Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9026 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitriana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S38567
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edy Suyanto
"Motor Tegangan arus searah dengan eksitasi terpisah banyak digunakan pada sektor industri karena jenisnya yang umum dan pemodelan sistem kendali yang mudah. Pada tesis ini dilakukan perancangan dan pembuatan peralatan sistem pengendali lup tertutup kecepatan putar rotor motor. Kesalahan pengaturan kecepatan jangkar pada keadaan tunak dapat diminimalisasi dengan menggunakan sistem umpan balik kecepatan dengan sebuah encoder. Sistem penyearah tegangan dengan rangkaian jembatan SCR digunakan untuk catu daya dan jenis pengendali PI (Proportional Integral) digunakan untuk pengatur kecepatan. Kestabilan sistem pengendali dari perancangan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak Simulink, metoda Routh-Hurwitz dan metoda Root-Locus.

A separately excited DC Motor is chosed because of its common use in industry and it s easier as of modelling its speed controlling system. This Thesis concern about the design and application of a closed loop dc motor controller. The steady state error of rotor speed can be minimized by an encoder for feedback speed. A SCR bridge rectifier is used for power supply and a PI (Proportional Integral) controller is used for controlling speed. The stability of the systems controller will be analized by Simulink software, Routh-Hurwitz and Root-Locus method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T38879
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Febriyanto Saputra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39859
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendry Subrata
"Skripsi ini membahas mengenai karakteristik dari motor arus searah eksitasi terpisah yang akan digunakan dalam pengendalian kecepatan dengan beban berubah. Untuk pengendalian kecepatan, digunakan sistem pengendalian PID. Input untuk pengendali berupa persen error antara setpoint dan process variable. Persen error ini digunakan sebagai input pengendali, yang nantinya keluaran pengendali akan berupa persen duty-cycle untuk PWM (Pulse Width Modulation). Ketika motor mengalami perubahan beban, akan ada perubahan pada kecepatan terbaca (process variable), pengendali akan mengatur sinyal tegangan motor agar kembali pada kecepatan yang diinginkan atau stabil pada setpoint.

This skripsi will discuss about characteristic of direct current motor with separated excitation that will be uses to speed control with changing load. For speed control, PID control will be used. The input for controller is a percent error between setpoint and process variable. This percent error be used as controller input, so the output of controller is percent duty-cycle for (Pulse Width Modulation). When motor having changing load, there will be a different desired speed (process variable), the controller have to set the signal voltage of motor in order to restore into stable setpoint."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1830
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahadian Dewantoro
"Berkembangnya teknologi kecerdasan buatan merupakan suatu hal yang berimbas pula kepada teknologi sistem kendali. Proses automatisasi industri bahkan alat-alat rumah tangga telah banyak yang menggunakannya Salah satu teknologi yang digunal-can dalam sistem kendali adalah logika fuzzy. Logika fuzzy merupakan suatu bentuk logika yang merepresentasikan cara rnanusia berpikir yang tidak pasti, penuh keraguan. Dalam peranoangan sistem kendaii dengan logika fuzzy, yang perlu dilakukan adalah mernbuat suatu sistem berdasarkan pengalaman operator selama mengoperasikan alat yang dikendalikannya. Hal ini tentu Sangat memudahkan desain suatu sistem dan outputnya akan lebih baik daripada sistem dengan pengendali klasik. Pada skripsi ini akan dibahas unjuk kerja pengendali logika firny dengan pengendali PI dengan penerapannya pada pengendalian kecepatan putar motor arus searah penguatan ter-pisah.
Motor arus scarab banyak digunakan dalam sistem kendali misalnya sebagai penggerak elevator, lift, dan tangan robot. Koniigurasi motor arus searah pada skripsi ini rnenggunakan koniigurasi tluks variabel untuk merepresentasikan kerja yang sesungguhnya dari motor arus scarab. Teknik pengendalian membutuhkan 2 parameter yang harus dikendalllcan secara bersamaan yaitu keoepatan dan arus karcna pada proses start, arus jangkar motor saugat tinggi, sehingga harus dirancang sistem kendaii yang juga rnampu mcngendaiikan arus jangicar tersebut Pada skripsi ini dapat diaualisa bagaimana pengendali PI dan logika iirzzy mampu menangani masalah tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39742
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
TA2653
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Ardiyanto Margono
"Mesin Arus Searah Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor arus searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk komutasinya dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotomya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Metode pengaturan kecepatan pada MASTS ada 2 macam, yaitu pengaturan tegangan catu dan pengaturan percepatan sudut fasa (phase advance angle). Pada pengaturan percepatan sudut fasa, kecepatan optimal dapat diperoleh ketika arus dan ggl bersamaan dalam waktu atau dengan kata lain sefase. Model simulasi MASTS menggunakan SIMCAD versi 4.1 untuk prediksi unjuk kerja MASTS yang dikendalikan oleh PWM inverter. Berdasarkan simulasi diperoleh kecepatan optimal pada percepatan sudut fasa 45_ dan apabila percepatan sudut fasa terus ditingkatkan maka kecepatan akan menurun."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40082
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, P. Andeas
"Mesin Arus Search Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor aruas searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotornya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Pengaturan kecepatan pada MASTS dengan magnet permanen MASTS-MP) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa umpan batik, dimana pengaturan kecepatan hanya dftentukan oleh nilai catu daya suplainya saja, dan dengan umpan balik dimana pengafuran kecepatannya selain dengan mengatur nilai cata dayanya juga dapat dilakukan dengan variasi duty-cycle dari modulasi Iebar pulsa (Pulse Width Modulatiom PWM. Pengaturan kecepatan MASTIS-MP dengan umpan batik terbagi dua, yakni umpan balik kecepatan yang bertujuan agar motor berputar sesuai dengan kecepatan rejérensf dan umpan balfk aras stator yang bertujuan agar arus pada saat motor bekerja tidak melebihi arus referensinya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Catur Janhari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anwar Husnawan
"Dalam makalah ini disajikan aplikasi kendali logika fuzzy untuk pengaturan kecepatan motor induksi dalam bentuk simulasi. Kendali logika fuzzy disimulasikan dengan menggunakan program Matlab. Pengaturan kecepatan motor dilakukan dengan mengatur tegangan motor dan menggunakan metode Pulse Width Modulation (PWM) yang ideal. Pembebanan pada motor dilakukan dengan cara bertahap. Feedback sistemnya adalah sinyal frekuensi dari alat ukur yang ideal. Sistem logika fuzzy mempunyai 2 crisp input yaitu error dan perubahan error kecepatan motor dan mempunyai 1 crisp output yaitu perubahan tegangan. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah center of area. Jumlah label dari membership function bervariasi yaitu 7 label. Jumlah rule mengikuti jumlah label yang digunakan. Respon sistem ditampilkan dalam bentuk grafik kecepatan motor terhadap waktu. Hasil pengujian dibandingkan dengan pengendali PI yang telah ada dan menunjukkan FLC sistem dapat menangani kecepatan tanpa overshoot dan steady-state error dengan perubahan kecepatan dan beban yang mendadak.

This paper present the application of fuzyy logic control for induction motor speed control simulation. Fuzzy logic control simulated by Matlab program. The speed control is done by adjusting motor voltage and using Pulse Width Modulation (PWM) Method. The loading on the motor is executed with step torque. The system feedback is a signal frequency from the ideal. Fuzzy logic system applies two crisps of input: error and error change of the motor speed; and an output crisp, i.e. voltage change. The dufuzzification methods used is center of area. The numbers of rules is 7 labels. The system response is displayed by graphic of the motor speed toward time. The testing result has been compare with PI controller and showed FLC system able to control the speed without overshoot and steady-state error on the different load and speed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40443
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>