Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166411 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Indra Rahmanto
"Konsep adaptive di dalam lingkungan elearning telah memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi hasil pembelajaran siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive. Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbedabeda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masingmasing. Melalui adaptive assessment tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui. Pada adaptive assessment terdapat suatu proses untuk memperkirakan tingkat kemampuan siswa, dan untuk menentukan soal yang akan diberikan selanjutnya. Proses tersebut dapat melakukan estimasi kemampuan siswa berdasarkan respon jawaban siswa terhadap setiap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Proses kemudian diolah sedemikan rupa sehingga bisa memilih serta memberikan pertanyaan berikutnya, yang sesuai dengan estimasi tingkat kemampuan siswa tersebut.
Pada skripsi ini diimplementasikan model algoritma Computerized Classification Test (CCT) dan konsep Sequential Probability Ratio Test (SPRT). Penggunaan model CCT digunakan untuk mengklasifikasikan lulus atau tidaknya, siswa yang melaksanakan ujian dan konsep SPRT digunakan untuk pemilihan soal selanjutnya. Dengan menggunakan model algoritma CCT dan konsep SPRT, maka sistem ujian adaptif berbasis web yang dihasilkan, mampu memperkirakan tingkat kemampuan siswa dengan tingkatan soal yang terdiri dari mudah, sedang, dan susah. Sedangkan sebagai sarana evaluasi dari setiap konsep penyusunan ujian, digunakanlah Grafik pembelajaran dalam bentuk grafik batang. Dengan menggunakan grafik pembelajaran ini, pengajar dapat mengetahui kemampuan siswanya untuk mata ujian yang diujikan kepadanya. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem adaptive assessment, waktu respon yang dihasilkan oleh sistem sebesar 0.089334 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian, dan sebesar 0.068622 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil beserta dengan feedbacknya.

Adaptive Concepts in elearning environment has had various forms of implementation. One form of implementation is in the process of evaluating student learning outcomes, such as by conducting examinations that are adaptive. By applying the concept of adaptive in the examination process it will allow students with different abilities to be able to get the questions to suit their ability level. Through the adaptive assessment of students' ability levels to learn the material tested will be immediately known. In the adaptive assessment there is a process to estimate the level of student ability, and to determine the problems that will be given next. The process can make a student's ability estimate based on responses to any questions the student answers given earlier. The process then processed in such a way that it can choose and give the next question, which according to the estimation of student ability levels.
This thesis implemented the model algorithms Computerized Classification Test (CCT) and the concept of Sequential Probability Ratio Test (SPRT). The use of CCT model was used to classify whether or not graduate, students who conducted the test and SPRT concept is used for the next selection item. By using the model of the CCT and the concept of SPRT algorithm, then the system webbased adaptive test was produced, able to estimate the ability of the students with a degree a matter of easy, moderate, and difficult. Meanwhile, as a means of evaluation of each concept exam preparation, learning graph is used in the form of bar charts. By using the graph of this learning, teachers can find out the ability of students to the exam that tested him. Based on the results of testing on adaptive assessment system, the response time generated by the system amounted to 0.089334 seconds to select and display the exam, and amounted to 0.068622 seconds to process and display the results along with its feedback.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51358
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luqman Adha
"E-learning membawa perubahan paradigma sistem pendidikan, paradigma sistem pendidikan yang semula berbasis tradisional dengan mengandalkan tatap muka, maka dengan sentuhan dunia teknologi informasi khususnya dunia cyber (maya) beralih menjadi sistem pendidikan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Konsep adaptive di dalam lingkungan e-learning telah memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi hasil pembelajaran siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive.
Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing. Melalui adaptive assessment tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui. Evaluasi kepada peserta didik yang sesuai dengan estimasi kemampuannya akan sangat membantu dalam proses pembelajaran, pada sistem ini dirancang sebuah evaluasi yang berupa pemberian rekomendasi materi tertentu kepada peserta berdasarkan hasil ujiannya. Sehingga proses pembelajaran dapat dimaksimalkan.

E-learning brings a paradigm change in education system, educational system paradigm which was originally based by relying on traditional face to face meeting, then with a touch of technology especially the information technology (IT) it move into an education system that is not limited by space and time. Adaptive Concepts in e-learning environment had various forms of implementation. One form of implementation is in the process of evaluating student learning outcomes, such as by conducting examinations that are adaptive.
By applying the concept of adaptive in the examination process, it will allow students with different abilities to be able to get the questions to suit their ability level. Through the adaptive assessment of students' ability levels to learn the material tested will be immediately known. Evaluation to students according to ability estimation would be very helpful in the learning process, in this system designed an evaluation with a specific material recommendations to participants on the basis of his examination. So that the process of learning can be maximized.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S130
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Regi F.
"Salah satu hasil pengembangan dalam bidang e-Learning adalah penggunaan konsep Computer Adaptive Testing (CAT) dalam proses ujian. Prinsip dasar Adaptive Testing, atau biasa juga disebut Adaptive Assessment, secara sederhana adalah suatu ujian dimana tingkat kesukaran soal yang akan diberikan kepada siswa disesuaikan dengan estimasi tingkat kemampuan yang dimiliki oleh siswa itu berdasarkan jawaban terhadap soal-soal sebelumnya. Salah satu metode yang banyak digunakan untuk mengimplementasikan CAT adalah Item Response Theory (IRT). Berdasarkan metode ini, tiap soal atau item memiliki nilai parameter yang dapat digunakan untuk memperkirakan kemampuan siswa setelah mengerjakan masing-masing soal tersebut.
Berdasarkan metode tersebut, maka dilakukan perancangan suatu modul, sebagai bagian dari implementasi Sistem Adaptive Assessment, yang berfangsi untuk menghasilkan suatu grafik tingkat kemampuan siswa yang menggambarkan relasi antara estimasi kemampuan siswa dengan jumlah soal yang diberikan. Dengan adanya grafik tersebut, maka proses iterasi yang terjadi saat melakukan estimasi dapat diamati dengan lebih jelas. Fungsi lain yang dimiliki oleh modul grafik estimasi kemampuan siswa tersebut adalah menarik kesimpulan dari hasil iterasi dan menentukan apakah ujian sudah mampu memberikan nilai estimasi yang valid atau belum.
Suatu estimasi dapat dikatakan valid jika sudah mengalami konvergensi terhadap suatu tingkat kemampuan tertentu sehmgga dapat menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya. Pada implementasi modul, dibutuhkan juga suatu paramater pembanding untuk menentukan apakah kondisi konvergen sudah tercapai atau belum. Paramater tersebut, dalam skripsi ini disebut "batas konvergensi", dengan melalui proses pengambilan dan pengolahan data, ditentukan bernilai 28,6% dari jumlah total soal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eman Hadiwijaya
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
TA2624
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eman Hadiwijaya
"Konsep ujian di dalam lingkungan e-learning dapat memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses pelaksanaan ujian yang bersifat adaptive. Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan berbagai siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing. Pada adaptive assessment terdapat suatu proses untuk memperkirakan tingkat kemampuan siswa dan menentukan soal yang akan diberikan selanjutnya. Proses tersebut dapat melakukan estimasi kemampuan siswa berdasarkan respon siswa terhadap setiap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Proses pemilihan soal dan estimasi kemampuan siswa ini, diimplementasikan dengan menggunakan model Item Response Theory (IRT). Dengan menggunakan model IRT, maka sistem ujian berbasis web yang dihasilkan mampu memperkirakan tingkat kemampuan siswa pada salah satu dari berbagai tingkat kemampuan yang digunakan. Tingkat estimasi kemampuan dapat diimplementasikan dalam bentuk grafik. Dengan grafik, alur jawaban siswa dan proses dari model IRT dapat diketahui oleh dosen/pengajar sehingga didapat tingkat kemampuan siswa. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem adaptive assessment dengan model IRT didapat grafik estimasi kemampuan siswa. Grafik ini mampu menggambarkan alur jawaban siswa dan memperkirakan tingkat kemampuan siswa. Grafik ini akan mengalami kestabilan pada tingkat kemampuan tertentu apabila soal yang diujikan berjumlah 30 soal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40752
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herry Pramono
"Salah satu teknologi e-assessment yang dikembangkan saat ini adalah adaptive assessment. Teknologi ini memungkinkan soal ujian beradaptasi dengan tingkat kemampuan peserta ujian. Dalam adaptive assessment, soal yang diberikan tergantung dari jawaban soal sebelumnya: benar atau salah. Dan hasilnya adalah level atau tingkat kemampuan peserta ujian. Salah satu metode yang digunakan dalam adaptive assessment yaitu model Item Response Theory (IRT) yang diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi adaptive assessment pada skripsi ini.
Aplikasi ini dirancang sedemikian sehingga masing-masing dosen dapat memilih level atau tingkat kemampuan maksimal pada ujian mata kuliahnya. Aplikasi ini juga dilengkapi feedback sederhana yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk evaluasi. Uji coba terhadap aplikasi ini berhasil membuktikan bahwa aplikasi adaptive assessment yang diimplementasikan telah sesuai dengan perancangan yang direncanakan. Waktu respon sistem juga cukup baik, yaitu sebesar 0,121061826 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian, dan sebesar 0,188373828 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil ujian beserta feedback-nya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40079
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutahaean, Monika K.
"ABSTRAK
Permintaan yang terus berkembang untuk pendidikan yang lebih lanjut membuat World Wide Web menjadi sarana yang lebih populer untuk memberikan kursus online [1]. Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web dengan pendekatan adaptive learning telah ditemukan sehingga bisa lebih efektif bagi pelajar. Sebuah sistem pembelajaran adaptif untuk kursus bahasa Inggris dibahas dalam skripsi ini. Sistem ini dibuat untuk mendukung sistem adaptive testing. Siswa diharuskan untuk mengikuti pretest dan sistem adaptif akan menggunakan hasilnya untuk menyesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing siswa sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing. Sistem ini menggunakan name recognition personalization, di mana setiap orang diakui dan kegiatan mereka dilacak dan disimpan sehingga sistem tersebut juga dapat menampilkan evaluasi masing-masing siswa. Sistem adaptif ditemukan bekerja lebih baik daripada sistem LMS dan CMS tradisional karena sifatnya untuk mencapai setiap tingkat pelajar dan kemampuannya untuk beradaptasi terhadap pelajar. Pada skripsi ini, telah berhasil dibuat suatu sistem adaptif pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak yang dapat menentukan level siswa dan menyajikan materi sesuai kemampuan siswa. Sistem ini termasuk grade 3?yaitu ?baik??dengan nilai rata-rata 3,2 dari skala 4,00.

Abstract
With the steadily growing demand for further education, the World Wide Web is becoming a more and more popular tool for delivering on-line learning courses [1]. The development of a web-based learning application with an adaptive learning approach has been found to be more effective for learners. An adaptive learning system for English course is discussed here. This system is made to support the adaptive testing system. Students are required to follow the pretest and the adaptive system will use the results to suit to the abilities of each student so that each may learn according to their own ability and pace.This system uses name recognition personalization, where each person is recognized and activities tracked and saved so that the system will also remember where each student left off and each result evaluated. This adaptive system is found to be better than the traditional LMS and CMS systems because of its quality to reach the each learner?s level and its capability to adapt towards the learners. In this thesis, an English course adaptive learning system for children that determines a student?s level and presents materials according to the student?s ability is successfully created. This system is within grade 3? ?good??with an average of 3.2 from a 4.00 scale.
"
2012
S42414
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tanzil, Saomi
"ABSTRAK
Dalam skripsi ini membahas mengenai perancangan dan implementasi prototype
adaptive testing system dengan metode IRT one parameter model. Di dalam
adaptive testing system, siswa diberikan soal berdasarkan kemampuannya.
Pemberian soal disesuaikan dengan respon jawaban dari soal sebelumnya, jika
siswa menjawab dengan benar maka untuk soal selanjutnya dia akan mendapatkan
soal yang lebih sulit tetapi sebaliknya, jika siswa tersebut tidak bisa
mengerjakannya maka soal berikutnya akan lebih mudah. Metode IRT one
parameter model telah berhasil diterapkan pada sistem dengan parameter tingkat
kesulitan soal berkisar dari -3 sampai 3. Rata-rata waktu akses (detik) dalam
membuka halaman test dengan perbedaan pada file yang ditampilkan
menyimpulkan bahwa file yang ditampilkan berpengaruh pada waktu yang
dibutuhkan untuk mengakses halaman dari masing-masing test. Rata-rata waktu
akses yang dibutuhkan untuk membuka halaman test vocabulary, test listening
dan test reading adalah 2.22E-05 detik, 2.72E-05 detik dan 2.24E-05 detik.
Penilaian sistem yang disebar melalui kuesioner dengan empat belas pertanyaan
pada sepuluh responden menyatakan bahwa prototype adaptive testing system
based on IRT sudah bekerja dengan baik.

ABSTRACT
This final project discusses the design and implementation of a prototype adaptive
testing system using one parameter model with IRT method. In the adaptive
testing system, students are given questions based on their ability. The giving of
question is tailored to the response of the previous question. If the student answers
correctly then the next question the student receives will be harder than the
previous, but if the student is not able to do it then the next question will be easier.
IRT one parameter model has been successfully utilized in this system with
difficulties parameter of items ranging from -3 until 3. Average access time
(second) in opening test page with different type of file in every test page
concludes that the file that are opened are influenced by access time that every test
page needed. Average access time needed to open the vocabulary test page,
listening test and reading test is 2.22E-05seconds, 2.72E-05 seconds and 2.24E-05
seconds. Grading system through which questioners with fourteen questions given
to ten respondents concludes that this prototype adaptive testing system based on
IRT has successfully worked."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1778
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Saat ini masih ada pihak yang pro dan kontra terhadap Ujian Nasional (UN) .Tetapi Pemerintah masih melaksanakannya karena belum ada alat atau instrumen yang dapat menggantikan fungsi-fungsi dari UN...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Setyawardono
"Konsep adaptive di dalam lingkungan e-learning dapat memiliki berbagai macam bentuk implementasi Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi pengetahuan siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive. Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan berbagai siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing. Melalui adaptive assessmem tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui Pada adaptive assessment terdapat suatu proses untuk memperkirakan tingkat kemampuan siswa, dan untuk menentukan soal yang akan diberikan selanjutnya. Proses tersebut dapat melakukan estimasi kemampuan siswa berdasarkan respon siswa terhadap setiap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Proses kemudian memilih serta memberikan pertanyaan berikutnya, yang sesuai dengan estimasi tingkat kemampuan siswa tersebut. Proses pemilihan soal dan estimasi kemampuan siswa ini, diimplementasikan dengan menggunakan model Hem Response Theory (IRT). Dengan menggunakan model IRT, maka sistem ujian berbasis web yang dihasilkan, mampu memperkirakan tingkat kemampuan siswa pada salah satu dari 5 tingkat kemampuan yang digunakan, Tingkat kemampuan siswa ini, terdiri dari sangat rendah, rendah, cukup, balk dan sangat baik Sedangkan sebagai sarana evaluasi dari setiap konsep penyusun ujian, digunakanlah metode Evaluation Balance Table (EBT) Dengan menggunakan EBT, sistem dapat memetakan kekuatan dan kelemahan siswa yang ada pada setiap konsep penyusun ujian, dan kemudian memberikan feedback analisa hasil yang sesuai. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem adaptive assessment, dapat dikatakan bahwa sistem ini memiliki waktu respon yang cukup baik, yaitu sebesar 0,514086 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian, dan sebesar 0,379543 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil ujian beserta feedback-nya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>