Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20061 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Sering terjadinya kemacetan khususnya di kota-kota besar membuat para pemakai jalan menjadi kurang nyaman. sebagaimana diketahui kemacetan tidak hanya terjadi di jalan-jalan biasa namun dapat pula terjadi di jalan-jalan bebas hambatan. Terjadinya kemacetan tersebut dikarenakan kurangnya lnformasi bagi pengguna jalan serta lambatnya pihak berwajib dalam menangani kemacetan. Pada jalan bebas hambatan pemantauan kecepatan juga bergnua sebagai pendeteksi pelanggaran batas kecepatan serta dapat pula mengkoordinasikan rencana-rencana ke depan berdasar data grafis hasil pemantauan tiap harinya. Sistem pemantauan keeepatan kendaraan terpusat dengan pemantau PC dan piranti serial berbasis microkontroller (MCS-51) dapat memberikan lnformasi lebih cepat baik kepada pihak berwajib maupun penyelengara jalan bebas hambatan, sehingga kemacetan ataupun pelanggaran dapat ditangani dengan lebih dini. Dalam Tugas Akhlr ini,sistem pemantauan kecepatanan kendaraan terdiri dari dua sensor (infra merah} dengan jarak antar sensor sebesar satu meter yang digunakan untuk mendapatkan waktu tempuh kendaraan dan mikrokontroller
(MCS-51) sebagai media pengolahan· data kecepatan serta sebuah nir kabel modem sebagai media pentransfer data ke PC, selanjutnya PC akan meminta…
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39227
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2003
S28610
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Idha Rakhmani
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
FIS.067/09 Rak s
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Anggoro
"Tugas akhir ini membahas penggunaan internet dalam pengendalian dan pemantauan suhu di dalam tangki yang dilakukan dari jarak jauh dengan cara mengatur kondisi nyala atau mati pada pemanas dan pendingin. Metode yang dilakukan adalah perancangan dan pembuatan miniatur yang menyerupai keadaan pada proses industri dengan menggunakan mikrokontroler ATMega8535 sebagai pengendali utama dan ASP.net sebagai bahasa pemrograman dalam pembuatan server yang akan diakses oleh beberapa client. Hasilnya, sistem dapat berjalan dengan baik karena telah mampu merespon input dari client (setting value), membaca output dari sensor LM35 (present value), dan membandingkan kedua nilai input dan output tersebut. Suhu di dalam tangki dapat dikendalikan dengan toleransi sebesar ± 1°C dan untuk proses industri yang membutuhkan toleransi yang lebih kecil dapat mengubah kode program pada mikrokontroler agar pembacaan suhu yang terukur oleh sensor menjadi lebih presisi. Sistem juga dapat mendeteksi gangguan pada jalur komunikasi, baik komunikasi kabel maupun nirkabel sehingga saat terjadi gangguan pada jalur komunikasi, mikrokontroler akan menghentikan otomasi untuk mencegah terjadinya sistem yang tidak terkendali.

The focus of this final project is the using of internet in controlling and monitoring temperature inside the tank from long distance place by controlling on/off condition of heater and fan. The method of this study is designing and implementation the miniature like industrial process condition by using ATMega8535 microcontroller as the main controller and ASP.net as programming language for server which is going to be accessed by multiple client. The result is system can operate well because it is able to respond input from client (setting value), read output from LM35 sensor (present value), and compare both of setting value and present value. Temperature inside the tank can be controlled with a tolerance of ± 1°C and for industrial process that needs smaller tolerance, source code of microcontroller have to be changed in order that the reading of measured temperature from the sensor become more precise. The system can also detect disturbance on the line of communication, either wired or wireless communication so that when there is a disturbance on the line of communication, the microcontroller will stop the automation system to prevent uncontrolled condition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1094
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Mahmudah
"Sistem pemantauan cuaca otomatis (AWS), telah dibuat untuk memantau cuaca di stasiun cuaca. Sistem dilengkapi oleh 4 buah sensor, yaitu : MPXAZ4115A untuk mengukur tekanan udara, SHT11 untuk mengukur suhu udara dan kelembaban relatif, serta optocoupler untuk mengukur kecepata angin. Data dari sensor kemudian akan diolah di dalam mikrokontroler, lalu ditampilkan secara real time melalui GUI (Graphic User Interface) dengan bahasa pemrograman Python 2.6. Mikrokontroler yang digunakan dalam sistem ini yaitu H8-3069F. Akses atau pengiriman data dilakukan menggunakan kabel yang terhubung ke komputer yang terletak di stasiun cuaca terdekat. Setiap data yang masuk akan tersimpan dalam bentuk file csv (comma, separated, values).

A weather monitoring system has been designed to enable observers to monitor weather parameters in weather station. This system is commonly referred to as AWS (Automatic Weather Station), which is an amalgamation of several of the sensors. This study used four sensors namely : air pressure, temperature, air humidity and wind speed. Data from sensors will then be processed in the microcontroller, and then displayed in real time via the GUI (Graphic User Interface) with Python 2.6 programming language. Microcontroller used in this system is H8-3069F. Access or data transfer can be done using cable that has been connected to the computer that placed in the nearest weather station. Each incoming data is stored in the form of a csv file (comma, separated, values)."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S42886
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Teknologi kendaraan bermotor terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang elektronika dan komputer. Sistem kendali mesin pada kendaraan bermotor sudah banyak yang dilengkapi dengan mekanisme elektronika yang terkomputerisasi, menggantikan mekanisme mekanik yang umumnya digunakan dalam sistem kendali mesin.
Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah penggunaan karburator dalam sistem injeksi bahan bakar sernakin berkurang, peranannya digantikan dengan teknologi injeksi malty poinr. Pada teknologi ini, banyak komponen mekanik yang fungsinya digantikan oleh sensor dan aktuator elektrik. Penggunaan teknologi ini diikuti pula oleh fitur-fitur baru seperti transmisi otomatis, auto cruise control dan sistem pengereman otomatis.
Perubahan teknologi ini membawa perubahan dalam rnekanisme perawatan dan metode diagnosa kerusakan kendaraan. Metode yang dilakukan untuk mendiagnosa kerusakan sistem kendali mesin adalah dengan cara membaca sinyal-sinyal elektrik yang terdapat dalam sistem kendali mesin. Namun sayangnya saat ini belum banyak bengkel ataupun pemilik kendaraan yang dapat membaca sinyal-sinyal tersebut.
Dalam skripsi ini dibuat suatu instrumentasi yang dapat membaca sinyal-sinyal elektrik yang terdapat sistem kendali mesin. Instrumentasi yang dibuat dapat digunakan untuk mengidentifikasikanjenis kerusakan sistem kendali, untuk mengecek kelayakan IC Regulator dalam sistem pengisian akurnulator, dan bahkan merekam sinyal-sinyal yang dikirimkan sensor ke UKM. Penggunaan instrumentasi tersebut dilengkapi dengan interface ke komputer unluk kemudahan penggunaan dan untuk menampilkan sinyal-sinyal secara visual."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Iman R.
"PLC yang dibuat berbasis mikrokontroler AT89C51. PLC ini memiliki 8 input digital (dengan kondisi aktif low), 8 output digital yang terdiri dari 16 terminal (menggunakan mechanical isolation), 8 LED indikator input untuk memonitor terminal input yang aktif / non aktif, 8 LED indikator output untuk memonitor terminal output yang aktif / non aktif, LED indikator run untuk memonitor sistem yang sedang bekerja, LED indikator program untuk memonitor sistem saat diprogram ulang, saklar pilih untuk kondisi run atau program, konektor RS232 untuk menghubungkan PLC dengan port serial komputer saat di program ulang.
Prinsip kerja PLC ini secara singkat dapat diterangkan sebagai berikut, pada mode run, terminal input akan aktif jika menerima sinyal low dan akan menyalakan indikator input sesuai dengan input yang sedang aktif. Begitu juga dengan terminal output, akan bernilai low jika diaktifkan oleh software yang sudah diprogram ke dalam peralatan dan juga menyalakan indikator output. Pada mode program, semua terminal input dan output tidal( dapat diaktifkan, pada saat diprogram PLC hams dihubungkan dengan komputer melalui konektor RS232 ke port serial komputer. Dengan bantuan software pada komputer, data yang ada pada PLC dapat dibaca (read) kemudian disimpan dikomputer dan data baru dapat ditulis ke PLC (write)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39230
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Widodo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>