Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151104 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pasaribu, Hamonangan
"Setiap perusahaan memiliki karakteristik masing-masing dalam menjalankan fungsi supply chain-nya. Untuk PT X sendiri sebagai perusahaan manufaktur alat-alat ukur dengan orientasi ekspor menjalankan prosedur pengiriman barang seperti perusahaan lain namun dengan sedikit perbedaan karakteristik. PT X terletak dalam suatu kawasan industri khusus yang disebut kawasan berikat. PT X menjalankan prosedur pengiriman barang dengan suatu aliran informasi dan dokumen yang melalui beberapa departemen seperti sales, store, accounting dan bea cukai sebagai pihak luar_ yang terlibat dalam aliran ini sebagai konsekuensi dari kawasan berikat. Berbagai permasalahan muncul sebagai akibat dari pelaksanaan prosedur yang masih tradisional yaitu dengan pengisian formulir berbasis kertas (paper-based forms). Masalah itu antara lain sulitnya melacak suatu dokumen yang mengidentifikasi status suatu pesanan baik itu dokumen yang berada di bagian penjualan atau yang berada di gudang serta juga di bagian akunting. Perancangan prosedur pengiriman yang baru dengan perangkat Database Management System (DBMS) memperbaiki masalah-masalah di atas. Melalui DBMS personil dimampukan untuk secara cepat menelusuri status suatu pesanan dengan dokumennya serta memverifikasi pesanan dengan melacak serial number-nya. Dalam penelitian ini penulis membuat suatu analisis yang meliputi analisis aliran informasi dan dokumentasi awal (current procedure) untuk kemudian merancang suatu usulan perubahan alur pelaksanaan prosedur tersebut. Rancangan prosedur ini diakhiri dengan pembuatan DBMS yang menjadi perangkat pendukung keseluruhan penelitian. DBMS dilakukan dengan tujuan memotong waktu yang diperlukan untuk melacak suatu dokumen serta verifikasi pesanan tertentu."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yadrifil
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
02 Yad p-5
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Devi
"PT.X is a company which business is packaging sugar, salt, creamer, toothpicks, etc into a mini sachet for hotels and restaurants all over Indonesia. At PT.X, there was no inventory of finish goods dedicated to a customer who has his own brand. Production starts only if there is an order which has already come suddenly. This is all because customers are not willing to give PT.X a schedule of ordering every month and there was no command hom management of PT.X to make a sum of inventory of finished goods so that production line does not want to take the risk if the inventory of tinished goods (which has created by own initiative) is not ordered by the customer. Therefore, when a lot of orders come suddenly in the same time for instance on fasting month, production line will chaos and can not deliver order on time. Concerning this situation, the writer gives an advice to make an inventory planning, a plan of producing a sum of inventory of tinished goods every month by using idle times. This inventory planning is dedicated to anticipate a situation when a lot of orders come suddenly in the same time and can not be fulfilled fully in a limit time of 2 days as promised by order receiver of PT.X, After having a discussion with the owner of PT.X, inventory planning will only dedicated to top 50 customers who gave a big profit for PT.X in the year 2003. This inventory will be useful when a lot of orders come suddenly in the same time and ca.n not be tiiltillcd fully in a limit time. The writer also designs a database to ease some activities at PT.X like cross checking, inputting order, evaluating the comparison between demand and capacity and searching a data of worker who did an order when a customer complain.

PT. X adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan produk-produk antara lain gula, garam, tusuk gigi, merica dan lain lain dalarn bentuk kmasan mini (sooner) yang biasa digunakan di restoran atau hotel dan memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada PT.X tidak pcmah ada invenrmy (persediaan) barang jadi untuk pelanggan tertentu (yang mempunyai logo kemasan sendiri), produksi baru benar-benar dilakukan sctelah pesanan datang Secara mendadak. Hal ini selain disebabkan karena para pclanggan tidak mau mcmbuat jadwal permintaan bulanan (supaya bisa dibuat stock) juga dikarenakan pihak manajemen PT.X tidak pernah memberikan perintah untuk rnembuat inventory barang jadi untuk pelanggan (yang mempunyai logo sendiri) pada saat mesin sedang idle sehingga bagian produksi PT.X tidak mau menanggung rcsiko dimana inventory yang telah dibuat (dengan inisiatif sendiri) tcmyata Lidak dipesan oleh pelanggan yang bersangkutan. Sehingga pada saat permintaan sedang merlumpuk dalam Waktu yang bersamaan terutama pada blllan puasa, PT.X akan kcsulitan dalam mcngirimkan barang sccara tepat waktu scsuai tanggal yang telah dijanjikan bagian penerima order. Oleh karena itu, penulis mengusulkan untuk membuat inventory planning yaitu program perencanaan persediaan pada masing-masing bulan dengan cara memanfaatkan waktu idle mesin pada saat order sedang Stidikit. Inventofy planning ini ditujukan untuk mengantisipasi jumlah pem1inIaan yang memuncak dan datang bersamaan secara mendadak pada suatu hari di suatu bulan dan tidak bisa dipennhi dalam batas waktu 2 hari ke1ja seperti yang telah dijanjikan bagian penerima order. Scsuai kesepakatan dengan pihak PT.X, inventory planning hanya ditujukan untuk 50 pelanggan teratas yang tclah memberikan profit terbesar untuk PT.X. Jika invenroiy planning ini dijalankan maka di awal setiap bulan akan tersedia persediaan barang jadi untuk 50 pelanggan teratas yang diharapkan dapat rnengurangi beban produksi di bulan yang bersanglcutan saat terjadi permintaan yang menumpuk dan datang bersamaan sccara mendadak- Selain itu, pcnulis juga merancang database untuk PT.X yang bisa mempermudah aktivitas-aktivitas yang dijalankan pada PT.X antara lain cross checking, input order, evaluasi perbandingan antara kapasitagdengan pcrmintaan clan pencarian data pekexja pesanan pclanggan saat pelanggan komplain."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S50033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Closa Sanova
"Dengan persaingan yang meningkat di dunia industri, lost sales yang terjadi di perusahaan dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Kerugian tersebut mencakup kerugian finansial dan kerugian moral. Di dalam kerugian finansial, perusahaan kehilangan potensinya untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang mungkin terjadi, sedangkan kerugian moral memiliki dampak yang lebih besar dari kerugian finansial. Kerugian moral terjadi apabila konsumen telah kehilangan kepercayaannya kepada perusahaan. Ketika kepercayaan telah hilang, konsumen akan berpaling ke kompetitor dan perusahaan kehilangan potensi pasamya. Oleh karena itu, PT. X bekerja sebaik mungkin untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan.
Penelitian ini dibatasi hanya pada depo Bali, yang merupakan ujung tombak PT. X di dalam melayani konsumen di pulau Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan jumlah inventori barang jadi yang optimum untuk setiap produk dan mendapatkan rancangan database inventori barang jadi yang menjadi sumber informasi Depo Bali. Penentuan stok optimum dilakukan dengan menggunakan pendekatan ROP (Reorder Point), sedangkan database inventori barang jadi dirancang dengan menggunakan software Mcrosoft Access.

The increasing competition level in industrial world causes a huge lost in a company. The huge lost consists financial lost and morale lost. In financial lost, the company loses its potential to gain profit from sales, meanwhile morale lost has a greater impact. Morale lost happens if costumers loss their faith to the company. When a faith is gone, costumers will go to the competitiors and the company will loss its market. That is why PT. X work as hard as they can to give satisfaction to the costumers and maintanin their faith.
This research limited only in the warehouse in Bah, wahich serve the costumers in Bali island. The research's objective are obtaining the optimum level of finished good inventory for each product and obtaining finished good inventory database. The level of the finsihed good inventories is calculated using ROP (Reorder Point) formula, and the database is designed using Microsof Access Software.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2006
S50055
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Paramita
"PT X adalah perusahaan kemasan dengan sistem job order yang sedang dalam proses sertifikasi ISO 9002. Produk yang dihasilkan sesuai dengan desain pemnntaan palanggan sehingga setiap produk memiliki karakteristik tertentu dan memerlukan proses produksi dan jenis material yang berbeda-beda pula. Kesalahan dalam identifikasi produk dapat menyebabkan kesalahan proses sehingga menimbulkan cacat pada produk.
Rendahnya kemampuan sistem identitikasi produk dan sistem dokumentasi aktivitas pada setiap tahap proses berhubungan langsung dengan mampu telusur produk (traceability) sehingga pelacakan mundur proses produk tersebut memerlukan waktu yang relatif lama karena banyaknya dokumen yang terlibat atau adanya alur informasi yang terputus sehingga data yang diperlukan tidak dapat diperoleh.
Sistem identifikasi dan mampu telusur (traceability) produk sebagai bagian dari klausul 4,8 ISO 9001;1994 merupakan suatu sistem untuk mengidentifikasi produk sejak penerimaan, selama proses produksi hingga penyerahan produk kepada konsumen. Melalui rekaman mutu sebagai dasar identifikasi produk, pihak manajemen perusahaan akan dapat menelusuri penyebab masalah mulu produk yang berkaitan dengan asal material, petugas pelaksana, mesin-masin, dan Iokasi 1 tempat penyimpanan.
Pada penelitian ini, penulis menganalisa implementasi elemen 4.8 ISO 90011994 mengenai identifikasi dan mampu telusur (traceability) produk pada alur informasi PT X. Rancangan penyempumaan sistem identitikasi dan mampu telusur produk dibuat berdasarkan sudut pandang klausul 4.3 ISO 9001;1994 dengan pembuatan identitas fisik produk serta perancangan database sejarah produk dan kartu rute sebagai alat pendukung peningkatan performa traceability untuk mengurangi waktu penelusuran sejarah aplikasi produk."
2001
S49939
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Riane Indrawati
"Biaya transportasi dalam suatu perusahaan mencapai 1/3 hingga 2/3 dari total biaya logistik, Dengan demikian perlu perbaikan efisiensi pada sistem transportasi untuk mengurangi beban tersebut. Perbaikan ini menyangkut pengiriman barang dari gudang ke para konsumen besena jumlah unit barang yang diangkut. Permasalahan ini disebut sebagai Vehicle Routing Problem (VRP). Penyelesaian VRP dengan metode eksak membutuhkan waktu yang Iama. Dengan metode heuristik diperoleh penyelesaian yang baik dengan waktu yang lebih cepat. Namun metode melaheuristik yang menjadi sorotan karena dapat memperbaiki metode heuristik dengan mengeksplorasi daerah yang lebih menjanjikan kualitas penyelesaian. Salah satu metode dalam kelas ini yang kompetitif dalam menyelesaikan VRP adalah SavingsAnts. Dengan penerapan metode SavingsAnts, diharapkan ini akan memperbaiki sistem transportasi, khususnya penentuan rute yang dapat menurunkan waktu pengiriman sehingga pada akhirnya dapat menurunkan biaya transportasi.
Penerapan SavingsAnts ini dilakukan pada PT X yang menjemput komponen dari para pemasoknya yang berada di daerah Jabotabek dengan harapan dapat memperbaiki rute milkrun. Dibutuhkan program komputer untuk membantu mendapatkan rute terbaik dari sekian banyak kombinasi. Selanjutnya data diolah melalui progam komputer ini dan menghasilkan perbaikan yaitu pengurangan waktu dari 89,61 jam menjadi 87,24 jam; pengurangan jumlah trip dari 17 trip menjadi 14 trip; dan pengurangan jam lembur dari 3 jam menjadi 2 jam.

The transportation cost in a company, on distribution system range between one-third and two-thirds of total logistics costs. Therefore, improvement in efficiency of company's transportation system is needed to decrease the cost. These problems talk about product distribution from warehouse to the customers and the number of units. The problems in practice is called Vehicle Routing Problem (VRF). If exact method used, it will need long time to get the solution. By using heuristic method, good solution will be found faster. But metaheuristic method could improve the solution by exploring certain area which could give solution quality. One competitive method in this classification is SavingsAnts. By implementing SavingsAnts method, the transportation system will be improved, especially on route determination which could decrease distribution and finally could decrease transportation cost.
The implementation of SavingsAnts use PT X case that pick up the part fiom suppliers at Jabotabelc To get the solution, need computer programming. Then data processed by this program and resulting improvement: time reduction, before 89.61 hours after 87.24 hours; trip number reduction, before 17 trip after 14; overtime reduction, before 3 hours after 2 hours.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16951
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S49996
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Marsellinus Bachtiar
"
ABSTRAK
LBH- Jakarta sebagai sebuah firma hukum adalah sebuah industri jasa yang produknya adalah pelayanan hukum dalam berbagai bentuknya.
Dengan semakin tingginya jumlah klien yang masuk sebagai akibat semakin tingginya kesadaran hukum masyarakat, LBH-Jakarta dimntut untuk meningkatkan penerapan manajemen modem dalam penanganan kasus.
Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya (penanganan kasus) , LBH-
Jakarta masih menggunakan metode manual dalam pengelolaan sistem informasi.
Walaupun Cara demikian masih dirasakan memadai, namun divisi Informasi dan Dokumentasi LBH-Jakarta mempunyai keinginan untuk menerapkan komputerisasi dalam sistem penanganan kasus. Adanya kelnginan untuk merancang sistem komputerisasi timbul karena kesulitan pengelolaan dan pengendalian aliran informasi dalam penanganan kasus.
Dalam skripsi ini dibahas perancangan sistem infonnasi kepegawaian sebagai bagian dari sistem penanganan kasus di LBH-Jakarta. Dengan adanya sistem informasi kepegawaian yang berbasis komputer akan memudahkan manajemen dalam pendistribusian kasus pada pengacara dan perencanaan sumberdaya manusia (pengacara) agar proses penanganan kasus optimal.
Perancangan sistem informasi kepegawaian yang berbasis komputer dilakukan dengan perancangan sistem dan prosedur dan kemudian perancangan basis data kepegawaian Basis data kepegawaian yang clirancang akan mendukung sistem inforrnasi kepegawaian untuk mencapai tujuan optimalisasi sistem penanganan kasus di LBH-Jakarta.
Perancangan sistem informasi kepegawaian pada skripsi ini juga merupakan awal perancangan sistem informasi untuk model firma hukum.
"
1997
S36768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutauruk, Uli Romaya
"Transportasi dan distribusi adalah dua kegiatan penting bagi perusahaan karena melalui kegiatan ini perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen. Kontribusi biaya transportasi dalam sistem distribusi perusahaan mencapai 1/3 hingga 2/3 dari total biaya distribusi. Oleh karena itu, efisiensi sangat diperlukan untuk mengurangi biaya operasional distribusi perusahaan. Salah satu solusi untuk melakukan efisiensi tersebut adalah dengan menyusun jadwal pengiriman dan rute pengiriman yang optimal sehingga dapat meminimalkan waktu, jarak dan biaya. Vehicle Routing Problem (VRP) dikenal sebagai konsep yang dapat digunakan untuk mendapatkan rute terbaik bagi kendaraan. Tujuan dari VRP adalah mengatur urutan rute pemberhentian dalam pengiriman sehingga menghasilkan jarak tempuh total seminimal mungkin. Ada 3 jenis penyelesaian VRP; solusi eksak, heuristik dan metaheuristik. Tabu Search (TS) adalah salah satu solusi metaheuristik yang berbasis pada pencarian lokal. Penerapan TS ini dilakukan pada PT X pada kegiatan menjemput komponen dari para pemasoknya yang berada di daerah Jabotabek dengan tujuan dapat memperbaiki rute milkrun. Guna menyelesaikan masalah tersebut, maka dikembangkan model penyelesaian VRP dengan metode Tabu Search (TS). Penerapan metode TS memerlukan adanya solusi awal. Dalam penelitian ini, metode sweep yang digunakan untuk membuat solusi awal. Selanjutnya solusi awal tersebut dioptimalkan dengan menggunakan algoritma TS yang disusun dalam suatu program menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Selanjutnya, dilakukan pengolahan data dengan TS untuk membantu mendapatkan rute terbaik dari sekian banyak kombinasi. Hasil pengolahan data dengan TS menghasilkan penurunan waktu sebesar 3.736 jam dari 89.61 jam dan penurunan trip sebanyak 3 trip dari 17 trip dan penurunan waktu lembur sebanyak 1 jam.

Transportation and distribution are two important activities for company because by doing these activities, producer fulfill customer's requirements. The transportation cost contribution on distribution system in company typically range between one-third and two-third of total logistic costs. Therefore, efficiency is needed to decrease company's operational cost on distribution. One of solution for doing efficiency is by setting optimal distribution schedule and delivering routes so can minimize time, distance and cost. A concept that is known as Vehicle Routing Problem (VRP) can be used to find the best routes for vehicle. The objective of VRP is set route delivering that its total distance can be minimized. Basically, there are 3 kinds of VRP solution; exact solution, heuristics and metaheuristics. Tabu Search (TS) is one of metaheuristics that basic to local search. Implementation of TS method need initial solution. In this research, sweep method is being used to make initial solution that will be optimized by TS algorithm which is constructed in a program use Visual Basic language. Tabu Search calculation decreased total time from 85.874 to 89,61 reduction trip from 17 to 14, and overtime reductrion from 3 to 2."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T41161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>