Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154818 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mars Rekhy Hendro Dwi Cahyo
"Kebutuhan manusia akan transportasi saat ini adalah suatu hal yang sangat penting. Begitu juga kebutuhan akan perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu kinerja pengemudi truk kontainer yang prima adalah hal utama yang ingin diharapkan oleh peneliti pada penelitian ini. Jalanan macet, kondisi jalan yang buruk serta getaran mesin yang besar adalah beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Fokus penelitian diarahkan pada faktor apa yang beresiko cidera otot pada pengemudi dan seberapa besar getaran pada mesin truk kontainer mempengaruhi kondisi pengemudi. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kinerja pengemudi truk dan juga nilai edukasi bagi banyak pihak.

Human need for transportation today is a very important thing. So is the need for movement of goods from one place to another. Thus the good performance of the truck drivers is the main thing is to be expected by the researchers in this study. Street traffic, poor road conditions and also large machine vibration are several factors that influence it.
The focus of research directed at what is the bigest factor could affect the musculloskeletal disorders to the driver and how much vibration in the truck engine affect the condition of the container truck driver. From this research were expected to contribute to improving the performance of truck drivers, avoiding worse health and also give the value of education for many parties.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52033
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Jandi C.
"Pertumbuhan industri kelapa sawit yang berkembang pesat pada beberapa tahun terakhir ini didorong dengan penggunaan alat-alat produksi yang optimum. Sistem transportasi alat berat pada kelapa sawit menjadi bagian vital dalam mendukung kegiatan produksi. Untuk menjaga sistem transportasi alat berat tersebut bekerja dengan optimal, diperlukan strategi pemeliharaan yang dapat menunjang sistem produksi dan sesuai dengan kerangka berfikir perusahaan.
Pemilihan strategi pemeliharaan truk kontainer kelapa sawit ini menggabungkan dua metode pengambilan keputusan multi atribut (MADM), yaitu AHP dan TOPSIS. Bobot kepentingan relatif dari kriteria pemeliharaan dan alternatif solusi diurutkan dengan menggunakan metode AHP. Metode TOPSIS kemudian digunakan untuk mengatasi ranking solusi yang kurang tepat pada AHP dalam memilih strategi pemeliharaan.

The increasing growth of crude palm oil production in last few years is support by utilization of heavy production equipments. Heavy transportation system in crude palm oil industry becomes vital to support the production system. To keep the utilization of transportation system in optimum use, there is need a maintenance strategy that can support production system and fit with company's framework.
The selection of maintenance strategy for palm oil-container truck uses two methods of MADM, which are AHP and TOPSIS. The relative importance weight of criteria and alternative are prioritized using AHP. The TOPSIS method is applied to compensate for imprecise ranking of AHP in selecting maintenance strategy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51946
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Narrotama
"Penelitian ini mengkaji tentang besarnya resiko musculoskeletal disorder dengan menggunakan metode PLIBEL dan mengukur tingkat Kebisingan yang terjadi di bus TransJakarta setiap harinya dengan menggunakan metode Rapid Sound Quality Assessment of Background Noise Method. Objek yang di teliti adalah para pramudi bus TransJakarta pada koridor 1 dan koridor 6.
Fungsi tujuan yang ingin di capai adalah membuat parameter desain yang dapat mengurangi musculoskeletal disorder dan Kebisingan yang terjadi di bus TransJakarta. Hasil dari penelitian ini parameter desain dari bus TransJakarta yang ergonomis.

This study examines the magnitude of the risk of musculoskeletal disorder PLIBEL method and measure the noise levels that occur in TransJakarta bus each day by using the method of Rapid Sound Quality Assessment of Background Noise Method. Items are carefully is the pramudi TransJakarta bus corridor in the corridor 1 and 6.
Objective function that you want to accomplish is to create design parameters that can reduce musculoskeletal disorder and noise that occurs at bus TransJakarta. The results of this study design parameters of an ergonomic TransJakarta bus.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51779
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Musanif
"Meningkatnya kesadaran terhadap keselamatan di penerbangan Indonesia tidak berarti terbebas dari tanggung jawab untuk terus meningkatkan dan mempertahankan kesadaran tersebut. Diperlukan langkah pencegahan yang dapat diimplementasikan dengan mudah untuk mengidentifikasi kondisi awal sebelum terjadinya suatu kejadian, terutama yang berkaitan dengan human factor. Dari semua studi yang telah dilakukan di Indonesia, belum banyak yang membahas tentang bagaimana menentukan program keselamatan yang dapat memperhatikan sisi human factor dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis program keselamatan yang tepat untuk suatu organisasi berbasis human factor dan juga kriteria dalam pemilihannya. Pemilihan program keselamatan ini menggunakan metode pengambilan keputusan AHP (Analytical Hierarchy Process). Dalam metode ini, diambil empat kategori, dua belas subkategori dan tiga alternatif untuk pemilihan program. Pemilihan kriteria, subkriteria dan alternatif dilakukan melalui diskusi dengan narasumber yang berasal dari kalangan akademisi dan praktisi di industri penerbangan. Alternatif yang dipilih adalah dirty dozen, HFACS, dan LOSA. Hasil akhir komparasi dengan menggunakan metode pengambilan keputusan AHP menunjukkan bahwa dirty dozen merupakan pilihan yang paling sesuai untuk program keselamatan di Indonesia yang dapat memperhatikan sisi human factor secara komprehensif. Dengan hasil ini, program pencegahan kecelakaan pesawat udara dapat disusun sesuai dengan budaya perusahaan dan disesuaikan dengan budaya nasional Indonesia.

The increase in awareness regarding aviation safety in Indonesia does not imply freedom from the responsibility to continually enhance and maintain such awareness. It necessitates the implementation of easily implementable preventive measures to identify preconditions before an incident occurs, particularly concerning the human factor. Among the studies conducted in Indonesia, there are few discussions on determining safety programs that consider the human factor and align with organizational needs. The objective of this research is to analyze an appropriate safety program for an organization based on human factor and establish the criteria for its selection. The selection of safety programs employs the Analytical Hierarchy Process (AHP) decision-making method. Four categories, twelve subcategories, and three alternatives are considered for program selection. Criteria, subcriteria, and alternatives are determined through discussions with experts from academic and aviation industry backgrounds. The chosen alternatives are the dirty dozen, HFACS, and LOSA. The final comparison results utilizing the AHP decision-making method indicate that the dirty dozen is the most suitable choice for a comprehensive safety program in Indonesia, considering the human factor. Based on these findings, preventative measures for aircraft accidents can be developed in accordance with organizational culture and tailored to the national culture of Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariadi Herutomo
"Evaluasi/audit kinerja K3 adalah suatu metode sistematis untuk mengevaluasi sistem manajemen keselamatan perusahaan. Tugas utama audit adalah untuk menentukan apakah metode keselamatan dan kesehatan kerja yang digunakan sudah tepat dan dijalankan secara efektif. Evaluasi kinerja K3 pada penelitian ini menggunakan metode Diekemper & Spartz (D&S) yang dilakukan pada PT. XYZ, salah satu perusahaan kimia di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengelolaan SMK3 di PT. XYZ saat ini, mengevaluasi kinerja pengelolaan SMK3 PT. XYZ dengan menggunakan metode D&S dan memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan oleh perusahaan berdasarkan hasil evaluasi. Nilai akhir yang didapat adalah 87.9 yang berarti pengelolaan K3 di PT. XYZ sudah mencapai tingkatan baik. Mayoritas semua indikator dari metode audit D&S menunjukan nilai baik (tingkat 3) dan nilai sempurna (tingkat 4).

Evaluation/audit the performance of OHS is a systematic method to evaluate the company's safety management system. The main task of the audit is to determine whether the safety and health methods used, are appropriate and effectively implemented. The method for evaluation the performance of OHS in this study using Diekemper & Spartz (D & S) which is conducted at PT. XYZ, one of the chemical companies in Indonesia. This study aims to get an overview of SMK3 management of PT. XYZ today, evaluating performance of OHS management PT. XYZ by using the method of D & S and provide recommendations for improvements that can be implemented by the company based on the results of the evaluation. The final value obtained is 87.9, which means that OHS managemen has reached a good level. The majority of all indicators of the D & S audit method show at good value (level 3) and a perfect score (level 4)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Kharisha
"PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, dimana memiliki lokasi kerja yang tersebar di Indonesia dengan karakteristik yang bervariasi. Karakteristik tersebut yang dapat memunculkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang sistem pertahanan dalam mencegah kecelakaan sesuai dengan kerangka pikir Swiss Cheese Model. Peneliti mengkaji kegagalan sistem pertahanan dengan menggunakan metode Human Factor Analysis and Classification System in Mining Industry (HFACS-MI). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kasus cedera tangan dan jari masih terjadi dan kejadiannya cenderung berulang. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap 33 kasus kecelakaan, permasalahan yang banyak ditemukan diantaranya adalah decisions errors, adverse mental states, coordination and communication, planned inappropriate operations, dan organization process. Dapat disimpulkan bahwa sistem pertahanan yang ada untuk mencegah kecelakaan masih belum optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan sistem pertahanan, baik yang ditargetkan kepada individu maupun organisasi, agar risiko kecelakaan dapat dikendalikan.

XYZ is a company engaged in mining, which has several work sites in Indonesia with varied characteristics. This research aims to get an overview of the defense system in preventing accidents in accordance to the Swiss Cheese Model framework. This research examined the failure of the defense system by using the Human Factor Analysis and Classification System in Mining Industry (HFACS-MI) method. The result of this study mention that the case of hands and fingers injury still occurs. Based on the analysis of 33 cases of accident, the causes are mostly the decisions of errors, adverse mental states, coordination and communication, planned inappropriate operations, and organization process. It can be concluded that the defense system in XYZ company is still not optimal to prevent occupational accidents. Therefore, the defense system will need improvement, targeted to both individuals and organizations, so that the risk of accidents can be controlled."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naura Diva Atmika
"

Dalam sebuah organisasi, terdapat tujuan dan visi misi yang harus dicapai demi keberlangsungan bisnisnya agar memberikan keuntungan yang sepadan bagi pihak yang bersangkutan. Rumah Sakit XYZ sebagai tempat penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki untuk mencapai tujuan strategisnya. Penelitian ini berfokus pada salah satu divisi yang mengelola tenaga penunjang medis, yaitu Komite Tenaga Kesehatan Lain (KTKL). Berbeda dengan divisi pengelola SDM lainnya, KTKL mengelola tenaga penunjang medis yang latar belakang profesinya sangat beragam. Pengukuran kinerja yang digunakan saat ini hanya kinerja individu dan belum ada pengukuran yang menggambarkan kinerja divisi KTKL secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan suatu rancangan indikator pengukuran kinerja untuk memastikan seberapa besar kontribusi dan pencapaian seluruh tenaga penunjang medis terhadap tujuan rumah sakit. Penelitian ini menghasilkan usulan indikator kinerja KTKL yang berjumlah 20 indikator, terdiri dari 6 indikator Learning and Growth perspective, 4 indikator Internal Process, 4 indikator Customer, dan 6 indikator Financial. Dari hasil pembobotan menggunakan metode ANP, dapat diketahui bahwa indikator yang paling berpengaruh dan perlu diprioritaskan dalam mengukur kinerja KTKL untuk mencapai tujuan rumah sakit adalah tingkat retensi karyawan (0.3350), iklim karyawan (employee climate) (0.3303) dan peningkatan jumlah insentif yang diberikan (0.0330).


In an organization, there are goals, vision, and mission that must be achieved for the sustainability of the business to provide appropriate benefits for the relevant parties. XYZ Hospital, as a provider of healthcare services to the community, relies heavily on the quality of its Human Resources (SDM) to achieve its strategic objectives. This research focuses on one of the divisions that manages medical support personnel, namely the Komite Tenaga Kesehatan Lain (KTKL). Unlike other SDM divisions, KTKL manages medical support personnel with a diverse professional backgrounds. The performance measurement currently used is only evaluates individual performance, and there is no measurement that reflects the overall performance of the KTKL division. Therefore, a design of performance measurement indicators is needed to ensure the extent of the contribution and achievement of medical support personnel toward the hospital's objectives. The results of this research are proposals for performance indicators for KTKL, totaling 20 indicators, consisting of 6 Learning and Growth indicators, 4 Internal Process indicators, 4 Customer indicators, and 6 Financial indicators. From the weighting results using the ANP method, it can be seen that the most influential and prioritized indicators in measuring KTKL's performance to achieve the hospital's objectives are tingkat retensi karyawan (0.3350), iklim karyawan (employee climate) (0.3303), and peningkatan jumlah insentif yang diberikan (0.0330)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ronny
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52043
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Ramadhan
"Skripsi ini meneliti tentang aspek ergonomi pada masinis Kereta Rel Listrik Jabodetabek. Metode yang digunakan adalah Quick Exposure Checklist (QEC) Dan Rapid Sound-Quality Assessment. Metode QEC digunakan untuk merndapatkan nilai paparan untuk resiko pekerjaan yang berhubungan dengan gangguan otot. Sedangkan Rapid Sound-Quality Assessment mengukur tingkat kebisingan di dalam kabin masinis. Perhitungan metode yang dilakukan akan dibandingkan dengan standar-standar ergonomi.
Hasil total pemaparan dan tabel petimbangan tindakan awal, mengevaluasi tingkat pemaparan pada masinis (seluruh jenis KRL) untuk dinas 2 rit dinyatakan - Investigasi dan Diubah Semakin Baik - . Paparan terbesar adalah pada bagian tubuh bahu / lengan. Kebisingan pada kabin masinis KRL Ekonomi adalah - Netral Tingkat Tinggi - dan kabin masinis KRL AC adalah - Mendesis Tingkat Tinggi - .
Hasil-hasil perhitungan tersebut dijadikan parameter untuk desain kabin masinis yang ergonomis agar menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman, sehat, dan efisien.

This research examines the aspects of ergonomics in the Jabodetabek Electric Rail train driver. The method used is the Quick Exposure Checklist (QEC) and Sound-Quality Rapid Assessment. QEC method used to value exposure to the risk of work-related musculoskeletal disorders. While Rapid Sound-Quality Assessment measure the noise level in the cab driver. Calculation methods that do will be compared with the standards of ergonomics.
Results of total exposure and tables thought being given to early action, evaluate the level of exposure to the driver (all types of KRL) to service two trips a day declared "Investigate Further And Change Soon". The biggest exposure is on the body shoulder / arm . Noise in the Economic cab driver KRL is "Neutral High Level" and noise in the AC cab driver KRL is 'Hissing High Level'.
The results of these calculations are used as parameters to design an ergonomic cab driver to create a safer working environment, comfortable, healthy, and efficient.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52122
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica Desyariani
"Kelelahan merupakan suatu bentuk mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh terhindar dari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat. Kelelahan diatur secara central oleh otak. Pada susunan syaraf pusat terdapat sistem aktivasi (bersifat simpatis) dan inhibasi (bersifat parasimpatis). Kondisi lelah biasanya menunjukan kondisi yang berbeda-beda dari setiap individu, namun semuanya bermuara pada kehilangan efisiensi dan penurunan kapasitas kerja serta ketahanan tubuh seseorang. PT. X adalah perusahaan penghasil beton campuran pertama dan terbesar di Indonesia. PT. X menggunakan Truk Mixer dalam proses pengiriman beton campuran ke lokasi-lokasi yang melakukan pemesanan. Maka dari itu proses kerja lebih banyak dilakukan dalam perjalanan.
Berdasarkan proses kerja yang terjadi pada di PT. X, dapat diketahui bahwa angka kecelakaan kerja yang terjadi lebih banyak di jalan. Itu artinya pekerja yang memiliki potensi kecelakaan lebih besar adalah pekerja yang mengendalikan alat transport/truk di jalan, yaitu pengemudi truk mixer. Hasil dari data sekunder yang diperoleh di dapatkan bahwa tingkat pengalaman, jumlah Over time dan jumlah waktu tempuh perjalanan pada pengemudi truk mixer di PT. X sangat bervariasi dan melampaui batas over time yang di izinkan menurut UU Tenaga Kerja Tahun 2003 Pasal 78 ayat 2. Dimana ketiga variabel tersebut termasuk salah satu faktor yang memberi kontribusi terjadinya kelelahan yang mengakibatkan suatu kecelakaan, yaitu dalam kelompok klasifikasi intensitas dan lamanya kerja fisik.
Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah relasi atau hubungan antara waktu tempuh dan Over Time pengemudi PT. X dengan frekuensi kelelahan pada tahun 2008 dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Dari hasil analisis data dan wawancara mendalam pada pengemudi, Senior Driver, dan beberapa staff yang terkait dalam Departement Trasnportasi di PT. X, diperoleh hasil bahwa tingkat pengalaman pengemudi kurang dari 2 tahun yang mengalami kelelahan dengan frekuensi kadang-kadang sebesar 76,5 %, rata-rata waktu tempuh lebih dari atau sama dengan 2 jam yang mengalami kelelahan dengan frekuensi munculnya kadang-kadang 65,2 %, dan rata-rata waktu over time lebih dari atau sama dengan 3 jam mengalami kelelahan dengan frekuensi munculnya kadangkadang sebanyak 59, 1 %.
Kesimpulan diperoleh bahwa rata-rata over time sudah melampaui batas yang ditentukan, namun memang kelelahan muncul dengan frekuensi kadang-kadang, artinya kelelahan itu muncul 1-2 hari dalam seminggu pada pengemudi truck mixer PT. X.
Dalam rangka mengurangi frekuensi munculnya gejala kelelahan, sebaiknya perusahaan membatasi jumlah over time pada pengemudi, memberikan sosialisasi perlunya peregangan otot dilakukan saat pengemudi sedang proses kerja di Proyek konsumen, membuat shift kerja yang lebih teratur, dan menyediakan pompa yang dapat disewakan pada Proyek yang memindahkan campuran beton secara manual."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>