Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86908 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Perawatan terhadap mesin merupakan kegiatan rutin yang harus
dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan dan
kegagalan dalam operasi alat. Oleh karena itu perlu dilakukan
perencanaan perawatan yang terjadwal. Perawatan terhadap mesin
dilakukan dalam dua tingkatan yaitu perawatan tingkat satu
meliputi pengecekan harian, pengecekan mingguan dan perawatan
tingkat dua meliputi pengecekan bulanan dan pengecekan
tahunan. Selain itu apabila mesin mengalami kerusakan yang
berat maka dilakukan overhaul. Untuk mengetahui kondisi alat
dan mengevaluasi kegiatan semua perawatan diatas maka
dilakukan tes operasi."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39238
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumanto
Yogjakarta: Andi, 1991
621.313 SUM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39246
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasrullah
"Penalaan adalah suatu prosedur untuk mengatur parameter umpan batik sehingga mendapatkan tanggapan sistem. Mai parameter penalaan tergantung pada tanggapan sistem Iingkar tertutup (closed loop) dan karakteristik dinamis. DCS500 Standard drive pads container crane menyediakan penalaan untuk pengaturan arus sehingga diperoleh tanggapan sistem yang diharapkan dimana error sangat kecil atau tidak ada sama sekali. Metoda yang digunakan pada penalaan ini adalah Ziegler Nichols. Pengaturan arus pads DCS500 Standard Drive merupakan jenis pengaturan proportional-integral (PI). Penggunaan pengaturan proporsional-integral karena keeepatan motor arcs searah tidak selalu sama, tergantung Bari beban yang diberikan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40025
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
TA3092
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Mikrokontroler dizaman dijital ini bukan lagi sesuatu yang aneh dan
mungkin bukan lagi menjadi sesuatu yang rumit bagi segolongan orang. Dengan
mikrokontroler, perancangan suatu sistem kontrol akan menjadi lebih sederhana
dan relatif murah.
Pengaturan jumlah putaran motor arus searah dengan kecepapan
konstan berbasis mikrokontroller dapat dilakukan dengan mudah, baik dari
disain rangkaian pengaturannya maupun operasinya.
Pada simulasi sistem mikrokontroller untuk pengaturan jumlah putaran
motor searah ini akan diuji banyaknya putaran dan delay time motor
berdasarkan nilai setting (referensi) yang ditetapkan, dimana pengaturan
kecepatannya didasarkan pada pengaturan tegangan terminal yang diberikan ke
motor. Namun variasi tegangan terminal yang diberikan ke motor ini juga
berpengaruh terhadap posisi stop motor, sehingga bila diinginkan penyimpangan
posisi stop dari titik acu (slip) yang kecil diperlukan pengaturan tegangan yang
presisi."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edy Suyanto
"Motor Tegangan arus searah dengan eksitasi terpisah banyak digunakan pada sektor industri karena jenisnya yang umum dan pemodelan sistem kendali yang mudah. Pada tesis ini dilakukan perancangan dan pembuatan peralatan sistem pengendali lup tertutup kecepatan putar rotor motor. Kesalahan pengaturan kecepatan jangkar pada keadaan tunak dapat diminimalisasi dengan menggunakan sistem umpan balik kecepatan dengan sebuah encoder. Sistem penyearah tegangan dengan rangkaian jembatan SCR digunakan untuk catu daya dan jenis pengendali PI (Proportional Integral) digunakan untuk pengatur kecepatan. Kestabilan sistem pengendali dari perancangan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak Simulink, metoda Routh-Hurwitz dan metoda Root-Locus.

A separately excited DC Motor is chosed because of its common use in industry and it s easier as of modelling its speed controlling system. This Thesis concern about the design and application of a closed loop dc motor controller. The steady state error of rotor speed can be minimized by an encoder for feedback speed. A SCR bridge rectifier is used for power supply and a PI (Proportional Integral) controller is used for controlling speed. The stability of the systems controller will be analized by Simulink software, Routh-Hurwitz and Root-Locus method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T38879
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufiq Chilwan
"Salah satu metode pengendalian kecepatan motor arus searah penguat terpisah adalah mengatur tegangan termina1nya_ Besarnya tegangan terminal yang mencatu motor ams searah sangat dipengamhi oleh besarnya kecepatan yang diinginkan dan beban luar yang diberikan pada motor. Variabel cepat lambatnya kecepatan dan besar kecilnya beban merupakan Salah satu variabel linguistik yang tidak pasti. Oleh karena itu pengendali logika fuzzy yang menggunakan variabel linguistik diajukan untuk digunakan sebagai pengendali untuk mengendalikan keccpatan pada motor arus searah dengan memperhatikan besar arus rating motor.
Perancangan sistem pengendali logika fuzzy meliputi _metode fuuiflkasi, basis- pengetahuan faturanyn metocle intzorenailoan clofuziiikasi. Selain ditiahas teori dasar logika fuzzy dan penurunan model motor arus searah penguat terpisah_Pengaturan kecepatan dilakukan dengan membuat 2 loop tertutup untuk rnengatur kecepatan cla.n anis sehingga nilai ams tidak melebihi arus rating motor. Perancangan pengendali menggunakan pengendali fuzzy sebagai pengendali utama untuk mengatur kecepatan dan pengendali PI untuk mengatur arus. Metode ini digunakan untuk memudahkan perancangan sistem pengendali. Percobaan dilakukan secara simulasi menggunakan software Matlab release 5.3 dengan fasilitas Simulink dan Fuzzy Logic Toolbox yang terdapat didalamnya.
Simulasi yang dilakukan rneliputi percobaan loop terbuka, percobaan loop tertutup, dan percobaan pengeudalian kecepatan motor dengan menggunakan pengendali hizzy. Unjuk kerja pengendali fuzzy dibandingkan dengan unjuk kerja sistem tanpa pengendali dan dengan pengendali P1 yang sudah ada. Pengujian unjuk kerja pengendali fuzzy juga dilakukan dengan melakukan uji coba kestabilan dinamis dengan memberikan beban variabel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39935
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"S'ebuah simulasi sislem pengaturan kecepatan motor arts searah dengan jenis penguatan terpisah yang dipergunakan pada sebuah container crane berkapasilas 30 ton akan dianalisa dalam tulisan ini. Analisa dilakukan dengan mengambil data pada simulasi tersebut berupa parameter parameter tegangan lilitan, arus lilitan, kecepatan motor, daya motor, oarsi motor dan arus medan. Selanjutnya dilakukan penghitungan parameter parameter tersebut secara perhitunngan teoritis urrtuk data pembanding. Selain itu juga dilakukan pengukuran pada alat yang sesungguhnya untuk mendapatkan parameter-parameter yang sama dengan yang diperoleh dan simullasi. Pengambilan data dilakukan lerhadap sistem untuk beberapa variasi kecepatan dan beban dengan tujuan untuk mengetahui karakleristik sistem dalam interval pemakaiannya. Dari hasi1 simulasi, pengukuran dan perhitungan dibandingkan dan dianalisa mengenai pengaruh parameter-parameter tersebut terhadap kecepatan dan beban motor. Proses pembandingan dilakukan dengan membuat grafik karakterirlik dari data yang diperaleh yang dibuat dalam satu grafik. Dari grafik tersebut terlihat adanya kesamaan karakierislik khususnya pada grafik daya dan torsi untuk nilai 0 -- 15 ton dan 0 - 350 rpm sedangkan unluk nilai 15 - 30 ton dan 350 - 2090 rpm ter jadi tidal beda sebesar 3 - 5 %. Dari arralisa yang dibuat, perbedaan tersebut masih dapat ditoleransi sehingga dari karakteristik yang diperoleh tersebut proses kontrol pada sistem pengaturan kecepatan motor dc dapat dipahami, sehingga unluk mendapatkan variasi kecepatan motor dengan beban yang hervariasi dapat dengan mudah dilakukan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39827
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>