Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75911 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sihole, Hisar
"Untuk mensuplai beban traksi diperlukan transformator yang memiliki hubungan khusus yang mana pada skripsi ini disampaikan enam model Transformator Traksi Tiga Phasa. Macam-macam transformator tersebut adalah hubungan Satu Phasa, hubungan V-V, hubungan Y-e, hubungan Scott, hubungan Le Blanc, dan hubungan Woodbridge yang dimodifikasi. Transformator diatas mensuplai beban traksi satu phasa dan beban traksi dua phasa. Transformator hubungan sate phasa mensuplai beban traksi sate phasa, sedangkan trausformator hubungan Scott, hubungan V-V, hubungan Le Blanc, hubungan Woodbridge yang dimodifikasi dan hubungan Y. Dari ke enam model transformator tersebut akan dipilih model transformator yang paling baik dengan mamkan variasi beban yang bergantung pada banyaknya jalur traksi. PmAlihan transformator ini berdasarkan rumus unjuk kerja reduksi ketidakseimbangan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Harumsari
"This research is about improvement on several operational processes at Human Resource Department PT X using business process reengineering approach. The operational processes have many non-value-adding activities. The objectives of this research are to mapping current process and proposed a new design business process that is more efficient, so that can increase intemal customer satisfaction. The Business Process Mapping method is used by gathering information hom observation and in-depth interview with process oumers. Qualitative _analysis (service tasks, people, technology) and quantitative analysis (number of activity and time) were also conducted to gain a better understanding about the process.
There are two main approaches to redesigning process, systematic redesign approach (with Eliminate, Simplify, Integrate, Automate method) and clean sheet redesign approach (with idealizing method). The choice between these two approaches will depend on what the organization is most comfortable with. Results of the comparison between proposed process and current process show that proposed process can improve the process etiiciencies and fulfill the customer satisfaction signiiicantly. The improvement made by proposed processes reaches 50%-60% on the activity etiiciencies and 73%-94% on the time efficiencies.

Studi ini membahas perbaikan beberapa proses operasiona! pada Departemen Sumber Daya Manusia PT X dengan menggunakan pendekatan rekayasa ulang proses bisnis. Proses operasional memiliki banyak kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah. Tujuan studi ini adalah memetakan proses sekarang dan mengusulkan rancangan proses bisnis bam yang lebih etisien, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen intemal. Metode Pemetaan Proses Bisnis 'digunakan dengan mengumpulkan infonnasi utama dari observasi dan wawancam dengan para pemilik proses. Untuk memperoleh pemahaman yang benar mengenai proses. dilakukan pula analisis kualitatif (pelayanan, sumber daya manusia, teknologi) dan analisis kuantitatif (jumlah aktivitas dan waktu).
Ada dua pendekatan utama untuk mendisain ulang proses, yaitu pendekatan disain ulang sistematis (dengan metode mengeliminasi, menyederhanakan, menggabungkan, dan mengotomatisasi proses) dan pendekatan disain ulang clean sheer (dengan metode pengidealan). Penggunaan antara kedua pendekatan ini akan tergantung pada keinginan organisasi. Hasil perbandingan antara proses usulan dengan proses sekarang menunjukkan bahwa proses usulan mampu meningkatkan efisiensi proses dan memenuhi kepuasan konsurnen intemal perusahaan secara signifikan. Peningkatan oleh proses usulan mencapai 50%-60% pada efisiensi aktivitas dan mencapai 73%-94% pada efisiensi waktu."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50184
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danar Saputro
"ABSTRAK
Dengan semakin meningkatnya pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara
di Indonesia, maka akan menghasilkan peningkatan produksi limbah abu terbang.
Dengan menurunnya penyerapan abu terbang ke pemanfaat mengakibatkan
meningkatnya biaya pengelolaan abu terbang. Penelitian ini bertujuan untuk
memperbaiki bisnis proses pengelolaan abu terbang dengan pendekatan rekayasa
ulang bisnis proses agar mendapatkan hasil yang signifikan. Aspek perbaikan pada
bisnis proses yang baru meliputi teknis, peraturan dan finansial. Dengan bisnis
proses yang baru ini, abu terbang dikendalikan kualitasnya untuk memenuhi
persyaratan pemanfaat, meminimalisir potensi pencemaran dan rata-rata untuk
biaya pengelolaan abu terbang mengalami penurunan dari Rp 238.214,-/ton
menjadi Rp. 70.869,-/ton dan apabila produk paving blok tersebut laku dipasaran
dengan harga 50% dibawah harga pasar maka akan mendatangkan benefit untuk
perusahaan untuk pengelolaan abu terbang sekitar Rp 272.131,-/ton. Abu terbang
bukan lagi menjadi limbah namun bisa mendatangkan benefit bagi perusahaan yang
mendukung keberlanjutan bisnis Pembangkitan.

ABSTRACT
The increasing development of coal fired power plants in Indonesia, it will be
increased production of fly ash. With the decrease in the absorption of fly ash to the
beneficiaries, the cost of managing fly ash increases. This study aims to improve
the business process of fly ash management by business process re-engineering in
order to obtain significant results. Aspects of improvement in the new business
process include technical, regulatory and financial. With this new process business,
fly ash is controlled by quality to meet user requirements, minimizing potential
pollution and the average cost of managing fly ash has decreased from IDR 238,214
/ ton to IDR 70,869 / ton and if the paving block product is sold at the market at a
price of 50% below the market price, it will bring benefits to the company for the
management of fly ash around IDR 272,131 / ton. Fly ash is no longer a waste but
it can bring benefits to companies that support the power generation business
sustainability."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihole, Hisar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA3024
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Emaria Sugiarto
"[ABSTRAK
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia telah mendorong makin maraknya ritel outlet
modern. Persaingan di bisnis ini makin ketat sehingga mendorong tiap-tiap retailer
untuk semakin memperbaiki sistem dan teknologi yang diterapkan dalam
menjalankan usaha bisnis untuk meningkatkan value chain. Salah satunya dengan
menerapkan model bisnis proses yang jelas sebagai acuan dalam menjalankan
kegiatan bisnis sehari-hari. Berbagai teknik permodelan bisnis proses telah diterapkan
di beberapa usaha. Salah satu teknik permodelan yang dapat diterapkan untuk bisnis
ritel adalah Metode IDEF0. Metode mampu mengidentifikasi alur dan sequence
proses pada bisnis ritel. Setelah memperoleh model bisnis yang jelas, selanjutnya
membuat suatu pengembangan (to be model) dari model bisnis yang ada (as is model)
untuk dapat lebih meningkatkan kinerja bisnis. Dalam penelitian ini telah dapat
diidentifikasi model bisnis proses supermarket yang sudah diterapkan, model bisnis
dikembangkan menjadi model baru untuk kemudian dianalisa perbandingan antara as
is model dan to be model. Tujuannya untuk mengukur peningkatan kinerja (value
chain) dari pengembangan yang dilakukan. Penelitian menghasilkan kinerja dari
persediaan barang (stock on hand - SOH) meningkat dan tingkat ketiadaan barang
(out of stock – OOS) menurun pada supermarket.

ABSTRACT
The development of retail business in Indonesia has encouraged the increasingly
widespread modern retail outlets. Competition in this business more stringent so as to
encourage every retailer to further improveof the systems and technologies are
applied in running the business to improve the value chain. By applying a clear
business model as a reference process in the course of daily business. Various
business process modeling techniques have been applied in some effort. One of the
modeling techniques that can be applied to the retail business is IDEF0 method. The
method is able to identify the flow and sequence in the retail business processes.
After obtaining a clear business model, then make a development (to be models) of
the existing business model (as is model) to be able to further improve business
performance. This study has identified the supermarket business model that has been
implemented, the business model is developed into a new model to be analyzed the
comparison between the as is model and to be model. The goal is to measure the
performance improvement of development (as a value chain) being done. Research
produced a performance of inventory (stock on hand - SOH) increases and the level
of unavailable goods (out of stock - OOS) decreased at the supermarket, The development of retail business in Indonesia has encouraged the increasingly
widespread modern retail outlets. Competition in this business more stringent so as to
encourage every retailer to further improveof the systems and technologies are
applied in running the business to improve the value chain. By applying a clear
business model as a reference process in the course of daily business. Various
business process modeling techniques have been applied in some effort. One of the
modeling techniques that can be applied to the retail business is IDEF0 method. The
method is able to identify the flow and sequence in the retail business processes.
After obtaining a clear business model, then make a development (to be models) of
the existing business model (as is model) to be able to further improve business
performance. This study has identified the supermarket business model that has been
implemented, the business model is developed into a new model to be analyzed the
comparison between the as is model and to be model. The goal is to measure the
performance improvement of development (as a value chain) being done. Research
produced a performance of inventory (stock on hand - SOH) increases and the level
of unavailable goods (out of stock - OOS) decreased at the supermarket]"
2015
T44579
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Lihardo Ranjaliba
"Perusahaan telekomunikasi tergolong perusahaan teknologi komunikasi informasi (TIK) yang memiliki tipikal biaya tinggi, untuk penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur. Munculnya over the top (OTT) tanpa investasi infrastruktur yang mahal, kini marak digunakan, mengakibatkan banyak layanan telekomunikasi menjadi usang. Itu terjadi karena OTT secara pragmatis mampu menggantikan layanan telekomunikasi. Berkaca pada kemampuan konektivitas dan jangkauan, telekomunikasi perlu menciptakan pasar baru dengan memberikan perhatian khusus pada kota pintar yang dibangun dari koneksi internet yang masif. Model bisnis operasional telekomunikasi saat ini berbasis pelanggan manusia, sedangkan kota pintar merupakan multi service digital (non human), sehingga diperlukan proses bisnis baru untuk mengelola pelanggan kota pintar (non human). Penelitian ini menyajikan transformasi proses bisnis dalam domain pelanggan dalam operasi sistem yang kompleks dari sebuah perusahaan telekomunikasi. Kebaruan penelitian adalah metode business process reengineering (BPR) yang dikombinasikan dengan soft systems methodology (SSM) dan enterprise knowledge development (EKD) untuk mendefinisikan, memetakan, memodelkan, dan memproyeksikan proses bisnis baru. Hasilnya adalah tujuh model enterprise architecture (EA) untuk mengelola pelanggan baru kota pintar. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing telekomunikasi. Studi ini menghasilkan terobosan model strategi bagi transformasi proses bisnis telekomunikasi dalam domain yang berpusat pada pelanggan (customer-centric) antara lain (1) Request to answer, (2) Order to payment, (3) Usage to payment, (4) Request to change, (5) Termination to confirm, (6) Problem to solution, dan (7) Complaint to solution.

The telco is an information communications technology (ICT) company that has a typical high cost, for the provision and maintenance of the infrastructure. The emergence of over the top (OTT) without expensive infrastructure investments is now being massively used, which has resulted in many telco services becoming obsolete. It occurs because OTT is pragmatically able to substitute similar services. Reflecting on the capabilities of connectivity and coverage, telco needs to create a new market by paying special attention to smart cities that are constructed from massive internet connections. The current telco operational business model is based on human customers, whereas smart cities are a multi-service digital (non-human), so a new business process is required to manage smart city (non-human) customers. This research presents the transformation of business processes in the customer domain in the complex systems operations of a telco company. The research novelty is the business process reengineering (BPR) method combined with soft systems methodology (SSM) and enterprise knowledge development (EKD) to define, map, model, and project a new business process. The result is seven models of enterprise architecture (EA) for managing new smart city customers. In the end, it is expected to increase telco competitiveness. This study produces a breakthrough strategic model for the transformation of telecommunication business processes in a customer-centric domain: (1) request to answer, (2) order to payment, (3) usage to payment, (4) request to change, (5) termination to confirm, (6) problem to solution, dan (7) complaint to solution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Hadi Cahyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49928
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danar Saputro
"Dengan semakin meningkatnya pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara di Indonesia, maka akan menghasilkan peningkatan produksi limbah abu terbang. Dengan menurunnya penyerapan abu terbang ke pemanfaat mengakibatkan meningkatnya biaya pengelolaan abu terbang. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki bisnis proses pengelolaan abu terbang dengan pendekatan rekayasa ulang bisnis proses agar mendapatkan hasil yang signifikan. Aspek perbaikan pada bisnis proses yang baru meliputi teknis, peraturan dan finansial. Dengan bisnis proses yang baru ini, abu terbang dikendalikan kualitasnya untuk memenuhi persyaratan pemanfaat, meminimalisir potensi pencemaran dan rata-rata untuk biaya pengelolaan abu terbang mengalami penurunan dari Rp 238.214,-/ton menjadi Rp. 70.869,-/ton dan apabila produk paving blok tersebut laku dipasaran dengan harga 50% dibawah harga pasar maka akan mendatangkan benefit untuk perusahaan untuk pengelolaan abu terbang sekitar Rp 272.131,-/ton. Abu terbang bukan lagi menjadi limbah namun bisa mendatangkan benefit bagi perusahaan yang mendukung keberlanjutan bisnis Pembangkitan.

The increasing development of coal fired power plants in Indonesia, it will be increased production of fly ash. With the decrease in the absorption of fly ash to the beneficiaries, the cost of managing fly ash increases. This study aims to improve the business process of fly ash management by business process re-engineering in order to obtain significant results. Aspects of improvement in the new business process include technical, regulatory and financial. With this new process business, fly ash is controlled by quality to meet user requirements, minimizing potential pollution and the average cost of managing fly ash has decreased from IDR 238,214/ton to IDR 70,869/ton and if the paving block product is sold at the market at a price of 50% below the market price, it will bring benefits to the company for the management of fly ash around IDR 272,131/ton. Fly ash is no longer a waste but it can bring benefits to companies that support the power generation business sustainability."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seppanen, Marvin S.
Boston: McGraw-Hill Irwin, 2005
658.406 3 SEP p (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Seppanen, Marvin S.
New York : McGraw-Hill, 2005
658SEPP001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>