Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116625 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Panji Kusuma
"Transportasi laut merupakan hal yang sangat diperlukan di negara kepulauan seperti Indonesia. Ketika ferry berlayar melintasi laut pasti akan menghadapi ombak yang dapat mengancam keselamatan. Faktor stabilitas merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada keselamatan kapal. Oleh karena itu penyusunan muatan dalam kapal sangat diperlukan. Namun penyusunan muatan saja masih belum cukup untuk menjaga keselamatan kapal, karena masih ada kemungkinan muatan tersebut bergeser. Oleh karena itu perlu juga diketahui mengenai sistem lashing pada muatan untuk keselamatan kapal.

Sea transportation is necessity in archipelago nation like Indonesia. When a ferry sail pass through the sea, surely will face some wave that can be dangerous the ship. Stability factor is the important factor for ship safety. Therefore, arranging loads on the ship is necessity. But, arranging loads is not enough to make the ship safe, because the loads still can be move on the ship. Therefore, sistem lashing in needed to be known for ship safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38091
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dyas Chasbiandeti
"Ferry sebagai angkutan laut yang banyak digunakan di Indonesia ternyata masih kurang dalam hal kepedulian terhadap keselamatan muatan, terutama kendaraan. Kendaraan yang di angkut dalam ferry umumnya tidak diberi lashing dengan alasan waktu yang diperlukan untuk pemasangan terlalu lama. Oleh karena itu perlu dibuat inovasi desain lashing yang lebih efektif dan efisien guna menunjang faktor keselamatan operasi kapal. Namun perlu juga dilakukan perhitungan dan analisa kekuatan agar bisa dibandingkan dengan desain lashing yang sudah ada.

Ferries as sea transport which are used mostly in Indonesia have not care enough in to the safety of its loads, especially vehicles. Usually, the vehicles which are loaded by ferry are not lashed well because it takes long time. There for, it is needed an innovation design for lashing to be more effective and efficient to support the safety factor when ferry is operated. But, it is also needed to count the strength and analyze to compare with the design existed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52154
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ramot Surya Jeremius
"ABSTRAK
Keselamatan Transportasi merupakan hal yang sangat penting. Di dalam kapal, pengamanan muatan merupakan hal yang vital karena menyangkut stabilitas kapal. Studi analisis ini merupakan suatu kegiatan untuk merancang sistem pengamanan muatan alternatif di kapal. Penelitian ini difokuskan terhadap pengamanan muatan berupa mobil yang masuk ke kapal. Kapal yang menjadi objek penelitian disini berjenis kapal Roro feri yang banyak beroperasi di perairan Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menemukan sistem pengamanan muatan mobil alternatif yang dapat digunakan di kapal feri. Adapun hasil penelitian menunjukkan sistem lashing alternatif ini dapat digunakan di kapal berjenis Roro feri di Indonesia.

ABSTRACT<>br>
Transportation safety is very important. Inside the vessel, cargo security is vital as it concerns the stability of the ship. This analysis study is an activity to design an alternative cargo security system on board. This research is focused on securing the cargo of cars entering the ship. The ship that became the object of research here is a Roro feri ship that operates in many waters of Indonesia. The purpose of this study was to find an alternative car securing system that could be used on feri boats. The results of this study show that this alternative securing system can be used in Roro feri type ship in Indonesia "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Manogi Natalia
"Kapal Ferry Ro-Ro merupakan transportasi yang paling sering digunakan untuk melintasi antar pulau. Namun, dalam 5 tahun terakhir terjadi beberapa kecelakaan pelayaran seperti kebakaran, tenggelam, kandas, dll. Pada kecelakaan pelayaran, kebakaran merupakan salah satu jenis kecelakaan yang paling banyak memakan korban jiwa. Faktor manusia merupakan salah satu penyebab utama dari kecelakaan kebakaran. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Formal Safety Assessment (FSA) untuk menemukan sumber-sumber bahaya yang dapat terjadi pada kecelakaan kebakaran di Kapal Ferry Ro-Ro. Selanjutnya, akan digunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk menemukan akar masalah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kebakaran Kapal Ferry Ro-Ro dengan rute Merak-Bakauheni.

Ro-Ro ferries are the transportation most often used to cross between islands. However, in the last 5 years there have been several shipping accidents such as fire, drowning, grounding, etc. In shipping accidents, fire is one of the types of accidents that causes the most fatalities. Human factors are one of the main causes of fire accidents. In this research, the author used the Formal Safety Assessment (FSA) method to find sources of danger that could occur in fire accidents on Ro-Ro Ferry Ships. Next, the Fault Tree Analysis (FTA) method will be used to find the root of the problem. This is done to reduce the risk of fire on the Ro-Ro Ferry on the Merak-Bakauheni route."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Fahri Iqbal
"Belakangan ini banyak sekali kecelakaan yang terjadi pada kapal penumpang ferry ro-ro. Hal ini didasari oleh kurangnya sistem proteksi keselamatan yang tersedia pada kapal penumpang ferry ro-ro dalam proses pengoperasiannya, diantaranya adalah kurangnya ketersediaan instalasi sprinkler, smoke detector, lashing, serta pengawasan terhadap hal-hal yang mempunyai potensi resiko terjadinya kecelakaan yang cukup membahayakan dan berkonsekuensi besar.
Salah satu bahaya keselamatan pada kapal penumpang ferry ro-ro yang menjadi permasalahan dalam beberapa tahun terakhir ini adalah bahaya kebakaran karena kurangnya perawatan dan ketersediaan alat pemadam kebakaran pada kapal ferry ro-ro. Selain itu, sisi buruk kesalahan manusia di kapal ferry ro-ro mempunyai potensi besar yang mengakibatkan terjadinya kebakaran, seperti penumpang dapat dipastikan bebas untuk merokok di atas kapal ferry dan penumpang yang menghidupkan mesin kendaraan pada saat proses penyeberangan berlangsung.
Melihat hal tersebut, maka didalam penelitian ini dilakukan simulasi dengan menggunakan software Pyrosim agar didapatkan konfigurasi paling efektif pada sistem keselamatan kebakaran yang terjadi pada skenario yang diidentifikasi yang mempunyai tingkat resiko yang besar. Skenario yang disimulasikan pada software ini akan merepresentasikan proses pergerakan asap dan pertumbuhan api sesuai dengan kondisi kebakaran yang ditentukan.
Pada kondisi kebakaran, parameter seperti pergerakan asap, konsentrasi asap, visibilitas, dan distribusi termal merupakan hal yang penting dan menjadi suatu acuan utama terhadap amannya desain suatu ruang pada kapal, relevan terhadap besarnya api dan peninjauan keselamatan kebakaran lainnya. Analisa dari parameter tersebut akan di jadikan acuan didalam mengukur efektifitas dari ketersediaan sistem keselamatan kebakaran yang digunakan untuk mendukung proses evakuasi penumpang pada saat kebakaran terjadi.

Nowadays, a lot of accidents occur on the passenger ro-ro ship. This is based by the lack of safety protection system that available on the passenger ro-ro ship in the operational process, such as the lack of availability of sprinkler installation, smoke detector, lashing, and the control of the things that have the potential risk of accidents which is quite dangerous and have great consequence.
One of the safety hazards on the passenger ro-ro ship which is become the problem in recent years is a fire hazard because of lack of care and the availability of fire extinguishers on the passenger ro-ro ship. In addition, the bad side of human error in the passenger ro-ro ship have great potential which resulted in a fire, such as the passengers could be free to smoke on board and the passenger turn on they vehichle engine when the crossing process occurs.
By looking at that case, this research performed the simulation using Pyrosim software in order to get the most effective configuration of the fire safety system which held on identified scenario that have a large degree of risk. The scenario simulated in this software will represent the smoke movement and fire growth in accordance with the specified fire conditions.
In fire conditions, parameters such as the movement of the smoke, the concentration of smoke, visibility, and thermal distribution are important and become a primary reference for the safe design of a section of ship, relevant to the amount of fire and other fire safety review. The analysis of the parameters will become the reference in measuring the effectiveness of the availability of fire safety system that is used to support the evacuation of passengers when the fire occurred.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S44710
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khaerunisa Sabitha
"[ABSTRAK
Kebakaran dapat terjadi di kapal Ferry Ro ro dengan daerah penyebab kebakaran yang variatif yaitu 63 kebakaran terjadi di kamar mesin dan 10 terjadi di dek kendaraan Namun suatu sistem keselamatan kebakaran kapal Ferry Ro ro di Indonesia belum dapat mengurangi angka kebakaran kapal Oleh sebab itu diperlukan adanya perancangan sistem assessment keselamatan kebakaran kapal Ferry Roll On Roll Off Perancangan sistem ini menggunakan peraturan SOLAS Sistem assessment akan digunakan sebagai media penilaian sarana proteksi kebakaran di kamar mesin dan car deck Hasil dari perancangan ini adalah sistem assessment keselamatan kebakaran yang terdiri dari form engine room fire control assessment form car deck fire control assessment prosedur proteksi kebakaran dan manajemen rencana evakuasi korban kebakaran.

ABSTRACT
Fires can occur in Roll On Roll Off Passenger Ferries with varied areas cause of the fire is 63 fire broke out in the engine room and 10 occurred in the car deck However a fire safety system on the Roll On Roll Off Passenger Ferries has not been able to reduce the number of ship fires Therefore it is necessary to design some fire safety assessment system for Roll On Roll Off Passenger Ferries This system using Safety Of Life At Sea regulation Assessment system will be used as tool of fire protection to assess engine room and car deck The result of this design is a fire safety assessment system which consists of a form of engine room fire control assessment the form of car decks assessment of fire control fire protection and management procedures evacuation plan fire victims., Fires can occur in Roll On Roll Off Passenger Ferries with varied areas cause of the fire is 63 fire broke out in the engine room and 10 occurred in the car deck However a fire safety system on the Roll On Roll Off Passenger Ferries has not been able to reduce the number of ship fires Therefore it is necessary to design some fire safety assessment system for Roll On Roll Off Passenger Ferries This system using Safety Of Life At Sea regulation Assessment system will be used as tool of fire protection to assess engine room and car deck The result of this design is a fire safety assessment system which consists of a form of engine room fire control assessment the form of car decks assessment of fire control fire protection and management procedures evacuation plan fire victims ]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Umaiyah
"ABSTRAK
Kapal ferry merupakan alat transportasi penyeberangan yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya karena sistem manajemen keselamatan yang buruk sehingga mengakibatkan banyaknya kejadian kecelakaan yang dialami oleh kapal ferry tersebut. Penelitian ini membahas penyebab-penyebab kecelakaan yang terjadi pada kapal penyeberangan jarak pendek atau kapal ferry. Dari data penelitian yang didapat sebanyak 53 % kecelakaan diakibatkan oleh kesalahan manusia dan sisanya 47% karena faktor kesalahan teknis. Dengan adanya permasalahan diatas maka dilakukanya penelitian untuk mengetahui besarnya penerapan dari sistem manajemen keselamatan. Dan memenuhi persyaratan kelayakan kapal yang mengacu pada International Safety Management Code dengan metode wawancara dengan penumpang, perusahaan pemilik kapal maupun awak kapal dan juga. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa ketiga elemen yaitu elemen 8 kesiapan darurat, elemen 3 tanggung jawab dan wewenang perusahaan dan elemen 10 pemeliharaan kapal dan perlengkapannya adalah elemen yang paling sedikit penerapannya. Melihat hal tersebut maka dibuatlah rekomendasi atau usulan untuk perbaikan dan peningkatan sistem manajemen keselamatan baik dari penerapan Standar SOLAS untuk LSA CODE dan FFS CODE, adanya pencerdasan untuk semua penumpang kapal, peningkatan kualitas awak kapal, perbaikan pada kebijakan pemerintah, dan yang paling penting adanya Technical Officer.

ABSTRACT
Ferry means widely crossing transport and still used by the Indonesians. Because of the poor management of safety system, rising the number of accidents by the ferry. This study discusses the causes of the accident that occurred at a short distance of ferry. From the research data resulting that the presentage of accident caused by human error is 53% and caused by technical error is 47%. With this problems, we do research to determine the application of the safety management system. To fullfilled the eligibility requirements of the ship, which refers to the International Safety Management Code by taking data with passengers, the company owner ship and crew ship. From the research showed the three elements of 8th element about emergency condition, the 3th element about responsibility and authority companies and 10th element about ship and equipment maintenance. The threes element with least application. Thus the writer could recommend to improvement of the safety management system application based on SOLAS standard, LSA CODE and FFS CODE, give socialization to passengers, increasing the quality of the crew ship, improving the government policy, and the Technical Officer is the one of the important on that.
"
2015
S58761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Daniel Adieu Manuturi, author
"Salah satu transportasi laut yang dapat memasuki daerah pedalaman dan area terpencil ialah angkutan laut Ro-Ro Roll On-Roll Off. Sarana angkutan laut Ro-Ro dan sejenisnya memiliki teknologi yang mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat, dikarenakan mempunyai draft minimum serta multifungsi. Pola ini dapat dikembangkan dan bersaing dengan transportasi lain, yang dimana memiliki tarif relatif murah dan terjangkau. Adanya berbagai dasar penyebab kecelakaan pada kapal ro-ro ferry menjadikan peraturan terhadap kapal ro-ro ferry semakin diperketat. Jenis kecelakaan dengan frekuensi terbesar adalah tubrukan/kontak di Pelabuhan Penyeberangan Merak ndash; Bakauheni pada periode Januari 2017 ndash; April 2018.
Faktor utama penyebab kecelakaan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni ialah pengaruh cuaca. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecelakaan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni dengan menggunakan metode FSA Formal Safety Assesment terbagi menjadi tiga yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengawasan dalam pelaksanaan peraturan di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni, dan penanganan kecelakaan kapal oleh instansi terkait di pelabuhan. Penilaian risiko ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi kecelakaan kapal ro-ro ferry dan mencegah konsekuensi yang lebih besar.

One of the sea transportation that can enter the inland and remote areas is the Ro Ro sea transport Roll On Roll Off. Ro Ro sea transport facilities and the like have technology that is able to facilitate the needs of the community, due to having minimum and multifunctional drafts. This pattern can be developed and compete with other transportation, which has relatively cheap and affordable tariff. The existence of various causes of accidents on board Ro Ro Ferry makes the regulation of the Ro Ro Ferry ship increasingly tightened. Type of accident with the largest frequency is the impact contact at the Port Crossing Merak Bakauheni in the period January 2017 April 2018.
The main factor causing ship accidents at Merak Crosswalk Bakauheni is the influence of weather. The steps that can be taken to reduce the ship accident at Merak Bakauheni Crossing by using FSA Formal Safety Assesment method is divided into three namely human resource quality improvement, supervision in the implementation of the regulations at the Merak Bakauheni Crossing Port, and the handling of ship accident by the institution related at the port. This risk assessment is expected to be a solution in reducing Ro Ro Ferry ship accidents and preventing greater consequences.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hikmat Nurul Fikri
"Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab 1,25 juta orang meninggal setiap tahunnya dan diproyeksikan menjadi beban penyakit nomor tiga di dunia pada 2030. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keselamatan transportasi darat di PT. XYZ dan analisis antar faktor tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan matriks Haddon yang melihat faktor pengemudi, kendaraan, lingkungan fisik dan lingkungan sosial dari masing-masing fase kecelakaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keselamatan transportasi darat di PT. XYZ dipengaruhi oleh empat faktor yang kompleks. Kelelahan menjadi faktor risiko kecelakaan di PT. XYZ. Kendaraan yang digunakan selalu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Kejahatan dan kendaraan lain merupakan faktor risiko kecelakaan dari lingkungan fisik. Dan sistem pemberangkatan pengemudi merupakan masalah dari faktor lingkungan sosial. Interaksi antar faktor tersebut akan meningkatkan risiko kecelakaan di PT. XYZ.

Traffic accident caused 1,25 million death for every years and projected to be the third world burden disease at 2030. Aim of this study is to analyzing factors and interaction of each factor related to land transportation safety in PT. XYZ. This study is qualitative research with descriptive analitic design. This study used Haddon Matrix to show driver factor, vehichle factor, physical and social environment factor from each accident's phase.
The results of this study show that safety transportation in PT. XYZ influenced by driver factor, vehicle factor, physical dan social environment factor. Drivers fatigue being risk factor accident in PT. XYZ. Their vehicles is under routine maintenance. Crime and other vehicles are risk factor accident from physical environment. And driver dispatch system is problem from social environment. Interaction from each factor will raise risk accident in PT. XYZ.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anis Adinizam
"Focus penelitian ini adalah untuk menganlisa empat portofolio bisnis yang dikelola PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yaitu Bisnis Ferry Komersial, Bisnis Ferry Keperintisan, Bisnis Pelabuhan Ferry dan Bisnis Usaha Aneka. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan merekomendasikan strategi level korporasi yang sesuai yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan. Strategi level korporasi merupakan hal yang mendasar karena menyangkut keseluruhan tujuan dan ruang lingkup organisasi, bagaimana nilai akan ditambahkan kepada bagian-bagian perusahaan yang berbeda dan akhirnya menciptakan nilai bagi pemegang saham.
Penelitan ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif-studi kasus dimana data diperoleh dari wawancara dengan manajemen korporasi dan manajer unit bisnis, laporan-laporan perusahaan, referensi buku, jurnal ilmiah dan materi publikasi lainnya. Konsep utama dalam analisis penelitian berdasarkan kerangka Corporate Parenting dari Goold, Campbell & Alexander (1994), Strategi Level Korporasi dari Coulter (2002) and Restrukturisasi dari Hill & Jones (2002). Analisis portofolio dengan kerangka Corporate Parenting mengidentifikasi tingkat kesesuaian antara kebutuhan unit bisnis dengan keahlian yang dimiliki perusahaan induk yang akan berdampak pada pembentukan nilai perusahaan atau penghancuran nilai perusahaan.
Berdasarkan hasil analisis, Bisnis Ferry Komersial dan Bisnis Pelabuhan berada di wilayah Heartland dan strategi level korporasi terbaik adalah melalui Strategi Pertumbuhan, sementara Bisnis Ferry Keperintisan dan Usaha Aneka Jasa masing-masing berada di wilayah Value Trap dan Edge of Heartland dimana strategi terbaik adalah dengan Strategi Restrukturisasi. Namun, penelitian ini tidak secara lebih jauh mendiskusikan tentang strategi level bisnis untuk setiap unit bisnis dan bagaimana pelaksanaan strateginya. Terakhir, pendekatan penelitian yang sama perlu dilakukan untuk subjek perusahaan yang berbeda khusunya pada Badan Usaha Milik Negara.

The focus of this research is to analyze four business portfolio managed by PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) which are Commercial Ferry, Pioneer Ferry, Port Business and Auxiliary Business. The main objective is to identify and recommend suitable corporate level strategy that might be implemented by corporation in order to enhance value. Corporate level strategy is very fundamental because it concerns with overall purpose and scope of an organization, how value will be added to different part of the organization and finally create shareholder value.
The research was performed with qualititave-case study research where data collected from interview with corporate management and business unit manager, company?s reports, reference books, journal and publication.The main concept in research analysis is base on Corporate Parenting Framework of Goold, Campbell & Alexander (1994), Corporate Level Strategy of Coulter (2002) and Restructuring from Hill & Jones (2002). Portfolio analysis using Corporate Parenting Framework is identifying the level of fitness between business unit needs and corporate parent skills that will affect corporate?s value creating or value destroying.
Based on analysis, Commercial Ferry and Port Business are in Heartland area which best corporate strategy is Growth, while Pioneer Ferry and Auxiliary Business is each in Value Trap and Edge of Heartland area which best strategy is Restructuring. However this research does not further discuss about business level strategy for each business and it implementation. Lastly, same approach of research is need to be conducted to another subject of corporate parenting strategy especially for stated-owned company.
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>