Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 220911 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Trihadi
"Selama tahun 2006-2009, lebih dari 200 kecelakaan lalu lintas terjadi di Kampus Universitas Indonesia. Karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan kondisi keselamatan jalan, mengidentifikasi kondisi geometrik dan jalan yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan dan memberikan penanganan lokasi rawan kecelakaan.
Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi rawan yaitu Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), sedangkan untuk analisis data kecelakaan lalu lintas menggunakan metode tabulasi silang serta untuk analisis kondisi jalan menggunakan metode Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ).
Hasil analisis tersebut digunakan untuk memberikan penanganan lokasi rawan berdasarkan analisis resiko. Penanganan lokasi rawan yang dilakukan berfokus pada penempatan rambu lalu lintas dan marka jalan. Lokasi rawan kecelakaan pada penelitian ini yaitu Jalan Prof. Dr. Ir. Sumantri Brodjonegoro (Tikungan PNJ), Jalan Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo (Tikungan Danau Puspa), Jalan Prof. Mr. Djokosoetono (Depan Halte MUI) dan Bundaran Psikologi.

During 2006-2009, more than 200 traffic accidents occur on Campus University of Indonesia, Depok. Therefore, this research carried out to show road safety condition, to identify geometric and road condition that potential dangerously for road users and to give solution to handling black spot.
The method to identify black spot by using Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), to analyze traffic accident data by using cross tabulation, and to analyze road condition by using Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ).
Result of these analysis are used for handle black spot based on risk analysis. Black spot handling focused on installing traffic sign and road marking. The black spot are Prof. Dr. Ir. Sumantri Brodjonegoro Road (PNJ curve), Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo Road (Puspa Lake curve), Jalan Prof. Mr. Djokosoetono Road (in front of MUI bus stop) and Psychology Roundabout.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50684
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Audrey Adhisty
"Kecelakaan transportasi dapat terjadi dimana saja. Di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, tahun 2014 terdapat 82 kecelakaan dan per bulan Agustus 2015 sudah mencapai 96 kasus. Kecelakaan didominasi oleh kendaraan bermotor roda dua. Studi ini bertujuan melihat gambaran dan interaksi faktor yang mempengaruhi keselamatan transportasi kendaraan bermotor roda dua di Kampus UI. Studi bersifat deskriptif analitik dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menghasilkan bahwa kondisi fisik dan sosial di Kampus UI Depok belum cukup adekuat mengakomodasi keselamatan pengendara. Pengendara umumnya memiliki kemampuan dan keterampilan namun cenderung agresif dan tidak taat aturan. Faktor tersebut berinteraksi meningkatkan risiko dari kecelakaan di Kampus UI Depok.

Transportation accidents can happen everywhere In Universitas Indonesia UI Depok Campus there are 82 accidents in 2014 and per August 2015 it has been increased to 96 cases The accidents dominated by two wheeled motor vehicle This study shows a descriptive analysis of factors and their interaction related to two wheeled transportation safety in UI Depok Campus It is a descriptive analytics study with qualitative approach The results are physical and social environment in UI Depok Campus are not adequate enough to accommodate the riders and although the riders have good skill and ability they still have negative personality related to aggression and obedience These factors interact and increase risk of the accidents in UI Depok Campus.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S62738
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvina Mayora Nilasari
"ABSTRAK
Jalan tegar beriman merupakan jalan provinsi dan jalan utama menuju pusat pemerintahan kabupaten bogor. Salah satu permasalahan pada jalan ini adalah sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan, mengetahui kondisi geometri, rambu, fasilitas pendukung lainnya pada lokasi rawan kecelakaan di Jalan Tegar Beriman, serta memberikan rekomendasi terkait pembenahan infrastruktur jalan sesuai dengan kondisi dan penyebab kecelakaan di setiap lokasi. Metode-metode yang digunakan di dalam penelitian ini meliputi, metode AEK, metode Bina Marga, metode KSI, dan metode WSI. Lokasi rawan yang teridentifikasi yaitu Sta 0+000?Sta 0+500, Sta 0+600?Sta 1+100, dan Sta 2+700?Sta 3+000. Rekomendasi perbaikan yang diberikan berdasarkan penyebab kecelakan sehingga diharapkan dapat meningkatkan keselamatan jalan tersebut.

ABSTRAK
Jalan Tegar Beriman is a provincial road and main access to Bogor governmental region. One of traffic problems on this road is safety. Therefore, this research is conducted to identify black spots along Jalan Tegar Beriman, observe the road?s geometric, traffic signs, other supporting facilities, and also to recommend improvements that can be done in regards to road infrastructure based on road conditions and causes of accidents. The methods that are used to identify black spots are AEK, Bina Marga, KSI, and WSI. The analysis shows that black spots are identified at Sta 0+000?Sta 0+500, Sta 0+600?Sta 1+100, and Sta 2+700?Sta 3+000. Recommendations for improvement will be given based on the causes of the accidents, which is expected to improve the road safety."
2016
S64262
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adam Priambodo
"Asteraceae adalah famili tumbuhan dengan 1.900 genus dan 32.000 spesies. Asteraceae mudah tumbuh di berbagai habitat seperti tanah lapang, taman, dan sisi jalan raya. Pemetaan jenis Asteraceae di Kampus Universitas Indonesia telah dilakukan oleh Oktarina & Salamah (2017:243), dan morfologi polen beberapa Asteraceae di lingkungan kampus juga telah diteliti (Salamah dkk. 2019:154). Sementara itu, struktur komunitas beberapa Asteraceae di kampus sudah dikaji oleh Agassi (2017), tetapi viabilitas polen Asteraceae di lingkungan Kampus Universitas Indonesia belum diteliti. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi viabilitas polen beberapa spesies Asteraceae di Kampus Universitas Indonesia. Delapan spesies Asteraceae dari 6 tribes diamati melalui metode in vitro dengan tiga tipe medium dan pewarnaan menggunakan pewarna safranin 2%.
Hasil viabilitas metode germinasi in vitro menunjukkan bahwa Synedrella nodiflora, Spaghneticola trilobata, dan Youngia japonica memiliki viabilitas polen tertinggi pada ketiga tipe medium, sementara Tridax procumbens dan Mikania micrantha memiliki viabilitas polen terendah. Selain itu, tidak terdapat perbedaan signifikan pada viabilitas polen masing-masing spesies dengan ketiga tipe medium, tetapi terdapat perbedaan signifikan pada viabilitas polen masing-masing spesies di setiap medium. Metode pewarnaan menunjukkan hasil yang berbeda dengan metode germinasi in vitro, namun sejalan dengan studi struktur komunitas Asteraceae yang telah dilakukan.

Asteraceae is a diverse plant family comprising 1,900 genera and 32,000 species, well-adapted to various habitats, including open fields, gardens, and roadside areas. Mapping of Asteraceae species on the University of Indonesia campus has been conducted Oktarina & Salamah (2017:243). Salamah et al. (2019:154) explored the pollen morphology of several Asteraceae species within the same environment. Meanwhile, Agassi (2017) studied the community structure of various Asteraceae species on the campus. Research on the pollen viability of Asteraceae in the same setting has not been explored. This study aim to determine the pollen viability of several Asteraceae species in the University of Indonesia campus environment. The pollen viability of eight Asteraceae species from six tribes was observed using in vitro germination method with three types of medium and staining method with safranin 2%.
The results of the in vitro germination method showed that Synedrella nodiflora, Spaghneticola trilobata, and Youngia japonica had the highest pollen viability on all three types of medium, while Tridax procumbens and Mikania micrantha had the lowest pollen viability. Moreover, there were no significant differences in the pollen viability of each species among the three types of medium, but there were significant differences in the pollen viability of each species within each medium. The staining method yielded different results compared to the in vitro germination method, but was consistent with the community structure study of Asteraceae.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Jauhara
"Telah dilakukan penelitian mengenai tingkat serapan karbon dan kandungan klorofil serta analisis sampah, sedimen, dan volume di lima situ Kampus UI Depok. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat serapan karbon dan kandungan klorofil, serta materi organik dalam sampah, sedimen dan volume di lima situ Kampus UI Depok. Penelitian dilakukan di lima situ Kampus UI Depok, yaitu Situ Agathis, Situ Mahoni, Situ Puspa, Situ Ulin, dan Situ Salam. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Maret--April 2014. Pengukuran produktivitas primer perairan menggunakan metode botol gelap-terang. Botol gelap dan botol terang diletakkan pada kedalaman 0 cm, 10 cm, 30 cm, 50 cm, 70 cm, dan 80 cm.
Pengambilan sampel fitoplankton dilakukan menggunakan plankton net. Pengukuran kandungan klorofil-a dan klorofil-b menggunakan spektrofotometer dengan panjang gelombang 750, 664, 647 dan 630 nm. Perangkap sampah organik berupa kain nylon dengan ukuran pori 1 mm2 diletakkan pada inlet dan outlet secara bersamaan di lima situ Kampus UI Depok.
Pengambilan sampel sedimen dilakukan menggunakan Peterson Grab. Sampel sedimen dianalisis kadar karbon organik dengan metode Walkley-Black. Metode 3D Analyst ArcView 10.1 digunakan untuk menghitung volume situ. Tingkat serapan karbon di lima situ Kampus UI Depok memiliki potensi menyerap karbon rata-rata sebesar 48,61 mgC/m3/jam. Kandungan klorofil-a dan klorofil-b di lima situ Kampus UI Depok rata-rata sebesar 2,59 mg/l dan 0,35 mg/l.
Hasil identifikasi sampel fitoplankton diperoleh empat kelas, yaitu Chlorophyceae, Cyanophyceae, Euglenophyceae, dan Bacillariophyceae. Kepadatan tertinggi dan nilai dominansi tertinggi pada sampel fitoplankton di lima situ Kampus UI Depok terdapat pada kelas Chlorophyceae. Terjadi penumpukan sampah organik sebesar 0,55 gr/m3/jam. Tipe sedimen pasir mendominasi di perairan lima situ Kampus UI Depok. Kandungn karbon pada sampel sedimen kerikil sebesar 19,75--26,58 ppm, pasir sebesar 28,47--38,55 ppm, dan lumpur sebesar 36,79--42,05 ppm. Perairan lima situ di Kampus UI Depok memiliki potensi dalam menampung volume air sebesar 654.830 m3.

Research has conducted about the level of carbon uptake and chlorophyll content as well as the analysis of trash, sediment, and volume in five lakes at Campus UI Depok. The study aimed to analyze the level of carbon uptake and chlorophyll content, and organic matter in the litter, sediment and volume in five lakes at Campus UI Depok. The study was conducted in five lakes at Campus UI Depok, namely Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, and Salam. Sampling was conducted in March-April 2014. Measurements of primary productivity in the water using light-dark bottle method. Dark bottle and light bottle placed at a depth of 0 cm, 10 cm, 30 cm, 50 cm, 70 cm, and 80 cm.
Sampling of phytoplankton was conducted using a plankton net. Measurement of chlorophyll-a and chlorophyll-b using a spectrophotometer with a wavelength of 750, 664, 647 and 630 nm. Pitfalls of organic waste in the form of nylon fabric with a pore size of 1 mm2 placed at the inlet and outlet simultaneously in five lakes at Campus UI Depok.
Sampling of sediment was conducted using a Peterson Grab. Sediment samples were analyzed with the organic carbon content of the Walkley-Black method. 3D Analyst ArcView 10.1 method used to calculate the volume of the lakes. The rate of carbon uptake in five UI Depok it has the potential to absorb carbon by an average of 48.61 mgC/m3/hour. The content of chlorophyll-a and chlorophyll-b in five lakes at Campus UI Depok was average of 2.59 mg/l and 0.35 mg/l.
The results of the identification of phytoplankton samples obtained four classes, namely Chlorophyceae, Cyanophyceae, Euglenophyceae, and Bacillariophyceae. The highest density and highest dominance values in samples of phytoplankton in five lakes at Campus UI Depok contained in the class Chlorophyceae. Build up of organic waste by 0.55 gr/m3/hour. Sand sediment types dominate in five lakes at Campus UI Depok. Carbon content in sediment samples gravel at 19.75 to 26.58 ppm, the sand at 28.47 to 38.55 ppm, and the mud of 36.79 to 42.05 ppm. The five lakes at Campus UI Depok has the potential to accommodate the volume of waters at 654.830 m3.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2014
T42829
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Prayitno
"Universitas Indonesia merupakan universitas terbesar yang ada di Indonesia, sesuai visinya untuk menjadi World Class Resarch University, maka perlu didukung oleh kualitas peralatan pada sistem kelistrikan yang handal agar setiap kegiatan yang ada di kampus tidak terganggu akibat kerusakan peralatan listrik. Skripsi ini membahas mengenai bagaimana sistem kelistrikan yang ada di Universitas Indonesia dan bagaimana pengujian peralatan kelistrikan utama serta metode pemeliharaannya.
Pada penulisan sekripsi ini, peralatan utama yang perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan pengawasan khusus adalah Kabel Tegangan Menengah, Cubicle Tegangan Menengah dan Peralatan Hubung Bagi Tegangan Rendah. Karena bila salah peralatan tersebut rusak atau bermasalah, maka suplai listrik akan langsung padam.

University of Indonesia is the largest university in Indonesia, according to its vision to become a World Class University Resarch, it needs to be supported by quality equipment on a reliable electrical system for any existing activities on campus are not disrupted due to damage to electrical equipment. This thesis describes how the existing electrical system at the University of Indonesia and how the main electrical equipment testing and maintenance methods.
In writing this sekripsi, major equipment to do routine maintenance and special supervision is Medium Voltage Cables, Medium Voltage Cubicle and Equipment For Low Voltage circuit. Because if the wrong equipment is damaged or problematic, then the electricity supply would be immediately extinguished.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51328
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Dewandaru Suryo Arianto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik pada air, sedimen, serta insang dan saluran pencernaan ikan mujair Oreochromis mossambicus (Peters, 1852) dan Ikan Sepat Rawa Trichopodus trichopterus (Pallas, 1770) di Situ Mahoni, Kampus Universitas Indonesia, Depok. Sampel air diambil sebanyak 20 L menggunakan beaker glass 1000 mL lalu disaring menggunakan plankton net hingga tertampung volume air 300 mL, sampel sedimen diambil menggunakan ekman grab dan ditampung pada jar kaca 250 mL. Sementara itu, sampel ikan mujair dan ikan sepat rawa masing-masing diambil 15 ekor dengan cast net lalu disimpan pada wadah penyimpanan berisi alkohol 70%. Ekstraksi sampel dilakukan di Laboratorium Biologi Kelautan, Departemen Biologi, FMIPA UI dengan metode penghancuran oleh HNO3 65% untuk sampel ikan. Sedangkan, sampel sedimen dikeringkan dengan menggunakan oven selama 2 hari. Selanjutnya, seluruh sampel dicampurkan dengan larutan NaCl jenuh untuk mengapungkan mikroplastik. Kemudian dilakukan analisis kelimpahan, bentuk, dan warna mikroplastik menggunakan mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata total kelimpahan mikroplastik pada air diperoleh 437,67 ± 30,21 partikel L-1, pada sedimen diperoleh 36.237,04 ± 16.702,60 partikel kg-1, pada insang ikan mujair diperoleh 785,78 ± 292,07 partikel ind-1, pada insang ikan sepat rawa diperoleh 553,33 ± 242,54 partikel ind-1, saluran pencernaan ikan mujair diperoleh 1.058,67 ± 215,44 partikel ind-1, pada saluran pencernaan ikan sepat rawa diperoleh 892,89 ± 156,52 partikel ind-1. Secara keseluruhan, bentuk mikroplastik yang paling banyak ditemukan adalah mikroplastik berbentuk fiber. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney terhadap sampel insang dan saluran pencernaan dari ikan mujair dan ikan sepat rawa didapatkan bahwa terdapat perbedaan jumlah mikroplastik yang signifikan.

The purpose of this study is to identify the abundance of microplastics in water, sediment, gills, and digestive tract of tilapia Oreochromis mossambicus (Peters,1852) and three spot gourami Trichopodus trichopterus (Pallas, 1770) in Situ Mahoni, University of Indonesia Campus, Depok. As much as 20 Litres of water samples were taken using a 1000 mL beaker glass and then filtered using a plankton net until 300 mL of water is stored, Sediment samples were taken using an ekman grab then stored on a 250 mL glass jar, while 15 samples of the tilapia and three spot gourami were caught using a cast net and then stored with alcohol 70%. Sample extractions were carried out at the Marine Biology Laboratory, Department of Biology, FMIPA UI by pulverizing the fish samples with HNO3 65%. The sediment samples were dried using the oven for 2 days. Then, all of the samples were mixed with a NaCl solution to float the microplastics. Then, an analysis of abundance, shape, and colours of microplastics under the microscope were done. The results showed that the average total abundance of microplastics was 437,67 ± 30,21 L-1 particles in water samples, in sediment samples was 36.237,04 ± 16.702,60 kg-1 particles in sediment samples, 785,78 ± 292,07 ind-1 particles in the gills of tilapia, 553,33 ± 242,54 ind-1 particles in the gills of the three spot gourami, 1.058,67 ± 215,44 ind-1 particles in the digestive tract of the tilapia, 892,89 ± 156,52 ind-1 particles in the digestive tract of the three spot gourami. Overall, the predominant form of microplastic in the water, sediment, gills, and digestive tract is in the form of fiber. There is a significant difference between the abundance of microplastics based on the results of the Mann-Whitney Test on gill and digestive tract samples of tilapia and three spot gourami."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma Fitriah
"Kampus atau universitas merupakan salah satu tempat berkumpulnya sebagian besar orang yang terdiri atas mahasiswa/i, dosen, staf serta pihak terkait lainnya dan juga tamu kampus. Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas dengan lahan luas di Indonesia, luas lahan Kampus UI Depok mencapai 321 ha yang terdiri atas beberapa gedung fakultas dan fasilitas lainnya seluas 11.5 ha dan hutan kota seluas 180 ha dengan danau seluas 2.5 ha. Jumlah kendaraan bermotor roda dua dan kendaraan roda empat yang masuk ke area Universitas Indonesiacukup ramai setiap harinya. Oleh karena jumlah kendaraan yang terus mengalami peningkatan, pihak UI berniat untuk merumuskan sistem tarif parkir berbayar yang bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan dan memaksimalkan kinerja parkir di Kampus UI Depok.
Penelitian ini mencoba mengetahui preferensi pengguna jasa parkir di Kampus UI Depok apakah single tariff atau multi tariff, mengestimasi nilai kesediaan membayar (willingness to pay –WTP) tarif parkir berbayar di Kampus UI Depok dan mengkaji faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna parkir untuk membayar tarif parkir.
Metode yang digunakan untuk mengetahui preferensi pengguna parkir di Kampus UI Depok adalah menggunakan analisis statistik deskriptif sedangkan untuk mengestimasi nilai WTP dengan menggunakan rata-rata WTP. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna parkir untuk membayar tarif parkir diidentifikasi dengan menggunakan metode ekonometrika berupa analisis logistic.
Berdasarkan hasil perhitungan nilai WTP, responden pengguna jasa parkir di Kampus UI Depok diperoleh preferensi pengguna jasa parkir sistem perparkirannya adalah multi tariff. Nilai WTP untuk tarif parkir berbayar per jam sebesar Rp 1.358,00 untuk mobil dan Rp 1.120,00 untuk motor. Dengan menggunakan analisis regresi probit diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna jasa parkir dalam membayar tarif parkir per jam antara lain adalah green campus, kapasitas parkir, jenis kendaraan , tingkat kenyamanan parkir, rambu jalan, sistem parkir, tempat tinggal,durasi dan usia.

College or university is one of the place that the most people gathered in. There are students, lecturer, university staff and other staff including university guests. University of Indonesia is one of university that had huge campus area in Indonesia. The total area of University of Indonesia is 321 ha, that consists of some faculty building and other facilities with the total area 11.5 ha and city forest that has 180 ha with some lakes 2.5 ha. The total of motorcycles and cars that entered University of Indonesia were quite many. Hence, the total vehicles that was still increasing, University of Indonesia was formulated paid-parking system which is purposed to decrease the number of vehicles and maximize parking system in University of Indonesia, Depok.
This research are trying to find out the preferences of parking user in University of Indonesia, Depok, either single tariff or multi tariff. Other purposes is estimate the value of WTP paid parking fee in University of Indonesia Depok and also analyze factors that influence willingness of the parking user to pay paid parking fee. The method that is used for determining preferences of parking user in University of Indonesia is descriptive statistic analysis. To estimate the value of WTP is using WTP average. To find out the factors that influence willingness of parking user to pay paid parking tariff by using logit & probit regression method.
Based on the counting of WTP’s value, parking user which also respondents in University of Indonesia Depok. The user preferences of parking in UI is multi tariff. The value of WTP is Rp 1.358,00 per hour for car and Rp 1.120,00 per hour for motorcycle.By using probit regression analysis, it concludes that influencing factor of willingness to pay of parking user are green campus, parking capacity, kind of vehicles, parking comfortability, road sign, parking system, parking user houses, parking duration in campus and age. To identify factors that influence of parking user to pay paid parking tariff by using econometric method which is logistic analysis.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45451
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Destia Setiarini
"Salah satu upaya untuk mengatasi masalah penyediaan lahan parkir yang meningkat di Kampus UI Depok adalah dengan pembatasan kendaraan melalui pemberlakuan sistem tarif parkir. Untuk melihat kemauan membayar (willingness to pay) para pengguna kendaraan maka dilakukan survei stated preference. Maksud penelitian ini adalah untuk menganalisa keinginan pengguna kendaraan pribadi untuk membayar fasilitas parkir. Selain itu dikembangkan model logit untuk melihat probabilitas pengguna parkir dengan membentuk fungsi utilitas yang dibatasi variabel tarif parkir. Hasil penelitian ini menunjukan untuk tarif parkir mobil Rp. 2.500,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir di dalam kampus UI sebesar 10.96% dan untuk tarif parkir mobil sebesar Rp. 1.000,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiwa sebesar 41.96%. Sedangkan untuk tarif parkir sepeda motor Rp. 1.000,00 perjam maka diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir sebesar 10.16% dan karyawan 16.55%. Untuk tarif parkir motor sebesar Rp. 250,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir sebesar 42.45% dan karyawan sebesar 34.46%.

One way to overcome the parking area supply problem in UI Depok campus is by vehicle restriction using parking tariff system. To predict willingness to pay of vehicle user, stated preference survey has been done. The objective of this research is analysing the willingness to pay of vehicle user for parking facility. This research developed logit model to predict probability of parking user in UI campus by forming utility function limited by parking tariff variable. The research result shows that the application of car parking tariff at Rp. 2.500,00 per hour results in parking student probability of 10.96% and the car parking tariff at Rp 1.000,00 per hour results in student probability of 41.96%. Beside that, the application of motorcycle parking tariff at Rp. 1.000,00 per hour results in parking student probability of 10.16% and staff probability of 16.55%. Then, the application of motorcycle parking tariff at Rp. 250,00 per hour results in parking student probability of 42.45% and staff probability of 34.46%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50444
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tetuka Afidiat Nugroho
"Universitas Indonesia (UI) saat ini memiliki 2 jalur , yaitu jalur merah dan jalur biru, sebagai rute transportasi untuk melayani seluruh kegiatan dan perpindahan mahasiswa. Moda transportasi yang digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan dan perpindahan tersebut adalah kendaraan pribadi, bis kuning (bis kampus) dan paratransit yang diijinkan beroperasi (ojeg). Saat ini UI berencana untuk mengalihkan kebutuhan transportasi dengan perpindahan ke moda transportasi kampus yang lebih baik secara estetik, ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu moda transportasi yang memiliki keunggulan dan kelebihan tersebut adalah tram. Penelitian ini dilakukan dengan pencarian data dari instansi terkait, dimana dalam hal ini adalah data denah dan kontur jalan eksisting kampus UI, serta data spesifikasi tram yang akan digunakan. Setelah itu menentukan opsi-opsi dan alternatif penggunaan jalur yang dapat digunakan pada perencanaan tram di UI. Kemudian data denah dan kontur jalan eksisting diolah sehingga diperoleh nilai radius dan gradien (kelandaian) setiap opsi yang akan disesuaikan dengan data dari spesifikasi tram yang akan digunakan. Dan melakukan analisis terhadap konflik yang dapat terjadi pada setiap opsi dan alternatif penggunaan jalur tram pada jalur eksisting. Dengan melakukan analisis geometrik (radius dan gradien) dan konflik tersebut maka dihasilkan opsi yang dapat digunakan sebagai jalur tram pada lingkungan kampus UI adalah opsi jalur merah pada lajur kiri dan dengan menggunakan alternatif masuk hutan UI di jalan Prof. Dr. Slamet Iman Santoso depan gedung Pusat Studi Jepang (PSJ), melewati samping kandang rusa hingga keluar di depan stasiun UI di jalan Dr. Mr. Supomo.

University of Indonesia (UI) currently has two bus lines, namely the red line and blue line, as a transportation route to serve all student activities and movement. Transportation mode that is used as a means of supporting the activities and movement are private vehicles, yellow buses (school bus) and the allowable operating paratransit (ojeg). Currently, UI is planning to divert transportation needs with the shift to a mode of transportation that better in aesthetic, environmentally friendly and energy efficient. One of the modes of transportation that has these advantages are tram. This research was conducted by collecting data from relevant agencies, which in this case is the existing road layout and contours data of the UI, and tram specifications data that will be used. After that specify the options and alternative use of lines that can be used on trams in UI, then the data of existing road layout and contours are processed in order to obtain the value of the radius and gradient of each option that will be adjusted with data from the specification of trams. And analize the conflicts that can occur at every option and alternative of the tram lines. By analyzing the geometric (the radius and gradient) and the conflict, it generated option that can be used as a tram line on the UI campus environment is the red line option in the left lane by using the alternate into the forest UI in the way of Prof. Dr. Slamet Iman Santoso in front of the building Centre for Japanese Studies (PSJ), past the deer cage and get out in front of the UI station in the way of Dr. Mr. Supomo."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50661
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>