Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131816 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Herman Adrian
"Proses unloading yang dilakukan pada area raw material store suatu pabrik fast moving consumer goods berlangsung dalam tingkat kecepatan dan frekuensi yang tinggi. Di sisi lain, kondisi barang yang dikirim seringkali membuat pekerja harus melakukan proses unloading secara manual tanpa alat bantu sehingga rentan menyebabkan timbulnya musculoskeletal disorders.
Penelitian ini ingin menganalisis kondisi tersebut dengan menggunakan metode virtual human modeling. Proses analisis terhadap output simulasi yang dibuat dilakukan dengan metode Lifting Index (LI) dan Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Selain kondisi aktual tersebut, simulasi juga dibuat dengan menggunakan alat bantu yang memungkinkan. Output simulasi tersebut akan dibandingkan untuk memperoleh rekomendasi alat bantu yang paling ergonomis untuk proses unloading tersebut.

The unloading process in raw material store of fast moving consumer goods plant works in high speed and frequency. In other side, the boxes that were sent sometimes make the workers have to do the unloading process manually (without helping equipment) that increase the musculoskeletal disorders disease.
This research analyze the condition with virtual human modeling method. The analyzing process of the simulation's output is done with Lifting Index (LI) method and Posture Evaluation Index (PEI) method which integrates the Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture (OWAS), and Rapid Upper Limb Assessment (RULA).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52074
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jennifer
"Area sub store, gudang perantara antara gudang bahan baku dengan area produksi yang menyimpan bahan baku selama 1 shift produksi, mempunyai frekuensi pengiriman material yang tinggi. Dalam melakukan material handling dengan frekuensi yang tinggi tersebut, dibutuhkan alat bantu yang ergonomis agar pekerja tidak mengalami work musculosketeletal disorder. Pendekatan yang digunakan dalam merancang alat yang ergonomis ini adalah metode Virtual Human Modeling.
Output dari penelitian ini adalah perbandingan nilai Posture Evaluation Index (PEI) dan Lifting Index (LI) menggunakan model aktual dengan model rekomendasi. Posture Evaluation Index (PEI) mengintegrasikan hasil analisis dari tiga metode pengukuran ergonomi yaitu Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Sedangkan Lifting Index (LI) merupakan hasil analisis dari pengukuran ergonomi NIOSH. Hasil penelitian memberikan rekomendasi alat bantu material handling yang ergonomis di area sub store.

Sub store area, a temporary warehouse, between raw material store and production area, which saves raw material during 1 shift of production, has high frequency of material delivery. In doing such a material handling activity, it is needed to have an ergonomic material handling equipment to avoid worker from work musculoskeletal disorder. The approach used in designing ergonomic equipment is virtual human modeling methodology.
The output of this research is a comparative value of Posture Evaluation Index (PEI) and Lifting Index (LI) using actual model and recommendation model. Posture Evaluation Index (PEI) integrates analytic results of three ergonomic measurement tools. They are Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS) and Rapid Upper Limb Assessment (RULA). However, Lifting Index (LI) is an analytic result of NIOSH analysis. Output of this research gives a recommendation of ergonomic material handling equipment for sub store area.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51938
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Daffa Arkan Naufal
"Laporan magang ini disusun untuk menganalisis proses pengajuan belanja modal pada PT YFJ. PT YFJ merupakan salah satu anak perusahaan dari LKD Indonesia, sebuah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) multinasional yang beroperasi di Indonesia. Fokus laporan magang ini adalah menganalisis sistem pengendalian internal pada proses pengajuan belanda modal pada PT YFJ. Analisis dilakukan untuk mengetahui apakah pengendalian yang ada sudah memadai atau belum, dengan mengidentifikasi risiko dan pengendalian yang telah dilakukan serta kesesuaiannya dengan Capex Policy PT YFJ. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengendalian internal pada proses pengajuan belanja modal PT YFJ sudah cukup memadai dan sesuai dengan kerangka teori dan aturan yang berlaku.

This internship report is prepared to analyze the application process of capital expenditure at PT YFJ. PT YFJ is one of the subsidiaries of LKD Indonesia, a multinational Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company operating in Indonesia. The focus of this internship report is to analyze the internal control system in the capital expenditure application process at PT YFJ. The discussion begins with the identification of risks and controls based on activities during the capital expenditure application process. The analysis was conducted to determine whether the existing internal controls are adequate or not by identifying the risks and controls that have been implemented, as well as their compliance with PT YFJ's Capex Policy. The analysis results indicate that the internal controls in the capital expenditure application process at PT YFJ are adequate and have been carried out in accordance with the theoretical framework and applicable rules."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nike Nur Almuldita
"Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), perusahaan FMCG perlu mengetahui jumlah permintaan yang potensial di suatu wilayah. Dengan begitu perusahaan dapat menyesuaikan supply yang optimal untuk menghindari tidak terpenuhinya permintaan pelanggan. Metode ekonometrik merupakan salah satu solusi untuk memodelkan estimasi permintaan dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Pada penelitian ini digunakan data cross section sehingga perlu dilakukan uji dependensi spasial untuk melihat apakah antar wilayah memiliki dependensi spasial atau tidak. Hasilnya pada model regresi tidak terdapat dependensi spasial sehingga digunakan analisis regresi non-spasial sebagai model estimasi permintaan. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa permintaan konsumen dipengaruhi oleh faktor jumlah penduduk, PDRB perkapita, rata-rata pengeluaran konsumsi rumah tangga, dan kategori wilayah rural atau urban.

Along with the strict competitiveness of Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry, companies need to know the number of potential demands in an area. So, companies can adjust optimal supply to avoid consumer's demands unfulfillment. Econometric method is one of the solution to model the demand estimation considering factors affecting it.
This research use cross section data, so spatial dependence was conducted to investigate whether there is a spatial dependency between the region. The result revealed that there was no spatial dependency. Therefore, non-spatial regression analysis was used as a model of demand estimation. Beside that, the result also show that consumer?s demands are influenced by number of population, Gross Domestic Regional Product (GDRP), average of household expenditure, and the category of the area (rural or urban).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43377
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reshinta Ananda Lestari
"Saat ini teknologi digital membuat manusia dapat melakukan aktivitas berbelanja secara online menggunakan internet melalui e-commerce. Pembelian produk FMCG secara online melalui situs e-commerce saat ini berkembang pesat dan akan terus mengalami peningkatan untuk tahun-tahun berikutnya. Dalam penggunaan suatu website, user experience menjadi lebih penting dibandingkan dengan produk atau layanan lainnya. Tetapi, dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa masih terdapat masalah usability pada official store produk FMCG di situs e-commerce.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface official store produk FMCG di situs e-commerce dengan menggunakan pendekatan user experience yaitu menggunakan performance metrics, self-reported metrics, behavioral metrics, dan issue-based metrics yang menilai kinerja, persepsi, perilaku, dan mengeluarkan apa yang dirasakan pengguna dalam berinteraksi dengan situs serta mengklasifikasi atribut desain yang sesuai prefrensi pengguna menggunakan model Kano.
Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh dalam dimensi ease of use, interface quality, dan satisfaction penilaian yang belum baik sehingga perlu dilakukan perancangan rekomendasi strategi dan desain interface yang dapat meningkatkan usability dan kepuasan pengguna.

Currently digital technology makes people can do shopping online using the internet via e commerce. Sales of FMCG products through e commerce websites are currently growing rapidly and will continue to improve for the following years. In the use of a website, user experience becomes more important than any other products or services. However, from previous research it is known that there is still usability problem when user using official store for FMCG product at e commerce website.
This study aims to evaluate the official store rsquo s user interface using the user experience approach with performance metrics, self reported metrics, behavioral metrics, and issue based metrics that assess performance, perception, behavior, and issue that the user perceives when interacting with the website and classifies the design attributes that suit the user 39 s preference using the Kano model.
Based on the evaluation results, in the dimensions of ease of use, interface quality, and satisfaction was not good enough, so that strategy and interface design recommendation is done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heddy Florihotda
"Menjaga loyalitas customer menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebuah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) agar dapat bersaing di pasaran. Salah satu hal yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan Order Fill Rate (OFR) kepada customer. Analisis terhadap faktorfaktor yang memengaruhi OFR serta hubungannya satu sama lain dibutuhkan agar perusahaan dapat menentukan strategi yang paling tepat untuk meningkatkan OFR.
Penelitian ini mengambil studi kasus pada sebuah perusahaan FMCG yang telah berkecimpung di industri consumer goods skala global selama lebih dari 170 tahun. Analisis mengenai faktor-faktor yang memengaruhi OFR serta hubungannya satu sama lain dan pemilihan strategi yang tepat untuk meningkatkan OFR dilakukan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP).
Hasil penelitian menunjukan bahwa forecast merupakan faktor yang paling penting serta memengaruhi faktor lainnya dalam upaya meningkatkan OFR. Penelitian ini juga menunujukan bahwa strategi peningkatan OFR yang paling tepat adalah strategi The Concept of Pooling dan strategi ABC Classification.

Maintaining customer loyalty becomes an important thing for a Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company in order to compete in the market. One of the things that can be done by a FMCG company is improve their Order Fill Rate (OFR). Analysis of the factors affecting the OFR and its relationship to one another is needed so the company can determine the most appropriate strategy to improve their OFR.
This research took a place in a company that has been in the consumer goods industry on a global scale for more than 170 years. Analysis on the factors that influenced the OFR and its relationship to each other and also the selection of an appropriate strategy to improve OFR is performed using Analytic Network Process (ANP).
Research results show that forecast is the most important factor and also the most influencing factor to other factors in an attempt to improve OFR. This research also shows that the most appropriate strategies to improve OFR are The Concept of Pooling strategy and ABC Classification strategy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62052
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Kurniawan
"Pembagian keuntungan perseroan pada pemegang saham atas modal yang sudah diinvestasikannya bisa dengan lewat dividen, keuntungan menginvestasikan kembali, ataupun membeli kembali saham. Salah satu ketentuan yang diulas dalam rapat ini yakni ketentuan tentang dibayarkan ataupun tidaknya dividen maupun yang lebih diketahui selaku dividend policy (kebijakan dividen). Tujuan penelitian ini ingin mengetahui Mengetahui dampak pengaruh struktur kepemilikan dan arus kas terhadap rasio pembayaran dividen terhadap industri FMCG yang tertera di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan panel regression analysis dengan pendekatan random effect. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan kuartalan perseroan Fast Moving Consumer Good yang sudah tertera di Bursa Efek Indonesia (BEI) data 5 tahun dari tahun 2016 – 2020 dengan menggunakan Purposive sample. Hasil pengujian regresi data panel diperoleh bahwa variabel Instituonal Ownership memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dividend payout ratio. Variabel operating cash flow (OCF) dan free cash flow (FCF) masing-masing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi tambahan dalam memutuskan bagaimana tingkatan dividen yang hendak diberikan (rasio pembayaran dividen) da mengenali aspek yang bisa pengaruhi rasio pembayaran dividen, penanam modal yang menginginkan return berbentuk dividen bisa lebih berhati - hati dalam memilah perusahaan tempat dia hendak menanamkan uang yang dimilikinya. Perusahaan (praktisi / manajer keuangan) tetap mengutamakan good governance dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi konflik (agency problem) antara manajemen dan pemegang saham karena konflik ini akan merugikan perusahaan kedepannya. Investor sebaiknya juga mendalami hak-hak apa saja yang seharusnya diperoleh sebagai pemegang saham dan peraturan-peraturan yang melindungi hak-hak tersebut.

The distribution of company profits to shareholders on invested capital through dividends, previous profits, or buying back shares. One of the provisions reviewed in this meeting is the provision regarding the determination or not of dividends or what is better known as dividend policy (policy). The purpose of this study was to determine the effect of ownership structure and cash flow on the dividend payout ratio of the FMCG industry listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This research was conducted using panel regression analysis with a random effects approach. This study uses secondary data obtained from the quarterly reports of Fast Moving Consumer Good companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for 5 years from 2016 – 2020 using a purposive sample. The results of the panel data regression test show that the institutional ownership variable has a significant effect on the dividend payout ratio. Variable operating cash flow (OCF) and free cash flow (FCF) each partially has a significant effect on the dividend payout ratio. This research is expected to provide an additional reference in deciding how the dividend level to be given (dividend payout ratio) and to identify aspects that can affect the dividend payout ratio, investors who want a dividend return can be more careful in selecting the company where they want to invest their money. demanded. The company (practitioner / financial manager) continues to prioritize good governance in carrying out its business activities. This is so that there is no conflict (agency problem) between management and shareholders because this conflict will be detrimental in the future. . Investors should also explore what rights they have as shareholders and the regulations that protect these rights.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rini Juwita
"Seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan terhadap produk dan persaingan bisnis yang tinggi, peranan jaringan distribusi produk sangat berpengaruh dalam menjaga eksistensi usaha. Untuk menjamin kelancaran distribusi, maka perlu ditentukan jumlah dan lokasi titik distribusi (distribution points) yang optimal. Semakin banyak jumlah distribution points, akan lebih memberikan kepastian terpenuhinya demand di wilayah tersebut, akan tetapi juga akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Demikian sebaliknya. Oleh karena itu diperlukan suatu studi untuk menentukan jumlah dan lokasi yang optimal dari distribution points agar perusahaan dapat meminimumkan biaya distribusi produknya. Metode yang digunakan adalah Algoritma Tabu Search dengan pendekatan centre of gravity.

Along with the increasing number of requests for product and the high competition of business nowadays, the role of distribution network is very important in maintaining the existence of the business. To ensure the distribution will be going smoothly, it is necessary to determine the number and location of distribution points. The more distribution points we have, the more demand will be covered in the region, but also will require a greater cost. This also happens to the case of fewer distribution points. Therefore we need a study to determine the optimal number and location of distribution points so that companies can minimize the distribution cost of its products. The method is Tabu Search Algorithm with the center of gravity approach."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1977
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Rahmansyah Kurnia
"

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan konsumsi masyarakat di Indonesia, permintaan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pun mengalami peningkatan khususnya produk FMCG pada kategori Nutrisi. Hal ini tentunya menjadi potensi keuntungan bagi perusahaan jika bisa memanfaatkan kondisi dengan baik. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, perusahaan perlu memastikan bahwa produknya bisa menjangkau masyarakat luas dengan tepat waktu, hal ini perlu didukung oleh rencana produksi yang baik. Hal utama yang menjadi acuan perusahaan memproduksi sebuah produk adalah peramalan permintaan di waktu yang akan datang. Peramalan akan menjadi acuan perusahaan untuk menentukan seberapa banyak produk yang harus diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Peramalan yang baik akan membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisasi kerugian yang timbul akibat kesalahan dalam perhitungan produksi. Selain peramalan, perusahaan pun perlu menentukan jumlah safety stock dan reorder point untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa stok yang dimiliki bisa terus memenuhi permintaan pasar.


Along with the increasing standard of living and public consumption in Indonesia, the demand for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products has also increased, especially for FMCG products in the Nutrition category. This is a great potential profit for the company if it can take the advantages of the conditions properly. To optimize the potential that exists, companies need to ensure that their products can reach the wider community at the right time, this needs to be supported by a good production plan. The main thing that becomes a reference for producing a product is forecasting demand in the future. Forecasting will be a reference for the company to determine how many products must be produced within a certain time. Good forecasting will help companies to increase profits and minimize losses arising from errors in production calculations. In addition to forecasting, companies also need to determine the amount of safety stock and reorder points to help companies ensure that their stock can continue to meet market demand.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Friska Evelyn Riatur
"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan terhadap rendahnya pencapaian nilai kinerja pada sebuah perusahaan di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada permasalahan rendahnya pencapaian kinerja OTIF bidang export di salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) ternama di Indonesia. Perusahaan ini menetapkan On Time In Full (OTIF) sebagai indikator dari kinerja perusahaan. Untuk itu, diperlukan suatu jalan keluar yang berupa usulan perbaikan terhadap kinerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mendapatkan solusi baik yang akan diimplementasikan. Perbaikan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap efisiensi waktu yang dibutuhkan untuk merespon pesanan pelanggan.
Pada penelitian ini, kegitan export dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kegiatan sebelum pengiriman dan kegiatan setelah pengiriman. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah efisiensi sebesar 14,28% pada kegiatan sebelum pengiriman dan 21,42% pada kegiatan setelah pengiriman.

This study aims to propose improvements to the low achievement of value on a company's performance in Indonesia. This study focuses on the problem of low achievement on OTIF score in field of export performance in one of the most well-known Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company in Indonesia. The company sets On Time In Full (OTIF) as an indicator for the performance of the company. For that, we need a way out in the form of the proposed improvements to the performance.
This study is using the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) method in order to get a suitable solutions to be implemented. Improvements proposed will have impacts on the efficiency of the time required to respond to customer orders.
In this study, the export activity is divided into two major groups of activities prior to before delivery and after delivery activities. Results obtained from this study are efficiency of 14.28% on activities prior to before shipment and 21.42% on activities after shipment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57715
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>