Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122310 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Miftahul Bayan
"Antrian dalam beberapa industri terutama pada industri manufaktur dan jasa mengakibatkan inefesiensi dan kerugian karena adanya waktu dan biaya yang terbuang. Analisis antrian pada tulisan ini mengetengahkan aliran antrian yang terjadi pada terminal kedatangan Bandera Intemasional Scekamo-Hatta sebagai tinjauan atas jadwal kedatangan, kualitas pelayanan imigrasi, bagasi dan Bea oukai dibandara tersebut. Antrian di bandara menjadi sangat penting dalam peningkatan kualitas pelayanan di Terminal yang meliputi beberapa tempat Iayanan seperti ceck-in counter; bagasi, bea cukai dan imigrasi. Hal ini terutama seat terjadi peningkatan kunjungan wisata, liburan (natal, idul fitri dan akhir tahun) musim haji dan perubahan jadwal akibat penambahan rute penerbangan baru.
Pads tulisan ini diketengahkan bagaimana keadaan dalam sistem pelayanan dengan menggunakan parameter unjuk kerja seperli waktu tunggu dalam antrian, panjang antrian, tingkat utilitas pelayanan, dengan mengkombinaslkan jumlah Ioket pelayanan imigrasi yang dibuka. Penulis memperkenalkan analisis mengunakan teknik simulasi diskrete dengan perangkat Iunak simulasi Arena. Hasil analisis memberlkan suatu gambaran jumlah antrian, waktu tunggu, status stasiun pelayanan dalam bentuk barchat dan histogram selama 24 jam (1440) menit pada setiap hari. Dari hasil analisis dldapatkan bahwa terdapat keterkaitan antara jadwal kedatangan dengan terjadinya penyumbatan pada jalur-jalur antrian di imigrasi, bagasi dan bea cukai.

Queuing in any industry especially in manufacturing industry and service industry has been appropriate to inehiciency and lost, affected by waste time and cost Queuing analyses in this subject describe the passengers' How at departure lntemational airport terminal Soekamo-Hatta as an exploratory study to daily Hight schedule, immigration service quality, luggage, and custom service. Queuing analysis become more important related to service quality improvement in both departure and amiral tenninal such as check-in counter luggage, custom and immigration senrioe. its condition particularly occuned during the peak period in holiday (Christmas, Moslem days and new year), visit year; hajj period, and new route in light Schedule.
This topic present concept and condition in sen/ice system indicate to performance parameter such as waiting time in queue, number waiting, level of utilization, designed by combining opened immigration counter: l have opted to introduce anaLyses using discrete event digital simuladcn technique with Arena Simulation software. Analyses result generates the description number queue, waiting dme, resource status translate to graph such as bar chat and histogram during 24 hours (1440 minutes) everyday. Analyses give the recommendation that there is relationship both tiight schedule to bottlenecks on passengers track in immigration, luggage and custom.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S50402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boy Nurtjahyo Moch.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
07 Boy a
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Arfirstyo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan fisik dari Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhadap passenger delight dan kepuasan penumpang dengan moderasi identitas nasional pada bandara. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk menguji besarnya signifikansi positif antara lingkungan fisik dengan passenger delight, lingkungan fisik dengan kepuasan penumpang, passenger delight dengan kepuasan penumpang, dan peranan efek moderasi identitas nasional. Penelitian menggunakan data sampel dari orang yang pernah mengalami keberangkatan, kedatangan, maupun transit di Terminal 3 Ultimate sebanyak 185 sampel.
Dengan menggunakan data sampel tersebut, penelitian menghasilkan temuan bahwa lingkungan fisik bandara berpengaruh positif terhadap passenger delight dan kepuasan penumpang, namun peranan efek moderasi dari identitas nasional belum terlihat signifikansi pengaruhnya. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan penumpang akan sedikit lebih tinggi ketika penumpang merasakan passenger delight.

The study aims to find out the effects of physical environment from Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta International Airport on passenger delight and passenger rsquo s satisfaction with moderating effect of national identity on the airport. This study uses PLS SEM method for data analysis to find out the significance levels of physical environment with passenger delight, physical environment with passenger satisfaction, passenger delight with passenger satisfaction, and the role of moderating effect national identity. The research uses sample data of passenger who had experienced departure, arrival, or layover in Terminal 3 Ultimate, involving 185 participants.
According to that, the research found that airport physical environment has positive effects on passenger delight and satisfaction, but the moderating effect of national identity significance levels has no effect. The study also concluded that the significance levels of satisfaction within the passenger is slightly higher if the passenger feel delighted.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69543
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widi Aprianti
"Rumah sakit merupakan sarana utama dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat, sehingga pelayanan yang diberikan harus maksimal agar terciptanya kepuasan dan kesetaraan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai pelayanan kesehatan di RSUD dr. Adjidarmo pada saat pasien melakukan registrasi atau pendaftaran di instalasi rawat jalan dengan menggunakan metode queuing system. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem antrian yang diterapkan oleh rumah sakit dan waktu tunggu rata-rata pasien yang akan melakukan registrasi atau pendaftaran rawat jalan, sehingga dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada pasien dengan pengurangan waktu tunggu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menambah jumlah server atau petugas loket pendaftaran pasien jaminan dan menghapus proses panggilan pasien pendaftaran online akan mengurangi total rata-rata waktu tunggu pasien jaminan sehingga tercipta kesetaraan waktu tunggu rata-rata antar pasien jaminan dan pasien umum.

Kata kunci: Sistem Antrian, Simulasi Arena, Pelayanan Rumah Sakit


Hospitals are the main means of improving the health status of the community, so that the services provided must be maximized in order to create satisfaction and health equality for the whole community. This study discusses health services at RSUD dr. Adjidarmo when a patient registers or registers at an outpatient installation using the queuing system method. The purpose of this study was to analyze the queuing system implemented by the hospital and determine the average waiting time of patients who will register or register for outpatient so that it can improve of the service to patients by reducing the waiting time. The results of this study indicate that by increasing the number of servers or clerks at the insurance patient registration counter and eliminating the online registration call process, it will reduce the total average waiting time for patients so as to create an average waiting time equality between insurance patients and general patients."
Depok: FAkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sebayang, Frendy Herisca
"Skripsi ini membahas tentang sistem pelayanan teller di Bank Rakyat Indonesia Unit Johar Baru dengan menggunakan simulasi metode event diskrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan waktu pelayanan nasabah yang selama ini telah berlangsung dalam perusahaan dan dari skenario yang diusulkan dapat membantu pihak bank untuk dapat semakin meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dengan selalu memberikan pelayanan yang prima.
Indikator yang menjadi penilaian kinerja pelayanan adalah waktu tunggu rata-rata length of stay yang dihasilkan mulai dari proses kedatangan nasabah hingga nasabah selesai dilayani yang dihitung dengan satuan dasar menit. Dengan mengusulkan dua skenario alternatif, yaitu pemisahan transaksi berdasarkan jenis transaksi dan menambah petugas pada counter teller, didapatkan hasil bahwa kedua skenario alternatif dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata length of stay secara signifikan.

The Study Investigates the flow queue of Bank Rakyat Indonesia teller service by using disecrete event simulation. The purpose of this study is to analyze the current flow of Bank Rakyat Indonesia customer service at Bank Rakyat Indonesia Johar Baru Branch Jakarta and to identify the solution which can be implemented to improve the teller service at BRI Johar Baru Branch.
The indicator to measure the service flow performance is the length of stay for customer through the service process until the process is done based on minutes. With two alternative rsquo s scenario, which are separate transaction based of transactions type and add an employees at tellers counter, the result show that both of two alternative scenarios may decrease the customers length of stay significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Octa Istiadi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S38370
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Justina Susiloningsih
"Penelitian ini dilakukan untuk membantu Bank XYZ dalam menyelesaikan masalah antrian teller di kantor cabang yang mengganggu kualitas pelayanan. Akar masalah yang dijadikan fokus dari penelitian ini adalah jumlah teller yang dianggap kurang memadai. Tujuan penelitian adalah mendapatkan alternatif solusi penyelesaian masalah antrian cabang yang dapat memberikan keseimbangan optimal antara jumlah teller yang perlu disediakan agar waktu antrian nasabah tetap dalam batas yang dapat ditoleransi, dengan kapasitas perusahaan terkait dengan biaya penyediaan teller dan keterbatasan ruang atau counter teller di cabang. Penelitian menggunakan model antrian sebagai alat bantu analisis karena sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu mampu memprediksi kinerja sistem antrian dengan baik serta relatif mudah dan sederhana sehingga dapat disarankan sebagai alternatif alat bantu bagi Bank XYZ untuk upaya peningkatan pelayanan selanjutnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada teori antrian. Hasil penelitian memberikan masukan tentang alternatif perhitungan kebutuhan teller standar untuk kondisi saat ini serta inisiatif atau ide pengembangan dan perbaikan antrian yang optimal sesuai dengan kebutuhan nasabah dan perusahaan.

This study aimed to support PT. Bank XYZ in solving excessive waiting at their teller line in branches. The focus of this study is on the perceived root caused problem i.e. not enough tellers to provide service. The objective of this study is to find an appropriate balance between number of tellers (considering cost of providing teller and limited space or teller counters at branch) and the amount of waiting. Queuing model is used as analysis tool for this study because of its ability to predict queuing system performance such as waiting time. It is also simple and easy to use hence could be recommended as alternative tool for Bank XYZ continuous service improvement program. This research is quantitative and qualitative research based on queuing theory. The researcher suggests the alternative standard number of tellers derived from existing condition using queuing model, and initiatives on queuing system improvement to achieve optimal balance between customer need and company capacity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 26549
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Renaldy
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan perceived behavioral control terhadap intensi individu untuk mengantre dan menyela antrean. Pengukuran dilakukan dengan mengadaptasi kuesioner Theory of Planned Behavior yang dikembangkan oleh Ajzen 2006 . Sebanyak 140 partisipan dengan kriteria ldquo;pernah mengantre rdquo; terlibat dalam penelitian ini. Berdasarkan teknik statistik regresi berganda, diketahui Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control secara bersama-sama mempengaruhi intensi mengantre dan intensi menyela antrean. Walaupun sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control mempengaruhi intensi, namun variabel sikap memberikan pengaruh yang sangat kecil pada intensi mengantre dan variabel norma subjektif yang memberikan pengaruh sangat kecil pada intensi menyela antrean.

ABSTRACT
This study aim to examine the influence of attitude, subjective norms, and perceived behavioral control on intention to queueing and intention to intrusions. The measurement of all the variables is made by adapting the Theory of Planned Behavior TPB Questionnaire that was develop by Ajzen 2006 . Have 140 participants with the criteria ldquo had been queue before ldquo . Based on regression statistical technique, the result showed that the null hypothesis is rejected. Based on the results, we can conclude that attitude toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control influence the intention to queueing and intention to intrusions. Although the attitude toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control affect the intention, attitude toward behavior variable have a small impact the intention to queueing, and subjective norms variable have a small impact the intention to intrusions. "
2017
S66071
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sunaryo
"Tugas akhir ini membahas tentang teori antrian dan penerapannya pada Terminal Bis Antar Kota Cililitan dengan menggunakan analisa teori antrian model Saluran Tunggal dan Ganda. Dengan analisa teori antrian model Saluran Tunggal dan Ganda, dapat diketahui apakah sistim pelayanan yang ada di Terminal Bis Antar Kota Cililitan apakah sudah melebihi kapasitasnya ( mencapal keadaan yang optimal).

This final project discusses the queuing theory and its application at the Cililitan Intercity Bus Terminal using the Single and Dual Channel queuing theory analysis. With the Single and Dual Channel queuing theory analysis, it can be seen whether the service system at the Cililitan Intercity Bus Terminal has exceeded its capacity (reached an optimal state).
"
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Putri Wulandari
"Penelitian ini memberikan bukti perhitungan mengenai analisis efektifitas pelayanan antrian pada gardu tol otomatis dan gardu tol reguler. Hasil perhitungan atas gardu tol otomatis dan gardu tol reguler pada gerbang tol Cililitan 1 menunjukkan bahwa waktu pelayanan gardu tol reguler lebih efektif dibanding waktu pelayanan gardu tol otomatis. Selain itu, dilakukan juga peramalan estimasi sistem antrian gardu tol yang efektif di masa depan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan sistem antrian gardu tol di masa depan. Hasil peramalan menunjukkan bahwa sistem antrian gardu tol otomatis akan lebih efektif di masa depan dan butuh dilakukan pengembangan.

This study provides evidence about calculation of analysis for effectiveness of the queue of automatic toll gates and regular toll gates. Calculation results of automatic toll gates and regular toll gate show that service time of regular toll gate is more effective comparing with service time of automatic toll gate. In addition, this study also provides forecasting results to estimate effectivity toll gate queue system in future as consideration to develop toll gate queue system in future. Forecasting results show that automatic toll gate queue system will be more effective in future and needs development to be done."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>