Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 73486 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asmadi Sutanto
"Perempatan Tanjung Barat merupakan suatu perempatan jatan yang memiliki keunikan k:arena merupa.kan perempatan yang selain memiliki sebidang tanah tempat bertemunya kendaraan dari empat arah juga memiliki rei kereta api tengah-tengahnya. Frekuensi kendaraan pada jam-jam sibuk yaitu pagi dan sore hari sangat tinggi dibandingkan dengan jam-jam biasa, begitu juga dengan trekuensi kedatangan kereta api pada jam-jam sibuk juga tinggi. Dengan frakuensi yang tinggi serta seringnya kereta lewat yaug berdampak tidak berlukunya lampu lalu lintas di perempatan ini membuat perempatan Tanjtmg Barnt sangat rawan akan kemacetan, Karena itu perlu diadakan suatu studi ilmiah untuk mencari aiternatif pemecahan kemacetan daernh ini.
Pada penelitian ini dilakukan simuiasi karena dengan simulasi ini perubahan perubahan Barat tidak ukan mempengaruhi sistem sesungguhnya, dengan demilian dapat dilihat karateristik sistem ketika dilakukan perubahan tanpa menggnnggu s:istem sebenarnya. Pengaturan tanpa menggunakan simulasi tapl dengan coba coba berdampak besamya biaya yaug dikeluarkan dan belum tentu dapat mengurangi kernacetan. Peneiitian ini menggunakan simulasi komputer (Prcrnodef 4.0} sebagai afat bantu dalam pembuatan model sistem perempatan Tanjung Barat kondisi sekarang dan juga dalam ek:perimentasi aJtematifpemecahannya. Penelitian dipusatkan pada keadaan lalu Hntas di jam sibuk pagi dan sore hari. ..."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S50159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perempatan Kebayoran Baru merupakan suatu perempatan yang memiliki karakteristik yang unik karena merupakan perempatan sebidang dengan adanya satu putaran. Perempatan ini memiliki frekuensi kedatangan yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk karena letaknya yang berada di jalur perkantoran. Dengan frekuensi yang tinggi tersebut menyebabkan tempat ini rawan akan terjadinya kemacetan lalu lintas. Untuk itu perlu adanya suatu studi ilmiah dalam pengaturan lampu lintasnya sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada daerah tersebut. Pengaturan kembali periode menyala merah/hijau lampu lalu lintas dapat dilakukan secara coba-coba hingga diperoleh metode yang optimal. Metode ini akan memerlukan waktu pengujian yang lama serta biaya yang sangat mahal. Simulasi dengan menggunakan komputer terhadap sistem arus lalu lintas diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut di atas. Analisis terhadap tingkah laku sistem dengan berbagai nilai variabel yang berbeda dapat dilakukan dengan mudah. Selanjutnya hasil analisis terhadap simulator dapat dikonfirmasikan kembali pada sistem sebenarnya. Tugas akhir ini memandang permasalahan yang ada dari teknik permodelan sistem dan mencoba membuat simulasi komputer untuk menggambarkan sistem tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi pada sistem apabila dilakukan perubahan pada sistem sehingga diharapkan mampu meningkatkan performa sistem. Pembuatan model dan proses eksperimentasi sistem ini dilakukan dengan bantuan program simulasi Promodel versi 4.0. Berdasarkan model simulasi yang dibuat dan eksperimentasi yang dilakukan diketahui bahwa pengaturan lampu lalu lintas saat ini telah cukup baik untuk kondisi arus lalu lintas saat ini. Peningkatan performa sistem dapat dilakukan dengan menambah lamanya siklus lamlu lalu lintas secaa proportional."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Max Darmawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S34399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yuhendri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2003
S33675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syafrullah Oskari Sahari
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17262
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mardiyati
"ABSTRAK
Model arus lalu lintas pada kondisi padat menggunakan model kontinu sederhana yang memenuhi persamaan konservasi arus lalu lintas
Solusi analitik dari persamaan konservasi ini menggambarkan sebuah gelombang dari kepadatan k yang bergerak dengan arah bertambahnya x dengan kecepatan gelombang a = k . Untuk menghitung solusi numerik, dicari persamaan finite difference untuk persamaan konservasi.
"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Wadono
"Industri jasa perhotelan yang semakin berkembang, memberikan banyak Kemacetan merupakan hal yang sangat menghambat aktifitas manusia dalam bekerja. Banyak waktu terbuang karena terhambat dalam kemacetan. Semanggi sebagai salah satu jalan utama di lbu Kota yang menghubungkan pusat kegiatan bisnis dan perekonomian negara sangat vital peranannya daiam menunjang aktititas pelaku bisnis dan ekonomi.
Pengaturan Ialu Iintas di Semanggi merupakan hal yang penting dalam mewujudkan Ialu lintas yang Iancar. Semanggi sebagai perempatan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan Iampu pengatur lalu Iintas. Namun tetap saja kemacetan terjadi terutama pada jam sibuk di sore hari.
Kemacetan ini terjadi pada jembatan semanggi disebabkan oleh kendaraan yang ingin berbelok pada kembangan Semanggi. Apabila kembangan Semanggi ini ditutup diharapkan akan meningkatkan keluaran dari sistem jembatan Semanggi ini. Untuk itu dilakukan simulasi penutupan kembangan Semanggi yang dapat menggambarkan karaktenstik penutupan tersebut.
Dilakukannya simulasi karena dengan simulasi ini perubahan-perubahan yang hendak diterapkan pada sistem jembatan Semanggi tidak akan mempengaruhi sistem sesungguhnya, dengan demikian dapat dilihat karateristik sistem ketika dilakukan perubahan tanpa mengganggu sistem sebenarnya.
Penelitian ini menggunakan simulasi komputer (Promodel 4.0) sebagai alat bantu untuk mengetahui karakteristik dari sistem Semanggi yang diamati. Penelitian dipusatkan pada keadaan laIu Iintas di jam sibuk khususnya pada sore hari. Data probabilitas kendaraan yang berbelok diambil pada saat lalu-Iintas tidak terlalu padat yang diasumsikan mewakili keadaan ketika jam padat. Hal ini dilakukan karena ketika lalu Iintas padat hasil pengukuran akan menunjukkan arus lalu lintas yang rendah sehingga tidak akan menyamai sistem yang sebenarnya.
Dalam penelitian ini akan dilihat efek dan penutupan kembangan Semanggi dan penutupan pintu to! pada beberapa tingkat kecepatan kendaraan. Lalu dilihat perubahan keluaran yang dihasilkan oleh sistem lalu lintas Semanggi ini.
Hasilnya menunjukkan bahwa penutupan kembangan Semanggi pada umumnya meningkatkan keiuaran yang dihasilkan oleh sistem. Beberapa ruas jalan tertentu jika ditutup akan meningkatkan kinerja sistem (misalnya skenario DC. AD, AD DC) tetapi ada pula ruas jalan jika ditutup akan menurunkan kinerja sistem (Skenario CB). Hal ini disebabkan karena selain kembangan ada pula hal Iain yang menyebabkan kemacetan seperli bis yang berhenti menunggu penumpang."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vianey Rinto Ariwibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>