah masyarakat didorong oleh majunya kegiatan pariwisata Bali yang digencarkan sejak dicanangkannya program PELITA tahun 1969. Desakralisasi tari Bali pada tahun 1969-1988 merupakan bentuk dukungan para seniman dalam memajukan kegiatan pariwisata berbasis kebudayaan Bali. Hal tersebut dapat terlihat dari munculnya berbagai tarian garpan yang merupakan turunan dari tari sakral wali. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan metode sejarah berupa heuristik; yakni pencarian sumber baik itu arsip, buku, ataupun wawancara pelaku, kritik sumber; yakni memverifikasi sumber yang telah didapat, interpretasi, dan terkahir ialah historiografi.

ABSTRACT
This paper thoroughly discuss about desacralization or the changes of Balinese Dances form and its cause to social and cultures aspect in society. The emergence of a new form of Balinese dances in the middle of society is driven by the advent of Bali tourism activities which became intense since the launch of the PELITA program in 1969. Desacralization of Balinese dance in 1969-1988 is a form of Balinese artists support to promote tourism activity based on Balinese culture which can be seen from the emergence of a new form of Balinese dance based on the Sacred Dances. In this paper, the researcher used historical method heuristic the search for sources be it archives, books, or interviews, source critic verifying the sources that have been obtained, interpretation, and historiography."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Dinda Mawarni
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji Nalitari sebagai komunitas tari yang mengimplementasikan nilai-nilai inklusifitas dalam kegiatan berkeseniannya. Dengan metode etnografi, penelitian ini mendeskripsikan kegiatan menari serta metode yang digunakan oleh Nalitari dalam mengimplementasikan inklusifitas. Adapun bentuk implementasi inklusifitas dalam Nalitari dilakukan melalui latihan menari rutin (jamming), workshop, serta pementasan atau eksibisi tari. Lebih lanjut kegiatan menari artinya menjadikan tubuh sebagai medium utama dalam berkesenian, sehingga tulisan ini mengeksplorasi konsep mengenai tubuh individual dan tubuh sosial serta kaitannya dengan penggunaan metode contact improvisation. Nalitari mencipta dan mereproduksi ruang ketiga dengan beragam fungsi melalui tarian. Pertama, ruang aman sebagai ruang yang memberikan rasa aman untuk berekspresi bagi penarinya. Kedua, ruang melawan dari diskursus tari konservatif dengan mengabaikan benar/salah atau luwes/kaku. Ketiga, ruang berelasi sebagai ruang bagi para penari untuk membangun relasi sosial dan memberikan dukungan sosial.

ABSTRACT
This research examines Nalitari as a dance community that implemented the notion of inclusivity in their artwork. Using the ethnographic method, this research describes Nalitaris act of dancing and its method in order to implement inclusivity notions. Moreover, this research captures Nalitaris methods to implement their notions of inclusivity, which includes dance practice or jamming, workshop, and dance exhibitions. Given the fact that Nalitari incorporated body as the main medium in their artwork, this research explores the concept of individual and social body and seeks the interconnection between these two concepts to the usage of contact improvisation method. Furthermore, Nalitari produced and reproduced the third space that has several functions, which includes: (1) a safe space that enables its dancers to express safely; (2) a resisting space that enables its dancers to resist against the conservative dancing methods by ignoring the standard of right or wrong or flexible or stiff; and (3) a space for relations that enable its dancer to develop social relationships and support each other."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slattum, Judy
Singapore: Periplus, 2003
R 391.434095986 SLA b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Burt, Ramsay
New York: Routledge, 1998
792.8 BUR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>