Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172395 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prima Hananto
"Dalam skripsi akan diteliti tentang berapakah kerugian akibat pengurangan umur rencana dan pelapisan ulang karena overload pada perkerasan lentur. Selain itu juga dihitung berapakah keuntungan yang didapat operator kendaraan berat jika kendaraan beratnya mengalami kelebihan beban. Kemudian bagaimana jika kerugian itu dibebankan kepada angkutan barang yang mengalami overload lalu dibandingkan dengan keuntungan yang didapat dari kelebihan beban yang diangkut. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi dengan variasi komposisi kendaraan berat dan beban berlebih yang diangkut. Sedangkan untuk mencari umur jalan yang tersisa digunakan metode analisa komponen. Selain itu juga akan dibahas pengaruh overload pada tiap sumbu kendaraan berapakah pengaruh berat muatan berlebih terhadap persebaran berat total kendaraan pada tiap sumbunya. Dari hasil yang sudah dilakukan pada skripsi ini didapatkan kesimpulan bahwa keuntungan yang didapat oleh operator karena melakukan kelebihan beban lebih besar jika dibandingkan dengan kerugian yang diderita karena harus melakukan pelapisan ulang akibat berkurangnya umur rencana jalan.

This thesis under grade will research about how much lost because the decrease of the lifespan from street and overlay because overload in flexible pavement . Also beside that also calculate how much the profit which will received by the operator of heavy vehicle if the vehicle overload. How if the lost is burden to heavy vehicle that overload , how much they must pay to cover the lost. Research doing with simulation with variation of composition heavy vehicle and excessive load . And to calculate the decrease of lifespan from the road used component analysis method In this thesis under grade will also study about influence of overload for every axle in heavy vehicle. The result of this thesis under grade is the profit that received by operator is higher than the lost because decrease of lifespan and overlay."
2010
S50571
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Crystin Rotua Hasmi
"ABSTRAK
Saat ini Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk
mengurangi beban berlebih yang melewati jalan. Beban berlebih tersebut dapat
menyebabkan kerusakan dini serta penurunan tingkat layan jalan. Namun di sisi
lain beban berlebih dapat meningkatkan perekonomian makro yaitu pergerakan
barang yang lebih cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keuntungan
dan kerugian dari muatan berlebih dengan menggunakan analisis ekonomi dan
analisis muatan berlebih dengan menggunakan peraturan dan desain perencanaan
yang berlaku di Indonesia pada daerah studi ruas Cikampek-Palimanan. Hasil
penelitian ini menunjukkan nilai ekonomi manfaat terbesar diperoleh dari skenario
semua truk pada lalu lintas harian rata-rata mengalami muatan berlebih sedangkan
biaya pemeliharaan jalan terbesar diperoleh dari skenario semua truk pada lalu
lintas harian rata-rata mengalami muatan berlebih pada simulasi 30% muatan
berlebih.

Abstract
Today Government has released various policies to reduce vehicle overload on the
road. Overload can cause premature damaging early and reducing pavement
serviceabilty. In other cases, overload can improved macro economy, faster
movement of logistic. This research was done to know advantages and
disadvantages of overload by using economic analysis and overload analysis using
regulation and planning design applied in Indonesia at study case Cikampek-
Palimanan road. Result of this research showed the highest economic value of
benefit which obtained by scenarios of all truck overloads from average daily
traffic which have been overloaded while the highest road maintenance cost which
obtained by scenarios of all truck overloads from average daily traffic which have
been overloaded in 30% overload simulation.;"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43556
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Garlina Srirahayu
"ABSTRAK
Kerusakan jalan y ang terjadi lebih cepat dari umur y ang direncanakan sudah sering terjadi. Salah satu peny ebabnya adalah beban muatan berlebih pada kendaraan truk. Kelebihan muatan berdamp ak pada beban muatan sumbu meleb ihi ketentuan beban yang diijin kan oleh Direktorat Jendral Peruhubungan Darat. M elalui kajian ini dianalisis sejauh mana tingkat kerusakan jalan y ang ditimbulkan oleh p rosentase kenaikan jumlah muatan kendaraan truk y ang mengakib atkan muatan melebihi batas ijin. Lokasi penelitian y aitu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (km.39), jalur pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikamp ek dan Jalan Ray a Cibinon g d i ruas jalan M ayor Oking Bogor. Data lalulintas dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun, sehingga dapat diketahui tebal perkerasan jalan lentur dengan menggunakan metode Bina M arga. Dari hasil kajian dapat diketahui bahwa penambahan muatan berlebih hingga 30% akan mengurangi umur rencan a perkerasan hingga 48. Namun bila terjadi p engalihan truk 2as ke truk yang memiliki jumlah sumbuny a lebih bany ak maka akan memperlambat terjadinya kerusakan.

ABSTRACT
Road damage o ccurring faster than the designed life is common. One reason is the burden of excessive loads on trucks. Impact on the overloaded axle load exceeds the load requirements as permitted by the Directorate General of Land Transp ortation. Through this study analy zed the extent of road damage caused by the percentage incr ease in cargo trucks that resulted in the charge which exceeds the limit allowed. The research location is in Jakarta-Cikampek toll road (k m.39), coast lines in C ikamp ek Jomin Byp ass road, and Highway Cibinon g in Bogor Oking M ajor road. Data traffic is calculated for the expected design life of 10 years, so it can be seen a thick flexible p avement using the methods of Bina M arga. From the results of the study can be seen that the addition of excess charges up to 30% will reduce the design life of pavement up to 48%. But if there is transfer of 2as truck to the truck that has a number of axes more it will slow the damage."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S955
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Karno Kinasih
"ABSTRAK
Fenomena muatan berlebih masih menjadi pemandangan sehari-hari di Indonesiadan hal itu dituding sebagai salah satu penyebab gagal dini usia layan perkerasan.Tesis ini meneliti dua kondisi yang berbeda; pertama, apabila truk membawa 5 ,10 , 15 , 20 , 25 dan 30 muatan berlebih dan yang ke dua apabiladilakukan simulasi mengandaikan kebijakan zero overloading ditegakkan dandigunakan truk semi trailer 6 as untuk mengakomodasi muatan yang belumterangkut. Digunakan Rumus Liddle dengan faktor k 1 untuk sumbu tunggal,0.086 untuk sumbu tandem dan 0.031 untuk sumbu tridem. Terjadi perbedaanumur pelayanan yang signifikan di antara dua kondisi tersebut.

ABSTRACT
Overloading phenomenon is a common view in Indonesia, accused of earlydamage on pavement. This thesis is trying to evaluate the differences between twoconditions first condition as if overloading trucks bring 5 , 10 , 15 , 20 ,25 dan 30 more load, and the second condition as if applied zero overloadingand used 6 axle truck to acomodate unloaded logistics. Liddle rsquo s formula will beused with the k factor 1 for tandem axle, 0.086 for tandem, and 0.031 for tridemaxle. Service life significantly differ between the first and the second condition,under the regulation, the percentage of CESA number rsquo s reduction are almostdouble of overloading percentage carried by the vehicles.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T49458
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lazuardi Bani Muslim
"Meningkatnya arus pengiriman barang menyebabkan permintaan akan sarana transportasi meningkat. Kapasitas angkut truk sering terjadi yang menyebabkan kelebihan muatan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi beban tambahan sebesar 5%, 10%,15%, 20%, 25%, dan 30% dari beban standar. Simulasi ini untuk mengetahui tambahan biaya konstruksi akibat overload. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung biaya dendan yang diberikan kepada truck dengan muatan berlebih, Biaya tambahan struktur perkerasan dihitung per ton per km. Metodologi penelitian ini mengunakan analisis volume lalu lintas yang mana dari hasil tersebut didapat nilai Cummulative Ekivalent Single Axle (CESA), setelah itu dihitung nilai Faktor Perusak menggunakan analisis Vehicle Damage Factor (VDF), untuk kebutuhan tebal lapis tambah digunakan metode Falling Weight Deflectomerer (FWD). Peningkatan beban lebih 5% berdampak pada penurunan umur layanan dari 10 tahun menjadi 7 tahun, bahkan dengan peningkatan 30% mengurangi umur perkerasan jalan hingga 6 tahun. Biaya tambahan akibat kelebihan muatan dibebankan kepada pengguna dengan biaya tambahan. Hasil perhitungan untuk kasus jalan dengan lalu lintas khusus diperoleh nilai Rp. 20,-/ton/km sebagai muatan karena kelebihan muatan. Biaya ini dihitung dari biaya pemeliharaan selama umur layanan.

The increasing flow of goods shipments causes the demand for transportation facilities to increase. Truck hauling capacity often occurs which causes overload. In this study, an additional load simulation of 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, and 30% of the standard load was carried out. This simulation is to find out the additional construction costs due to overload. The purpose of this study is to calculate the cost of fines given to trucks with excess loads. The additional cost of the pavement structure is calculated per tonne per km. The methodology of this study uses traffic volume analysis where from these results the Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) value is obtained, after that the Damage Factor value is calculated using Vehicle Damage Factor (VDF) analysis, for the need for additional layer thickness the Falling Weight Deflectomerer (FWD) method is used. ). An increase in overload of 5% resulted in a decrease in service life from 10 years to 7 years, even with an increase of 30% reducing the life of pavement up to 6 years. Additional costs due to overload are charged to the user at an additional fee. The calculation results for the case of roads with special traffic obtained a value of Rp. 20,-/ton/km as load due to overload. This fee is calculated from maintenance costs during the service life."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Ulfah Tidar
"Pajak merupakan salah satu hal yang fundamental dalam menjalankan sebuah negara. Di Indonesia, hak negara melakukan pemungutan pajak diatur dalam Pasal 23A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang. Salah satu jenis pajak adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang merupakan jenis pajak konsumsi. Sebelum pajak pertambahan nilai berlaku di Indonesia, pajak atas konsumsi yang berlaku di Indonesia adalah pajak penjualan. Dalam rangka program reformasi sistem perpajakan nasional, pada tahun 1983 pajak penjualan kemudian diganti dengan Pajak Pertambahan Nilai. Perubahan itu dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Perubahan tersebut dilatarbelakangi fakta bahwa peraturan perundang-undangan perpajakan pada saat itu masih merupakan warisan Belanda sehingga dirasakan tidak memperhatikan azas dan aspek pemerataan, keadilan, kepastian hukum, dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu dalam pemungutan pajak penjualan menimbulkan efek pajak berganda atau pengenaan pajak atas pajak. Undang-Undang Pajak Penjualan juga mengandung dualisme sistem pemungutan pajak dimana terdapat dua sistem pemungutan pajak yaitu untuk pengusaha tertentu diterapkan self assessment system, sedangkan untuk kelompok pengusaha lainnya digunakan official assessment system. Perubahan itu tentu berdampak terhadap hukum dan pembangunan ekonomi. Melalui pajak pertambahan nilai, pemerintah memperluas objek pajak pertambahan nilai untuk meningkatkan penerimaan negara. Selain itu pemberlakuan pajak pertambahan nilai ini juga menghapus efek pajak berganda yang timbul dalam pajak penjualan. Pajak pertambahan nilai dapat dipungut beberapa kali pada berbagai mata rantai jalur produksi dan distribusi, namun hanya pada pertambahan nilai yang timbul pada setiap jalur yang dilalui barang dan jasa. Dalam hal ini, pemerintah menggunakan hukum sebagai sarana pembaharuan masyarakat dan mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh pemerintah.

Tax is one of the fundamental things in running a country. In Indonesia, the state's right to collect taxes is regulated in Article 23A of the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia which reads that taxes and other levies that are coercive for state needs are regulated by law. One type of tax is Value Added Tax (VAT), which is a type of consumption tax. Before the value added tax came into effect in Indonesia, the consumption tax that applied in Indonesia was a sales tax. In the context of the national taxation system reform program, in 1983 the sales tax was replaced by Value Added Tax. This change is stated in Law Number 8 of 1983 concerning Value Added Tax on Goods and Services and Sales Tax on Luxury Goods. This change was motivated by the fact that the tax legislation at that time was still a Dutch heritage, so it was felt that it did not pay attention to the principles and aspects of equity, justice, legal certainty and economic growth. In addition, the collection of sales tax creates a double tax effect or the imposition of taxes on taxes. The Sales Tax Law also contains a dual system of tax collection where there are two tax collection systems, namely a self-assessment system for certain entrepreneurs, while for other groups of entrepreneurs an official assessment system is used. This change certainly has an impact on law and economic development. Through value added tax, the government expands the object of value added tax to increase state revenue. In addition, the implementation of this value added tax also removes the double tax effect that arises in the sales tax. Value added tax can be collected several times in various links in the production and distribution chain, but only on value added that arises in each route through which goods and services pass. In this case, the government uses law as a means of renewing society and achieving the goals to be achieved by the government."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Amalia
"Overloading sudah menjadi masalah umum terutama di negara berkembang yang transportasi kendaraan beratnya terus meningkat, termasuk Indonesia. Pelanggaran kendaraan yang kelebihan muatan memberikan dampak negatif terhadap perkerasan yang dilaluinya, salah satunya adalah kerusakan dini yang berujung pada peningkatan biaya rehabilitasi. Penelitian ini dilakukan untuk menghitung jumlah kendaraan yang kelebihan beban berdasarkan data beban kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari peneliti sebelumnya. Selain itu, untuk menghitung dampak kelebihan beban kendaraan pada perkerasan ditinjau dari daya rusak jalan atau vehicle damage factor (VDF), ESAL, dan biaya rehabilitasi. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan tiga skenario untuk membandingkan kondisi yang berbeda. Skenario 1 adalah kondisi lalu lintas yang sebenarnya, dimana terdapat banyak kendaraan yang kelebihan beban. Skenario 2 adalah kondisi ideal dimana kendaraan yang kelebihan beban diubah menjadi kendaraan dengan jumlah gandar yang berbeda yang dapat mengangkut beban tanpa overloading. Skenario 3 adalah kondisi ideal dimana beban berlebih diangkut dengan menambah jumlah kendaraan. Ditemukan bahwa dengan mengubah jumlah gandar kendaraan, biaya rehabilitasi berkurang sebanyak 70,12%, sementara menambah jumlah kendaraan mengurangi biaya rehabilitasi sebesar 55,14%.

Overloading has become a common problem, especially in developing countries where the transportation of heavy vehicles keeps increasing, including Indonesia. The violation of an overloading vehicle has negative impacts on the pavement in its path, one of which is premature deterioration which leads to increased rehabilitation costs. This research was conducted to quantify the number of overloaded vehicles based on the vehicle load data on Jakarta-Cikampek Toll Road from a previous researcher. Other than that, to calculate the impact of overloaded vehicles on the pavement in terms of vehicle damage factor (VDF), ESAL, and rehabilitation costs. The calculation is done using three scenarios in order to compare different conditions. Scenario 1 is the actual condition of the traffic, where there were many overload vehicles. Scenario 2 is the ideal condition where the overloaded vehicles were changed to vehicles with a different number of axles that can accommodate the load without being overloaded. Scenario 3 is the ideal condition where the excess overload is carried by adding more vehicles. It was found that by changing the vehicles' number of axles, the rehabilitation cost was reduced as much as 70.12% while adding more vehicles reduced the rehabilitation cost by 55.14%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosita Ruskim
"Tesis ini membahas dampak keputusan aktivitas pembiayaan yang disarankan oleh Penulis untuk PT Hero Supermarket Tbk untuk mendapatkan nilai perusahaan PT Hero Supermarket Tbk yang optimal. Adapun nilai perusahaan yang optimal tersebut dapat terefleksi pada harga saham PT Hero Supermarket Tbk. Keputusan aktivitas pembiayaan tersebut tercemin dalam komposisi struktur modal berupa perbandingan antara pinjaman dan ekuitas perusahaan. Penelitian tesis ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis struktur modal optimum yang diperkenalkan oleh Modigliani dan Miller serta pendekatan perhitungan struktur modal optimum yang diajukan oleh Brigham dan Ehrhardt. Selain itu dalam menghitung nilai perusahaan dengan metode Discounted Cash Flow (DCF) melalui perhitungan Free Cash Flow to The Firm (FCFF) untuk mengetahui nilai PT Hero Supermarket Tbk berdasarkan struktur modalnya.

This thesis discusses the impact of decisions financing activities suggested by the authors to PT Hero Supermarket Tbk to get the optimal enterprise value of PT Hero Supermarket Tbk. The optimal value of the company can be reflected in the share price of PT Hero Supermarket Tbk. Decision financing activities are reflected in the composition of capital structure in the form of the ratio between debt and equity. This thesis research is a quantitative research using a model of optimal capital structure analysis, introduced by Modigliani and Miller and an approach to the calculation of optimum capital structure proposed by Brigham and Ehrhardt. In addition, the value of the company is calculated with Discounted Cash Flow method (DCF) derived from the calculation of Free Cash Flow to the Firm (FCFF) in order to determine the value of PT Hero Supermarket Tbk based on company?s optimal capital structure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T21757
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sarpi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak merger dan akuisisi terhadap sinergi keuangan pada perusahaan publik dan BUMN di Indonesia. Untuk mengukur nilai sinergi keuangan tersebut menggunakan nilai profitabilitas, efisiensi, likuiditas, solvabilitas, dan kapasitas pendanaan. Periode waktu pengamatannya satu tahun sebelum dan lima tahun setelah merger dan akuisisi dengan data sampel terdiri dari 84 perusahaan selama tahun 2005-2015 dengan periode laporan keuangan tahun 2004-2020. Metode pengujian menggunakan wilcoxon signed rank test untuk menghitung rata-rata sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak sinergi keuangan antara sebelum dan setelah dilakukan merger dan akuisisi dengan adanya penurunan terhadap biaya modal baik cost of debt, cost of equity dan weighted average cost of capital, dan dampak negatif dengan adanya penurunan terhadap profitabilitas berupa ROIC dan efisiensi berupa TAT. Manjemen perusahaan, investor, dan regulator yang akan melakuan transaksi merger dan akuisisi selain berfokus meningkatkan sinergi keuangan dalam bentuk peningkatasan kapasitas pendanaan juga harus menyiapkan perencanaan sinergi yang dapat meningkatkan profitabilitas dan efisiensi serta solvabilitas dan likuiditas. Untuk menyempurnakan penelitian berikutnya, perlu menghitung secara khusus nilai inkrimental sinergi keuangan yang diciptakan setelah transaksi merger dan akuisisi dan penciptaan nilai dari hasil sinergi operasinya.

This study aims to analyze the impact of mergers and acquisitions on financial synergies in public companies and state-owned enterprises in Indonesia. Measuring the value of financial synergies of the effects of mergers and acquisitions uses the value of profitability, efficiency, liquidity, solvency, and funding capacity. The observation period of one year before and five years after mergers and acquisitions with 84 companies as data sample that carried out merger and acquisition transactions during 2005-2015 with the financial statement period of 2004-2020. The test method uses the Wilcoxon signed-rank test to calculate the average before and after mergers and acquisitions. This research shows the impact of financial synergy through decrease in the cost of capital, both cost of debt, cost of equity, and a weighted average cost of capital, and negatif impact that profitability in the form of ROIC and efficiency in the form of TAT tends to decrease after mergers and acquisitions. Therefore, company managers, investors, regulators, who will carry out merger and acquisition transactions can focus on increasing financial synergy in the form of growing funding capacity after mergers and acquisitions and also prepare synergy plans that can increase profitability and efficiency as well as solvency and liquidity. To perfect the following study, that is necessary to calculate precisely the incremental value of the financial synergies created after merger and acquisition transactions and the value creation of the results of the synergy of its operations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Putu Dedy Ujiana
"Tesis ini membahas Masalah angkutan barang dengan muatan berlebih atau over- load, dimana rasio beban angkutan dan kekuatan mesin yang tidak ideal menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan dengan wajar walaupun tenaga yang dihasilkan kendaraan telah maksimum. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh beban muatan berlebih, Gradien Jalan, akselerasi dan panjang segmen terhadap kecepatan kendaraan pengangkut. Metode penelitian yang dilakukan dalam mengkaji pengaruh tersebut adalah dengan melakukan eksperimen dan analisis dengan metode multivariate. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel beban muatan paling berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan.

The focus of this study is about over-load, in how ratio weight to horse power machine on vehicle is not ideal, so the vehicle can not on optimim speed. The purpose of this study is to understand how over-load, gradient, acceleration, and segment lenght can impact to the cruise speed. This research is based on experiment method using the multivariate analysis of data. The data were collected by means of observation. The researcher show that over-weight variable make more impact to speed than the others variable."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25930
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>