Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53312 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indra Pratama
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52052
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Kristianto
"The focus of this study is safety behavior of Pramudi (Driver) Bus TransJakarta at Koridor I direction Blok M - Kota. The purpose of this study is to know how safety behavior on Pramudi (Driver) Bus TransJakarta. This research is qualitative descriptive. The data were collect by means of deep interview. The variable of this research is knowledge, attituted, training, supervision, safety promotion and Standard Operating Procedure (SOP). The researcher suggest that important to increasing knowledge and skill of Pramudi (Driver) Bus TransJakarta, safety promotion program important at work place, important to socialization the SOP at work place, important to maintenance of infrasturcturs, have to control the pedestrian and biker who crossing the busway and increasing aspect safety to passengers.

Skripsi ini membahas perilaku keselamatan Pramudi (Pengemudi) Bus TransJakarta Koridor I jurusan Blok M - Kota. Penelitian ini adalah penelitian dengan disain studi kualitatif deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; pengetahuan, sikap, pelatihan, pengawasan, safety promotion dan Standard Operating Procedure (SOP). Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu ditingkatkan pengetahuan dan kompetensi dari Pramudi (Pengemudi) Bus TransJakarta, perlu adanya safety pomotion yang terprogram, perlu adanya sosialisasi SOP di tempat kerja, penambahan dan perawatan infrastruktur, penertiban pejalan kaki dan motor yang melintasi jalur busway dan peningkatan pelayanan keselamatan penumpang."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Destry Rizkawati
"Skripsi ini bertujuan untuk melihat hubungan antara indeks massa tubuh, lama bekerja, kebiasaan makan, gaya hidup, dan kejadian hipertensi pada pramudi Bus Transjakarta. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan pengambilan data bulan April hingga bulan Mei 2012 di Blok M. Hasil penelitian menunjukkan prevalensi kejadian hipertensi pada pramudi Bus Transjakarta adalah 54,9%. Pada penelitian ini, terdapat hubungan yang bermakna antara kejadian hipertensi dengan riwayat hipertensi keluarga (p=0,022, OR 5,118), indeks massa tubuh (p=0,019, OR 3,248), lama bekerja sebagai sopir (p=0,029, OR 2,978), kebiasaan makan buah dan sayur (p=0,002, OR 4,727). Untuk itu, pramudi disarankan menjaga berat badan normal, pola makan yang sehat, serta melakukan pengecekan tekanan darah secara berkala untuk mencegah hipertensi.

The purpose of this study was to analyze correlation between body mass Index, length of work, foods pattern, life style, and incidence of hypertension among Transjakarta Busway?s driver. The research design was cross sectional method and was conducted on April until May 2012 in Blok M. The Results showed the prevalence of hypertension in pramudi Bus Transjakarta was 54,9%. In this study, the incidence of hypertension associated with a family history of hypertension (p=0,022, OR 5,118), body mass index (p=0,019, OR 3,248), length of working as a driver (p=0,029, OR 2,978), consumption fruits and vegetables (p=0,002, OR 4,727). Therefore, pramudi should keep their body weight normaly, healthy diet, and check blood pressure regularly to prevent hypertension risk."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Namira Wadjir Sangadji
"Hipertensi merupakan penyebab utama gagal jantung, gagal ginjal dan strok. Kejadian hipertensi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pola kerja, status gizi, kebiasaan makan, aktivitas fisik, dan gaya hidup. Faktor pola kerja sebagai supir diduga sebagai pencetus kejadian hipertensi. Penelitian ini membahas gambaran kejadian hipertensi pada pramudi bus transjakarta di PT Bianglala Metropilitan Tahun 2013. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prevalensi kejadian hipertensi sebesar 68,1 %. Proporsi pramudi bus Transjakarta di PT. Bianglala Metropolitan tahun 2013 yang lebih banyak menderita hipertensi ada pada kelompok usia lebih dari 40 tahun sebesar 70,4 %, memiliki riwayat kejadian hipertensi dalam keluarga sebesar 70,7 %, berpendidikan SMA 70,6 % dan berasal dari suku Minangkabau 78,6 %. Selain itu kejadian hipertensi juga lebih banyak pada kelompok pramudi yang memiliki indeks masa tubuh obesitas sebesar 87,2 %, sering mengonsumsi makanan tinggi natrium sebesar 70,2 %, sering mengonsumsi lemak sebesar 73,0 % dan jarang mengonsumsi serat 74,6 %. Proporsi kejadian hipertensi juga banyak ditemukan pada kelompok pramudi yang memiliki kebiasaan mengonsumsi rokok sebesar 72,2%, sedangkan presentase pramudi yang mengonsumsi kopi dan tidak mengonsumsi kopi kurang lebih sama. Pramudi yang memiliki lama masa kerja lebih dari 18 bulan kurang lebih sama dengan proporsi lama masa kerja kurang dari 18 bulan.

Hypertension is a major cause of heart failure, kidney failure and stroke. The occurence of hypertension is affected by a lot of factors such as work pattern, nutrition status, diet, physical activity, and life style. This study is going to discusses the overview of the incidence of hypertension inTransJakarta's bus drivers in PT Bianglala Metropilitan in 2013. This is a descriptive study with cross sectional method. This study shows that the prevalence of the occurence of hypertension is 68,1%. The drivers' proportion who suffer from hypertension is from the group of people aged more than 40 years, have a family history of hypertension, high school graduate, and come from the tribe of Minang. Also, the occurence of hypertension is higher from the group of driver who is having a high body mass index or obese, often consuming high natrium and fat food, and rarely consuming fruit and vegetabes. The proportion of occurence also highly found from the group of driver with the habit of consuming coffee and cigarettes. On average, drivers with longer service more than 18 months suffer hypertension more than the driver whose service is less than 18 months."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S53739
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imamum Zaenal Muttaqin
"Makalah ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya [Bambang Sugiarto, Suryana, 2005 ; Bambang Sugiarto, Jabar AW, 2007] dimana polusi udara akan berkurang secara signifikan jika jumlah koridor dan armada yang beroperasi mencukupi dan jika penumpang bus transjakarta adalah yang sebelumnya pengguna mobil pribadi.
Perhitungan pemakaian BBG pada bus transjakarta dan pengurangan emisi kendaraan bermotor kota Jakarta dengan Powersim akan bersifat komprehensif dengan pendekatan model dinamik mulai dari pertumbuhan penduduk, pertumbuhan kendaraan bermotor, pertambahan armada, koridor, dan jumlah penumpang bus transjakarta, dan perluasan jaringan bus pengumpan (feeder) sesuai kondisi terakhir (Agustus 2009).
Hasil yang diharapkan dari studi ini adalah prediksi kebutuhan BBG dan pengurangan laju emisi kendaraan bermotor dengan beroperasinya bus transjakarta dalam menurunkan polusi udara kota Jakarta hingga Tahun 2012.

This paper is a continuity of previous studies [Bambang Sugiarto, Suryana, 2005; Bambang Sugiarto, Jabar AW, 2007] where air pollution will be reduced significantly if the number of corridors and operating of fleet is sufficient and if the bus transjakarta passengers were previously is private car users.
Calculations of the fuel gas (CNG) on the bus transjakarta and reduction of emissions from vehicles with Powersim in Jakarta will be comprehensivelly by approaching to the dynamic models from population growth, vehicle growth, increase fleet, corridors, number of busway passengers, and expansion of the feeder bus network (feeder) according to the last condition (August 2009).
Expected results of this study is to predict demand of CNG on the bus transjakarta and reduction the rate of emission from vehicles with operating bus transjakarta to reduce air pollution in Jakarta until 2012.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50805
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Narrotama
"Penelitian ini mengkaji tentang besarnya resiko musculoskeletal disorder dengan menggunakan metode PLIBEL dan mengukur tingkat Kebisingan yang terjadi di bus TransJakarta setiap harinya dengan menggunakan metode Rapid Sound Quality Assessment of Background Noise Method. Objek yang di teliti adalah para pramudi bus TransJakarta pada koridor 1 dan koridor 6.
Fungsi tujuan yang ingin di capai adalah membuat parameter desain yang dapat mengurangi musculoskeletal disorder dan Kebisingan yang terjadi di bus TransJakarta. Hasil dari penelitian ini parameter desain dari bus TransJakarta yang ergonomis.

This study examines the magnitude of the risk of musculoskeletal disorder PLIBEL method and measure the noise levels that occur in TransJakarta bus each day by using the method of Rapid Sound Quality Assessment of Background Noise Method. Items are carefully is the pramudi TransJakarta bus corridor in the corridor 1 and 6.
Objective function that you want to accomplish is to create design parameters that can reduce musculoskeletal disorder and noise that occurs at bus TransJakarta. The results of this study design parameters of an ergonomic TransJakarta bus.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51779
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Zainab Luxfiati
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1983
S2007
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
WPP 22(1-5)2010
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hasybi Achmad Renandito Soewardjo
"Kota Depok merupakan salah satu wilayah di Jabodetabek yang menyumbang komuter tujuan Jakarta terbanyak. Namun, layanan angkutan umum yang ada kini masih belum memadai dalam memenuhi kebutuhan perjalanan di luar Kota Depok sehingga perlu adanya peningkatan layanan terpadu melalui integrasi antar moda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta membandingkan tingkat potensi permintaan (Demand) terhadap layanan terpadu atau terintegrasi secara rute antara BST Depok dan Transjakarta dengan layanan BST Depok yang tidak terpadu berdasarkan preferensi masyarakat Kota Depok. Data diperoleh dari hasil pelaksanaan survei dengan metode Revealed Preference dan Stated Pereference. Hasil data dikelompokkan untuk dilakukan uji korelasi Spearman, lalu dibentuk fungsi utilitas untuk model dan uji kelayakan Omnibus dan Hosmer and Lemeshow Test, lalu dilakukan uji validasi Root Mean Square Error (RMSE) dengan membandingan data real dan data model, lalu dipilih model terbaik dan diakhiri dengan uji komparatif Mann-Whitney. Berdasarkan hasil pengembangan dan analisis model, didapatkan variabel yang berpengaruh terhadap preferensi masyarakat, antara lain tarif layanan dan frekuensi. Hasil analisis potensi penggunaan Layanan BST Depok menunjukkan adanya perbedaan besaran permintaan dari layanan tidak terpadu ke layanan terpadu yang dimana tingkat potensi penggunaan layanan trayek BST Depok 1C pada frekuensi 5 hingga 20 menit sebesar 94% - 86% untuk pengguna motor dan sebesar 87% - 78% untuk pengguna angkutan umum, pada layanan terpadu antara trayek BST Depok 1C dengan Transjakarta sebesar 95% - 86% untuk pengguna motor dan sebesar 87% - 80% untuk pengguna angkutan umum.

Depok is one of the areas in Jabodetabek which has the largest contributor to commuting to Jakarta. However, the existing public transportation services are still not sufficient to fulfill the needs of travel outside Depok, so there is a need to improve integrated services through intermodal integration. This study aims to determine and compare the level of potential demand for integrated services or route integrated between BST Depok and Transjakarta with BST Depok services without integrated, based on the preferences of the people of Depok City. Data obtained from the results of the survey using Revealed Preference and Stated Preference methods. The data results are grouped for the Spearman Correlation Test, then a utility function is formed for the model and the Omnibus Test and the Hosmer and Lemeshow Test, the Root Mean Square Error (RMSE) Validation Test is carried out by comparing the real data and model data, then the best model is selected and ends with the Mann-Whitney Comparative Test. Based on the result of the development and analysis of the model, it is found that variables that affect people’s preferences include service fee and frequency. The analysis results of BST Depok 1C service potential show that there is a difference in the amount of demand from unintegrated services to integrated services where the potential level of BST Depok 1C at a frequency of 5 to 20 minutes is 94% - 86% for motorcycle users and 87% - 78% for public transport users, on integrated services between the BST Depok 1C and Transjakarta it is 95% - 86% for motorcycle users and 87% - 80% for public transport users."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laili Miftahur Rizqi
"Penjadwalan kendaraan (vehicle scheduling) merupakan proses pengaturan kendaraan terhadap himpunan perjalanan (trip) yang berasal dari jadwal keberangkatan (timetable) sedemikian sehingga meminimumkan biaya operasional. Trip merupakan perpindahan kendaraan dengan penumpang dari lokasi awal yang spesifik ke lokasi akhir yang spesifik pada waktu keberangkatan dan waktu kedatangan yang juga spesifik. Pada dasarnya, penjadwalan kendaraan telah mencakup jadwal pengisian bahan bakar. Akan tetapi pada pengoperasian bus TransJakarta terdapat hal yang perlu diperhatikan, yaitu stasiun pengisian bahan bakar gas yang jumlahnya hanya sedikit. Akibatnya bus hanya dapat mengisi bahan bakar di suatu lokasi tertentu. Selain itu, ketika bus akan mengisi bahan bakar, bus tersebut harus dalam kondisi tidak membawa penumpang. Oleh karena itu, penjadwalan kendaraan bus TransJakarta harus memenuhi aspek-aspek berikut:
- Timetable bus terpenuhi dengan memperhatikan jadwal pengisian bahan bakar.
- Biaya operasional yang dikeluarkan Unit Pengelola TransJakarta Busway minimum.
Masalah penjadwalan kendaraan bus rapid transit dengan memperhatikan jadwal pengisian bahan bakar akan dimodelkan sebagai masalah quasi-assignment. Selanjutnya masalah tersebut akan diselesaikan menggunakan algoritma auction dan diaplikasikan pada masalah penjadwalan kendaraan bus TransJakarta. Keluaran dari masalah penjadwalan kendaraan pada tugas akhir ini ialah barisan perjalanan dan deadhead yang dijalankan oleh setiap kendaraan bus TransJakarta dan kapan kendaraan tersebut mengisi bahan bakar.

Vehicle scheduling is the proses of assigning vehicle to a set of trips from predetermined departure schedule (timetable) in order to minimize operational cost. Trip is the movement of vehicle together with passengers from specified start location to specified end location at a specified departure time and arrival time. Basically, vehicle scheduling already includes fuel filling schedule. But in operating TransJakarta bus, there is one thing needed to be paid attention to, that is the small number of gas stations available for fuel filling. As a consequence, the bus can only fill up the gas tank at certain locations. Besides that, when a bus is going to fill up the gas tank, the bus should be in a condition where it contains no passenger. Because of that, TransJakarta bus vehicle scheduling must fulfill these aspects:
- The buses timetable must be fulfilled by considering the fuel filling schedule.
- Operational cost spent by Unit Pengelola TransJakarta Busway is minimum.
Rapid transit vehicle scheduling problem by considering fuel filling schedule will be modeled as a quasi-assignment problem. The problem will be solved using auction algorithm and be applied to TransJakarta bus vehicle scheduling problem. Output from vehicle scheduling problem in this skripsi are sequences of trips and deadheads which will be executed by each TransJakarta bus and when the vehicle fill up the gas tank.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S45687
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>