Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96506 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irwanda Syafiudin
"Skripsi ini membahas tentang suatu analisis yang dilakukan pada BTS CDMA yang memiliki tingkat occupancy (kepadatan) trafik pembicaraan cukup tinggi yang telah melewati standar yang telah ditetapkan oleh operator telekomunikasi yaitu sebesar 70%. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kualitas pelayanan karena akan terjadi kegagalan dalam melakukan komunikasi. Langkah yang dilakukan untuk melakukan optimasi occupancy pada BTS tersebut adalah dengan melakukan penambahan kanal trafik. Pada tulisan ini dibahas tentang kondisi BTS pada saat sebelum dan sesudah dilakukan penambahan kanal trafik dan penentuan jumlah kanal trafik yang perlu ditambahkan berdasarkan hasil perhitungan datadata yang ada.

This thesis discussed the analysis of CDMA BTS that have high level traffic occupancy that has over the standard level those set by the telecommunication operator which is 70%. This can be caused quality of service dropped, because of communication attempt failure. The action that can be done to optimize the occupancy of that BTS is to upgrade the traffic channel of the BTS. In this thesis discussed the condition of the BTS before upgrade the traffic channel and after upgrade the traffic channel, and act of determining amount of traffic channel that need to upgrade based on at hand data calculating."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51157
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Willy Martha
"Kegagalan panggilan dapat terjadi apabila panggilan yang datang tidak dapat memperoleh kanal pada trunk group. Dengan bertambahnya pelanggan, berarti operator jaringan perlu menjaga kapasitas dan kemampuan jaringan telekomunikasi dalam melayani pelanggan. Operator memerlukan suatu prediksi yang dapat menentukan besarnya trafik dari panggilan yang terjadi untuk beberapa waktu ke depan, yang kemudian dapat digunakan untuk memprediksikan jumlah kanal tambahan yang dibutuhkan. Perhitungan jumlah kanal ini dilakukan untuk tetap menjaga grade of service (GoS) yang telah ditetapkan. Model persamaan dibentuk berdasarkan hubungan antara trafik yang ada pada Mobile Services Switching Center (MSC) dengan trafik pada trunk group. Pembentukan persamaan menggunakan data-data trafik pada jam sibuk. Dengan adanya persamaan tersebut, maka dapat diketahui besar proporsi dari setiap jenis trafik pada MSC yang melewati suatu trunk group pada kondisi jam sibuk. Perhitungan proporsi dilakukan dengan metode linear programming untuk mendapatkan nilai proporsi maksimum trafik MSC yang akan melewati trunk group. Prediksi besar trafik MSC pada jam sibuk dihitung menggunakan metode linear regression. Kemudian, menggunakan model persamaan yang diperoleh, dapat dihitung prediksi besar trafik pada trunk group. Berdasarkan prediksi besar trafik kondisi jam sibuk pada trunk group dan grade of service (GoS) yang ditetapkan, dapat dihitung jumlah kanal yang diperlukan untuk melayani besar trafik yang ada. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa beberapa koneksi trunk group antara MSC yang dianalisa dengan beberapa elemen memerlukan penambahan jumlah kanal.

Calls blocking happened when incoming calls failed to seize a traffic channel in trunk group. Because of subscriber growth in next period, network operator must maintain the whole network performance in order to satisfy the subscriber. Operator needs to forecast the traffic demand for next period and then use the traffic demand to calculate the number of traffic channels. This trunk calculation should be carried out so that the specified grade of service(GoS) is still maintained at the end of the planning period. The model was formed as a relationship between Mobile Services Switching Center(MSC) traffic types with trunk group?s traffic types. The formation of the model used the traffic historical data in busy hour. With this traffic equation, the information about proportion of each MSC?s traffic passed trunk group in the busy hour condition could be found. Calculation with linear programming method could give maximum value of traffic proportion that seized the trunk group. The forecasting for MSC traffic demand in busy hour was calculated using the linear regression method. Then, based on the model, we calculated traffic demand in trunk group. According to trunk group traffic demand in busy hour and grade of service(GoS) specified, the traffic channels needed could be carried out. Analysis showed that some trunk group connection between observed MSC with it?s element, require certain addition of traffic channel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Widyasanti
"PT. Indosat memerlukan langkah strategis dalam melakukan proses migrasi frekuensi CDMA StarOne agar dalam pelaksanaannya tidak mengganggu performansi jaringan GSM eksisting, hal tersebut diperlukan karena keputusan Menkominfo KM. Nomor 181 Tahun 2006 per tanggal 12 Desember 2006 tentang alokasi frekuensi yang diberikan untuk CDMA StarOne yang ternyata berhimpit dengan frekuensi eksisting GSM PT. Indosat terutama pada frekuensi CDMA downlink 889.515 MHz. Frekuensi yang berhimpit tersebut akan menimbulkan resiko disisi internal antara jaringan GSM eksisting dan CDMA, seperti akan munculnya interferensi dimana-mana, meningkatnya drop call, penurunan daya jangkauan/coverage, timbulnya blank spot baru, yang pada akhirnya akan mengurangi performasi jaringan GSM yang sekarang ini masih menjadi bisnis paling dominan. Untuk mengantisipasi resiko paska dimigrasikannya frekuensi CDMA StarOne ini, maka langkah re-engginering pada jaringan GSM PT. Indosat mau tidak mau harus dilakukan.
Ada beberapa opsi yang akan dipilih dan dianalisa baik dari sisi performansinya maupun dari sisi keefektifan biaya yang dikeluarkan. Opsi-opsinya adalah dengan/tanpa pemasangan filter pada kedua jaringan, berapa kanal yang akan dibebaskan, dan metode hopping yang bagaimana yang akan digunakan. Bagaimana pengaruh hasil implementasi global frequency planning ini pada jaringan GSM PT. Indosat, akan dianalisa lebih lanjut hasil performansinya sebelum dan sesudah implementasi, kendala-kendala dilapangan, efektifitas penggunaannya dengan dan tanpa filter, perolehan nilai KPI, dan tentunya implikasi implementasi ini pada revenue perusahaan.

PT Indosat needs strategic steps in doing the migration process of CDMA StarOne, so that it does not conflict the existing GSM network performance. It is in accordance with the regulation of Menkominfo KM No.181Year 2006 dated of December 12, 2006 stating that frequency allocation given to CDMA StarOne is crashed againts the existing PT. Indosat GSM frequency especially in CDMA frequency downlink 889,515 Mhz. The crash will lead into internal risk between GSM network and CDMA network, such as interference, the significant increasing of drop call, decrease the coverage area, additional blank spot, conclusively it will decrease GSM Network performance that currently is the main business. To antisipate the risk of post CDMA StarOne frequency migration, re-engineering steps must be done by PT. Indosat.
There're some options that should be done and analyzed from performance side and revenue improvement. Those options are with or without filter implementation at both network, how many channels should be released, what hopping methode should be implemented. How these methode effect in GFP implementation in GSM Network of PT. Indosat will be analyzed further, before and after time implementations, the real constraint, the effectiveness with or without filter implementation, KPI score, and the total revenue of the company.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24642
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Rizky P.
"Base Transceiver Station (BTS) adalah suatu perangkat dalam jaringan telekomunikasi seluler yang berbentuk sebuah tower dengan antena pemancar dan penerima yang berfungsi sebagai penguat sinyal daya, sehingga dapat menghubungkan jaringan operator telekomunikasi seluler dengan pelanggannya. BTS memiliki daerah cakupan yang luasannya tergantung dari kuat lemahnya pancaran daya dari sinyal yang dikirimkan ke pelanggan, untuk itu dibutuhkan pasokan daya listrik untuk mensuplai beban operasional listrik. BTS yang tersebar di daerah terpencil dan terisolasi dari jaringan listrik PLN dapat memanfaatkan potensi energi terbarukan (renewable energy) setempat dan genset sebagai cadangan daya.
Tulisan ini membahas tentang perancangan konfigurasi pembangkit listrik hibrida pada BTS di Pecatu Bali, dimana daerah tersebut kaya akan sinar matahari dengan rata-rata per tahun 4.82kWh/m2/d, dan rata-rata kecepatan angin sebesar 4.37m/s. Perancangan dan analisa optimasi sistem hibrida ini digunakan perangkat lunak HOMER NREL dan hasil dari simulasi menunjukkan bahwa produksi rata-rata per tahun terdiri dari sel surya (12,330 kwh/yr), turbin angin (9,423 kwh/yr), dan generator (6,032 kwh/yr), dengan konsumsi beban ac sebesar 14,308 kwh/yr, dan beban dc sebesar 11,480kWh/yr. Selain itu hasil simulasi menunjukkan Unmet load (beban listrik yang tidak dapat dilayani oleh system) pada sistem sebesar 0.07% atau 17.5kWh, angka ini menunjukkan bahwa keterjaminan daya listrik dari energi hibrida dalam mensuplai beban BTS sangat tinggi.

Base Transceiver Station (BTS) is a set of equipment telecommunication celluler network that organized as tower with transmitter and receiver antennas. The function of BTS is power amplification, so it can connect the telecommunication operator networking with the customers. BTS have a wide coverage area, but that depends of the bigness of power ampilifier. The power of signal, needs electrical power to supply electrical power loads BTS. BTS which spreadth in purilieus and isolated from PLN can harness renewable energy and generator to back up power. The use of a renewable energy system can support the available electricity energy system and provide the continuity of supply demands for whole year (season).
This paper discussed about the planning of configuration hybrid electrical power for BTS in Pecatu Bali, whereas in that area have global solar radiation 4.82kWh/m2/d, and wind speed 4.37m/s. Planning and optimization analysis of hybrid system can used HOMER NREL software. The results of Homer simulation shows that annual production consists of Photovoltaic (12,330 kwh/yr), wind turbine (9,423 kwh/yr), and generator (6,032 kwh/yr), with the ac primary load consumption 14,308 kwh/yr, and dc primary load 11,480kWh/yr. Besides the results shows unmet load (electrical load that the power system is unable to serve) in system 0.07% or 17.5kWh, this numeral shows that power system from hybrid energy is reliable within supply BTS power load.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Muhammad Farid
"Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan baru dan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok yang dibangun untuk mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan dan menghubungkan berbagai wilayah produktif di Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, dan sekitarnya. Terminal kendaraan pelabuhan patimban di prediksi akan menjadi backup pelabuhan tanjung priok. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk menilai performa pelabuhan patimban (BOR dan YOR) khususnya terminal kendaraan untuk kondisi saat ini dan juga untuk melihat perfoma pada akhir tahun 2029. penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai kinerja pelayanan Berth Occupancy Ratio dan Yard Occupancy Ratio pada terminal kendaraan pelabuhan patimban, Menghitung nilai kinerja pelayanan Berth Occupancy Ratio dan Yard Occupancy Ratio.melakukan forecast ekspor dan impor pada terminal kendaraan pelabuhan patimban. Data ekspor dan impor kendaraan didapat dari GAIKINDO. metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan microsoft excel dan software statgraphics. metode forecast yang digunakan ialah seasonal forecast with linear trend. Dari Pengolahan data tersebut akan mendapatkan indikator kinerja pelayanan pelabuhan tahun ini dan tahun yang akan mendatang. Hasil tersebut akan dilakukan analisis berupa kesesuaian performa indikator yang didapat dengan standar indikator kinerja pelayanan pelabuhan yang telah ditetapkan oleh kementrian perhubungan Indonesia. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk mendapatkan strategi pengembangan pelabuhan patimban. Berdasarkan standar kinerja operasional pelabuhan, nilai persentase Berth Occupanncy Ratio dikategorikan ideal karna masih berada dibawah 70%, berdasarkan polaritas standar kinerja operasional pelabuhan, dapat dinyatakan nilai persentase Yard Occupancy Ratio terminal kendaraan pelabuhan patimban ternilai kurang baik tetapi masih memenuhi kriteria ideal kinerja pelabuhan karena tidak melebihi 80%.

Patimban Port is a new port and the second largest port after Tanjung Priok Port which was built to reduce logistics costs by bringing the production center closer to the port and connecting various productive areas in Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, and surrounding areas. The Patimban port vehicle terminal is predicted to become a backup for Tanjung Priok port. Therefore, research is needed to assess the performance of the Patimban port (BOR and YOR), especially the vehicle terminal for current conditions and also to see its performance at the end of 2029. This study aims to calculate service performance value Berth Occupancy Ratio and Yard Occupancy Ratio at the Patimban port vehicle terminal. Calculating the service performance value of Berth Occupancy Ratio and Yard Occupancy Ratio. forecasting exports and imports at the Patimban port vehicle terminal. Data on export and import of vehicles is obtained from GAIKINDO. Data processing methods are carried out using Microsoft Excel and statistical software. Forecast method used is seasonal forecast with linear trend. From the data processing, port service performance indicators will be obtained this year and the year to come. The results will be analyzed in the form of conformity of the performance indicators obtained with the standard port service performance indicators that have been set by the Indonesian Ministry of Transportation. The results of the analysis will be used to obtain a strategy for developing the Patimban Port. Based on the standard of port operational performance, the percentage value of the Berth Occupancy Ratio is categorized as ideal because it is still below 70%. considered less good but still meets the ideal criteria for port performance because it does not exceed 80%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hern Rizal Gobi
"[ABSTRAK
Kenaikan harga-harga properti hunian di Indonesia pada kurun waktu
2010-2012 telah menimbulkan kekhawatiran akan adanya bubble. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bubble di pasar properti hunian dengan menggunakan 5 (lima) indikator: perbandingan antara harga rumah aktual dengan
harga rumah berdasarkan predicted value-nya, perbandingan harga aktual dengan harga fundamentalnya berdasarkan ekspektasi rasional, mengukur price to income ratio dan price to rent ratio, menganalisis pertumbuhan kredit properti serta melibatkan control chart.
Hasil penelitian menunjukan bahwa properti jenis apartemen menunjukan adanya indikasi bubble, namun untuk tipe perumahan, walaupun mengalami kenaikan di tahun 2012, bukan merupakan indikasi bubble. Hal ini dibuktikan dari hasil regresi yang dibuat menunjukan bahwa kenaikan harga rumah lebih
disebabkan oleh perubahan faktor fundamental seperti peningkatan pendapatan penduduk, pertumbuhan populasi, tingkat inflasi yang stabil dan tingkat pengangguran yang cenderung turun, secara signifikan mempengaruhi kenaikan harga rumah.

ABSTRACT
The high increase of Indonesias property prices, particularly in the
residential sector, during 2010-2012 has created a concern that it would lead to a bubble. This study aims to investigate the potential housing bubble in Indonesia using a combination of five (5) quantitative indicators, namely: a comparison between actual and predicted housing value, a comparison between actual price and fundamental price based on rational expectation, the price-to-income ratio and the price-to-rent ratio, development of mortgage loans and control chart as a statistical tool to quantify housing / apartment bubbles.
The results suggest that the apartment sector was on its way of forming bubble in 2012, whereas the landed-house sector showed no indications of an impending bubble. Furthermore, based on the regression analysis, the rise of landed-house price was in line with fundamental factors such as increase in income, population growth, inflation and lower unemployment rate.;The high increase of Indonesia?s property prices, particularly in the
residential sector, during 2010 ? 2012 has created a concern that it would lead to a
bubble. This study aims to investigate the potential housing bubble in Indonesia
using a combination of five (5) quantitative indicators, namely: a comparison
between actual and predicted housing value, a comparison between actual price
and fundamental price based on rational expectation, the price-to-income ratio and
the price-to-rent ratio, development of mortgage loans and control chart as a
statistical tool to quantify housing / apartment bubbles.
The results suggest that the apartment sector was on its way of forming
bubble in 2012, whereas the landed-house sector showed no indications of an
impending bubble. Furthermore, based on the regression analysis, the rise of
landed-house price was in line with fundamental factors such as increase in
income, population growth, inflation and lower unemployment rate., The high increase of Indonesia’s property prices, particularly in the
residential sector, during 2010 – 2012 has created a concern that it would lead to a
bubble. This study aims to investigate the potential housing bubble in Indonesia
using a combination of five (5) quantitative indicators, namely: a comparison
between actual and predicted housing value, a comparison between actual price
and fundamental price based on rational expectation, the price-to-income ratio and
the price-to-rent ratio, development of mortgage loans and control chart as a
statistical tool to quantify housing / apartment bubbles.
The results suggest that the apartment sector was on its way of forming
bubble in 2012, whereas the landed-house sector showed no indications of an
impending bubble. Furthermore, based on the regression analysis, the rise of
landed-house price was in line with fundamental factors such as increase in
income, population growth, inflation and lower unemployment rate.]"
2015
T43249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Paper ini membahas analisis throughput slotted ALOGHA DS-CDMA dengan dual model path gain kanal fadling nakagami dengan capture effect. pada peneltian ini BER yang digunakan pada S-ALOHA CDMA dengan dua model path gain yang berbeda pada kanal fadling nakagami/nakagami dengan capture effect."
384 JURTEL 11:2 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Kusmartina
Depok: Universitas Indonesia, 2001
S39929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damar Widjaja
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T38820
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>