Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104372 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nasrullah
"Penalaan adalah suatu prosedur untuk mengatur parameter umpan batik sehingga mendapatkan tanggapan sistem. Mai parameter penalaan tergantung pada tanggapan sistem Iingkar tertutup (closed loop) dan karakteristik dinamis. DCS500 Standard drive pads container crane menyediakan penalaan untuk pengaturan arus sehingga diperoleh tanggapan sistem yang diharapkan dimana error sangat kecil atau tidak ada sama sekali. Metoda yang digunakan pada penalaan ini adalah Ziegler Nichols. Pengaturan arus pads DCS500 Standard Drive merupakan jenis pengaturan proportional-integral (PI). Penggunaan pengaturan proporsional-integral karena keeepatan motor arcs searah tidak selalu sama, tergantung Bari beban yang diberikan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40025
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titin Nur`Ani
"Coupled drives apparatus adalah suatu sistem multivariabel yang dirancang untuk menunjukkan pengendalian kecepatan motor dan tension material. Sistem ini, dengan penggerak yang saling berinteraksi, banyak digunakan dalam aplikasi industri. Coupled drives apparatus mempakan sistem dengan dua masukan dan dua keluaran. Masukannya berupa dua buah motor DC, sedangkan keluarannya berupa kecepatan dan rension. Dalam tesis ini, dilakukan perancangan pengendali optimal kuadratik dan pra kompensator dengan menggunakan model-model diskrit, yang didapat dari respon lingkar terbuka sistem (kecepatan dan tension). Pengujian hasil perancangan sistem pengendali dilakukan dengan simulasi menggunakan program Matlab - Simulink dan memberikan hasil yang baik.

Coupled drives apparatus is a multivariable system designed to demonstrate how to control motor speed and material tension. This system, with an interacting drives, is used in many industrial application. Coupled drives apparatus is a two input - two output (TITO) system. The inputs are two dc motors, and the outputs are speed and tension. In this thesis, we design this system with quadratic optimal controller and pre compensator based on discrete models, which get from open loop speed and tension response. The result from controller system design tested with simulation using Matlab - Simulink, and the result is good."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16166
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2008
TA715
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Wahyujati
"Proses mixer merupakan salah satu bagian terpenting dari pabrik gondorukem dan terpentin. Sistem pengendalian pada proses mixer tersebut masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan tenaga manusia sebagai operator. Proses mixer ini adalah proses batch dimana ketiga reaktannya yaitu larutan getah, larutan asam oksalat dan air pencucian yang akan dicampur dalam tangki mixer, kapasitasnya telah ditentukan terlebih dahulu. Berdasarkan pengendalian yang masih manual dan tipe proses tersebut maka perlu diterapkan PLC sebagai pengendali otomatis. Tesis ini membahas penerapan PLC sebagai pengendali proses mixer tersebut.

Mixer process is part of important thing at gum rosin and turpentine industry. Process control system at the industry is manually, which using human ability as the operator. Mixer is a batch process, which capacity of the three reactants, gum liquid, oxalic acid and water that will mixed in the mixer tank was weighted first. According to manually control system and type of the process, then need to use PLC as automatic controller. This thesis discusses how to apply PLC as a controller for the mixer process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T10220
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sujono
"Dalam tesis ini akan dibahas tentang sistem penggerak pada pemrosesan lembaran logam dengan menggunakan dua buah motor listrik arus searah sebagai penggerak utamanya. Motor pertama dipergunakan untuk mengatur tingkat ketegangan dan motor kedua dipergunakan untuk mengatur laju pergeseran lembaran logam. Pengendalian menggunakan pengendali PID dilakukan untuk menjaga tingkat ketegangan (tension) dan laju pergeseran lembaran logam dengan cara mengatur tegangan pada kumparan jangkar motor. Persamaan dinamika sistem diturunkan berdasarkan karakterisilk elektromekanis, sehingga diperoleh model sistem dalam bentuk persamaan keadaan. Sistem yang diperoleh merupakan sistem multivariable dengan dua masukan dan dua keluaran. Untuk pengendalian, dirancang dekopler dan pengendali PID ditata dengan metode kurva reaksi Ziegler Nichols don metode henristik. Sisfem tersebut disimulasikan dengan menggunakan simulink dari software mathlab 6.5.

The thesis discusses is about the drive system of the metal sheet processing system using two DC electric motor as the prime mover. The first motor is used to control the tension of the metal sheet and the second motor is used to control the displacement rate of the metal sheet. PID controller is used to maintain tension level and displacement rate of the metal sheet by the regulation of voltage that op/lied to the armature of DC electric motor. The system 's dynamic equation is derived based on the electromechanical characteristic of DC motor and the elasticity of the metal sheet to obtain the system's model in the form of state equation. The system is a multi variable systems with two inputs and two outputs. Decoupler is designed to reduce the couple of the system. The Ziegler-Nichols and heuristic method is applied to find the parameter of PID controller. The system is simulated in a program using simulink front matlab 6.5 software."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14601
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Hidayat
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Purba, Idham Harry S.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Rianti Mandasari
"Penelitian ini mengevaluasi efektivitas motor Brushless Direct Current (BLDC) jenis Interior Permanent Magnet (IPM) berbentuk V sebagai alternatif potensial untuk menggantikan mesin pembakaran dalam (ICE) dalam sektor transportasi air, terutama di Indonesia. Dalam upaya mengurangi polusi udara dan mengatasi krisis penipisan bahan bakar fosil, motor BLDC menawarkan keunggulan dalam hal perawatan yang lebih sederhana, kebisingan yang lebih rendah, dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ICE. Studi ini berhasil menunjukkan kelayakan desain motor BLDC IPM bentuk V sebagai pengganti ICE menggunakan metode Analisis Elemen Hingga (FEA) dan perangkat lunak ANSYS Maxwell, dengan fokus pada optimasi desain melalui variasi sudut miring stator untuk mengurangi torsi cogging. Torsi cogging yang menyebabkan getaran dan kebisingan dapat diminimalisasi dengan pendekatan ini. Hasil simulasi motor BLDC menunjukkan performansi yang sesuai dengan kebutuhan desain, termasuk dalam hal torsi, daya keluaran, daya masukan, torsi cogging yang terjaga di bawah 10% dari torsi nominal motor, dan efisiensi rata-rata 89,34%. Ini terlihat pada kecepatan 5000 rpm dengan torsi motor 15 Nm, daya keluaran 7,930 kW, dan daya masukan 8,820 kW. Desain dan simulasi juga menunjukkan potensi peningkatan kecepatan sistem propulsi perahu dari 5500 rpm menjadi 6300 rpm. Prototipe motor BLDC IPM bentuk V yang dibangun berdasarkan desain dan hasil simulasi ini menunjukkan performansi yang memenuhi kebutuhan desain. Pengujian komprehensif motor BLDC dalam lingkungan operasional outboard dilakukan, dengan fokus pada analisis parameter seperti daya, torsi, rotasi, dan efisiensi pada kecepatan operasional 5000 rpm dan kecepatan puncak 6300 rpm. Prototipe ini berhasil diuji dengan penerapan baling-baling di dalam air dalam sistem penggerak outboard, menunjukkan performansi yang baik pada rentang kecepatan 500 hingga 6300 rpm. Prototipe ini menunjukkan penurunan signifikan kebutuhan daya dibandingkan dengan penggunaan ICE. Penurunan konsumsi daya rata-rata pada kecepatan 5000 rpm adalah 43,50%, dan pada 5500 rpm adalah 31,83%. Uji laboratorium dengan dinamometer pada prototipe ini menghasilkan efisiensi tertinggi pada kecepatan 3000 rpm dengan torsi beban 20,8 Nm sebesar 88,71%, dan uji riak torsi pada kecepatan rendah (580 rpm) menunjukkan riak torsi yang sangat kecil, yaitu sebesar 0,03 Nm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motor BLDC IPM bentuk V memiliki potensi besar sebagai penggerak dalam sistem propulsi perahu, memberikan alternatif yang lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam.

This study evaluates the effectiveness of V-shape Interior Permanent Magnet (IPM) Brushless Direct Current (BLDC) motors as a potential alternative to Internal Combustion Engines (ICE) in the marine transportation sector, particularly in Indonesia. Aimed at reducing air pollution and addressing the fossil fuel depletion crisis, BLDC motors offer advantages such as simpler maintenance, lower noise, and higher efficiency compared to ICEs. This study successfully demonstrates the feasibility of V-shape BLDC IPM motor designs as replacements for ICE, utilizing Finite Element Analysis (FEA) and ANSYS Maxwell software. The focus was on design optimization through varying stator skew angles to reduce cogging torque. This approach minimizes vibration and noise caused by cogging torque. The BLDC motor simulations aligned with design requirements, showing promising performance in terms of torque, output power, input power, cogging torque maintained below 10% of the rated motor torque, and an average efficiency of 89.34%. This is evident at 5000 rpm with a motor torque of 15 Nm, an output power of 7.930 kW, and an input power of 8.820 kW. Additionally, the design and simulations indicate the potential for increasing boat propulsion system speed from 5500 rpm to 6300 rpm. The V-shape BLDC IPM motor prototype, built based on the design and simulation results, met the design needs effectively. Comprehensive testing of the BLDC motor in an outboard operational environment was conducted, focusing on parameters like power, torque, rotation, and efficiency at operational speeds of 5000 rpm and a peak speed of 6300 rpm. The prototype was successfully tested with a propeller in water within an outboard propulsion system, demonstrating good performance over a speed range of 500 to 6300 rpm. The prototype showed a significant reduction in power requirements compared to ICE usage. The average power consumption reduction at 5000 rpm was 43.50%, and at 5500 rpm, it was 31.83%. Laboratory testing with a dynamometer on this prototype yielded the highest efficiency at 3000 rpm with a load torque of 20.8 Nm, reaching 88.71%, and torque ripple tests at a low speed (580 rpm) showed minimal torque ripple of just 0.03 Nm. In conclusion, the V-shape BLDC IPM motor has great potential as a propulsion system in boats, offering a more efficient and effective alternative to internal combustion engines."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Farobi
"Telah dilakukan penelitian pada sistem ketinggian permukaan air pada bejana berhubungan menggunakan metode PID. Adapun penelitian tersebut memiliki karakteristik pengendalian yang multivariable. Dengan pengaruh sistem yang saling mengganggu maka sistem menjadi tidak stabil, sehingga dibutuhkan suatu bilangan decoupler untuk menstabilkan kembali sistem dari keadaan yang saling mempengaruhi. Pembuatan sistem ini dilakukan dalam skala laboratorium agar dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem multi input multi output sebelum terjun ke dunia industri yang banyak memakai sistem multi input multi output.

Has been researched at the couple tank water level controller system using PID methods. Overall,the research is about the characteristic of multivariable control. Where the system get disturbances from one plan to anothers that make the process unstable,for that reason we need a decoupler to make it stable. This project build for researched at labroratory scalles to find out about multi input multi output before we go to industrial world that use it a lot."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>