Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191082 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdy Setiawan
"Industri ritel merupakan salah satu bidang usaha yang berkembang pesat. dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Salah satu cara memenangi kompetisi tersebut adalah membangun sebuah competitive advantage melalui analisa akan perilaku pelanggan. Salah satu metode yang umum digunakan dalam memahami perilaku pelanggan dalam bisnis ini adalah market basket analysis. Market basket analysis merupakan bagian dari metode data mining yang menggunakan teknik algoritma apriori untuk mengetahui produk-produk yang berasosiasi. Perhitungan asosiasi produk dilakukan menggunakan software WEKA (Waikato Environment for Knowledge Analysis) atas input data transaksi pelanggan. Hasil dari metode ini adalah 5 aturan asosiasi kategori dan 17 aturan asosiasi sub kategori produk guna diinterpretasikan sebagai pertimbangan dalam memperbaiki tata letak dan strategi penjualan produk.

Retail industry is one of the businesses that thrive with a high level of competition. One way to win the competition is building a competitive advantage through customer behavior analysis. One method commonly used in understanding customer behavior in this business is the market basket analysis. Market basket is a part of data mining method that use apriori algorithm to discover association of product. The calculation is done by using WEKA (Waikato Environment for Knowledge Analysis) software with customer transaction data as an input. The results of this method are 5 association rule category and 17 association rule sub category product to be interpreted as a consideration for improving product layout and marketing strategy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52321
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Annury Citra Seruni
"Industri ritel merupakan Salah satu jenis usaha dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Kemampuan bisnis ini untuk tetap berlahan sangat bergantung pada kemampuannya dalam memahami konsumen. Contoh aplikasi yang paling banyak dilakukan pada bidang supermarket dalam memahami konsumen adalah teknik mix merchandise.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan produk-produk apa saja yang saling berasosiasi dan dapat digabungkan dalam kelompok mix merchandise yang sama dengan menggunakan teknik marker basket analysis.
Algoritma yang dipilih dari keseluruhan proses data mining adalah algoritma Apriori. Perhitungan asosiasi dari produk dilakukan dengan menggunakan software WEKA (Waikato Environemt for Knowledge Analysis). Dari 5 aturan asosiasi kategori dan 14 aluran asosiasi sub-kategori yang didapatkan, kemudian diinterpretasikan dalam bentuk corgfidence dan suppert untuk menjadi pertimbangan dalam penyusunan tata letak produk."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50250
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noralifa Hapsari
"Dalam menghadapi persaingan bidang ritel bahan bangunan tradisional, ritel perlu menerapkan strategi untuk mempercepat proses pelayanan. Pengaturan tata letak produk dengan mempertimbangkan hubungan asosiasi antar produk dan tingkat frekuensi pengambilan produk dapat meningkatkan efisiensi order picking. Dengan menggunakan market basket analysis melalui metode association rule dan strategi storage assignment dengan class-based storage, studi ini merancang tata letak produk untuk meningkatkan efisiensi pelayanan. Hasilnya diperoleh 6 asosiasi produk antar kategori dan 3 klasifikasi produk berdasarkan frekuensi pengambilan produk.

Facing competition in the field of traditional building materials retail, retail needs to implement a strategy to accelerate the service process. Design of product placement layout by considering the association relationship between the product and the level of frequency of taking the product can improve the efficiency of order picking. By using market basket analysis through association rule method and storage assignment strategy with class-based storage, the study design product placement layout to improve service efficiency. The result found 6 association rules between the product category and 3 classification products based on the frequency of taking the product."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Araminta Putrie Nirami
"Industri ritel yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahan untuk membentuk strategi agar dapat tetap bersaing. Salah satu strategi yang dianggap mampu menarik perhatian konsumen adalah penataan letak produk di dalam gerai. Tata letak produk yang berfokus terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja dipercaya mampu meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada sebuah gerai ritel di Depok menggunakan metode association rules dan multidimensional scaling. Association rules adalah metode data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan asosiasi antar kategori produk berdasarkan pola pembelian. Sementara multidimensional scaling akan mengelompokan kategori produk dalam sebuah pemetaan perceptual. Hasil dari penelitian menemukan 102 hubungan asosiasi dan 4 kelompok kategori produk yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan sebuah desain tata letak produk yang baru.

The increasing competition in retail industry, requires every company to build a strategy to remain the competition. One strategy that is considered to be able to attract the attention of consumers is product layout. In-store stimuli such as the layout of products focused on consumer behavior in stores is believed to increase sales to the company. This study was conducted at a Hypermarket in Depok, using association rules and multidimensional scaling. Association rules in one of data mining techniques to discover customer buying patterns among several categories of products. While multidimensional scaling classify the categories of products in a perceptual mapping. The result of this study found 102 association rules and 4 product cluster between the product categories, to be interpreted as a consideration for improving product layout in Hypermarket."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53694
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Kohar
"Dalam upaya meningkatkan nilai efisiensi dan tingkat produktivitas, berbagai macam metode konstruksi dikembangkan. Dan dimulai dengan sangat pesat setelah perang dunia kedua selesai, dengan mengadopsi konsep-konsep manajemen konvensional yang telah ada pada waktu itu.
Salah satunya adalah teknik Studi Metode (Method Study) yang merupakan bagian dan Studi Kerja (Work Study). Inti dari teknik tersebut adalah konsep pola pikir untuk meningkatkan produktivitas dan etektivitas kerja, serta teknik bagaunana menganalisanya.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tata letak fasilitas dan peralatan berpengaruh besar terhadap nilai produktivitas dan efisiensi, sehingga penelitian tentang hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari analisa Studi Metode. Bagaimana membuat tata letak produksi pada proyek konstruksi secara efisien, sangat tergantung dari lokasi komponen utama proyek, yaitu akomodasi proyek dan alat pemindah yang digunakan. Dalam tulisan ini alat tersebut adalah Tower Crane yang telah sangat umum digunakan. Pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan metode konstruksi yang akan diterapkan juga akan mempengaruhi tata letak fasilitas dan peralatan proyek.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, kita dapat menggunakan program komputer untuk membantu menentukan altematif komposisi terbaik dari tata letak akomodasi proyek dan posisi tower crane di lapangan secara lebih akurat. Karena alternatif tersebut tetap harus disesuaikan dengan kondisi lapangan, maka harus ditetapkan beberapa ketentuan yang mendukung."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S34795
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfitriana Tri Utami
"ABSTRAK
Dalam rangka memperluas pasar konsumen, perusahaan perlu memperhatikan kepuasan konsumen yang akan berdampak pada keberlanjutan kegiatan pembelian produk. Market basket analysis dilakukan untuk melihat pola pembelian konsumen dengan cara mengidentifikasi asosiasi dari berbagai produk yang diletakkan konsumen pada keranjang belanja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh jenis gerai terhadap pola pembelian konsumen. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan basis transaksi pelanggan. Data tersebut diolah menggunakan teknik data mining dan salah satu algoritma association rule, yaitu apriori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pola pembelian konsumen pada setiap jenis gerai.

ABSTRACT
In order to expand the current market, companies need to pay attention to customer satisfaction that will affect the sustainability of product purchasing activities. Market basket analysis is done to extract consumer buying behavior by identifying the associations of various products that consumers put on the shopping cart. This research was conducted to see whether outlet type affects consumer buying behavior. The data used in this study was taken from customer transactions database. The data was processed using data mining techniques and association rule algorithm, which is apriori. The results of this study show that there are differences in consumer buying behavior on each type of outlet."
2017
S68238
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Ayu Kinanty
"PT X merupakan pernsahaan yang memproduksi rantai motor. Sebagai perusahaan yang memasok rantai kepada produsen motor di Indonesia. PT X selalu berusaha untuk meningkatkan produksinya agar dapat memenuhi peermaan konsumen. Makin meningkatnya permintaan rantai menyebabkan PT X harus menyediakan area yang cukup untuk persediaan bahan baku dan komponen impor. Bagian gudang merupakan salah satu elemen yang penting bagi PT X terutama sebagai bagian yang bertanggung jawab mengenai penerimaan, penyimpanan dan pengiriman bahan baku dan komponen impor kepada bagian produksi.
Saat ini, tataletak gudang I, 2, dan 3 pada PT X kurang tertata dengan baik, seringkali operator mengalami kesulitan dalam pengidentifikasian bahan baku yang diambil. Hal ini dapat menyebabkan waktu pelayanan bagian gudang menjadi lebih lama. Oleh karena itu, PT X membutuhkan tataletak baru yang dapat memudahkan operator dalam meugambil bahan baku dan komponen impor dengan lebih cepat. Metode yang digunakan untuk mengatasi hal di atas adalah dengan mendesain tataletak baru berdasarkan class-based storage (CBS)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S49472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Yanthi Adriani
"Berbagai variasi produk yang ditawarkan dalam toko Hypermarket yang berukuran luas kemungkinan menyebabkan kesulitan bagi konsumen untuk menemukan lokasi produk yang mereka inginkan, Papan petunjuk lokasi produk sebagai bentuk dari komunikasi visual dapat membantu konsumen mengatasi kesulitan tersebut. Papan petunjuk yang sesuai baik dari segi perancangan maupun peletakan akan memudahkan konsumen untuk menangkap informasi yang tertera dengan jelas. Untuk mewujudkannya, dilakukan kajian ergonomi dalam perancangan dan peletakannya dengan memperhatikan kemampuan dan keterbatasan yang terkait dengan salah satu indera manusia, yaitu mata. Dengan menggunakan alat Eyetracking yang terdapat pada Ergonomic Center, Teknik Industri, Universitas Indonesia, maka dapat diperoleh perancangan maupun peletakan papan petunjuk terbaik menurut ?preferensi? mata manusia berdasarkan fiksasi mata terbanyak. Dalam penelitian ditemukan bahwa papan petunjuk dengan latar abu-abu terang dan tulisan hitam serta bentuk huruf Segoe UI adalah desain terbaik. Untuk peletakan, papan petunjuk yang terletak pada tengah jalan utama dan jalan border adalah yang terbaik.

Thousands of product offered in the huge hypermarket store, can be possibly difficult for costumer to find product location they needed. Directional Signage, one of the Visual Communication, can provide a solution for that situation. A good design and placement of the signage can result the understandable and clear information provided on the signage. To create a good signage, ergonomic principles have to be accounted in the design and placement in associated with the capabilities and limitations of human?s eyes. Using a tool called Eyetracking provided in Ergonomic Centre, Industrial Engineering, Universitas Indonesia, eye movements can be detected. Thus, the best design and placement of directional signage can be determined based on visual preferences and most eye fixations. The researches found that signage in light grey and black font with font type Segoe UI is the best design. Besides, the best placement of the signage is in the middle of the aisle between racks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S693
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Vany Kartikawati
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50222
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heryadi Pamungkas
"Penelitian ini berfokus pada bagaimana merancang tata letak plat baja yang paling optimal dengan menggunakan fasilitas yang ada pada area penyimpanan plat baja PT United Tractors Pandu Engineering. Fasilitas tersebut adalah area penyimpanan sebesar 84m x 25m, crane untuk mengambil dan meletakkan plat baja di dalam area, serta lori atau kereta barang untuk memindahkan material dari dan ke dalam area penyimpanan. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek perusahaan dalam rangka mengintegrasikan dua pabrik yang berlokasi di Cikarang dan Cakung ke dalam satu pabrik yang berlokasi di Cikarang dengan area yang diperluas. Demikian pula dengan area penyimpanan plat baja, peusahaan akan membutuhkan area baru yang dapat menampung seluruh plat baja yang ada di kedua pabrik. Metode penelitian yang digunakan adalah algoritma genetik, sedangkan sistem pengumpulan data yang dipakai adalah observasi langsung ke lapangan, asumsi, dan menggunakan data yang ada di database perusahaan. Rancangan tata letak yang baru dibuat berdasarkan intensitas pengambilan tiap plat dimana plat dengan intensitas pengambilan tertinggi akan berada paling dekat dengan titik pusat pengambilan dengan tetap memperhitungkan pengelompokan per jenis plat . Hasil dari penelitian ini berupa rancangan tata letak plat baja dengan jarak tempuh pengambilan plat baja yang paling kecil.

The focus of this study is how to design the most optimal stock plate layout using provided facilities at stock plate storage area of PT United Tractors Pandu Engineering. Those facilities are the area itself 84 meters long and 24 meters wide, crane to pick or drop the plate inside the storage area, and lorry to carry the plate outside the storage area. This study is a part of the company's project to integrate their two plans located in Cikarang and Cakung into one plan located in expanded area of Cikarang plan. The same thing happens to the stock plate storage, the company is going to need a new area that can accommodate total of the stock plate in both plan. The method that is applied in this study is Genetic Algorithm, and for the data collecting the author directly observed the object, using assumptions, and existing data in the company's database. Design of the new layout is based on the picking intensity which means plate with the highest picking intensity will be the nearest to the picking point considering the same type of plate will not be located separately. The output of this study is a stock plate layout design with the shortest distance to pick and drop the plate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50392
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>