Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166719 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tomy Abu Zairi
"Permasalahan parkir seperti efektifitas, efisiensi parkir, serta akuntabilitas biaya parkir merupakan masalah-masalah parkir yang selama ini terjadi pada sistem parkir manual. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem perpakiran yang terstruktur dengan baik dan mampu menawarkan berbagai macam solusi dari permasalahan-permasalahan perparkiran yang ada. Salah satu solusi untuk membangun sistem tersebut yaitu dengan menggunakan RFID (Radio Frequency Identification). Pada skripsi ini dilakukan rancang bangun sistem parkir otomatis berbasis RFID reader DL-910 dan tag EPC Gen2 dengan fitur sistem debit biaya parkir via SMS.
Sistem parkir otomatis ini menggunakan RFID reader DL-910 untuk mendeteksi keluar masuknya kendaraan dari gerbang parkir. Data keluar masuknya kendaraan yang terdeteksi oleh RFID tersebut akan diolah secara langsung oleh software aplikasi yang terinstalasi pada komputer untuk kemudian disimpan ke dalam database sistem parkir. Sistem parkir ini juga menggunakan teknologi SMS (Short Message Service) untuk pengisian debit biaya parkir. Pemilik kendaraan yang telah terdaftar pada database pengelola parkir dapat mengisi debit biaya parkir mereka melalui SMS.
Hasil pengujian terhadap sistem parkir ini, baik dari aspek fungsionalitas maupun aspek durabilitas sistem, menunjukkan bahwa sistem ini dapat bekerja dengan baik. Jarak baca sistem pakir ini dapat mencapai jarak sejauh 3 m pada kondisi tag berada di dalam mobil dan 12,5 m pada kondisi tag tidak berada di dalam mobil.

Parking problems like parking effectiveness, parking efficiency, and fee parking transparency are parking problems which occur in manual parking up till now. Therefore, it is needed a parking system which highly structured and overcome with that of parking system. One of the best solutions for building the system use RFID (Radio Frequency Identification). This thesis design and construct automatic parking system based on RFID reader DL-910 and tag EPC Gen2 technologies which have feature parking fee debit via SMS.
This automatic parking system use RFID reader DL-910 to identify vehicle which go in and out the parking gateway. Data vehicle from RFID reader will be proceed by application software which is installed in computer and then are saved to parking system database. The parking system also uses SMS (Short Message Service) for filling parking fee. Users who have been registered at database parking system can fill their parking fee via SMS.
The result of testing this parking system, either functionality aspect or durability aspect, show that this parking system do well. Distance read this parking system can reach 3 m when the tag place in the car and 12.5 m when the tag not place in the car.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51374
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adytiawan Arga Dwitama
"Skripsi ini membahas tentang salah satu aplikasi Radio Frequency Identification (RFID) pada sebuah sistem parkir dalam perannya sebagai automatic identification. Aplikasi ini juga merupakan pembuktian bahwa RFID merupakan salah satu alat penghubung antara benda fisik dengan dunia maya (internet). Pada sistem ini, RFID reader sebagai terminal pembaca RFID tag melakukan komunikasi secara serial dengan PC, dengan standar RS-232 dan konektor DE-9. Dengan menggunakan Java API untuk komunikasi serial, maka RFID terhubung dengan PC. Selanjutnya dengan Java Database Connector (JDBC), aplikasi berbasis bahasa pemrograman Java tersebut dapat terhubung ke sebuah sistem basis data, yang dalam skripsi ini digunakan basis data MySQL. Sistem parkir yang dihasilkan diharapkan mampu memberikan keamanan yang lebih baik. Dari sistem yang telah dibuat, dilakukan tiga jenis uji coba. Uji coba tersebut meliputi pengujian alat, seperti tes pembacaan pada RFID reader dan RFID tag, dan waktu pengaksesan database, dan dilakukan juga pengujian perangkat lunak JAVA, dengan cara debugging. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini siap diimplementasikan di lapangan, rendah biaya dan dapat diandalkan.

This final assignment discusses about one of the applications of Radio Frequency Identification (RFID) on a parking system in its role as automatic identification. This application shows how RFID becomes one of the connecting elements between the physical object and the virtual world (the internet). In this system, RFID reader as the reader's terminal of an RFID tag performs the communication with serial binary data signals with PC, with RS-232 as the standard and using DE-9 as a connector. Java API is then used for serial communication, resulting RFID connected to the PC. Furthermore, with Java Database Connector (JDBC), that application is connected to MySQL database. Parking system which is using this technology to give better quality at it's security. Three tests have been performed to the system. The tests includes hardware tests, such as reading test between the RFID reader and RFID tag, and also the database accessing time, and there is also JAVA software test that has been performed by debugging. And the results shows that this system is ready to be implemented, low costs, and reliable."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51437
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifki Nugroho
"Tag Aktif RFID merupakan suatu divais dengan daya yang rendah. Tag ini seringkali digunakan sebagai perangkat tracking devices, pada pengoperasiannnya tag ini akan berada di wilayah yang jauh dari akses sumber tenaga listrik. Oleh karena itu divais ini membutuhkan suatu sumber tenaga yang mandiri. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tenaga surya dapat digunakan karena tenaga surya yang berasal dari cahaya matahari terdapat dimana saja. Suatu media penyimpanan energi dibutuhkan untuk menunjang tenaga surya sebagai sumber tenaga, untuk peran tersebut, superkapasitor dapat digunakan. Kemampuan lifecycle superkapasitor yang panjang menjadi keunggulan superkapasitor sebagai media penyimpanan energi, dimana superkapasitor dapat menjalani proses charge dan discharge dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibanding baterai. Pada skripsi ini akan dibuat rancang bangun dari implementasi panel surya sebagai sumber energi listrik dengan superkapasitor sebagai media penyimpan energi untuk Tag Aktif RFID.

Active RFID Tag is a device with low power consumption. This Tag are used to be a tracking devices that operate on remote area and far from electrical power source. Thus, this device need an independent power source, in order to achieve that, a solar cell can be used because the sunlight can be found anywhere. To support a solar cell as a power source, an energy storage are needed and to fullfill that need, a supercapacitor can be used. The advantages of supercapacitor as an energy strorage are its long lifecycle that means a lot more amount of charging and discharging process compared to conventional battery. On this thesis, the design and fabrication of solar cell implementation as electrical power source with supercapacitor as energy storage for Active RFID Tag will be covered. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S733
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mahadhir
"Teknologi identifikasi dengan menggunakan RFID memberikan banyak kemudahan, penghematan waktu dan jarak deteksi yang lebih jauh pada proses identifikasi. Dan ketersediaan data terhadap suatu kejadian atau proses akan sangat memudahkan dalam pengambilan kebijakan dimasa yang akan datang. Kedua sistem ini dapat diterapkan pada identifikasi kendaraan yang melewati pintu akses suatu tempat., untuk menggabungkan kedua konsep ini dibutuhkan perangkat lunak dan sensor lainnya.
Pada skripsi ini dibahas tentang perancangan sistem identifikasi kendaraan pada pintu akses suatu tempat. Desain dititik beratkan pada perancangan perangkat lunak dengan menggunakan Visual Basic 6.0 yang dihubungkan dengan mikrokontroller Atmega8535 dengan komunikasi serial menggunakan kabel RS232. Perangkat lunak ini dibuat untuk menghubungkan sensor pendeteksi kendaraan dengan teknologi RFID untuk mendapatkan data yang akurat mengenai kendaraan-kendaraan yang lewat pada pintu akses untuk disimpan pada database yang dibangun dari Microsft Access.
Analisis terhadap kinerja dari sistem identifikasi kendaraan pada pintu akses dengan menggunakan teknologi RFID ini dilihat dari aspek fungsional dan durabilitas sistem. Dari hasil pengujian terhadap aspek fungsional dapat diketahui bahwa sistem dapat bekerja dengan baik tergantung pada kondisi kendaraan yang keluar masuk dan reliabilitas sistem identifikasi menggunakan RFID. Jika kendaraan keluar masuk secara bersamaan atau dalam waktu dibawah 83.2 detik maka sistem akan mengalami masalah. Pengujiaan durabilitas sistem telah mendapatkan hasil yang baik. Dan secara fungsionalitas sistem sudah memenuhi apa yang diharapkan.

RFID technologies have given several advantages to identification process, such as ease comfort, significantly reduce processing time and gave long range detection area. And, availability of recorded data from one process will helped user, a lot easier to make decision for the future sake. Both systems could be implemented in vehicle identification process while the vehicle pass access door of one place. To combine these two consep in one system, another sensor and software application is needed.
This paper describes the hardware and software designing for identification system in access door. The software is build with Visual Basic 6.0 and connected to microcontroller ATmega8535 using RS232 serial communication cable. In order to get accurate data which can be stored in database that build using Microsoft Access system, the software is made to combined vehicle detector sensor with RFID technologies to gather vehicles data?s when they pass access door.
Performance analysis of identification system in access door using RFID technologies is done by using two criteria. Analysis of fungsionality aspect and durability. Based on the trial?s results, the functionality of this system will be good, in case, there is no vehicles that enter and exit from access door in the same time or below 83,2 secon, if this condition occurred, the sistem will failed to save data records in suitable database. Durability of the system is achieved good results, The conclusion?s of this paper show sensor subsystems and RFID subsistem?s is not reliable, but the system has fulfilled the functionally aspect.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40522
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulya Khatulistivani
"Pada sistem parkir yang ada saat ini, proses pengecekan plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor TNKB dilakukan dengan mencocokkan plat nomor melalui foto yang diambil saat pengguna masuk ke area parkir. Hasil pengenalan plat nomor kemudian diinput ke komputer dengan cara diketik. Proses yang dilakukan secara manual oleh operator ini memakan waktu yang relatif lama. Tugas akhir ini mengembangkan pengenalan plat nomor otomatis untuk mengatasi masalah tersebut. Pengenalan plat nomor otomatis merupakan teknologi yang memudahkan ekstraksi karakter-karakter pada plat nomor. Pengembangan sistem parkir ini menggunakan OpenCV sebagai pustaka pengolah citra, algoritma KNN K-Nearest Neighbour untuk Optical Character Recognition, dan sistem basis data untuk sistem parkir.
Berdasarkan hasil pengujian, kombinasi nilai variabel block size dan weight terbaik untuk proses thresholding dalam pengenalan plat nomor adalah b=71 dan w=20 dengan hasil akurasi segmentasi karakter sebesar 89, akurasi rekognisi sebesar 82, dan jumlah rekognisi yang tepat 100 sebesar 26. Sistem dapat membaca plat nomor dengan baik pada jarak optimal 60 cm dengan akurasi segmentasi karakter sebesar 89, akurasi rekognisi sebesar 79, dan jumlah rekognisi yang tepat 100 sebesar 26. Resolusi input gambar juga memengaruhi proses pengenalan plat nomor.
Resolusi yang optimal untuk rekognisi adalah 1024 x 768 dengan hasil akurasi segmentasi karakter sebesar 89, akurasi rekognisi keseluruhan sebesar 81, jumlah rekognisi yang tepat 100 sebesar 26, dan dengan rata-rata waktu pemrosesan selama 0,174 detik. Akurasi rekognisi plat nomor juga diperngaruhi oleh faktor lain seperti pencahayaan dan kondisi plat nomor apakah rusak atau tidak, tertutup sesuatu atau tidak . Selain itu, kondisi plat nomor yang ideal diperlukan untuk pengenalan plat nomor otomatis secara optimal. Secara keseluruhan, sistem parkir otomatis memiliki akurasi rekognisi yang baik.

In current parking system, number plate checking is done by matching it through the photo taken when user enters the parking area. The operator then types the recognised number plate into computer. The process, which is done manually by operator, takes a relatively long time. This thesis develops an automatic license plate recognition to overcome the problem. Automatic license plate recognition is a technology which makes computer able to recognize characters in a license plate. The development of the system uses OpenCV as image processing library, KNN algorithm for Optical Character Recognition OCR, and database system for parking data.
Based on the test result, the combination of the best block size and weight value for the thresholding process in the recognition of the number plate is b 71 and w 20 with character segmentation accuracy of 89, recognition accuracy of 82, and the number of fully recognized number plate of 1. The system can read the number plate well at an optimal distance of 60 cm with character segmentation accuracy 89, recognition accuracy of 79, and fully recognized number plate 26. Image input resolution also affects the number plate recognition process.
The optimal resolution for recognition is 1024 x 768 with character segmentation accuracy of 89, overall segmentation accuracy of 81, the number of fully recognized number plate of 26, and with average processing time of 0.174 seconds. The accuracy of plate number recognition is also affected by other factors such as lighting and the condition of the number plate whether it is damaged or not, obstructed by something or not. In addition, the ideal number plate conditions are required for optimal number plate recognition. Overall, the automated parking system has a good recognition accuracy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Pratiwi
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2005
S29044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahdi Yusuf
"Sistem keamanan parkir merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola sebuah tempat umum. Sistem parkir yang terdapat saat ini kebanyakan bersifat manual dan masih memerlukan banyak tenaga kerja untuk melakukan proses verifikasi keamanan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan otomatisasi dalam proses verifikasi keamanan dalam sistem parkir tersebut menggunakan pengenalan terhadap pelat nomor dan biometri yang berupa wajah. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah system keamanan parkir yang dapat digunakan secara mudah dan efisien untuk menjalankan proses verifikasi keamanan dalam sebuah tempat parkir. Sistem ini akan melakukan manajemen keamanan dengan melakukan pengecekan terhadap pengendara yang memasuki sebuah wilayah dengan membandingkan pelat nomor dan wajah ketika masuk dan keluar dari tempat tersebut menggunakan pengolahan citra dan deep learning. Sistem ini akan mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk membuat tempat parkir yang aman dan meningkatkan efisiensi waktu dalam proses verifikasi keamanan dalam sebuah tempat parkir pada tempat umum.

Parking security system is one of the important things that need to be considered in managing public spaces. The existing parking system mostly has a manual system and still needs someone to do a security verification process. One solution that can be done is to automate the security verification process in the parking system using plate number and face recognition. In this research a parking security system will be created that can be used easily and efficiently to do a security verification process in a parking lot in public spaces. This system will do the security management by checking driver that entering an area by comparing license plates and faces when entering and leaving the place using image processing and deep learning. This system will reduce the costs needed to make a secure parking space and increase time efficiency in the process of security verification for a parking space in a public place."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Lazuardi
"Skripsi ini membahas perancangan sebuah sistem jaringan listrik dengan SMS sebagai media kontrol terhubung dengan rangkaian pengendali yang dapat menterjemahkan perintah-perintah SMS menjadi suatu command control untuk mengendalikan switch breaker, juga memberikan laporan dari feed back device yang dikendalikan oleh mikrokontroller sehingga dapat mengetahui status proses kontrol suatu switch breaker sudah berjalan dengan benar atau tidak. Seperti sistem SCADA yang digunakan untuk mengontrol jaringan listrik level menengah keatas (>20kV). Dalam sistem ini rangkaian pengendali hanya mengenal nomor operator dan operator juga yang mengetahui passwordnya sehingga aman untuk digunakan.

This final project designs a electrical circuit system using SMS as control media with control circuit that can translate SMS command to be other command controls that can control switch breaker, it's also give report from controlled feed back device that's control by microcontroller for knowing either work or not. This system is like SCADA system that's common use for controlling middle level electrical circuit(>20 kV). This system is safety due to only operator that have the password and the number to control the system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Fauzan
"Skripsi ini membahas perancangan sebuah sistem intelligent building dengan SMS sebagai media kontrol terhubung dengan rangkaian pengendali yang dapat menterjemahkan perintah perintah SMS menjadi suatu command control untuk mengendalikan relay board juga memberikan laporan dari feedback device yang dikendalikan oleh mikrokontroller sehingga dapat mengetahui status proses kontrol suatu relay board suatu berjalan dengan benar atau tidak.

This thesis is design an intelligent building system using SMS as control media with control circuit that can translate SMS command to other command controls that can control relay board it's also give report from controlled feed back device that cntrolled by microcontroller to know the system either work or not ."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jerico Widhy
"Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan sehari-hari manusia memiliki mobilitas yang tinggi. Mobilitas yang tinggi tentunya sangat mempengaruhi kebutuhan manusia yang meluas dan memerlukan transportasi hingga ke mancanegara. Perjalanan hingga ke mancanegara tentunya membutuhkan proses imigrasi yang baik serta aman pada bandar udara. Sebelum melakukan perjalanan hingga ke mancanegara, identitas yang harus dimiliki oleh pelaku perjalanan adalah Paspor. Dengan memiliki Paspor, pelaku perjalanan dapat melakukan perjalanannya untuk melewati proses imigrasi yang ada pada bandar udara. Tingginya mobilitas pada bandara tentunya berdampak pada antrian pada konter imigrasi dalam pemeriksaan paspor. Solusi dari tumpukan antrian tersebut yaitu dengan menggunakan E-Paspor yang proses imigrasinya dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan system yang dirancang. Struktur dari E-Paspor itu sendiri salah satunya terdiri atas chip RFID yang dapat bekerja oleh NFC dengan protokol ISO 14443. Untuk lebih mempercepat proses imigrasi hingga check in pada penerbangan transportasi udara, Penulis mengembangkan sistem dari E-Paspor supaya dapat terintegrasi dengan memindai QR Code untuk check in pada penerbangan pelaku transportasi udara. Pada penelitian ini dilakukan perancangan divais NFC menggunakan microcontroller ESP32Cam dan modul NFC PN532. Pada hasil penelitian tersebut, pada penelitian ini telah berhasil membuat divais yang mampu memproses sistem kerja e-paspor dan check in boarding pass qr code. Divais ini mampu memproses dua subsistem tersebut dan juga mampu bekerja dengan proses waktu yang cepat dan efisien sesuai dengan tujuan yang diajukan. Waktu yang diperoleh setelah pengambilan data dari 50 percobaan yaitu pada sekali proses kerja divais memiliki rata-rata waktu kerja selama 16,83 sekon
Human tends to need high mobility overtime. High mobility, of course, greatly affects human needs and require transportation to foreign countries. Traveling to foreign countries certainly requires a good and safe immigration process at the airport. Before traveling to foreign countries, the identity that must be owned by travelers is a passport. By having a passport, travelers can travel to pass the immigration process at the airport. The high mobility at the airport certainly has an impact on the queue at the immigration counter for passport checks. The solution to the pile of queues is to use an E-Passport whose immigration process can be done automatically using the designed system. The structure of the E-Passport itself, one of which consists of an RFID chip that can work with NFC devices with the ISO 14443 protocol. To further speed up the immigration process to check-in on air transportation flights, the author developed a system from the E-Passport so that it can be integrated by scanning QR Code for checking in on flights of air transportation. In this study, the authors designed an NFC reader and writer device using the ESP32Cam microcontroller and the PN532 NFC module. In the results of this study, the authors have done for testing on each subsystem to ensure that the hardware section has worked, then the author will develop the software section and create a database to achieve a flowchart of the work system of this device as a whole. In the results of this study, the author has succeeded in making a device that processes the e-passport work system and check-in boarding pass qr code. This device is able to process the two subsystems and is also able to work in a fast and efficient time process in accordance with the objectives proposed by the author. The time obtained after data collection from 50 experiments is that in one working process the device has an average working time of 16,83 seconds.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>